Scaling Gigi: Seluk Beluk dan Manfaatnya yang Tidak Banyak Diketahui Orang

Kalian pernah nggak sih, ngeluh sakit gigi? Malu untuk senyum lebar karena karang gigi? Atau nggak pede karena sering bau mulut? Hmm, mungkin yang kamu butuhkan sekarang adalah scaling gigi! 

Kebersihan mulut menjadi suatu hal yang penting namun sering diabaikan oleh banyak orang. Mulut yang sehat bukan hanya tentang senyum yang indah, melainkan mulut yang terawat dan bersih. Menjaga kebersihan mulut sangat penting untuk kesehatan, kenyamanan, dan kebaikan seseorang. 

Merawat gigi secara teratur, praktik membersihkan mulut yang baik, dan gaya hidup yang sehat, dapat membantu menjaga kesehatan mulut dan membawa banyak manfaat bagi hidup seseorang. Salah satu perawatan mulut dan gigi yang sangat baik namun sering diabaikan adalah scaling gigi.

Scaling adalah sebuah prosedur yang diperuntukkan untuk membersihkan gigi secara mendalam dan dilakukan secara rutin. Prosedur ini mempunyai peran yang penting dalam memastikan kondisi gusi dan gigi kalian tetap dalam kondisi yang optimal. Bertujuan untuk mencegah masalah gigi dan memperindah senyum alami, scaling gigi dianggap lebih dari sekadar perawatan kosmetik. 

Nah, di dalam artikel ini kita akan membahas tentang betapa penting dan bermanfaatnya scaling gigi, dan mengapa kamu harus mulai rutin melakukannya.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

Mulut Sehat, Kunci Untuk Hidup Nyaman?

loader

Bagi sebagian orang, kesehatan mulut adalah hal yang sepele untuk diperhatikan. Tetapi tahukah kalian? Bahwa kesehatan mulut memegang peran yang luar biasa penting untuk kesejahteraan hidup kalian, loh. 

Dilansir melalui UNAIR News, sebagai “pintu masuk” yang terhubung langsung pada saluran pencernaan dan pernapasan, membuat mulut dan gigi berpengaruh besar sebagai kunci kesehatan tubuh. Maka dari itu, kondisi mulut memberikan efek terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kesehatan mulut yang buruk telah dikaitkan dengan kondisi seperti penyakit jantung, diabetes, dan infeksi saluran pernapasan.

Mulut yang sehat adalah dasar dari kebersihan mulut yang baik. Menjaga kesehatan mulut dapat membantu mencegah masalah gigi yang umum terjadi seperti gigi berlubang, penyakit gusi, atau gigi copot. Dengan mengikat gigi secara teratur, membersihkan gigi dengan floss atau benang gigi, dan rutin memeriksakan gigi, sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan mulut. 

Mulut yang sehat akan mengurangi risiko masalah gigi yang tentunya akan menyakitkan dan membutuhkan perawatan mahal, sehingga dengan merawat mulut sama artinya dengan mencegah ketidaknyamanan dan menghemat uang dalam jangka yang panjang.

Masalah gigi seperti sakit gigi, infeksi gusi, atau sariawan bisa sangat menyakitkan dan mengganggu aktivitas kehidupan sehari-hari. Gigi yang dalam kondisi baik memungkinkan pengunyahan yang efisien, sehingga kamu bisa menikmati makanan yang lebih bervariasi dan dapat dipastikan tubuhmu menerima nutrisi yang baik pula.

Di luar aspek fisik, gigi yang sehat juga sangat penting untuk berbicara dengan jelas dan komunikasi yang efektif. Senyum yang percaya diri tak hanya akan menambah menarik penampilan, tetapi meningkatkan interaksi sosial.

Baca Juga: Cara Pakai BPJS Kesehatan untuk Perawatan Gigi

Scaling dan Polishing? Apa Bedanya?

Scaling gigi adalah prosedur yang dilakukan oleh ahli kesehatan gigi atau dokter gigi untuk menghilangkan penumpukan plak dan karang gigi dari permukaan gigi hingga di sepanjang garis gusi. 

Dalam prosedur awal sebelum scaling, dokter gigi akan memeriksa keseluruhan pada mulut kalian. Memeriksa secara visual dan menggunakan instrumen khusus untuk menilai tingkat akumulasi plak dan karang gigi. Pemeriksaan ini penting dilakukan untuk menentukan area yang memerlukan scaling. Jika sudah dieksaminasi, prosedur scaling itu sendiri baru dilakukan.

Di dalam prosedurnya sendiri, scaling sering disandingkan dengan polishing. Karena sering dilakukan secara beriringan, beberapa orang sering salah mengira dan menganggap keduanya adalah hal yang sama. 

Sama seperti scaling, prosedur polishing juga bertujuan untuk menghilangkan noda pada permukaan gigi, namun dilakukan setelah prosedur scaling, bleaching, dan operasi. Metode polishing ini akan membantu gigi tampak lebih bersih dan memancarkan kilau alami, sehingga membuat penampilan semakin menarik.

Yang membedakan polishing dengan scaling adalah, jika scaling bertujuan untuk menghilangkan karang gigi, maka polishing gigi adalah perawatan yang hanya bisa membersihkan sisa makanan, plak, dan noda pada gigi saja. Pada prosesnya, scaling dapat terbilang lebih menyebabkan rasa nyeri ringan bahkan gusi berdarah dibandingkan dengan polishing yang tidak menimbulkan rasa sakit sama sekali.

Meski begitu, scaling dan polishing adalah metode membersihkan gigi yang dapat saling melengkapi. Maka, tak jarang dokter gigi menyarankan pasien agar melewati prosedur scaling terlebih dahulu sebelum melakukan polishing.

Polishing gigi mempunyai manfaat yang tak kalah baik untuk kesehatan mulut, yakni menghilangkan noda gigi, mengurangi plak gigi, menghaluskan permukaan gigi, membuat gigi bersih dan berkilau, dan dapat membantu mencegah penyakit gusi dan iritasi.

Prosedur polishing bisa dilakukan dengan dua metode, yakni menggunakan pasta abrasif dan bor sikat atau bisa menggunakan bubuk pembersih dan jet air. Metode yang menggunakan jet air biasa dilakukan untuk membersihkan area gigi yang sulit dijangkau. 

Cukup banyak orang-orang yang menyediakan alat polishing gigi yang bisa dilakukan di rumah menggunakan bahan-bahan sederhana. Banyak tips-tips yang menyarankan untuk menggunakan soda kue, arang aktif, atau bahan-bahan abrasif lainnya. Meskipun aman, melakukan prosedur polishing di rumah tanpa pengawasan dan dilakukan para ahli, sebenarnya tidak disarankan.

Efek samping dari melakukan polishing di rumah dengan bahan-bahan dan alat yang tidak tepat yakni dapat merusak permukaan gigi, membuat email gigi terkelupas, menambah kuman, menyebabkan gigi semakin sensitif, iritasi pada gusi, dan alergi. Maka dari itu, polishing gigi tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Itu lah perbedaan dari scaling gigi dan polishing gigi. Nah kita kembali lagi yuk, membahas tentang scaling gigi.

Baca Juga: Kenali Apa Itu Kanker Mulut, Gejala, dan Cara Pencegahannya

Manfaat Dari Scaling Gigi

loader

Setelah kita tahu apa itu scaling gigi dan perbedaannya tentang polishing gigi, kita juga harus paham manfaat-manfaat scaling gigi yang lebih luas.

Menurut dokter gigi, sangat disarankan bagi kita untuk melakukan scaling gigi setiap 6 bulan sekali. Manfaat dari scaling sangat banyak dalam menjaga kesehatan mulut. Yang pertama adalah mencegah perkembangan penyakit gusi akibat plak dan karang gigi. Ketika plak dan karang gigi menumpuk, mereka akan menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri berbahaya yang akan menyebabkan infeksi dan peradangan. 

Selain itu, scaling juga bermanfaat untuk mencegah gigi berlubang dan kerusakan gigi. Penumpukan plak yang berpengaruh pada gusi juga mempengaruhi gigi karena bisa mengikis enamel gigi. Maka, dengan menghilangkan endapan ini, lapisan luar pelindung gigi akan tetap terjaga atau mengurangi kemungkinan pembusukan.

Manfaat lain dari scaling adalah mengurangi risiko bau mulut dan meningkatkan kesegaran napas secara keseluruhan. Hal ini memiliki dampak yang langsung terhadap kepercayaan diri dan kualitas hidup seseorang. 

Scaling gigi akan berfungsi sebagai aspek estetika kesehatan mulut dengan menghilangkan noda dan merubah warna yang disebabkan oleh plak dan karang gigi. Senyum yang bersih dan napas yang segar dapat mendorong seseorang untuk lebih percaya diri dalam interaksi sosial dan profesional.

Kesehatan Gigi dan Mulut itu Penting untuk Kepercayaan Diri

Menjaga kesehatan mulut dengan scaling gigi secara teratur adalah investasi penting dalam kesehatan tubuh. Tidak hanya membuat senyum menjadi indah, tetapi juga menambah kepercayaan diri, serta menambah kenyamanan dan kualitas hidup kita.

Dengan memprioritaskan pemeriksaan gigi dan scaling rutin, artinya kita sudah mengambil langkah untuk mencegah masalah kesehatan mulut seperti gigi berlubang, penyakit gusi, dan bau mulut. Ingatlah bahwa dokter gigi dan ahli kesehatan gigi hadir tidak hanya untuk mengobati masalah yang ada, tetapi juga untuk membantu kita menjaga kesehatan mulut secara optimal.

Baca Juga: Buruknya Kesehatan dan Kebersihan Gigi Bisa Sebabkan Abses Gigi, Ini Bahayanya