Cegah Infeksi, Ketahui Prosedur dan Biaya Operasi Mata Ikan

Kaki merupakan anggota tubuh yang banyak digunakan untuk beraktivitas. Salah satu penyakit yang menyerang kaki, di antaranya adalah mata ikan. Penyakit ini ditandai dengan penebalan pada kulit telapak kaki dan bisa diobati secara ringan maupun tindakan operasi. Bicara tentang operasi, bagi kamu yang mengalami penyakit ini mungkin penasaran dengan biaya operasi mata ikan.

Sebelum membahas lebih jauh terkait prosedur dan biaya mata ikan. Perlu diketahui, mata ikan bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Beberapa penyebab, antara lain menggunakan sepatu dengan ukuran yang sempit, jarang menggunakan kaus kaki, dan perokok.

Nah, untuk mengatasi masalah mata ikan bisa dengan langkah mudah secara mandiri di rumah serta tindakan lebih lanjut, seperti operasi. Hal ini tergantung pada tingkat keparahan mata ikan yang menginfeksi. Yuk, simak informasi prosedur dan biaya operasi mata ikan di Indonesia.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

Estimasi Biaya Operasi Mata Ikan

loader

Biaya operasi mata ikan tentu berbeda-beda pada setiap Rumah Sakit (RS) di Indonesia. Estimasi biayanya, mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Berikut informasi biaya operasi mata di beberapa RS di Indonesia.

  1. Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta Rp450.000.
  2. Klinik Bedah Minor Bali Rp672.000.
  3. Rumah Sakit Pondok Indah Rp2 juta
  4. Rumah Sakit Manyar Medical Center Surabaya Rp2,1 juta.
  5. JMB Klinik Estetika Rp3,7 jutaan.

Itulah kisaran biaya operasi mata ikan pada beberapa RS dan klinik di Indonesia. Informasi ini mungkin bisa menjadi acuan untuk kamu yang hendak melakukan operasi mata ikan. Adapun, biaya di atas bersifat tidak tetap sehingga bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk informasi yang lebih pasti dan terbaru, kamu bisa mendapatkan melalui pihak RS yang dituju atau menghubungi kontak yang ada.

Apakah Biaya Operasi Mata Ikan Bisa Ditanggung BPJS Kesehatan?

Sebagian masyarakat Indonesia pasti bertanya-tanya, apakah biaya operasi mata ikan bisa ditanggung oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Pemerintah, melalui program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) memang menghadirkan kemudahan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Program ini dikelola oleh BPJS Kesehatan sehingga masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis.

Namun, pemerintah juga membatasi pertanggungan biaya yang diberikan. Untuk kegiatan operasi mata ikan tidak termasuk dalam salah satu tindakan medis yang tertanggung oleh BPJS Kesehatan. Oleh karena itu, kamu tidak bisa mendapatkan biaya operasi mata ikan gratis dengan menggunakan BPJS Kesehatan.

Oleh sebab itu, jika tidak memiliki biaya untuk operasi mata ikan sebaiknya kamu mengobati dengan cara lain. Ada beberapa cara untuk mengobati penyakit mata ikan selain operasi, yakni menggunakan salep mengandung salisilat 40 persen. Akan tetapi, pastikan kaki sudah bersih direndam dengan air hangat dan mencuci dengan sabun kulit khusus.

Prosedur Operasi Mata Ikan

loader

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa penyakit mata ikan tidak melulu harus disembuhkan dengan cara operasi. Pada kondisi yang ringan, mata ikan bisa diobati secara mandiri di rumah menggunakan salep secara rutin. Namun, jika kondisi mata ikan sudah makin parah dan menimbulkan rasa perih serta tidak nyaman, maka dokter menyarankan tindakan operasi. Berikut adalah beberapa prosedur rangkaian operasi mata ikan yang bisa kamu ketahui.

1. Pembersihan Kulit

Sebelum melakukan operasi mata ikan, pertama-tama dokter akan membersihkan area kulit yang terkena mata ikan menggunakan cairan antiseptik.

2. Pembiusan

Kemudian, tahap kedua prosedur operasi mata ikan adalah pembiusan. Dokter akan melakukan pembiusan untuk mengurangi rasa sakit saat dilakukan tindakan. Namun, tidak semua dokter melakukan tindakan operasi mata ikan dengan pembiusan.

3. Pengangkatan 

Terakhir adalah tahap pengangkatan mata ikan sebagai upaya penyembuhan. Teknik ini biasanya dilakukan dengan pisau bedah dengan cara menghilangkan lapisan pada area keratin secara berurutan. Tujuannya adalah menghilangkan inti keratin sentral sehingga kulit kembali terbentuk.

Nah, itulah beberapa tahap prosedur operasi mata ikan yang dilakukan oleh dokter untuk penyembuhan. Operasi ini bisa dibilang sebagai operasi sederhana sehingga pasien tidak perlu mendapatkan rawat inap pasca operasi.

Lakukan Operasi Mata Ikan untuk Penyembuhan Menyeluruh

Demikian informasi seputar prosedur dan biaya operasi mata ikan yang diulas pada artikel ini. Jika kamu atau keluarga ada yang mengalami mata ikan sebaiknya segera lakukan pemeriksaan sebelum kondisi makin parah. Sebab, kondisi mata ikan yang belum terlalu parah bisa disembuhkan dengan pengobatan ringan saja.

Jika mata ikan dirasa sudah cukup parah sebaiknya pilih langkah operasi agar tidak terjadi infeksi berkelanjutan yang tidak diinginkan. Selain itu, kondisi kaki yang mengalami mata ikan juga tentu merasakan sakit dan tidak nyaman saat digunakan berjalan. Namun, persiapkan biaya operasi mata ikan sesuai estimasi yang dijelaskan. Pasalnya, biaya ini tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan.