Perlu Segera Ditangani, Ini Estimasi Biaya Operasi Pasang Ring Jantung

Pemasangan ring jantung menjadi salah satu solusi atas kondisi pembuluh darah arteri yang tersumbat. Kondisi ini sudah menjadi ancaman kesehatan secara global. Namun, biaya operasi pasang ring jantung tidaklah sedikit.

Sebagai informasi, arteri merupakan pembuluh darah pembawa darah kaya oksigen ke seluruh tubuh. Penyebab tersumbatnya arteri adalah kolesterol dan zat lainnya yang menempel pada dinding arteri.

Oleh sebab itu, dokter menyarankan tindakan pasang ring agar jantung bisa kembali bekerja normal. Nah, pada artikel ini kita akan membahas biaya operasi pasang ring jantung secara mandiri maupun menggunakan BPJS Kesehatan. Yuk, simak informasi lengkapnya!

Estimasi Biaya Operasi Pasang Ring Jantung

loader

Meski belum tahu secara detail, tetapi sedikit banyak kamu pasti sudah sering mendengar mahalnya biaya operasi pasang ring jantung. Adapun dilansir dari laman resmi BPJS Kesehatan, estimasi biaya operasi pasang ring untuk satu kali tindakan sekitar Rp40 juta sampai Rp80 juta. Biaya ini belum termasuk perawatan dan rawat inap pasca operasi.

Sementara, biaya operasi pasang ring jantung pada 2023 di beberapa rumah sakit Indonesia, sekitar Rp80 juta sampai Rp150 juta untuk satu buah ring. Biaya ini tentu berbeda-beda pada setiap rumah sakit di Indonesia. Bisa lebih murah atau bahkan jauh lebih mahal.

Oleh karena itu, kamu perlu mengonfirmasi lebih lanjut kepada pihak rumah sakit terkait detail rincian biaya operasi pasang ring jantung. Namun, masyarakat Indonesia kini bisa sedikit bernafas lega. Pasalnya, biaya operasi pasang ring jantung menjadi salah satu yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Ingin bayar BPJS Kesehatan anti ribet? Cermati solusinya!

Bayar BPJS  Kesehatan Sekarang!  

Biaya Operasi Pasang Ring Jantung Ditanggung BPJS Kesehatan

Program pemerintah melalui JKN-KIS oleh BPJS Kesehatan menjadi salah satu manfaat kesehatan bagi masyarakat Indonesia. Salah satunya untuk masalah kesehatan jantung, yakni tindakan operasi pasang ring jantung. Jika kamu terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, maka kamu bisa mendapatkan tindakan operasi pasang ring jantung tanpa biaya sepeser pun.

Sudah banyak peserta JKN-KIS yang melakukan operasi pasang ring jantung tanpa mengeluarkan biaya. Semua ditanggung penuh oleh BPJS Kesehatan, bahkan untuk biaya kontrol selama rawat jalan dan obat-obatan setelah operasi.

Meskipun begitu, untuk operasi pasang ring jantung gratis. Kamu tetap perlu mengikuti syarat dan prosedur dari BPJS Kesehatan.

Prosedur Biaya Operasi Pasang Ring Jantung Gratis dengan BPJS Kesehatan

loader

Sebelum mendapatkan tindakan operasi pasang ring jantung gratis. Ada beberapa tahapan atau prosedur yang harus dilakukan. Meski membutuhkan cukup waktu, tetapi tahapan tersebut sebenarnya tidak terlalu rumit. Berikut prosedur pengajuan tindakan pasang ring jantung dengan BPJS Kesehatan.

  1. Lakukan konsultasi dan mendapatkan surat rujukan dari fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama.
  2. Selanjutnya, konsultasi dengan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah di faskes tingkat lanjutan.
  3. melakukan pemeriksaan penunjang, seperti EKG, Ekokardiografi, serta CT Scan.
  4. Kemudian, mendapatkan diagnosa dan persetujuan operasi dari dokter spesialis jantung dan pembuluh darah.
  5. Mengajukan permohonan operasi pasang ring jantung ke bagian verifikasi BPJS Kesehatan.
  6. Melampirkan surat rujukan faskes tingkat pertama.
  7. Membawa kartu BPJS Kesehatan serta Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan fotokopi dua rangkap.
  8. Melakukan pendaftaran secara daring pada tautan https://www.pjnhk.go.id/registrasi/pasien_baru/. Bisa juga menghubungi layanan pelanggan melalui telepon 1500034.
  9. Selanjutnya, akan dilakukan skrining kesehatan dan penjadwalan operasi pasang ring jantung serta tindakan-tindakan lain yang dibutuhkan.

Itulah beberapa prosedur operasi pasang ring jantung menggunakan BPJS Kesehatan. Untuk kamu dan keluarga yang mengalami masalah penyempitan pembuluh darah dan semacamnya, bisa menggunakan BPJS Kesehatan sehingga bebas biaya pemeriksaan, tindakan, perawatan, serta obat-obatan.

Mulailah Jaga Kesehatan Jantungmu

Nah, demikian informasi seputar biaya operasi pasang ring jantung, baik secara mandiri maupun menggunakan BPJS Kesehatan. Yuk, jangan tunda pengobatan jantung jika kamu atau keluarga mengalaminya. Pasalnya dengan terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, kamu bisa ringan terkait biaya.

Selain itu, jangan lupa untuk tetap dan selalu menjaga kesehatan jantungmu. Perhatikan dan mulailah ubah pola hidup dan pola makan mulai dari sekarang. Semangat hidup sehat dan semoga informasi seputar biaya pasang ring jantung ini bermanfaat untukmu, ya!