Persiapkan Kelahiran, Berikut Biaya Operasi Caesar yang Bisa Kamu Ketahui

Melahirkan tidak hanya selalu dilakukan melalui cara normal. Pada kondisi tertentu, proses melahirkan juga dilakukan dengan tindakan operasi yang disebut dengan operasi caesar. Namun, biaya operasi caesar mempunyai estimasi yang jauh lebih besar sehingga kamu perlu menyiapkannya.

Selain biaya operasi, proses melahirkan secara caesar juga memerlukan perawatan pasca operasi. Pasien akan dirawat selama beberapa hari di rumah sakit. Dengan demikian, tarif rawat inap dan perawatan pun menyesuaikan kelas kamar yang dipilih.

Apakah kamu sudah mulai mencari tahu informasi estimasi biayanya? Sebab, hal ini perlu kamu siapkan sebagai bentuk antisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan saat tidak memungkinkan untuk melahirkan normal. Yuk, ketahui informasi estimasi biaya operasi caesar untuk mempersiapkan kelahiran buah hatimu!

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

Biaya Operasi Caesar

loader

Jika bicara soal biaya tindakan operasi caesar, pihak Rumah Sakit (RS) biasanya sudah menyatukan dalam satu paket, meliputi biaya tindakan operasi, perawatan, serta fasilitas lainnya. Namun, ada juga RS yang memberikan biaya operasi melahirkan caesar secara terpisah dengan biaya-biaya penunjang lain.

Oleh karena itu, pastikan kamu mencari informasi dengan teliti sesuai yang dibutuhkan. Lantas, berapa sih kisaran rincian biaya operasi caesar yang perlu dibayarkan secara tunai tanpa asuransi maupun BPJS Kesehatan?

Biaya Operasi Caesar di Kelas Eksekutif

Umumnya, untuk kelas eksekutif di setiap rumah sakit tentu menyediakan fasilitas yang mewah dan lengkap. Adapun, biaya operasi caesar di kelas VIP sendiri berkisar Rp30 juta sampai Rp70 juta.

Salah satu RS swasta di Jakarta, yakni RS Pondok Indah (RSPI) menawarkan 4 pilihan kamar kelas eksekutif untuk perawatan pasca operasi caesar. Ada kamar kelas VIP, VVIP A, VVIP B, dan Suite. Berikut rincian biaya operasi caesar kelas eksekutif di RSPI.

Jenis Kamar Keterangan

Kamar VIP

Biaya operasi caesar kelas kamar VIP di RSPI, mulai dari Rp46 jutaan. Kamar ini memberikan fasilitas khusus 1 pasien sehingga lebih nyaman. Selain itu ukuran kamarnya pun besar dilengkapi sofabed, televisi, kamar mandi, dan kulkas. Adapula alat mandi, seperti sabun dan sampo, serta sendal kamar.

Kamar VVIP B

Untuk biaya operasi caesar yang lebih mahal, yakni Rp52 jutaan, RSPI menawarkan kelas kamar VVIP B. Kamar ini memiliki fasilitas yang tidak jauh berbeda dengan kelas VIP dengan ruangan yang lebih luas dan ada meja makan.

Dengan demikian keluarga yang menjenguk bisa berkumpul dan jauh lebih nyaman.

Kamar VVIP A

Kamar kelas VVIP A juga tersedia di RSPI untuk pasien pasca operasi caesar. Kelas ini memiliki fasilitas lebih mewah yang menyediakan kitchenset untuk menyimpan berbagai makanan. Selain itu, ukuran kamarnya pun jauh lebih luas. Soal harga, kamar kelas ini memiliki biaya sekitar Rp54 jutaan.

Kamar Suite

Terakhir, RSPI menawarkan kelas kamar super mewah Suite dengan fasilitas mirip hotel berbintang. Dengan biaya operasi caesar sekitar Rp67 jutaan, kamu bisa mendapatkan perawatan di kelas kamar ini.

Kamar Suite RSPI dilengkapi fasilitas ruangan khusus untuk tamu yang terpisah dengan kamar pasien, kamar mandi tamu, sofa, meja makan, kitchen set, serta meja dan kursi tamu.

Itulah beberapa rincian biaya operasi caesar tanpa BPJS di kelas kamar eksekutif RSPI. Dengan besaran biaya tersebut, sudah termasuk biaya kunjungan dokter kandungan, jasa pendampingan dokter anak, jasa dokter anestesi, kamar operasi, kamar bersalin, kamar perawatan ibu dan bayi, pemeriksaan laboratorium standar, obat dan alat kesehatan standar, Screening neonatus dan otoacoustic emission (OAE), Pemeriksaan cardiotocography (CTG), serta surat keterangan lahir.

Biaya Operasi Caesar di Kamar Kelas I

Biaya operasi caesar juga tersedia pada kamar kelas I sekitar Rp25 juta sampai Rp50 jutaan. Kamar fasilitas kelas I menawarkan satu ruangan yang berisi satu sampai dua pasien. Salah satu biaya di RS swasta adalah RS Hermina Jatinegara, Jakarta Timur. 

Di sana, untuk biaya caesar tanpa BPJS Kesehatan pada kamar perawatan kelas I, mulai dari Rp30 jutaan. Biaya ini sudah termasuk kunjungan dokter, obat, dan fasilitas lain. Adapun, kamu juga akan mendapatkan fasilitas satu ruangan dengan bayi.

Biaya Operasi Caesar di Kamar Kelas II

Operasi caesar pada kamar perawatan kelas II membutuhkan biaya sekitar Rp15 sampai 30 juta. Biasanya, kamar rawat ini tersedia untuk dua sampai tiga orang pasien. Di salah satu RS swasta, yakni RS Awal Bros Bekasi Utara, biaya operasi caesar tanpa BPJS Kesehatan di kelas II memiliki biaya sekitar Rp16,5 juta. 

Biaya tersebut merupakan paketan, meliputi biaya tindakan operasi, kamar perawatan, pemeriksaan laboratorium, kunjungan dokter, serta fasilitas lainnya.

Biaya Operasi Caesar di Kamar Kelas III

Terakhir, biaya tindakan operasi caesar di kamar kelas III, mulai dari Rp4 jutaan pada RS Pemerintah tipe C dan D. Biaya ini merupakan biaya tindakan operasi saja belum termasuk perawatan dan lainnya. Kemudian, untuk RS tipe A dan B di Jakarta biayanya sekitar Rp5 jutaan sampai Rp10 jutaan.

Biaya operasi kelas III memang jauh lebih murah dari kelas lainnya. Namun, fasilitas yang disediakan pun sederhana. Contohnya, setiap ruangan berisi 3 sampai 5 pasien, kamar mandi, lemari penyimpanan kecil, dan televisi.

Nah, itulah beberapa kisaran rincian biaya operasi caesar tanpa BPJS Kesehatan. Untuk informasi biaya yang lebih lengkap, kamu bisa mencari tahu secara langsung kepada pihak informasi RS.

Biaya Operasi Caesar dengan BPJS

Saat ini, pemerintah Indonesia menyediakan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi seluruh masyarakat Indonesia. Namun, untuk bisa memanfaatkan fasilitas program ini, masyarakat wajib terdaftar sebagai peserta JKN yang dikelola oleh BPJS Kesehatan.

Perlu diketahui, BPJS Kesehatan tidak menanggung biaya operasi caesar atas keinginan pasien tanpa ada indikasi medis. Oleh karena itu, operasi caesar dengan BPJS bisa bebas biaya jika ada rujukan dari fasilitas kesehatan pertama dengan adanya indikasi medis tertentu. Umumnya, ada beberapa kondisi medis yang membuat ibu hamil dirujuk operasi caesar ke RS sebagai berikut.

  1. Indikasi gawat janin
  2. Janin tidak bisa lahir dengan persalinan normal, janin sungsang, janin kurang oksigen, tali pusat bayi keluar lebih dulu, dan terdapat tanda cacat lahir.

Adapun, biaya penggantian operasi caesar ditentukan menurut kelas, kondisi kesehatan ibu, dan pertimbangan lainnya. Berikut adalah beberapa biaya operasi caesar dengan BPJS yang bisa kamu ketahui. 

Jenis Biaya Operasi Caesar Rinciannya
Biaya Operasi Caesar Ringan
  1. BPJS Kelas 1 : Rp7.733.000
  2. BPJS kelas 2: Rp6.285.500.
  3. BPJS kelas 3: Rp5.257.900.
Biaya Operasi Caesar Sedang
  1. BPJS kelas 1: Rp8.092.000.
  2. BPJS kelas 2: Rp6.936.000.
  3. BPJS kelas 3: Rp5.780.000.
Biaya Operasi Caesar Berat
  1. BPJS kelas 1: Rp11.081.400.
  2. BPJS kelas 2: Rp9.498.300.
  3. BPJS kelas 3: Rp7.915.300.

Itulah beberapa biaya operasi caesar dengan BPJS Kesehatan berdasarkan kelas yang terdaftar. Adapun, untuk bisa bebas biaya dengan BPJS Kesehatan kamu perlu mengurus dan menyiapkan beberapa dokumen sebagai persyaratan. Berikut syarat yang perlu disiapkan untuk melahirkan caesar dengan BPJS Kesehatan.

  1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  2. Fotokopi Kartu Keluarga (KK).
  3. Surat Keterangan Opname/Surat Keterangan/Surat Rujukan dari rumah sakit/puskesmas/dokter.
  4. Jika tidak memiliki KTP/KK, pemohon dapat menunjukkan surat keterangan domisili dari desa/kelurahan.

Persiapkan Biaya Operasi Caesar dan Syarat Jika Menggunakan BPJS Kesehatan

Nah, demikian informasi seputar prosedur operasi caesar serta biaya operasi caesar tanpa BPJS kesehatan dan dengan BPJS Kesehatan di Rumah Sakit. Buat kamu yang sedang mempersiapkan kelahiran, operasi caesar mungkin jadi opsi yang bisa dipilih. Bahkan, jika kamu telah bersiap melahirkan secara norma, tidak menutup kemungkinan dilakukan tindakan operasi caesar saat terjadi kendala kelahiran.

Nah, rincian biaya operasi caesar di atas mungkin bisa jadi kisaran yang dipersiapkan. Kemudian, jika hendak menggunakan BPJS Kesehatan sebaiknya pun persiapkan berbagai syarat yang dibutuhkan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu yang sedang menanti kelahiran sang buah hati.