Cara Cerdas Pilih Asuransi Mobil Murah yang Wajib Diketahui

Mobil bukan hanya sekedar untuk mempermudah mobilitas sehari-hari. Pasalnya, kendaraan satu ini bisa dijadikan salah satu aset penting yang dimiliki setiap individu. 

Apabila ada kebutuhan mendesak dan penting di kemudian hari, mobil tersebut bisa dijual sesuai harga pasar masing-masing. Meski terkadang, nilai atau harga jual kendaraan tersebut akan mengalami penurunan. 

Oleh sebab itu, kamu harus bisa menjaga dan menjamin perlindungan kendaraan dari segala risiko kerusakan yang mungkin saja terjadi. Hal ini dilakukan agar keadaan fisik mobil tetap sempurna sehingga nilai jualnya tidak terlalu anjlok. 

Di samping itu, manfaat dari asuransi mobil ini juga bisa untuk meminimalkan risiko kerugian ketika mengalami kehilangan ataupun pencurian. 

Tak sedikit perusahaan asuransi yang menawarkan berbagai jenis produk proteksi kendaraan dengan segudang fasilitas. Dari sekian banyak pilihan, tentu kamu harus jeli dalam memilih produk terbaik dan sesuai kebutuhan. 

Tidak harus mahal, kamu tetap bisa memperoleh asuransi khusus mobil murah sesuai penentuan prioritas masing-masing. Mulai dari tingkat risiko hingga pengeluaran yang ada. 

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Mobil Terbaik Sekarang!  

Tips memilih produk asuransi mobil dengan harga murah

Dari sekian banyak perusahaan asuransi mobil yang menawarkan jasanya, berikut beberapa faktor yang harus kamu perhatikan sebelum menentukan pilihan. 

1. Memastikan kredibilitas perusahaan

loader

Sebelum menentukan pilihan, ada baiknya jika kamu periksa terlebih dulu kredibilitas perusahaan asuransi tersebut. Caranya dengan mempelajari detail reputasi perusahaan saat menyelesaikan berbagai masalah pengajuan klaim asuransi mobil para nasabahnya. 

Jangan lupa juga untuk memeriksa berapa lama waktu yang dibutuhkan perusahaan asuransi tersebut dalam memproses pengajuan klaim. Sebaiknya, pilih perusahaan yang telah memiliki nasabah cukup banyak dan dikenal masyarakat secara luas. 

Baca Juga: Manfaat Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO)

2. Pilih jenis asuransi sesuai kebutuhan

Berdasarkan jenis asuransi yang kerap ditawarkan, kamu bisa memilih asuransi terbaik sesuai kebutuhan. Baik itu asuransi all risks maupun total loss only (TLO). 

Seperti yang telah dijelaskan di atas, asuransi all risks akan memberi jaminan penuh di segala risiko untuk mobil kamu, termasuk kecelakaan ringan ataupun berat. Tentu saja, asuransi jenis ini jadi pilihan paling tepat untuk pembeli mobil baru yang sering digunakan setiap hari. 

Akan tetapi jika kendaraan tersebut lebih sering berada di rumah, maka jenis asuransi mobil murah yang patut dipilih adalah TLO. Pasalnya, asuransi satu ini bakal menjamin kerusakan kendaraan yang terjadi di atas 75% saja. 

Oleh sebab itu, sebelum memilih jenis atau produk asuransi kendaraan, kamu perlu mempertimbangkan juga kondisi mesin, usia, fisik, dan faktor penunjang lain selain harga yang ditawarkan. 

3. Mempelajari penawaran polis secara seksama

loader

Kamu diwajibkan untuk mempelajari secara rinci semua jenis opsi asuransi yang diminati. Kemudian, pilih jenis polis yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing. 

Jangan lupa juga untuk mencermati detail jenis polis asuransi mobil murah tersebut berdasarkan manfaat dan fungsi yang benar-benar diinginkan. 

4. Jangan tergiur dengan premi murah

Mengingat begitu ketatnya persaingan bisnis asuransi saat ini, tak sedikit perusahaan yang menawarkan banyak promo menarik. Contohnya, promosi dengan penawaran harga premi super murah. 

Ketahuilah, fasilitas yang kamu dapat dari asuransi mobil tersebut sangat tergantung dari nilai premi. Semakin tinggi premi yang nantinya kamu bayar, maka semakin besar pula fasilitas yang diperoleh. 

Baca Juga: Mau Beli Mobil? Biar Tidak Rugi Ketahui Dulu Apa Itu Depresiasi Mobil Berikut Ini

5. Perhatikan rekomendasi Dealer

loader

Tak ada salahnya jika kamu meminta rekomendasi perusahaan asuransi mobil terbaik dari Dealer tempat di mana kamu membeli kendaraan tersebut. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah melakukan proses penyaringan pencarian perusahaan asuransi yang memiliki kredibilitas baik. 

6. Perhatikan bengkel rekanan perusahaan asuransi

Tentu saja, kamu harus bisa memastikan asuransi yang dipilih memiliki rekam jejak yang baik. kamu bisa melakukan pengecekan ke jaringan kantor cabang maupun bengkel rekanan. 

Secara umum, jaringan kantor cabang dan bengkel rekanan bakal memengaruhi proses klaim ketika mengalami kerusakan ataupun kecelakaan. Namun, cara yang lebih praktis dalam memilih perusahaan asuransi mobil terbaik adalah mendengarkan survival instinct alamiah yang paling membuat aman sekaligus nyaman. 

Harga Memang Perlu Diperhatikan, tapi Jangan Asal Pilih Murah Saja

Memiliki asuransi menjadi suatu keharusan bagi pemilik kendaraan roda empat, karena bisa memberikan perlindungan pada aset dan keuangan pemiliknya. Setidaknya ada dua jenis asuransi yang bisa dipilih untuk memberikan proteksi pada mobil kesayangan sesuai manfaatnya, yakni TLO dan All Risk.

Keduanya memberikan proteksi yang berbeda, seperti asuransi TLO yang memberikan ganti rugi ketika terjadi kerusakan diatas 75% persen dari nilai kendaraan. Sementara asuransi All Risk lebih memberikan perlindungan menyeluruh, baik kerusakan minor maupun mayor. Tentunya keduanya memiliki nilai premi yang berbeda sesuai bentuk pertanggungannya. 

Tak selamanya asuransi mobil murah baik untuk dipilih, jadi sebelum memutuskan pastikan sudah melakukan crosscheck terlebih dahulu agar tidak kecewa di kemudian hari, ya!

Baca Juga: Pilih Asuransi Mobil Syariah atau Konvensional? Cek Perbedaannya