Atasi Masalah Gigi Bungsu, Berikut Estimasi Biaya Operasi Impaksi Gigi

Masalah gigi bungsu yang gagal tumbuh cukup banyak dialami masyarakat Indonesia. Hal ini biasanya menimbulkan rasa nyeri pada gusi hingga kesulitan menggigit maupun mengunyah makanan. Oleh karena itu, dokter biasanya menyarankan untuk dilakukan tindakan operasi sehingga banyak masyarakat penasaran dengan biaya operasi impaksi gigi ini.

Perlu diketahui, impaksi gigi sendiri merupakan kondisi gigi bungsu yang tidak tumbuh secara utuh. Penyebabnya beragam, seperti berdempetan dan/atau menghimpit gigi sekitar, tumbuh miring, serta kurangnya space di tulang rahang.

Adapun, operasi impaksi gigi dilakukan untuk mengatasi gejala yang dialami terus menerus. Maka dari itu, yuk simak informasi biaya operasi impaksi gigi pada artikel ini.

Biaya Impaksi Gigi

loader

Biaya operasi impaksi gigi di klinik maupun Rumah Sakit (RS) di Indonesia berbeda-beda. Umumnya, biaya operasi ini memiliki estimasi sekitar Rp200 ribu hingga Rp4 jutaan. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa estimasi biaya operasi impaksi gigi di Indonesia.

  1. RS Lira Medika, Karawang Rp220.000.
  2. RSAL Dr. Ramelan, Surabaya Rp225.000.
  3. RS Dewi Sri, Karawang Rp440.000.
  4. RSU Pindad, Bandung Rp912.500.
  5. RS Gigi dan Mulut YARSI Rp1.000.000.
  6. RS Abdul Radjak Salemba, Jakarta Rp1.450.000.
  7. RSU Bunda Margonda, Depok Rp1.500.000.
  8. FD Care Serpong, Tangsel Rp1.662.500.
  9. RS Satya Negara, Jakarta Rp1.650.000.
  10. RSU Wisata UIT, Makassar Rp1.950.000.
  11. Klinik Pondok Gigi Jakarta Rp1.850.000.
  12. RS Premier Jatinegara Rp2.300.000.
  13. Klinik Audy Dental Jakarta Rp2.500.000.
  14. RS EMC Sentul Rp2.255.000.
  15. RS Mitra Keluarga, Surabaya Rp2.450.000.
  16. RS TNI Angkatan Laut Dr. Mintohardjo Rp2.900.000.
  17. Klinik Gigi Nirmala, Depok Rp3.000.000.
  18. Ciputra Mitra Hospital, Banjarmasin Rp3.950.000.
  19. Klinik OMDC Dental Jakarta Rp4.300.000.
  20. Siloam Hospitals Lippo Village Rp5.000.000.

Itulah estimasi biaya operasi impaksi gigi pada beberapa klinik dan RS di Indonesia.

Ingin bayar BPJS Kesehatan anti ribet? Cermati solusinya!

Bayar BPJS  Kesehatan Sekarang!  

Biaya Operasi Impaksi Gigi Menggunakan BPJS Kesehatan

Kabar gembira untuk masyarakat Indonesia yang mengalami masalah gigi geraham bungsu. Pemerintah melalui BPJS Kesehatan menanggung biaya operasi impaksi. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan pelayanan operasi impaksi gigi secara gratis bahkan biaya pemeriksaan dan perawatan pasca operasi.

Pasalnya, tanpa BPJS Kesehatan kamu perlu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk operasi impaksi gigi. Oleh karena itu, jika terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, kamu bisa memanfaatkannya agar bebas biaya. 

Adapun untuk mendapatkan biaya operasi impaksi gigi gratis dengan BPJS Kesehatan, kamu harus memenuhi beberapa persyaratan. Di antaranya, memiliki status peserta BPJS Kesehatan yang aktif, melakukan pemeriksaan di faskes tingkat pertama, mendapatkan rujukan ke faskes tingkat lanjut, pemeriksaan dan diagnosa oleh dokter gigi di faskes tingkat lanjut, pemeriksaan penunjang seperti rontgen gigi, serta surat rekomendasi tindakan operasi. 

Setelah itu, barulah kamu bisa menyiapkan beberapa hal lainnya, seperti pemeriksaan penunjang dan dokumen yang harus disiapkan untuk operasi.

Prosedur Operasi Impaksi Gigi

loader

Selesai menjalani berbagai persiapan operasi impaksi gigi, dokter akan memberikan diagnosis final. Setelah itu, dokter akan memutuskan waktu untuk melakukan operasi. Umumnya, operasi ini berlangsung selama 30 sampai 60 menit, tergantung pada tingkat kesulitan dan kondisi pada saat operasi berlangsung. 

Berikut adalah prosedur operasi impaksi gigi yang umum dilakukan dokter.

1. Pembiusan

Prosedur pertama adalah gusi kamu akan disuntikkan bius lokal. Dengan demikian, bagian mulut akan mati rasa sehingga tidak merasa sakit selama tindakan operasi.

Namun, metode bius umum pun dapat dilakukan sehingga kamu tidak sadar ketika operasi impaksi gigi berlangsung. Biasanya, metode bius umum ini digunakan untuk prosedur pencabutan lebih dari satu gigi. Metode ini juga dilakukan bagi orang yang alergi dengan obat-obatan bius lokal.

2. Pembedahan Gigi

Proses selanjutnya adalah pembedahan. Dokter akan mulai menyayat bagian gusi yang ada impaksi gigi bungsu. Kemudian, dokter akan mengikis tulang pendukung gigi jika diperlukan.

Setelah itu, barulah dokter mulai mencabut gigi bungsu dan membersihkan area yang dicabut. Terakhir, dokter akan menggunakan kain kasa untuk mengeringkan area bekas gigi bungsu yang dicabut.

3. Pemulihan

Setelah operasi selesai, efek bius mulai hilang sehingga kamu akan merasakan nyeri secara perlahan. Pendarah pun perlahan akan mulai berkurang bahkan berhenti. Nantinya, dokter akan membekalkan obat anti nyeri.

Selama proses pemulihan, dokter juga akan meminta kamu untuk makan makanan yang lembut selama kurang lebih 1 minggu hingga luka menutup sempurna.

Segera Lakukan Operasi Impaksi Gigi

Demikian informasi seputar operasi impaksi gigi. Melalui artikel ini, kamu bisa mengetahui biaya operasi impaksi gigi di beberapa klinik dan RS di Indonesia serta prosedur yang dilakukan dalam operasi ini.

Mengingat biaya operasi tersebut tidaklah murah, kamu bisa memanfaatkan BPJS Kesehatan agar bebas biaya. Namun, pastikan kamu telah memenuhi syarat yang ditentukan. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!