Bingung Cari Rumah, Bagus Pilih Townhouse atau Cluster?

Kemudahan untuk mendapat rumah dengan KPR menjadi hal yang lumrah. Banyak tipe rumah yang ditawarkan oleh pihak developer. Namun, tidak banyak orang yang tahu bentuk dan tipe rumah yang tersedia. 

Tipe Townhouse dan Cluster menjadi option yang banyak diminati. Model dan bentuk rumah memang secara sekilas terlihat sama saja. Namun tahukah kamu? Ada beberapa perbedaan cukup besar antara Townhouse dan Cluster.

Lalu, manakah yang lebih bagus dari kedua tipe rumah tersebut? Yuk, pahami dulu perbedaannya dalam ulasan berikut ini. 

Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

Mengenal Townhouse

loader
Contoh Townhouse

Townhouse merupakan komplek perumahan yang lumayan diminati kalangan menengah keatas. Tidak heran jika harganya bisa mencapai milyaran rupiah.

Tipe rumah ini disajikan lebih eksklusif dengan jumlah rumah yang relatif sedikit. Sehingga, hunian semacam ini menjadikan privasi penghuninya menjadi lebih terjaga.

Tidak hanya itu, keamanan Townhouse biasanya sudah menggunakan sistem keamanan dengan satu akses yang sama. Pastinya tidak sembarang orang bisa masuk ke dalam kawasan tersebut.

Fasilitas yang Umum Disediakan oleh Town House:

Fasilitas umum yang disediakan Townhouse pun cukup mencuri perhatian, berikut fasilitas yang kamu bisa menikmati jika memilih hunian Townhouse tersedia.

1. Kolam Renang

Berenang bisa menjadi sarana rekreasi untuk mengisi waktu weekend. Fasilitas tersebut eksklusif hanya untuk penghuni Townhouse. Kamu tidak perlu risih akan kehadiran banyak orang, tentunya privasimu masih terjaga.

2. Ruang Terbuka Hijau

Sarana rekreasi ini menyajikan pemandangan yang pasti memuaskan konsumen. Hingar bingarnya kehidupan kota akan dipulihkan dengan pemandangan hijau yang menyejukan mata. 

Kamu tidak perlu pergi jauh lebih untuk sekedar refreshing di alam terbuka. Budget rekreasi pun tetap aman di kantong.

3. Taman Bermain

Beberapa Townhouse menyediakan taman bermain yang ramah bagi anak.  Walaupun menyediakan taman bermain yang ramah anak, tetap awasi jika anak sedang bermain, ya.

Tidak hanya itu, taman ini dapat berfungsi sebagai sarana bermain anak di alam terbuka. Kegiatan yang menyenangkan bukan? Mengisi waktu luang serta menyenangkan hati.

4. Sarana Olahraga

Bagi sebagian pekerjaan mungkin sulit untuk mengatur waktu untuk kegiatan olahraga. Namun, jangan khawatir akan hal itu. Kamu tetap bisa berolahraga di waktu senggang yang tersisa.

Fasilitas yang memadai membuat kamu dapat berolahraga kapanpun. Akses yang diberikan pun full untuk penghuni tanpa jarak tempuh yang jauh.

Bagaimana apakah tertarik untuk memilih tipe hunian Townhouse? Jangan terburu-buru untuk memutuskan tipe hunian yang dipilih. 

Jika rumah yang kamu dambakan bersifat sederhana dan minimalis. Maka tipe hunian Cluster menawarkan perbedaan lain yang mungkin membuat kamu tertarik. Simak ulasannya dibawah ini.

Baca Juga: Rumah Tapak vs Apartemen, Pertimbangkan Hal Ini

Mengenal Cluster

loader

Tipe hunian Cluster ini menawarkan model yang cenderung minimalis dengan bentuk bangunan yang relatif sama. Sementara, dalam satu kawasannya terdiri dari banyak hunian. 

Tipe Cluster ini banyak dibangun di pinggiran kota yang terkadang jarak menuju pusat kota memerlukan waktu lebih banyak. Pemasangan pagar rumah pun jarang dilakukan, hanya tembok beton sebagai pemisah antar rumah. 

Namun jangan khawatir, akses masuk tipe hunian Cluster sudah menerapkan sistem keamanan satu pintu (one gate system). Wilayah hunian ini pun masih tetap terdapat pemantauan tentu masih tertutup dan aman.

Beberapa Cluster, mungkin sudah dilengkapi sejumlah fasilitas umum, meski memang tidak selengkap yang disediakan oleh tipe lainnya. Para penghuninya pun dipastikan lebih banyak dibanding tipe Townhouse

Maka tak aneh jika penghuni di tipe Cluster ini lebih banyak dan kerap melakukan sosialisasi dengan penghuni di sekitarnya.

Perbandingan yang Mendasar pada Townhouse dan Cluster

1. Penerapan Konsep yang Bertolak Belakang

Konsep dari kedua tipe hunian tentu menjadi perbedaan yang mencolok. Pada hunian Townhouse tentu memiliki jumlah yang sedikit atau terbatas. Mengusung tema eksklusif, Townhouse hadir dengan gaya yang lebih elite.

Dengan hamparan ruang terbuka yang luas, Townhouse membutuhkan lahan begitu luas. Dibandingkan dengan Cluster yang mengusung tema minimalis.

Sedangkan pada tipe hunian Cluster ini biasanya dikelilingi tembok pembatas. Walau terkesan tertutup, namun tingkat keamanannya dianggap lebih baik.

Tak heran jika tipe hunian ini banyak diminati oleh para konsumen. Tidak hanya itu, biaya yang diperlukan untuk pembangunan tipe rumah Cluster juga lebih terjangkau dibanding tipe Townhouse.

2. Fasilitas yang Didapatkan Townhouse Lebih Lengkap

Dari segi fasilitas yang tersedia, tipe hunian Townhouse memang dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum yang jauh lebih lengkap. Namun jangan khawatir, karena tipe hunian Cluster juga tak menutup kemungkinan sudah memiliki fasilitas umum lainnya. 

Namun jika kembali kepada konsep, bahwa Townhouse mengusung gaya elite dengan harga yang lebih fantastis. Tentu fasilitas yang disediakan pun bukan kaleng-kaleng.

Kelengkapan fasilitas tentu berbeda tergantung penawaran yang diberikan developer. Pastikan kamu mengetahui apa saja keuntungan yang didapat dari pemilihan developer tersebut.

3. Design Cluster Lebih Minimalis dan Seragam

Dalam satu wilayah tipe hunian Cluster terhitung banyak dengan design rumah yang mirip bahkan sama. Tipe rumah berdempetan dan berjajar rapih dengan pembatas sebuah tembok.

Luas rumah pun cenderung terbatas dibanding dengan Townhouse. Rumah Cluster biasanya tidak melebihi dari dua lantai. Bila dibandingkan dengan Townhouse yang bisa dibuat hingga empat lantai.

Baca Juga: Beli Rumah di Pinggir Kota, Kenapa Tidak?

Pahami Kebutuhan dan Budget, Tentukan Hunian Pilihan dengan Tepat

Memang bila dibandingkan kedua tipe hunian memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tentunya dalam pemilihan tipe rumah harus disesuaikan dengan budget yang dimiliki dan juga kebutuhannya.

Memilih hunian yang strategis dan sesuai dengan keinginan memang menjadi keuntungan tersendiri. Namun, sekali  lagi bijaklah dalam memilih hunian yang akan ditinggali bersama keluarga. Karena kenyamanan adalah hal utama. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 6 Tips Sewa Rumah Bulanan