Ini Cara Pindah Faskes Online Melalui Aplikasi Mobile JKN BPJS Kesehatan

Ketika akan berobat menggunakan BPJS Kesehatan, peserta BPJS terlebih dahulu wajib berobat di fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama. Jika peserta memerlukan penangan lebih serius maka perserta diperbolehkan atau bisa dirujuk ke faskes tingkat selanjutnya yang bisa berikat fasilitas lebih baik.

Faskes sendiri adalah tempat berobat yang diprioritaskan bagi peserta BPJS Kesehatan sesuai dengan pilihan ketika mendaftar program tersebut. Faskes bisa berupa rumah sakit, puskesmas atau klinik.

Bagi Anda peserta BPJS Kesehatan yang ingin pindah faskes baik untuk mendapatkan penangan lebih serius atau karena pindah domisili sekarang tidak perlu mendatangi langusng kantor BPJS Kesehatan. Karena proses pindah faskes sudah bisa dilakukan secara online yaitu melalui aplikasi Mobile JKN.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Cara Daftar Aplikasi Mobile JKN BPJS Kesehatan

Sebelumnya untuk bisa mengganti faskes BPJS Kesehatan secara online melalui aplikasi JKN, Anda harus terlebih dahulu mendownload lalu mendaftarkan data diri Anda di aplikasi tersebut. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Download aplikasi BPJS Kesehatan dari Google Play Store
  2. Setelah aplikasi terpasang kemudian jalankan lalu pilih tombol Pendaftaran Pengguna Mobile.
  3. Isi form dengan nomor kartu BPJS, nomor ktp, tanggal lahir, nama ibu kandung, alamat email, nomor hp dan password salah satu anggota keluarga yang sudah terdaftar
  4. Lalu pilih tombol Register
  5. Melakukan verifikasi, pilih OKE lalu cek email masuk kemudian masukan kode verifikasi yang diterima lalu pilih tombol Verify.
  6. Jika verifikasi berhasil maka Anda sudah bisa login dengan alamat email atau no kartu BPJS dan password yang tadi dibuat.

Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan di Aplikasi Mobile JKN

Setelah terdaftar Anda pun sudah bisa melakukan perpindahan faskes yang diinginkan secara online melalui aplikasi JKN BPJS Kesehatan. Berikut tata caranya:

  1. Masuk/log in ke aplikasi mobile JKN BPJS Kesehatan Anda
  2. Pilih menu Ubah Data Peserta.
  3. Pilih nama peserta yang akan pindah faskes.
  4. Setelah muncul jendela pop up bertuliskan Ubah Fasilitas Kesehatan Pertama, isi data sesuai dengan yang ingin diubah.
  5. Jika berhasil maka akan ada notifikasi bahwa data berhasil diubah serta informasi mulai berlakunya faskes baru.

Selain pindah faskes, aplikasi JKN BPJS Kesehatan juga bisa digunakan untuk membayar tagihan BPJS Kesahatan, fitur lokasi, screening riwayat kesehatan, artikel kesehatan, pengaduhan keluhan dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 Gratis Tanpa Syarat Harus Jadi Peserta BPJS Kesehatan

6 Fitur Baru yang Sudah Bisa Dipakai di Aplikasi Mobile JKN

Semakin canggih, aplikasi mobile JKN BPJS Kesehatan telah memiliki 6 fitur baru yang sudah bisa digunakan oleh para peserta BPJS Kesehatan. Berikut 6 fitur baru tersebut:

  1. Obat ditanggung: Menampilkan daftar obat-obat yang ditanggung BPJS.
  2. Program relaksasi tunggakan: Fitur pengajuan untuk mendapatkan keringanan dalam membayar iuran bagi peserta yang telah menunggak lebih dari enam bulan.
  3. Jadwal tindakan operasi: Menampilkan informasi mengenai jadwal tindakan operasi bagi peserta.
  4. Ketersediaan tempat tidur: Fitur untuk melihat ketersediaan tempat tidur atau ruang rawat inap.
  5. Konsultasi dokter: Fitur untuk memudahkan peserta melakukan komunikasi ke dokter di tempat fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) terdaftar. Fitur ini dikeluarkan untuk mendukung penerapan physical distancing selama pandemi.
  6. Skrining mandiri Covid-19: Fitur terbaru untuk memberikan panduan bagi peserta dalam memantau kondisi kes ehatannya dengan melihat gejala- gejala penularan Covid-19.

Dengan tambahan fitur baru ini, Anda sebagai peserta sudah bisa melakukan banyak hal terkait kesehatan, pengobatan dan informasi fasilitas kesehatan dalam satu aplikasi dan lebih efektif.

Baca Juga: Daftar Iuran BPJS Kesehatan Terbaru 2021, Kelas 3 Naik Rp 9.500

Pengobatan, Perawatan dan Penaganan Darurat jadi Lebih Mudah

Dengan berbagai fitur-fitur baru yang telah ditambahakn di aplikasi JKN, Anda jadi tidak perlu repot-repot mencari-cari informasi lebih detail mengenai pengobatan dan perawatan medis dan kesehatan yang Anda butuhkan.

Cukup buka aplikasi JKN ini saja Anda sudah mendapatkan informasi lengkap mengenai jadwal fasilitas kesehatan sampai pembayaran bulanan BPJS Kesehatan dengan lebih praktis dan efektif.

Karena pandemi masih berlangsung, jangan lupa untuk tidak pernah melepaskan masker Anda ketika di luar rumah, perbanyak mengonsumsi makanan sehat, selalu cuci tangan dan menjaga jarak.

Baca Juga: Cara Registrasi Ulang BPJS Kesehatan Bagi Peserta yang Kartunya Dinonaktifkan