Cara Aman Gadai BPKB Online dengan Mudah, Bebas Worry!

Lagi butuh dana mendadak? Salah satu solusinya adalah dengan mengajukan pinjaman ke lembaga gadai.

Apalagi, sistem gadai bukanlah sesuatu yang asing dan aneh bagi masyarakat. Nah, BPKB merupakan salah satu jenis surat berharga yang paling populer digunakan sebagai jaminannya. 

Daripada penasaran dengan seluk beluk pinjaman gadai BPKB, yuk simak ulasan berikut ini selengkapnya.

Bingung cari pinjaman yang tepat? Cermati solusinya!

Bandingkan Pinjaman Kilat Terbaik Sekarang!  

Mengenal Gadai BPKB dan Sistemnya

loader

Dari masa ke masa gadai BPKB, baik mobil maupun motor yang dilakukan secara offline cukup banyak diminati. Salah satu alasannya, tentu karena syarat untuk pengajuan pinjaman gadai tersebut terbilang cukup mudah. 

Meski begitu, seiring waktu berlalu dan zaman yang semakin canggih membuat proses gadai bisa dilakukan juga secara online. Sebab itu, jangan heran ketika ada begitu banyak lembaga keuangan yang mulai gencar mengajak nasabahnya mengajukan pinjaman  secara online melalui aplikasi tertentu. Salah satunya seperti yang dilakukan lembaga gadai.

Tentunya untuk bisa mengajukan pinjaman gadai BPKB secara online, pihak pemohon perlu melalui sejumlah tahapan. Setidaknya harus dapat memenuhi beberapa persyaratan yang sudah ditetapkan, baik untuk diunggah melalui website maupun aplikasi tertentu. 

Meminjam dengan sistem gadai BPKB online memang memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Salah satu yang cukup dikhawatirkan adalah adanya peluang terjadinya kejahatan cyber yang bisa saja menyasar data pribadi pengguna untuk dicuri.

Cara Aman Gadai BPKB Online dengan Mudah

Kejahatan cyber di dunia keuangan belakangan ini bisa dibilang terjadi secara masif, dan bikin was-was pengguna. Untung saja, sebagian besar lembaga keuangan pun mulai tanggap dengan melakukan sejumlah pembenahan di berbagai aspek. Tak terkecuali proses administrasi dalam sistem pengajuan gadai.

Pada dasarnya, sistem gadai BPKB secara prinsip tidak jauh berbeda dengan sistem offline. Bedanya, sistem online memungkinkan penggunanya untuk menghemat waktu maupun tenaga lebih banyak. Terutama dalam tahap awal pengajuan pinjaman gadai tersebut.

Calon nasabah hanya perlu mengakses website milik lembaga keuangan tertentu yang dipilih atau memiliki layanan produk gadai BPKB secara online. Lalu, masukkan sejumlah informasi penting yang dibutuhkan, dan jangan lupa untuk mengupload dokumen pelengkap yang diperlukan. 

Selanjutnya, lembaga gadai atau perusahaan finance akan melakukan pemeriksaan menyeluruh terkait kelengkapan administrasi. Termasuk kesesuaian data yang diberikan, setelah pengajuan pinjaman gadai BPKB disetujui, dana pinjaman akan dikirimkan ke nomor rekening milik pemohon.

Baca Juga: Ketahui Jenis Barang yang Bisa Digadaikan dan yang Tidak Bisa

Gadai BPKB Online dan Keuntungannya

Ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh dengan mengajukan gadai BPKB secara online, terlebih bukan hanya BPKB mobil saja tapi BPKB motor pun juga bisa. Mengingat, pengguna kendaraan bermotor di Indonesia jumlahnya cukup besar.  

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa keuntungan mengajukan dana pinjaman dengan menggunakan jaminan BPKB baik itu BPKB mobil atau BPKB Motor, diantaranya.

Suku Bunga Rendah

Gadai BPKB online memiliki tingkat suku bunga yang terbilang lebih rendah, sehingga tidak memberatkan calon nasabah. Rata-rata, suku bunga pinjamannya mulai dari 18% per tahun tergantung dari lembaga gadai yang dipilih.

Lebih Efisien

Sistem gadai BPKB online menjadi alternatif yang lebih efisien. Bukan cuma bisa menghemat waktu, tetapi juga uang dan tenaga. Sebab, calon nasabah tidak perlu capek mengantri selama proses pengajuan gadai yang mungkin bisa cukup memakan waktu.

Proses dan Tahap Survey Menjadi Lebih Cepat

Umumnya pihak lembaga gadai tak melakukan survey langsung calon nasabah hingga ke rumahnya. Hanya saja, calon nasabah perlu mengunggah foto atau gambar BPKB yang asli.

Terpercaya dan Aman

Ketika pengajuan pinjaman gadai diajukan melalui aplikasi atau website resmi milik lembaga pendanaan, maka sudah pasti aman. Terlebih, jika lembaga tersebut sudah terdaftar dan berijin resmi OJK. Jika tak ingin merasa dijebak, pastikan jangan asal tergiur tawaran menarik dari lembaga abal-abal.

Tips Menentukan Pilihan Lembaga Gadai BPKB Online

loader

Gadai BPKB secara online semakin marak akhir-akhir ini, hal ini tentunya membuat masyarakat tertarik untuk mengajukan pinjaman dana ke lembaga gadai. Sayangnya, tak semua orang bisa menyeleksi dengan baik mana lembaga financing yang memang aman dan terpercaya. 

Agar tidak salah pilih, simak tips cerdas dalam menentukan pilihan lembaga keuangan untuk gadai BPKB yang terpercaya, antara lain:

1.   Memiliki situs web resmi

Situs web menjadi salah satu indikasi jika sebuah perusahaan memang bekerja secara profesional dan terpercaya. Hal ini juga yang mengindikasikan bahwa lembaga gadai memang beroperasi secara resmi.

Namun bukan sembarang situs web, biasanya perusahaan besar atau lembaga kredibel akan memiliki situs web dengan domain unik dan berbayar, bukan gratisan. Misalnya saja, domain dengan akhiran .com, .go, .co.id dan sebagainya.

Ketika, situs web yang kamu kunjungi menggunakan domain gratis, maka sebaiknya urungkan kembali niat untuk mengajukan pinjaman gadai. Sebab, situs lembaga keuangan tidak akan menggunakan domain gratisan yang notabene keamanannya kurang.

Baca Juga: 5 Keuntungan Gadai Zaman Now saat Butuh Uang Cepat

2.  Tingkat suku bunga bersaing

Besaran suku bunga pinjaman sangat menentukan besar kecilnya cicilan yang akan dibayar setiap bulannya. Siapa sih yang mau terjebak dengan pinjaman dari lembaga gadai dengan liabilitas tinggi tetapi bunganya pun sama tingginya? 

Oleh sebab itulah, penting untuk mengetahui tingkat suku bunga yang ada saat ini sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman gadai. Jika memungkinkan, lakukan perbandingan di beberapa lembaga gadai yang ada. Lalu, pilih tingkat suku bunga yang paling rendah diantara semua pilihan tersebut.

3.  Terdaftar resmi di OJK

Jika ingin mengajukan pinjaman gadai, syarat utama memilihnya adalah memastikan lembaga gadai tersebut sudah terdaftar dan berizin resmi dari OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Sebab, setiap lembaga yang sudah terdaftar dan berizin resmi OJK, berada di bawah pengawasan dan sudah lolos uji. 

Sehingga, bisa dipastikan lembaga keuangan tersebut aman dan terpercaya. Bukan hanya itu saja, ketika mengajukan pinjaman melalui lembaga keuangan yang diawasi OJK, bisa dikatakan nasabah akan mendapatkan perlindungan hukum yang jauh lebih kuat.

Tips Agar Kredit Jaminan (Gadai) BPKB Tidak Ditolak

Mengajukan kredit dengan jaminan surat berharga memang sering dilakukan, tak terkecuali dengan BPKB (Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor). Baik roda dua maupun empat, pemilik BPKB bisa mendapatkan pinjaman uang dari lembaga terkait dengan nominal yang beragam. Yang menjadi pertimbangan tentu saja kondisi dan tahun terbit kendaraan. 

Memang terlihat mudah, tapi pengajuan kredit ini juga tak selalu berhasil. Dalam beberapa kasus, pengajuan tidak bisa disetujui karena persyaratan yang diperlukan yang kurang lengkap. Bisa juga kredit ditolak karena track record atau finansial yang buruk dari nasabah yang  bersangkutan. 

Agar tak sampai terjadi, ada baiknya sebelum mengajukan kredit pelajari terlebih dahulu ketentuan dan syarat yang diperlukan. Dengan langkah yang tepat, besar peluang pengajuan kredit bisa dikabulkan. 

Sebagai bahan pertimbangan, di bawah ini beberapa langkah tepat yang bisa dilakukan sebelum mengajukan kredit dengan jaminan BPKB. Simak baik-baik langkah-langkahnya berikut ini:

Sebelum mengajukan kredit, ada baiknya lakukan hal- hal di bawah ini agar proses pengajuan bisa berjalan lancar, di antaranya:

Tahap Persiapan

Ketahui Syarat dan Ketentuan yang Dibutuhkan

Langkah pertama yang perlu dipersiapkan adalah mengetahui terlebih dahulu jenis kredit yang akan diambil, seperti contohnya kredit dengan jaminan BPKB. Setelah itu, pelajari juga syarat yang diperlukan serta cara kerjanya. 

Cari tahu info sedetail mungkin mengenai program kredit tersebut, bisa dengan mendatangi kantor penyedia pinjaman secara langsung atau laman internet yang sudah disediakan. Dengan begitu, peluang terjadinya miss komunikasi bisa dihindari.

Persiapkan Surat Kendaraan yang Lengkap Setelah mengetahui syarat dan ketentuan, selanjutnya kamu harus mempersiapkan kelengkapan dokumen termasuk surat kendaraan yang diperlukan. Selain BPKB yang asli dan fotokopi, surat lain yang diperlukan adalah STNK kendaraan beserta bukti pelunasan pajak kendaraan terbaru. 
Pastikan Dokumen Persyaratan juga Lengkap Tak kalah penting adalah melengkapi dokumen persyaratan yang diminta, seperti KTP, KK, slip gaji, dan dokumen lain yang diperlukan. Jika dokumen persyaratan ini lengkap, pengajuan pinjaman akan lebih mudah dan cepat diproses.
Memilih Lembaga Kredit

Lembaga penyedia pinjaman dengan jaminan BPKB memang sangat mudah ditemukan. Dengan berbagai penawaran yang menggiurkan, nasabah akan dibuat bingung untuk memilih. Meskipun begitu, kamu tetap harus bersikap bijak dan hati-hati, ya. 

Pastikan memilih lembaga yang terpercaya dan tak memberatkan. Kamu bisa memeriksanya melalui laman OJK atau dari review terdahulu. Jangan tergiur dengan penawaran murah yang tidak jelas, karena beberapa akan menjebak dan memberatkan di akhir.

Proses Pengajuan Pinjaman

Mengajukan Pinjaman

Saat semua syarat sudah dipersiapkan, langkah selanjutnya adalah mengajukan pinjaman di lembaga yang sudah dipilih. Nasabah bisa mendatanginya secara langsung atau melalui online, sesuai dengan kebijakan perusahaan. 

Saat pengajuan pinjaman, pastikan untuk menyerahkan semua dokumen persyaratan yang diperlukan. Ingat, semakin lengkap dokumen tersebut, semakin cepat pula proses verifikasi dilakukan. 

Penentuan Nilai Taksir Jaminan

Saat dokumen persyaratan sudah masuk, pihak penyedia pinjaman akan mulai memprosesnya. Salah satu tahapan yang dilakukan adalah menentukan nilai taksiran pada jaminan yang diajukan. 

Ada beberapa hal yang biasanya menjadi pertimbangan, seperti tahun terbit, jenis, maupun kondisi kendaraan. Semakin bagus dan baru kondisinya, nilai pinjaman yang didapatkan juga semakin besar. 

Menentukan Plafon Pinjaman

Setelah menentukan nilai taksir, pihak penyedia pinjaman akan menentukan plafon maksimal yang bisa diajukan. Jadi, pinjaman yang diajukan tak boleh melebihi nilai plafon tersebut, ya. 

Selanjutnya, nasabah juga akan diberikan informasi mengenai besarnya angsuran yang harus dibayarkan. Jika sudah mencapai persetujuan, barulah pengajuan kredit bisa dikabulkan. 

Persetujuan dan Pencairan Dana

Pembuatan Surat Kredit Saat semua persyaratan sudah terpenuhi dan kesepakatan sudah diambil, maka nasabah tinggal menunggu surat kredit yang diberikan oleh lembaga penyedia pinjaman. Dalam surat ini biasanya berisi perjanjian dan ketentuan-ketentuan lain seperti nilai pinjaman, nilai angsuran, tanggal jatuh tempo dan lain sebagianya. 
Penandatanganan Bukti Kredit

Jika surat bukti kredit sudah terbit, nasabah dan pihak lembaga penyedia pinjaman akan menandatangani surat tersebut sebagai bukti perjanjian. Ke depannya, bukti ini yang mendasari berlangsungnya kesepakatan kredit sampai waktu yang telah ditentukan. 

Perlu diingat sebelum menandatangani bukti kredit ini, pastikan untuk memeriksa kembali isinya dengan teliti dan hati-hati. Pastikan tidak ada poin yang terlewat atau tidak dipahami agar tak menjadi bumerang di kemudian hari. Dengan begitu, tidak ada pihak yang merasa dirugikan. 

Gadai BPKB jadi Lebih Aman dan Mudah dengan Mengikuti Aturan yang Berlaku

Pada dasarnya setiap lembaga penyedia pinjaman, baik online maupun konvensional, memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda saat pengajuan pinjaman. Untuk itu, sebelum mengajukan pinjaman, ada baiknya mencari informasi  dan melakukan persiapan semaksimal mungkin. Dengan begitu, proses pengajuan kredit akan lebih mudah dan efisien.

Namun, dengan kecanggihan teknologi saat ini, kini gadai BPKB bisa secara online dengan mudah dan lebih praktis. Namun, karena kemudahan ini pastikan untuk lebih berhati-hati. 

Jangan hanya karena iming-iming dana pinjaman besar dengan proses mudah, aspek keamanannya pun diabaikan. Pastikan status dari lembaga gadai yang dipilih memang sudah terdaftar dan berizin resmi di OJK, ya!

Baca Juga: Langkah Aman Gadaikan BPKB Kendaraan