Cara Membersihkan Noda atau Kotoran Pada Jok Mobil

loader

Memiliki kendaraan roda empat, tentunya Anda akan dihadapkan pada kewajiban untuk, tidak hanya merawat mesin dan bodi, tetapi juga interior dari mobil kesayangan Anda tersebut. Tentu bukan hal yang menyenangkan bukan apabila interior mobil kotor sehingga malah mengganggu Anda dan penumpang saat berkendara?

Nah, salah satu bagian interior mobil yang rentan terhadap noda dan kotoran sehingga membutuhkan perhatian khusus adalah jok. Sebagai penopang tubuh saat di dalam mobil, jok haruslah selalu berada dalam kondisi yang bersih agar terasa nyaman saat diduduki.

Tapi jangan khawatir karena sejatinya ada cara mudah dan murah yang bisa dilakukan untuk membuat jok mobil terlihat bersih setiap saat. Cara membersihkan jok ini tentu saja juga disesuaikan dengan material dari jok mobil itu sendiri karena setiap bahan butuh perawatan yang berbeda. Lalu, bagaimana cara ampuh membersihkan noda dan kotoran pada jok mobil? Simak informasinya berikut ini:

Bingung Cari Kredit Mobil Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Kredit Mobil Terbaik! 

Membersihkan Jok Mobil Berbahan Kain

Anda yang jok mobilnya terbuat dari bahan kain, maka langkah-langkah yang harus Anda lakukan yakni pertama, siapkan alat & bahan pembersihnya terlebih dahulu. Alat & bahan pembersih itu sendiri terdiri dari:

  • vacuum cleaner,
  • detergen cair,
  • ember,
  • handuk,
  • busa spons.

Proses membersihkan jok dimulai. Pertama-tama, bersihkan debu dan kotoran pada jok dengan menggunakan mesin vacuum cleaner. Kemudian, isi ember dengan air hangat lalu tuangkan detergen cair kedalamnya. Setelah itu, rendam spons di dalam ember dan gosok secara perlahan ke jok mobil.

Dalam menggosok jok menggunakan spons ini, usahakan agar jok tidak terlalu basah dan hindari pemakaian jok berukuran besar. Hal ini supaya jok lebih cepat kering. Selesai menggosok jok mobil hingga bersih, usap menggunakan handuk yang telah dibasahi terlebih dahulu. Langkah terakhir ini dilakukan guna menghilangkan residu dari deterjen cair.

Baca Juga: Ingin Cat Mobil Tetap Awet, Begini Cara Merawatnya!

Membersihkan Jok Mobil Berbahan Tenun

Cara kedua ini khusus untuk jok mobil yang terbuat dari bahan tenun. Alih-alih membawa kendaraan ke salon mobil atau membeli cairan pembersih khusus yang harganya cukup lumayan, Anda bisa membuatnya sendiri. Berikut cara lengkapnya:

  • Pertama campurkan air dengan cairan pencuci piring ke dalam ember. Kemudian, masukkan ke dalam botol penyemprot bekas yang sudah tidak terpakai.
  • Setelah itu, semprotkan cairan tersebut ke jok mobil dengan radius 15-20 cm dari jok, dan gosok permukaan jok menggunakan sikat berbulu halus.
  • Lalu, bilas bagian jok yang terkena noda dengan lap bersih yang terlebih dahulu direndam di air hangat. Untuk hasil maksimal, lakukan pembilasan ini sesering mungkin. Untuk mengeringkan jok, Anda bisa menggunakan kain berserat.

Cara alternatif berikutnya, yakni dengan memarut sabun batang sebanyak enam sendok makan kemudian mencampurnya dengan dua sendok boraks. Aduk rata dan tambahkan dua cangkir air hangat secara bersamaan. Anda juga bisa menambahkan wewangian semacam lavender ke dalam campuran bahan tadi agar nantinya jok memiliki aroma harum.

Setelah dingin, aduk cairan hingga berbusa dan usapkan busa tersebut ke seluruh bagian jok. Setelah itu, sikat dengan menggunakan sikat berbulu halus. Bilas menggunakan lap bersih dan air hangat. Pastikan setiap satu per satu bagian sudah bebas dari noda dan kotoran sebelum pindah ke bagian jok yang lainnya.

Baca Juga: Tips Merawat Mobil Putih Agar Selalu Terlihat Menawan

Membersihkan Jok Mobil Berbahan Kulit

Dibandingkan dengan dua bahan jok sebelumnya, jok mobil berbahan kulit membutuhkan perhatian ekstra untuk membuatnya tetap terlihat bersih. Bagaimana langkah-langkah untuk membersihkan jok mobil yang terbuat dari bahan kulit?

  • Pertama, bersihkan jok menggunakan vacuum cleaner.
  • Setelah itu, bersihkan jok dengan sabun deterjen cair khusus,
  • pakailah kain bersih & lembut untuk mengusap setiap bagian jok.
  • Lalu, bilas jok untuk menghilangkan residu detergennya. Terakhir, usapkan kondisioner pada jok mobil agar bahannya senantiasa terawat dan tidak cepat rusak.

Merawat Jok Mobil Tidak Harus Mahal dan Ribet

Sebagaimana telah disebut di awal, kendaraan kita sejatinya barang berharga yang harus dirawat sebaik-baiknya. Namun, acap kali kita dipusingkan dengan biaya perawatan kendaraan yang menguras kantong, termasuk untuk perawatan jok. Kiranya artikel ini dapat menjadi obat penenang bagi Anda yang ingin tetap merawat jok mobil kesayangan namun dengan budget seminimal mungkin. Selamat mencoba!

Baca Juga: Cara Hemat Membersihkan Mesin Mobil agar Bebas Karat