Bikin Greget, Begini Tips Memilih Saham untuk Mahar Nikah Biar Cuan

saham untuk mahar nikah
Jadikan Saham sebagai Mahar Pernikahan via kompas.com

Mahar merupakan hal wajib yang harus ada dalam pernikahan. Mahar tersebut disiapkan pengantin pria yang nantinya akan langsung diserahkan kepada istri tercinta. Pada umumnya, calon suami akan mempersiapkan mahar berupa uang tunai atau emas baik dalam bentuk perhiasan atau logam mulai.

Seiring perkembangan zaman, bentuk mahar pernikahan kian beragam. Kini, tak sedikit calon suami yang menyiapkan saham untuk dijadikan sebagai mahar pernikahan. Bahkan, mahar saham ini sudah menjadi tren dikalangan anak muda. Tak ada yang melarang memberikan mahar berupa saham, selagi kedua mempelai dan keluarga besar saling sepakat.

Namun, bagi Anda yang sudah memiliki rencana nikah juga jangan hanya mengikuti tren saja, sebab investasi saham ini juga tidak bisa dilakukan secara instan. Butuh kiat-kiat khusus agar saham untuk mahar tersebut memiliki nilai yang tinggi. Hal ini tentunya akan membuat kedua belah keluarga turut bahagia.

Untuk itu, khusus calon suami perlu simak beberapa tips memilih saham untuk mahar pernikahan pada ulasan berikut ini agar mahar saham tersebut bisa terus cuan yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Pantau Performa Perusahaan Saham

performa
Pantau performa perusahaan saham

Tak bisa dimungkiri, saham memang menjadi primadona di setiap kalangan investor mengingat imbal hasil yang nanti diperoleh sangat menggiurkan. Untuk itu, jangan langsung membeli banyak slot saham tanpa mengetahui performa dari perusahaannya. Hal ini hanya akan membuat Anda merugi.

Lebih baik, lakukan pemantauan performa perusahaan yang membuka saham. Anda bisa mengeceknya langsung dengan mudah di situs Bursa Efek Indonesia (BEI) yang merupakan wadah perusahaan saham terpercaya dan tentunya terdaftar.

Dengan begitu, Anda akan tahu saham perusahaan mana sajakah yang sedang bagus dan tepat sebagai incaran investasi saham hingga mendapatkan cuan besar.

2. Pastikan Termasuk Saham LQ45

Pilihlah saham yang perusahaannya termasuk dalam daftar saham LQ45 di BEI. Adapun alasannya, yaitu:

  • Saham perusahaan tersebut paling aktif di Indonesia saja
  • Saham LQ-45 ini merupakan saham-saham yang paling banyak diminati investor di pasar modal Indonesia
  • Memiliki tingkat likuiditas tinggi
  • Nilai kapitalisasi pasar yang tinggi
  • Dijadikan sebagai patokan naik turunnya harga saham di BEI.

Belum lama ini, BEI telah melakukan evaluasi terhadap saham perusahaan di Indonesia dan menerbitkan daftar saham perusahaan LQ45 terbaru periode Agustus 2020 – Januari 2021.

Baca Juga: BEI Terbitkan Saham LQ45 Terbaru, Cek Daftarnya!

3. Pilih Saham Perusahaan Papan Atas

saham blue chip
Pilih saham perusahaan papan atas

Bagi Anda yang investor pemula tapi ingin menjadikan saham sebagai mahar pernikahan, pemilihan saham yang termasuk dalam kategori papan atas atau blue chip menjadi pilihan yang tepat.

Saham blue chip memiliki volatilitas harga yang tidak mahal sehingga cocok untuk investor pemula. Namun, saham ini ditawarkan oleh perusahaan besar dengan performa perusahaan yang sangat prima. Hal ini tentunya sangat bagus untuk nilai investasi saham Anda di kemudian hari.

Berikut beberapa perusahaan saham papan atas yang teraktif saat ini berdasarkan nilai yang bisa Anda pilih sebagai mahar pernikahan. Data dikutip dari data saham idx harga saham dibawah ini dapat berubah naik dan turun. Informasi terkini bisa update di www.idx.co.id antara lain:

Kode

Nama Perusahaan

Nilai (Rp)

Volume (Lembar)

Harga (Rp)

KAEF

Kimia Farma Tbk

525.746.592.000

195.808.900

2.850

BBRI

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk

496.906.065.000

161.496.000

3.080

MDKA

PT Merdeka Copper Gold Tbk

457.007.700.000

238.426.200

1.935

BMRI

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk

372.369.907.500

66.922.300

 

5.700

TLKM

PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk

361.365.300.000

120.719.100

 

3.020

BBCA

PT Bank Cerntral Asia Tbk

305.178.320.000

9.878.600

 

31.025

ICBP

Indofood CBP Sukses Makmur Tbk

265.832.000.000

25.765.000

10.550

4. Beli Saham Sesuai Kemampuan

Jangan cuma karena ingin membahagiakan istri dengan nilai saham yang besar, Anda rela membeli saham dengan utang. Ini merupakan cara yang salah dalam membeli saham karena mungkin saja Anda akan mengalami kerugian yang besar di kemudian hari.

Perlu diingat, volatilitas saham bisa membuat nilai saham naik dan turun. Maka dari itu, sebaiknya beli saham sesuai kemampuan terlebih dahulu. Jika nilai saham terus meningkat, tak ada salahnya Anda membeli sejumlah slot saham lagi.

5. Setelah Menikah, Saham Tetap Harus Dipantau

pasangan kelola keuangan
Setelah menikah saham harus tetap dipantau

Ketika sah menjadi suami istri dan mahar saham sudah diberikan kepada istri, Anda dan pasangan tetap harus melakukan pemantauan nilai saham secara berkala. Tujuannya agar tidak terjadi kerugian disaat nilai saham turun dan saham tetap menghasilkan cuan yang menggiurkan.

Baca Juga: Lakukan ini untuk Hindari Kerugian saat Main Saham

6. Beli Saham Online Lebih Mudah

Biar lebih mudah, Anda bisa membeli saham secara onlie dengan cara berikut ini:

  • Buka rekening saham di salah satu broker yang terdaftar di BEI
  • Nasabah akan dikirimkan konfirmasi pembukaan rekening saham melalui email yang isinya mulai dari username, password, PIN dan nomor Rekening Dana Investor (RDI)
  • Deposit dana dengan transfer via ATM, internet banking, atau teller bank
  • Instal software online trading
  • Login menggunakan username, password yang sudah dikirimkan lewat email
  • Lalu beli saham dengan memasukan kode saham, harga, volume, dan kemudian klik send

Pelajari Strategi Investasi Saham

Agar investasi saham bisa memberikan hasil cuan yang maksimal, Anda perlu menyusun strategi yang tepat dalam investasi saham. Jika tidak tahu bagaimana caranya, pelajari saham secara online. Sekarang ini banyak media hingga investor yang sudah berpengalaman memberikan tips-tips cuan investasi.

Baca Juga: Trik Berinvestasi Saham dengan Modal Minim