Cara Daftar jadi Penerima Bantuan Sosial Pemerintah dengan Aplikasi Cek Bansos Kemensos

Jika Anda merasa belum terdaftar untuk menerima bantuan sosial pemerintah padahal sudah memenuhi persyaratan sebagai penerima, tenang saja pemerintah telah membuat aplikasi yang dapat mempermudah para penerima bantuan sosial bisa mengecek apakah mereka telah terdaftar atau bisa mendaftar langsung diaplikasi tersebut jika belum.

Aplikasi milik Kementerian Sosial ini Bernama Aplikasi Cek Bansos. Aplikasi ini memiliki fitur yang bisa meningkatkan ketepatan penyaluran bantuan sosial dengan mengecek nama penerima, usul dan sanggah.

Dengan ketiga fitur tersebut masyarakat juga bisa ikut mengontrol pembaruan data. Keterlibatan masyarakat juga bisa mengakselerasi proses pembaruan sehingga membantu tugas pemerintah daerah karena sesuai dengan UU Nomor 13 Tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin, pembaruan data menjadi kewenangan pemerintah daerah.

Dengan aplikasi ini pengguna juga dapat melihat daftar penerima bantuan sosial yang ada di sekitar wilayah administrasinya dan dapat memberikan sanggahan terhadap penerima bantuan yang dianggap tidak layak.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Cara Daftar jadi Penerima Bansos dengan Aplikasi Cek Bansos

Untuk Anda yang merasa belum terdaftar dalam penerima bansos dari Kementerian dan ingin mendaftarkan diri atau mengusulkan tetangga atau orang lain yang dianggap layak untuk masuk ke dalam DTKS dan/atau menerima bantuan sosial. 

Berikut langkah-langkah bagaimana cara daftar bansos dengan menggunakan fitur yang ada di aplikasi Kemensos:

  1. Buka aplikasi PlayStore pada Android dan AppStore pada iOS.
  2. Unduh aplikasi dengan masukkan kata kunci Aplikasi Cek bansos di PlayStore, dan pastikan pembuatnya adalah Kementerian Sosial.
  3. Lakukan registrasi dan membuat ID dengan menyiapkan nomor Kartu Keluarga, NIK yang ada di e-KTP terbaru, dan KTP saat melakukan registrasi.
  4. Isi semua data yang diperlukan dengan benar dan lengkap, dan dapatkan akun untuk yang sudah di verifikasi dan diaktivasi oleh adimin Kemensos.
  5. Berikutnya pilih menu lalu pilih menu Daftar Usulan dan tambahkan usulan.
  6. Anda bisa mendaftarkan diri Anda sendiri, keluarga, atau orang lain, atau bahkan fakir miskin yang sudah terkonfirmasi luput dari daftar penerima manfaat bansos. Adapun manfaat bansos yang bisa diterima adalah BNPT, BST dan PKH.
  7. Data berhasil, ketika berhasil diusulkan data yang akan muncul adalah NIK dan status kesesuaian Dukcapil. Anda juga akan mendapatkan data kesesuaian wilayah dengan pengusul Kartu Keluarga.

Baca Juga: Anak Peserta BPJS Ketenagakerjaan Bisa Dapat Beasiswa sampai S1, Begini Prosedurnya

Bantu Pemerintah Lebih Adil dalam Mendistribusikan Bansos dengan Fitur Sanggah

loader

Selain fitur daftar, aplikasi Cek Bansos Kemenkos juga memiliki fitur lain yang bisa membuat pendistribusian bantuan sesuai target, tepat sasaran dan lebih transparan. Caranya dengan Anda memanfaatkan fitur sanggah pada aplikasi tersebut.

Aktivasi fitur tersebut juga sebagai terobosan dari permasalahan data selama ini, yakni adanya orang yang berhak mendapatkan bantuan tapi tidak dapat (exclusion error), dan ada yang tidak berhak tapi mendapatkan bantuan (inclusion error).

Untuk bisa memanfaatkan fitur ini kamu berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama masuk ke Tanggapan Kelayakan. Di menu ini memuat daftar penerima manfaat, data tampil berdasarkan daftar penerima yang berada di satu kelurahan yang sama dengan pemilik akun.
  2. Berikutnya Anda tinggal memilih siapa yang layak menerima manfaat/bansos pada data yang tersedia.
  3. Jika dinilai tidak layak menerima bansos, Anda tinggal memilih ikon "ok" atau "tidak".
  4. Setelah memilih salah satu ikon, mengisi alasan dan pernyataan dan mengirim tanggapan.
  5. Berikutnya, Informasi ini akan masuk ke sistem Kementerian Sosial untuk mendapatkan respons.

Dengan ini kamu bisa membantu orang lain yang lebih berhak mendapatkan bantuan, dan menghalangi mereka yang tidak seharusnya menerima bantuan.

Baca Juga: Kartu Prakerja Bisa Dicabut, Ketahui Penyebabnya sebelum Mendaftar

Lakukan Pengusulan dan Penyanggahan dengan Bijak dan Sesuai Aturan yang Berlaku

Ketika Anda akan mengusulkan seseorang atau mendaftarkan mereka untuk mendapatkan bantuan pastikan Anda sudah memastikan kalau mereka telah memenuhi syarat utama sebagai orang yang layak untuk menerima bantuan.

Dan ketika Anda akan menyanggah orang yang terdata menerima bantuan sosial, sebaiknya cek langsung dulu keadaan orang tersebut. Bisa saja kondisi keuangan mereka yang sebelumnya Anda ketahui sudah berubah semenjak pandemi. Jadi hati-hati dan bijak yah dalam memanfaatkan fitur ini.

Baca Juga: Cara, Syarat dan Daftar Bantuan KIP Kuliah 2021