Cara Hemat Budget Traveling untuk Pelajar Agar Lebih Mudah Atur Keuangan

Banyak orang pasti setuju jika traveling merupakan salah satu aktivitas yang pas dijadikan sebagai sarana melepas penat dan bersenang-senang. Tidak hanya itu, liburan ke destinasi wisata tertentu juga bisa menjadi kesempatan mendapatkan pengalaman hidup yang tak terlupakan. Melalui foto serta video pula kamu bisa mengabadikan momen keseruan saat traveling sekaligus membagikannya di media sosial pribadimu. 

Akan tetapi, semua orang juga pasti setuju jika traveling kerap membutuhkan biaya yang cukup besar agar bisa terwujud. Mulai dari tiket pesawat, biaya penginapan, akomodasi, tiket tempat wisata, dan lain sebagainya mampu menghabiskan seluruh isi tabungan seketika. Khususnya bagi kaum pelajar ataupun mahasiswa yang notabenenya masih belum memiliki pekerjaan dan penghasilan yang mapan untuk mengatur keuangannya.

Lantas, bagaimana sih cara mengatur budget traveling bagi pelajar dan tips menghemat anggarannya agar lebih terjangkau bagi keuangan? Tak perlu risau, cara ini bisa dengan mudah kamu terapkan untuk mewujudkan impian berlibur.

Baca juga: Asuransi Perjalanan Buat yang Hobi Travelling, Perlukah?

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Tips Hemat Budget Travelling untuk Pelajar

loader

Budget Travelling

  1. Konsisten Menabung dengan Nominal Berapa Pun

    Bagi mayoritas pelajar atau mahasiswa, uang saku atau pemasukan rutin tiap bulan bisa dibilang masih terbatas. Namun, jangan langsung putus asa karena keinginan traveling untuk pelajar tetap bisa terwujud asalkan mampu menabung secara rutin, kok!

    Tidak harus nominal besar, kamu bisa mulai menyisihkan uang sebesar 5 ribu atau 10 ribu saja dengan konsisten. Seiring berjalannya waktu, nilai tabungan pasti akan terus menggunung hingga mampu mencapai target anggaran berlibur yang telah ditentukan. Agar lebih mudah mengontrolnya, pisahkan tabungan untuk kebutuhan liburan ini di rekening berbeda sesuai kebutuhan, seperti, biaya akomodasi, tiket pesawat, transportasi, dan lain sebagainya.

  2. Jangan Anggap Remeh Uang Receh

    Saat memiliki uang koin atau receh, kebanyakan orang mungkin cenderung menyepelekan dan sembarangan dalam menyimpannya. Padahal, jika dikumpulkan, nominal uang receh bisa cukup signifikan menambah tabungan liburanmu. Saat sudah terkumpul cukup banyak atau secara rutin setiap minggu maupun setiap bulan, tukarkan uang receh nominal 100, 200, 500, sampai seribu dengan uang kertas agar lebih mudah dikelola dan memasukkannya ke rekening bank.

  3. Buat Prioritas terkait Kebutuhan Traveling

    Guna membuat rencana menyiapkan budget traveling terasa lebih ringan, kamu dapat mencicil segala kebutuhan sesuai dengan skala prioritasnya. Sebagai contoh, jika ingin bepergian ke luar kota, utamakan untuk mengumpulkan dana tiket transportasi. Lalu, saat sudah terkumpul, beralih ke kebutuhan lain yang tak kalah pentingnya, seperti biaya penginapan, akomodasi, dan sebagainya.

    Jangan lupa pula untuk mencicil perlengkapan selama liburan, seperti, baju, koper, serta peralatan lainnya yang sekiranya masih harus dibeli. Dengan begitu, aktivitas liburan bisa lebih maksimal dipersiapkan dan dijalani dengan lancar.

  4. Batasi Pengeluaran yang Tak Perlu

    Selama dalam proses mengumpulkan dana traveling untuk pelajar, sebisa mungkin tekan dan batasi pengeluaran yang dirasa kurang penting. Hindari jajan atau nongkrong terlalu sering hingga membuatmu tak memiliki dana untuk ditabung.

    Selain itu, demi menghemat pengeluaran, jangan ragu untuk menyiapkan bekal di kampus dari rumah dan memasak sendiri makanan. Cara ini tentu tidak hanya membuat arus kas menjadi lebih terjaga, tapi juga mampu membantumu dalam mencanangkan gaya hidup yang lebih sehat dan hemat. Walaupun memang terasa ribet di awal, namun asalkan didorong dengan keinginan kuat untuk mewujudkan keinginan rekreasi di tempat impian, langkah penghematan ini pasti bisa kamu terapkan. 

  5. Maksimalkan Manfaat Fasilitas Sekolah

    Untung masih berstatus pelajar atau mahasiswa, ada banyak fasilitas dan layanan yang bisa kamu manfaatkan dari pihak sekolah atau universitas. Beberapa contohnya adalah fasilitas Wi-Fi gratis, diskon tarif transportasi umum, dan lain sebagainya. Dengan memaksimalkan manfaat dari beragam fasilitas tersebut, pengeluaran bulanan tentu dapat ditekan dan diminimalkan. 

    Misalnya, saat membutuhkan akses internet, alih-alih membeli pulsa maupun paket internet, mahasiswa atau pelajar bisa langsung ke area sekolah atau kampus. Jadi, pengeluaran untuk kebutuhan tersebut bisa dialihkan untuk menambah tabungan traveling.

  6. Riset Destinasi Wisata secara Mendalam

    Tidak kalah pentingnya, sebelum memutuskan untuk berkunjung ke suatu tempat tertentu, riset dulu keunggulan dan kekurangannya secara mendetail. Tujuannya agar traveler mampu mendapat gambaran kegiatan dan rencana liburan yang nantinya bakal dilakukan, termasuk besaran biaya yang harus disiapkan.

    Di samping itu, melalui riset yang mendalam, segala biaya yang diperlukan selama berada di destinasi tujuan liburan juga bisa diketahui, seperti tarif transportasi ataupun tempat wisata. Hal ini mampu menghindarkanmu dari risiko pemalakan atau dibebani dengan tarif yang lebih mahal dari yang seharusnya. Kalaupun ternyata tarif transportasi umum terbilang tinggi atau layanan tersebut tak mampu menjangkau tempat wisata yang ingin dikunjungi, jangan ragu untuk menyewa kendaraan atau membawa motor pribadi agar lebih praktis saat menjelajah.

  7. Pesan Tiket Pesawat di Hari Selasa

    Mungkin banyak yang belum mengetahui rahasia traveling murah yang satu ini, tapi usahakan untuk memesan tiket pesawat di hari Selasa. Mengapa demikian? Alasannya karena permintaan pemesanan pesawat terbang di hari Selasa cenderung lebih rendah ketimbang hari lainnya.

    Hal ini tentu saja mampu membuat anggaran berlibur menjadi lebih ramah bagi kantong pelajar sekalipun. Namun, yang utama, usahakan untuk memesan tiket pesawat atau moda transportasi lainnya jauh-jauh hari dan tidak di saat high season agar harganya jauh lebih terjangkau.

  8. Ikuti Aktivitas Sukarela untuk Dapatkan Akomodasi Gratis

    Ketika destinasi wisata yang ingin dikunjungi menawarkan berbagai aktivitas kerja paruh waktu ataupun sukarela, kamu bisa memanfaatkannya sekaligus untuk berlibur. Cobalah untuk mencari informasi terkait hal ini di internet maupun via informasi intra sekolah atau kampus.

    Walaupun tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan pengalaman kerja dan berorganisasi yang penting untuk masa depanmu, tapi tidak ada salahnya bukan jika kesempatan tersebut juga dimanfaatkan untuk berlibur dan berwisata? Bahkan, dengan memanfaatkan aktivitas sukarela atau paruh waktu tersebut, tidak jarang pihak penyedianya juga memberi fasilitas berupa tempat tinggal serta akomodasi. Jadi, rencana untuk traveling atau berwisata bisa semakin dihemat.

  9. Jangan Menginap di Hotel, Tapi Hostel

    Tahukah kamu jika ada opsi penginapan yang relatif lebih terjangkau ketimbang hotel saat liburan? Opsi penginapan tersebut adalah hostel khusus pelancong atau perantau. Berbeda dengan hotel atau jenis penginapan lainnya, konsep hostel adalah berbagi kamar dengan pengguna hostel lainnya, tapi masih dalam batasan atau sekat sehingga privasi masih terjaga.

    Selain itu, jika masih keberatan untuk berbagi tempat dengan orang asing, tidak sedikit hostel yang menyediakan pilihan ruang serta kamar mandi yang lebih privat. Jadi, traveler pun bisa mendapatkan harga penginapan selama liburan yang lebih terjangkau, tanpa mengurangi aspek kenyamanan dan keamanannya.

    Agar lebih hemat biaya penginapan, usahakan untuk menggunakan moda transportasi di malam hari, seperti bus malam atau kereta malam. Dengan begitu, kamu bisa menghabiskan waktu perjalanan sembari beristirahat.

  10. Jangan Ragu untuk Menawar Harga Ketika Berbelanja

    Berwisata dan berkunjung ke tempat yang baru tidak akan terasa lengkap tanpa membeli dan mencicipi beragam produk yang ditawarkan oleh warga lokal. Entah itu untuk oleh-oleh atau mencukupi kebutuhan harian, membeli produk lokal rawan membengkakkan pengeluaran selama liburan jika tidak dibatasi.

    Di samping itu, agar budget liburan tetap aman, jangan ragu untuk menawar harga ketika berbelanja di tempat wisata ataupun pasar lokal. Hal ini wajib dilakukan karena tidak jarang harga yang diberikan oleh para pedagang kepada wisatawan telah ditingkatkan beberapa persen.

    Jika tidak ditawar, sudah pasti kamu akan membeli barang dengan harga yang jauh lebih mahal dari yang seharusnya. Mengetahui hal tersebut, jangan sungkan menawar harga hingga 50 persen dari harga awal agar budget liburan tetap terjaga walaupun telah membeli banyak barang.

  11. Investasi untuk Mendapatkan Keuntungan

    Sebagai pelajar, kamu juga bisa menyisihkan uang jajan untuk diinvestasikan. Sebab, dengan menginvestasikan sedikit uang setidaknya ada kesempatan untuk mendapatkan tambahan uang dari keuntungan hasil investasi. Meskipun keuntungan tersebut tidak pasti, alangkah senangnya jika keuntungan itu memang adanya bukan?

    Kamu bisa menggunakan instrumen investasi minim risiko dengan tingkat pencairan tinggi, seperti reksadana. Kini, jika ingin mulai berinvestasi di reksadana, kamu dapat melakukannya secara online. Terdapat banyak aplikasi finansial yang sudah menyediakan layanan jual beli reksadana, salah satunya adalah Cermati.com.

Baca juga: Cara Mudah Ngumpulin Dana Traveling dengan Cepat

Hemat Budget Liburan untuk Pelajar dengan Cara yang Tepat

Asal mengetahui caranya, menghemat budget traveling untuk pelajar atau mahasiswa sebenarnya tidaklah sulit. Ditambah dengan kesabaran dan konsistensi dalam menabung, keinginan berwisata ke destinasi wisata impian pasti akan bisa terwujud cepat atau lambat. Agar lebih optimal, pastikan untuk mengikuti 11 cara menghemat budget traveling untuk pelajar yang telah dijelaskan di atas, ya!