16 Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Internet, Wajib Coba!

Internet adalah salah satu wadah mencari uang yang paling enak, terutama di era modern. Sebagian besar orang memanfaatkan internet untuk menambah penghasilan, bahkan tidak sedikit yang menjadikanya sebagai sumber pemasukan utama dan sukses. Tertarik? Tenang, karena kamu pun bisa mencoba peruntungan di internet.

15 Cara Mendapatkan Uang dari Internet

loader

Di antara sekian banyak cara mendapatkan uang dari internet, terdapat 15 cara yang akan dibahas pada artikel berikut. Kamu bisa pilih salah satu sesuai dengan keinginan dan kemampuanmu.  Simak cara-caranya berikut ini.

1. Ikuti Program Google Adsense

Pertama, kamu bisa mengikuti program google adsense. Layanan ini disediakan oleh Google sendiri untuk melakukan promosi melalui adwords menggunakan keywords tertentu. Besar kecilnya pemasukan sangat bergantung pada dirimu sendiri.

Untuk mengikuti program ini, pastikan kamu mempunyai blog sendiri. Nanti kamu tinggal sesuaikan konten yang ditulis dengan promosi yang ditawarkan Google, lalu sematkan pada blog. Pastikan jumlah pengunjung blog stabil agar pembuatan Google Adsense disetujui, dan kamu bisa menikmati penghasilan dari internet.

2. Manfaatkan Link Afiliasi

Jika Google Adsense disediakan oleh Google, maka link afiliasi disediakan oleh perusahaan tempatmu menjadi afiliator. Link afiliasi biasanya ditawarkan oleh e-commerce tertentu. Tugasmu ialah membagikan link produk yang dijual e-commerce ke berbagai sosial media, seperti TikTok, Instagram, atau Facebook. 

Jika punya akun Tiktok, misalnya, kamu bisa bergabung sebagai kreator di sana. Kemudian, ajukan akunmu untuk program afiliasi. Komisimu akan dihitung berdasarkan jumlah produk yang berhasil terjual dari link yang dibagikan.

Baca Juga: Ingin Hasilkan Cuan dari Google? Ikuti Cara Ini

3. Menjadi Pembuat Konten

Konten di sini ada berbagai macam jenisnya. Ada video, tulisan, maupun podcast. Tinggal pilih mana yang paling sesuai denganmu.

Isi konten yang dibuat sebaiknya disesuaikan dengan target penonton agar kontennya lebih tepat sasaran. Jumlah komisi akan dihitung berdasarkan jumlah views atau penonton yang berhasil reach out ke konten yang kamu buat. Semakin banyak yang tonton, semakin besar pula komisimu. 

4. Menjadi Pekerja Lepas

Menjadi pekerja lepas atau freelancer juga menjadi salah satu cara dapatkan uang dari internet yang patut dicoba. Cara kerjanya hampir sama seperti konten kreator, tapi di sini hasil karyamu menjadi milik perusahaan atau orang yang mempekerjakan kamu. Karyamu biasanya akan dipublikasikan di blog, akun Youtube, maupun sosial media lainnya.

Namanya pekerja lepas, pastinya sangat fleksibel. Cocok untuk kamu yang sedang mencari penghasilan tambahan di luar kantor. Tugasmu adalah menemukan satu bidang yang paling dikuasai, cari perusahaan yang memerlukan jasamu, dan kamu pun bisa memulai pekerjaan sebagai freelancer.

5. Pasang Jasa Konsultasi Online

Tidak melulu barang, karena cara dapatkan uang dari internet bisa dengan menawarkan jasa atau keahlian. Salah satunya dengan menawarkan jasa konsultasi online. Materinya bisa tentang kesehatan mental, masalah finansial, pelajaran sekolah, maupun tutorial tertentu.

Namanya konsultan, kamu harus paham betul tentang bidang yang ingin diajarkan. Tujuannya untuk meningkatkan kredibilitas di mata klien, sehingga jasamu dipakai terus-menerus. Jika sudah dikenal, bukan kamu lagi yang cari klien, tapi klien yang mencarimu. 

6. Menawarkan Jasa Desain Grafis

Mengubah suatu konsep menjadi tampilan visual tidaklah mudah. Tak heran kalau banyak perusahaan membuka lowongan desain grafis yang bisa kamu jadikan peluang. Mengingat pekerjaannya agak rumit, hal yang wajar apabila rate yang diberikan kepadamu tinggi. 

Perusahaan mungkin akan meminta portofolio kerjamu, jadi pastikan sudah disiapkan sebelum melamar. Buat portofolio semenarik mungkin agar perusahaan langsung hire kamu. Selain bekerja di perusahaan, kamu pun bisa mencari klien sendiri lewat berbagai platform yang ada di Indonesia.

7. Menjadi Reseller Online

Bagi yang suka jualan, tapi modalnya terbatas bisa coba menjadi reseller online. Produk yang dijual dapat berupa kebutuhan sehari-hari, pakaian, sarung bantal, perabotan, dan masih banyak lagi. Kamu tinggal seleksi produk mana yang paling diminati oleh konsumen, dan pastinya tidak akan mati.

Kebanyakan reseller akan mendapatkan harga yang lebih murah daripada pembeli biasa. Sebab, kuantitas produk yang dibeli banyak. Tugasmu di sini adalah menjual kembali barang yang dibeli dari supplier dengan harga yang lebih tinggi untuk memperoleh keuntungan.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Surat Penerimaan LoA dari Kampus Luar Negeri dan Syaratnya

8. Menjadi Dropshipper

Di dunia jualan online, ada pula yang dikenal sebagai dropshipper yaitu pihak ketiga yang menghubungkan penjual dan pembeli. Dropshipper tidak memiliki stok barang untuk tokonya. Begitu ada pembeli, dropshipper langsung melemparkan pesanan ke supplier untuk diproses dan dikirimkan ke pembeli.

Modal yang dibutuhkan dropshipper jauh lebih sedikit dibandingkan reseller. Modal hanya terpakai saat ada pembeli, selebihnya tidak. Keuntungan dropshipper didapat dari selisih harga beli dan jualnya, sama seperti reseller.

9. Guru Bahasa Asing

Cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula ini ditujukan bagi kamu yang mahir berbahasa asing. Skill tersebut bisa dimanfaatkan untuk membuka kelas online dengan pangsa pasar anak sekolah. Bisa anak SD, SMP, atau SMA.

Materi pembelajaran bisa disesuaikan dengan tingkatan sekolah masing-masing anak. Misalnya di tingkat SMA, kamu bisa ajarkan materi tentang infinitive atau gerund. Pastikan kamu punya kemampuan untuk menyampaikan materi dengan baik agar anak murid mudah memahami.

10. Membuat eBook

Book  menjadi salah satu karya tertulis yang pasti dicari sampai kapanpun. E-Book sering digunakan untuk mencari referensi tentang tulisan, makalah, atau suatu penelitian. Bayangkan kalau kamu bisa membuat satu e-book, berapa banyak penghasilan yang bisa didapatkan. 

Memang, membuat e-book tidaklah mudah. Kamu harus mendalami satu materi tertentu, lalu menuliskannya dalam bentuk kalimat yang mudah dipahami. Tapi tenang, usahamu akan terbayar dan namamu akan terus diingat oleh pembaca yang sempat membawa karyamu.

11. Investasi Domain

Ada banyak pilihan investasi yang sedang viral. Satu yang agak jarang didengar, tapi patut dicoba adalah investasi domain. Cara kerjanya adalah dengan membuat domain sendiri, tingkatkan trafik domain tersebut, kemudian jual kepada orang yang membutuhkan.

Penghasilan yang diperoleh fantastis, lho! Apalagi kalau domain milikmu memiliki jumlah trafik yang tinggi. Lakukan ini untuk domain-domain lain, lalu jual pada waktu yang tepat.

12. Main Cryptocurrency

Cryptocurrency menjadi investasi yang diminati, khususnya millennial. Alasannya tak lain karena keuntungannya berjumlah fantastis. Jika beruntung, kamu bisa memperoleh untung hingga 100% dalam hitungan jam.

Namun, perlu diketahui pula bahwa risiko bermain cryptocurrency pun sangat tinggi. Dibutuhkan kehati-hatian dan kemampuan membaca grafik riwayat harganya untuk memudahkanmu memprediksi harga di kemudian hari. Dan satu lagi, pastikan kamu bukan tipikal orang yang panic attack karena cryptocurrency lebih cocok untuk orang-orang yang tenang dan memiliki profil risiko investasi yang tinggi.

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

13. Jual Beli Saham

Sama seperti investasi cryptocurrency yang bisa mendatangkan keuntungan besar. Bedanya adalah fluktuasi harga saham lebih terkendali, karena ada ketetapan dari OJK. Jika harga saham suatu emiten mengalami kenaikan yang tidak masuk akal, misalnya, maka OJK bisa saja memberikan suspend kepada emiten yang bersangkutan.

Jual beli saham cocok untuk kamu yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari internet, dengan tingkat risiko yang tinggi. Untuk modalnya sendiri dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial masing-masing. Jika ingin untung yang lebih besar, siapkan modal yang lebih besar dan lakukan analisis.

14. Menonton Video Online

Cara dapatkan uang dari internet kini semakin mudah, yaitu dengan menonton video online. Videonya dapat ditonton lewat aplikasi, seperti Snackvideo yang telah terbukti sejak tahun 2020. Jika ingin memperoleh penghasilan tambahan, kamu bisa membagikan kode referral kepada keluarga, teman, atau rekan kerja untuk mengunduh Snackvideo di Play Store.

Kamu akan mendapatkan koin dari setiap video yang berhasil ditonton. Nah, koin-koin ini dapat ditukarkan dengan saldo Dana atau Shopeepay. Tertarik mencobanya?

15. Jualan Perangkat Lunak

Paham coding? Jika ya, manfaatkanlah kemampuan ini untuk membuat software dan dapatkan komisimu dari internet. Jumlahnya akan disesuaikan dengan jenis software yang dibuat, tapi yang pasti penghasilannya lumayan.

Beberapa cara menjual software yang bisa dicoba, seperti menjualnya lewat App Store atau Play Store, gunakan sistem SAAS, hingga menjual versi premium di website pribadi. Menjual software bisa dikatakan sebagai salah satu cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal. Sebab, modal awal yang diperlukan hanyalah kuota internet dan laptop.

16. Virtual Assistant

Menjadi asisten virtual (virtual assistant/VA) adalah salah satu cara populer untuk mencari uang di internet. Sebagai VA, Anda bisa menawarkan berbagai layanan administratif dan operasional kepada klien yang membutuhkan bantuan.

Menjadi asisten virtual bisa menjadi karir yang menguntungkan dan fleksibel jika dilakukan dengan baik. Dengan komitmen, dedikasi, dan perencanaan yang tepat, Anda bisa sukses di bidang ini.

Pilih Satu Bidang yang Kamu Kuasai

Cara mendapatkan uang dari internet kini beragam, tergantung kamu mau pakai cara yang mana. Pilih satu bidang yang paling kamu kuasai, karena di sana kreativitasmu akan terus berkembang. Siapa tahu bisa lebih ahli atau profesional di bidang tersebut, kan?

Satu hal lain yang tak kalah penting adalah jangan mudah menyerah. Hambatan demi hambatan mungkin akan kamu temukan, tapi tetap percaya kalau ketekunan pasti membuahkan hasil baik. Semangat!

Baca Juga:  Cara Mudah Dapat Uang dari Blog, Coba Sekarang Juga!