Mencicip Bisnis Snack Curah, Modal Recehan Untung Jutaan

Orang Indonesia pada dasarnya suka ngemil. Ketika santai di rumah, sambil kerja di depan layar komputer pun senang mengunyah camilan atau makanan ringan.

Stok snack atau camilan pasti selalu ada di meja kantor maupun di rumah untuk suguhan tamu yang datang. Makanan ringan, seperti jajanan ciki, keripik, kerupuk, basreng, usus krispi, cireng, stik kentang, sampai kue basah dan kue kering.

Pantas saja bisnis camilan atau makanan ringan selalu menguntungkan. Pasarnya tak kenal usia, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orangtua.

Prospek usaha snack sangat menjanjikan dengan modal terjangkau. Kalau mau banjir cuan, coba bisnis snack curah alias snack kiloan. Camilan yang bisa kamu beli dari supplier dalam bentuk bal-balan.

Bal-balan ini satu kantong plastik besar dan biasanya memiliki berat satu kilogram (kg). Dari satu jenis snack berat satu kg ini, kamu dapat menjualnya ketengan dengan harga bervariasi, misalnya Rp 2.000, Rp 3.000, Rp 5.000, dan Rp 10.000.

Jajakan ke warung-warung kelontong di sekitar tempat tinggalmu atau buka usaha sendiri sebagai pemasarannya. Via online juga bisa.

Baca Juga: 7 Ide  Bisnis Makanan Fusion Unik yang Dijamin Laris Manis

Analisis Usaha Snack Curah

Contoh, kamu membeli lima jenis snack masing-masing satu bal berat satu kg seharga Rp 15.000. Modal Rp 75.000. Kemudian dikemas ulang untuk dijual eceran. Jika setiap bal, dibungkus kecil-kecil berat 50 gram, maka kamu akan mendapat hasil 100 bungkus.

Dijual Rp 2.000 per bungkus, berarti omzet yang diraup sebesar Rp 200.000. Itu belum memperhitungkan plastik untuk membungkus. Bayangkan jika bisnis sudah berkembang, berhasil menjual 100 bal saja setiap hari, hasil penjualan mencapai Rp 4 juta. Berarti sebulan tembus Rp 120 juta.

Sangat menggiurkan bukan? Agar memulai bisnis snack curah lancar dan sukses, berikut tips yang bisa kamu lakukan:

1. Tentukan jenis snack yang akan dijual

Snack kiloan di pasaran banyak macamnya. Jadi, kamu harus tentukan terlebih dahulu jenis camilan apa saja yang akan dijual. Ada snack yang manis, asin, pedas. Penentuan jenis snack yang dipilih akan menentukan kesuksesanmu ke depan.

Kamu akan lebih fokus membeli camilan sesuai daftar yang dibuat. Oleh karena itu, sebelumnya kamu dapat melakukan riset untuk mencari tahu makanan ringan apa yang digemari konsumen, yang sedang menjadi tren atau viral, dan yang masih jarang di pasaran.

Ini untuk menghindari produk kamu tidak laku. Selain itu, buat daftar harganya juga. Perkiraan harga per kilogramnya berapa, kamu ingin menjual dengan harga berapa dan ukurannya. Ini akan menjadi gambaranmu dalam mengeksekusi bisnis snack curah.

2. Cari supplier yang tepat

Bisnis snack curah mengandalkan produk dari supplier. Oleh karenanya, penting menemukan pemasok camilan yang tepat. Menawarkan harga murah, kualitas rasa enak, dan sudah terbukti dapat dipercaya.

Kamu bisa mencari supplier snack curah ke keluarga, teman, kerabat, atau berselancar di dunia maya. Pastikan kamu membaca komentar, ulasan, ataupun tanggapan dari para pembeli sebelum memutuskan bekerja sama dengan supplier tersebut. Ini dilakukan untuk menghindari penipuan.

Jatuhkan pilihan pada supplier yang menjual produk dengan harga murah untuk menekan anggaran dan meningkatkan marjin keuntungan. Namun perhatikan pula kualitasnya, sebab bisnis ini berhubungan dengan lidah dan perut pembeli, jadi pilih supplier yang juga menjual snack dengan rasa enak.

3. Ciptakan merek dan logo produk

Snack curah atau snack kiloan biasanya polos. Tidak ada merek dagang dari produk tersebut. Kalau ingin menjualnya kembali, kamu harus membuat merek dan logo produk agar menarik konsumen.

Konsumen cenderung memilih produk yang memiliki merek dagang karena bisa lebih dipercaya. Jadi, sebelum dilempar ke pasaran, kamu mesti menciptakan merek atau brand, sekaligus logonya yang ada di setiap bungkus atau kemasan snack curah kamu.

Tak perlu nama yang susah. Cari nama merek yang sederhana dan mudah diingat. Gunakan desain logo dan warna yang sesuai untuk bisnis ini. Kamu dapat menggunakan jasa desainer logo produk untuk membuat merek dan logo tersebut untuk hasil yang maksimal.

4. Buat kemasan yang menarik

Kemasan merupakan salah satu daya tarik produk hasil repacking snack curah di mata konsumen. Produk dengan kemasan yang menarik dan memiliki nilai estetika dapat meningkatkan harga jual produk serta marjin keuntungan.

Di samping itu, pastikan pula kemasan produk yang sudah di desain secara unik dan menarik tidak mengurangi kualitas produk snack yang dijual, misalnya dapat membuat snack menjadi melempem atau membuat konsumen jadi kesulitan dalam menikmati produk.

5. Jual ke warung dan e-commerce

Snack curah yang sudah siap jual ketengan bisa dijajakan ke warung-warung kelontong sekitar rumah. Tawarkan dari mulut ke mulut, door to door ke tetangga, teman, kerabat, dan keluarga dekat.

Agar penjualan meningkat, manfaatkan kecanggihan teknologi. Jualan online di media sosial, maupun lewat e-commerce dan jasa pesan antar makanan online.

Baca Juga: Mau Bisnis Makanan Korea Street Food? Begini Cara Mulainya