Kenali Biaya Membersihkan Karang Gigi di Puskesmas, Klinik, dan Rumah Sakit

Permasalahan gigi dan mulut menjadi hal lumrah yang kerap kali terjadi. Salah satunya, yaitu bau mulut. Hal ini biasanya terjadi akibat adanya tumpukan karang gigi yang jarang dibersihkan sehingga membuat kuman menempel dan menimbulkan bau tidak sedap dari mulut.

Karang gigi merupakan tumpukan mineral yang terletak di rongga mulut. Teksturnya keras berwarna kekuningan. Ketika karang gigi tidak ditangani, hal tersebut akan menyebabkan gangguan pada mulut, seperti infeksi gusi dan bau mulut. Maka, scaling gigi adalah jalan utama agar tidak semakin banyak tumpukan karang pada gigi. 

Scaling gigi ini banyak ditemukan di berbagai klinik atau rumah sakit di Indonesia. Namun, harga membersihkan karang gigi di klinik ataupun rumah sakit berbeda-beda. Sebelum mengetahui biaya scaling gigi, alangkah lebih baiknya mengetahui lebih lanjut mengenai karang gigi agar kamu memiliki pemahaman mengenai scaling gigi.

Hal ini pun sebagai upaya persiapan dalam menentukan dana untuk membersihkan karang gigi. Berikut informasi detailnya untukmu.

Biaya Membersihkan Karang Gigi

loader

Untuk menghilangkan karang gigi, dibutuhkan metode scaling gigi. Metode ini tentu membutuhkan bantuan dokter gigi untuk membersihkannya. Selain itu, juga butuh biaya untuk melakukannya. Setiap klinik maupun rumah sakit biasanya memiliki harga biaya scaling gigi tersendiri. 

Untuk biaya di klinik maupun rumah sakit biasanya juga akan berbeda-beda. Berikut rincian biaya membersihkan karang gigi di berbagai tempat, seperti puskesmas, klinik, dan rumah sakit.

1. Biaya Membersihkan Karang Gigi di Puskesmas

Biaya membersihkan karang gigi di puskesmas biasanya akan dikenakan biaya lebih murah dibandingkan melakukan scaling gigi di klinik ataupun rumah sakit.

Umumnya, puskesmas menetapkan biaya membersihkan karang gigi, dimulai dari kisaran Rp80.000-Rp100.000. Namun, harga ini tergantung pada kebersihan mulut pasien.

Jika memiliki BPJS Kesehatan, biaya membersihkan karang gigi di puskesmas dikenakan biaya gratis atau tidak dikenakan biaya apapun.

Baca Juga: Behel Gigi: Harga, Prosedur, Resiko dan Jenisnya

2. Biaya Membersihkan Karang Gigi di Klinik

Daerah Klinik

Estimasi Biaya

Bali

Mulai dari Rp250.000

Balikpapan

Mulai dari Rp220.000

Bandung

Mulai dari Rp300.000

Bekasi

Mulai dari Rp180.000

Bogor

Mulai dari Rp156.000

Cikarang

Mulai dari Rp180.000

Depok

Mulai dari Rp300.000

Jakarta

Mulai dari Rp150.000

Makassar

Mulai dari Rp85.000

Surabaya

Mulai dari Rp200.000

Tangerang Selatan

Mulai dari Rp100.000

Yogyakarta

Mulai dari Rp150.000

3. Biaya Membersihkan Karang Gigi di Rumah Sakit

Daerah Rumah Sakit

Estimasi Biaya

Bali

Mulai dari Rp150.000

Balikpapan

Mulai dari Rp338.000

Bandung

Mulai dari Rp104.000

Bekasi

Mulai dari Rp100.000

Bogor

Mulai dari Rp125.000

Cikarang

Mulai dari Rp153.000

Cirebon

Mulai dari Rp97.000

Depok

Mulai dari Rp150.000

Jakarta

Mulai dari Rp150.000

Makassar

Mulai dari Rp100.000

Surabaya

Mulai dari Rp150.00

Tangerang Selatan

Mulai dari Rp200.000

Yogyakarta

Mulai dari Rp100.000

Rincian biaya tersebut merupakan estimasi biaya. Dapat saja harga tersebut melebihi estimasi atau bahkan kurang. Untuk itu, kamu dapat berjaga-jaga menyiapkan dana kisaran biaya tersebut. Agar kamu pun dapat membersihkan karang gigi dan mendapatkan gigi yang sehat kembali. 

Strategi Mempersiapkan Biaya Membersihkan Karang Gigi

loader

Untuk yang memiliki karang gigi, pasti akan sangat mengganggu penampilan. Cara terampuh mengatasi karang gigi dengan melakukan scaling gigi.

Untuk biaya scaling gigi di puskesmas terbilang tidak mahal karena dapat menggunakan layanan BPJS alias gratis. Sementara itu, untuk biaya scaling di klinik dan rumah sakit cukup merogoh kocek. Namun, biayanya di bawah Rp500.000.

Mencari tahu soal estimasi biaya karang gigi adalah hal paling tepat yang harus dilakukan, sebelum melakukan scaling gigi. Tentunya, kamu harus mempertimbangkan biaya scaling gigi dengan keuanganmu. Akan lebih menghemat pengeluaran jika biaya scaling gigi ditanggung oleh layanan asuransi seperti BPJS. 

Dapat dilihat bahwa membersihkan karang gigi tidaklah memakan biaya yang banyak, bahkan ada metode bernama BPJS untuk membantu kamu mendapatkan biaya gratis. 

Beberapa hal tersebut dapat dilakukan sebagai langkah persiapan dana membersihkan karang gigi. Ketika sudah merencanakan dana dengan matang, maka nantinya kamu tinggal duduk manis menunggu jadwal untuk membersihkan karang gigi.

Scaling gigi harus sering dilakukan, terutama jika memiliki kondisi penyakit gusi yang pH-nya tinggi atau kesamaan rongga mulut sehingga menjadi basa, mulut kering sebab mengonsumsi obat dan juga proses penuaan. Selain itu, tidak dapat menyikat gigi dengan teratur, bisa menjadi penyebab kamu harus rutin melakukan scaling. 

Dalam membersihkan karang gigi ini, kamu lebih baik mencegah daripada mengobati. Maksudnya, harus sering menjaga kebersihkan gigi dengan gosok gigi secara teratur menggunakan pasta gigi dengan kandungan flouride, mengonsumsi makanan bergizi, membersihkan sela gigi, dan tidak merokok. 

Baca Juga: Rincian Biaya Operasi Sinusitis 2022

Prosedur Membersihkan Karang Gigi

Karang gigi dapat dibersihkan dengan cara yang mudah. Namun, mungkin malas untuk dilakukan. Sebab, untuk membersihkan karang gigi ini, kamu harus pergi ke klinik atau rumah sakit terdekat dari tempat tinggalmu, tidak bisa dibersihkan saat sikat gigi. 

Banyak orang membersihkan karang gigi melalui metode scaling gigi. Metode ini merupakan cara membersihkan karang gigi. Menggunakan alat bernama ultrasonic scaler. Alat ini memiliki fungsi untuk merontokkan karang yang terdapat di dalam gigi. 

Berikut terdapat beberapa tahapan dalam membersihkan karang gigi:

  1. Kondisi gigi akan dicek terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, dokter akan merontokkan karang gigi dengan menggunakan alat ultrasonic scaler.
  3. Ultrasonic scaler tersebut akan memberikan getaran untuk menghilangkan karang gigi.
  4. Karang gigi berwarna kekuningan akan rontok dengan sendirinya.
  5. Setelah dirasa semua bagian yang memiliki karang gigi sudah rontok, dokter akan menggunakan alat seperti sikat untuk membuat keadaan gigi dan mulut terasa lebih segar.

Saat dilakukannya proses scaling gigi ini, pasti kamu akan merasakan ngilu. Akan tetapi, rasa ngilu ini tidak akan terlalu mengganggu. Dalam membersihkan karang gigi dibutuhkan waktu sekitar tiga puluh menit untuk mengembalikan gigi agar bersih dan sehat kembali. 

Setelah proses membersihkan karang gigi ini selesai, kamu pun akan tetap merasakan sedikit ngilu. Sebab, sebelumnya permukaan gigi tertutup dengan karang gigi. Kamu pun akan lebih sensitif dengan makanan dan minuman. Namun, kondisi ini jangan membuatmu khawatir, sebab akan hilang sendiri seiring berjalannya waktu. 

Biaya Membersihkan Gigi Cukup Mahal, Scaling Gigi Secara Rutin Adalah Hal Tepat

Terdapat berbagai macam cara agar dapat mencegah munculnya karang gigi. Cara termudah, yaitu dengan sering membersihkan gigi dengan baik dan mengonsumsi makanan. Dari beberapa cara tersebut, dapat mencegah munculnya karang gigi. Namun, sampai saat ini scaling gigi masih menjadi cara untuk membersihkan karang gigi. Walaupun bisa mengurangi pemasukkanmu bulan ini, tetapi setidaknya gigi akan tampak lebih bersih dan berseri.

Sebenarnya, biaya membersihkan karang gigi pun tidak terlalu mahal. Namun, biasa orang akan malas ketika mendengar kata “harus mengeluarkan dana”, padahal dana yang harus dikeluarkan pun tidak mencapai angka jutaan rupiah. Selain itu, ada metode BPJS yang bisa dilakukan jika ingin gratis melakukan scaling gigi.

Banyak cara yang bisa dilakukan. Hal ini kembali lagi pada kemauan diri sendiri untuk membersihkan karang gigi. Kesehatan gigi adalah hal utama yang harus dijaga, ketika gigi kotor dan bau, tentunya akan berpengaruh pada penampilan dan citra di mata orang.

Baca Juga: Daftar Harga Vaksin Influenza Anak dan Dewasa