Cara Asyik Nabung yang Bikin Hidup Bahagia dan Makin Untung

Orang bilang menabung itu gampang-gampang susah. Mudah kalau sudah terbiasa, sulit jika belum bisa mengelola keuangan dengan baik karena ada banyak sekali godaan untuk menghabiskan uang dengan cepat.

Sekarang ini makan enak, belanja, jalan-jalan dan beli apa aja bisa dengan mudah dan cepat terpenuhi. Alhasil, uang gajian tak terasa cepat sekali habis. Ditambah jika kamu tipikal orang yang lebih mengutamakan keinginan daripada kebutuhan. Alhasil, menabung bisa jadi hanya sebatas wacana saja.

Kamu tak perlu sedih apabila hingga saat ini kamu belum punya tabungan. Tenang, masih ada kesempatan buat kamu yang mau berubah dan berani ambil langkah maju untuk memperbaiki kondisi finansialmu.

Mulai dulu dengan keyakinan bahwa kamu pasti bisa menabung dan mengatur uangmu dengan baik. Berikut 3 cara asyik yang bisa bikin hidupmu lebih happy dan menguntungkan yang bisa membantumu semangat menabung. 

1. Miliki Impian dan Tujuan

loader

Ilustrasi tuliskan apa saja impian dan tujuan kamu menabung

Memiliki impian bisa membuat kamu termotivasi dalam menabung. Renungkan dan tulislah apa saja yang menjadi impianmu. Misalnya, impian bisa beli gadget baru, punya mobil, beli rumah, hingga travelling bersama orang tua/keluarga.

Lalu, setelah menentukan impian, buatlah tujuan keuangan yang jelas dan terukur supaya kamu bersemangat dalam menabung. Contohnya: 

  • Saya akan menabung rutin sebesar 10% sehabis gajian untuk tujuan beli laptop baru di akhir tahun.
  • Saya akan menyisihkan uang sebesar Rp200.000 setiap bulan untuk tujuan finansial tabungan dana darurat.
  • Target punya tabungan sebesar Rp100 juta untuk tujuan finansial jangka panjang yaitu biaya nikah.

Tulislah impian dan tujuan keuangan versi kamu di secarik kertas, lalu tempel di kamar atau lokasi yang kamu inginkan (meja kerja/belajar). Gunakan cara ini sebagai pengingat diri supaya kamu tidak mudah khilaf / tergoda belanja berlebihan dan akhirnya lupa nabung.

2. Ciptakan Kebiasaan Keuangan Sehat

loader

Ilustrasi menciptakan keuangan sehat

Ciri-ciri keuangan sehat antara lain punya cukup uang untuk membiayai pengeluaran penting, jumlah utang tidak lebih dari 30% dari pendapatan, punya dana darurat, serta memiliki tabungan dan investasi untuk masa depan.

Lakukan cek keuangan sederhana untuk mengetahui kondisi keuanganmu saat ini. Kalau hasilnya belum sehat, maka lakukan langkah-langkah sederhana supaya keuanganmu menjadi lebih baik. 

Saatnya kamu ciptakan kebiasaan keuangan yang sehat seperti berikut ini:

  • Biasakan untuk menabung di awal bulan atau langsung setelah gajian.
  • Buat alokasi anggaran. Catat semua pemasukan dan pengeluaran bulanan.
  • Pangkas pengeluaran, utamakan kebutuhan. Cobalah untuk belanja sesuai dengan daftar belanja dan jangan beli barang diluar kebutuhan.
  • Cari penghasilan tambahan. Adanya tambahan pemasukan, kamu nantinya bisa nabung lebih banyak lagi.
  • Berikan self-reward buat diri sendiri ketika kamu sudah bisa mengelola keuangan dengan baik dan disiplin menabung.

3. Pilih Tabungan dengan Banyak Keuntungan

loader

Ilustrasi memilih tabungan yang banyak keuntungan

Saat memilih tabungan yang tepat, faktor penting yang perlu kamu pertimbangkan adalah besarnya biaya administrasi bulanan, dan biaya transaksi lainnya. Pastikan kamu memilih tabungan yang bisa memberikan keuntungan tanpa perlu khawatir saldo rekeningmu terpotong karena biaya admin bank dan lainnya.

Ketahui apa saja biaya-biaya potongan bank yang bikin saldomu tergerus:

  • Biaya admin bank.

Kamu pasti nggak mau saldo di rekening tabungan kepotong terus-terusan. Apalagi biaya admin bulanan itu kalau di total per tahun, nilainya tidak kecil juga.

  • Biaya tarik tunai di ATM bank lain.

Siap-siap saldo terpotong kalau kamu nekad tarik tunai di ATM lain. Gak kebayang ribet banget kan kalau kamu harus jauh-jauh cari ATM bank yang sama supaya terhindari dari biaya tarik tunai beda bank.

  • Biaya transfer ke bank lain.

Kamu harus rela saldomu terpotong pas transfer ke bank lain. Bahkan kamu cenderung pilih bayar tunai aja supaya terhindar dari biaya transfer ini.

  • Biaya top up e-wallet.

Memang sih biaya potongan top-up e-wallet itu kecil (seribu-seribu). Tapi kalau kamu keseringan top-up, biayanya potongan saldo jadi berasa ‘besar’ juga.

Nah, supaya kamu terhindar dari semua biaya potongan bank yang bikin kamu rugi, kamu wajib tahu cara smart memilih produk tabungan yang menguntungkan. Tabungan yang pas banget untuk kamu dijadikan pilihan adalah tabungan yang bisa memberikan kamu keuntungan extra, misalnya terbebas dari biaya-biaya tambahan tersebut.

Salah satu tabungan yang cocok untuk kamu miliki adalah OCTO Savers dari bank CIMB Niaga. Bukan sekadar tabungan, OCTO Savers juga cocok dan memberikan banyak untung untuk transaksi keuangan sehari-hari, seperti gratis transfer antar bank, top-up saldo e-wallet dan tarik tunai di ATM bank lain.

Simak keunggulan OCTO Savers yang bisa membuatmu makin happy dan untung:

  • Gratis biaya administrasi bulanan.
  • Gratis biaya 60x tiap bulan untuk transfer ke semua bank, top up e-wallet, dan tarik tunai di ATM bank manapun.
  • Transkasi perbankan sehari-hari makin praktis, gunakan fitur cardless dengan scan QR dan bisa tarik tunai cardless dari aplikasi OCTO Mobile.
  • Praktis, kamu bisa nabung, transfer dan bayar, semua tinggal klik dari aplikasi OCTO Mobile.

Buat Tabungan OCTO Savers sekarang juga, cuma 5 Menit!

  1. Unduh aplikasi “OCTO Mobile by CIMB Niaga” di Apple AppStore (IOS), Google Play (Android) atau Huawei AppsGallery
  2. Buka aplikasi OCTO Mobile, pilih “Buka Rekening Tabungan Pertama Saya”
  3. Sediakan e-KTP dan NPWP. Kemudian pilih “Buka Rekening Pertama Saya”
  4. Pilih jenis tabungan OCTO Savers, dilanjutkan dengan mengisi detail informasi yang diminta.
  5. Upload foto e-KTP dan NPWP kamu dan lengkapi detil untuk masing-masing identitas.
  6. Buat user ID dan PIN OCTO Mobile, kemudian selesaikan proses verifikasi via video call dengan video banking officer CIMB Niaga. 

Mulai Nabung Sekarang Juga!

Niat saja tidak cukup, mulai lakukan aksi nyata untuk menabung. Awali dengan membuka tabungan OCTO Savers hari ini juga. Prosesnya mudah dan cepat, cuma 5 menit aja! Tunggu apalagi, kalau buka tabungan OCTO Savers sekarang, kamu bisa dapatkan cashback hingga Rp500 ribu loh! Yuk buruan daftar, cashback berlaku hingga 31 Desember 2021.