Catat Ya! Ini 5 Tips Jitu Atur Keuangan untuk Modal Nikah

Hari pernikahan adalah momen sakral yang ditunggu-tunggu setiap pasangan. Banyak pasangan yang mau momen ini selalu terkenang dengan indah.

Untuk mewujudkan momen hari pernikahan yang spesial, banyak pasangan yang memilih untuk menabung. Pasalnya, pasti ada banyak pengeluaran, mulai dari biaya gedung, catering, gaun pengantin, souvenir, dan lain sebagainya. 

Untuk itu, perencanaa keuangan sangat diperlukan dari jauh-jauh hari supaya bisa mempersiapkan pernikahan dengan matang. Lantas, sudah tahu belum cara atur keuangan untuk modal nikah?

Berikut ini Cermati telah merangkum beberapa tips yang bisa diikuti supaya bisa mengatur keuangan untuk modal nikah. Yuk, simak baik-baik, ya!

1. Buat Anggaran Biaya

loader

Kamu bisa menyusun anggaran biaya dengan terperinci dimulai dari estimasi biaya yang diperlukan. Pertama, kamu perlu melakukan riset dengan vendor pernikahan yang memang sesuai dengan dana yang kamu mampu. 

Rincian harga bisa dimulai dari harga sewa gedung, catering, baju pengantin, riasan, undangan, souvenir, hingga kebutuhan lainnya. 

Kamu harus pastikan enggak ada kebutuhan pokok dalam persiapan pernikahan yang terlewat. Kamu bisa menganalisisnya melalui mesin pencarian optimasi di website atau blog yang tepercaya. 

2. Usaha Sampingan

loader

Nah, kamu bisa mendapatkan pemasukan uang tambahan dengan melakukan usaha sampingan. Hal ini dinilai efektif untuk mempersiapkan dana pernikahan.

Kamu bisa memasang target pendapatan agar bisa tercapai sesuai dana yang kamu inginkan. Referensi usaha sampingan yang bisa di coba, yaitu usaha jualan pakaian atau makanan, menjadi blogger, online teaching, dan lain sebagainya. 

3. Siapkan Rekening Khusus

loader

Selanjutnya, kamu bisa membuka rekening khusus untuk persiapan pernikahan dengan pasangan. Jadi, penghasilan yang kamu dan pasangan miliki bisa diatur dan tercatat dengan benar.

Melalui rekening khusus menikah ini, kamu dan pasangan bisa berkomitmen untuk terus menerus menabung. Kamu bisa melakukannya secara konsisten sehingga target dana yang dituju bisa tercapai. 

4. Prioritaskan Kebutuhan

loader

Pada saat menabung atau mempersiapkan pernikahan, kamu perlu memilah prioritas pengeluaran bersama pasangan. Kamu bisa diskusikan hal ini dengan pasanganmu, kebutuhan apa saja yang memang sangat diprioritaskan. 

Berkomunikasi sangat diperlukan agar bisa memudahkan dalam mencapai target dana yang diperlukan. 

5. Manfaatkan Pinjaman KTA

loader

Kamu juga bisa menambahkan pemasukan tambahan untuk dana pernikahan melalui pinjaman KTA, sehingga bisa mempermudah kamu dan pasangan.

Selain itu pinjaman KTA ini bisa disesuaikan berdasarkan target biaya pernikahanmu. OK Bank menyediakan pinjaman OK KTA yang bisa kamu manfaatkan secara mudah dan cepat. 

"Kami menyediakan dana tambahan melalui Pinjaman OK KTA bagi pasangan yang ingin merayakan resepsi pernikahan dalam rangka membuat memori yang indah di hari pernikahan mereka," kata Hardiansyah Ramadhan selaku Department Head Retail OK Bank dalam keterangan resminya yang dikutip Cermati, Selasa (28/2/2023).

Persyaratan yang ditawarkan oleh OK Bank bisa memudahkan pengguna, yaitu minimal usia dari 21 sampai 55 tahun dan berkewarganegaraan Indonesia.

Selain itu, pengguna harus memiliki rekening bank. Tentunya pengguna harus memiliki pekerjaan atau penghasilan. Lalu, perlu menyertakan alamat KTP atau berdomisili di daerah Jabodetabek.

"Pinjaman yang kami sediakan fleksibel sesuai dengan kemampuan dari peminjam, sehingga mereka tidak memerlukan terbatasi dengan dana yang mereka miliki," ungkap Hardiansyah.

Pinjaman yang disediakan oleh OK Bank enggak memerlukan jaminan. OK Bank juga menjamin keamanan dalam penggunaan Pinjaman KTA yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). 

Nah Teman, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatur keuangan sebelum menikah. Semoga bermanfaat, ya!