Meteran Listrik Prabayar di Rumah Mati Total? Cari Tahu Penyebabnya di Sini

Listrik merupakan salah satu kebutuhan dasar setiap orang. Tanpa listrik, banyak aktivitas akan terhambat dan bisa berdampak terhadap perekonomian nasional. Oleh karena itu, pemerintah berupaya menggenjot target rasio elektrifikasi (jumlah masyarakat yang teraliri listrik) mencapai hampir 100% atau tepatnya 99,9% di tahun 2019.

Saking vitalnya, listrik mati beberapa jam saja, bikin resah. Alat elektronik di rumah tidak dapat digunakan, mengganggu belajar anak-anak di kala malam, dan sebagainya. Dalam perkembangannya, saat ini PT PLN (Persero) menyediakan dua layanan bagi masyarakat untuk mengonsumsi daya setrum tersebut, yakni prabayar dan pascabayar.

Keduanya menggunakan meteran listrik. Disebut juga kWh meter yang berfungsi mengukur besaran daya yang dipakai pelanggan dalam satuan kWh (kilowatt hour). Nah sekarang ini, model sistem prabayar, pelanggan membeli voucher listrik dan untuk pengisiannya nomor kode di voucher dimasukkan ke meteran listrik.

Jadi bisa lebih menghemat pengeluaran karena Anda yang mengontrolnya sendiri. Jika kuota sudah hampir habis, meteran listrik akan berbunyi, memberi peringatan tanda Anda harus segera isi ulang sebelum mati total.

Tapi jangan salah, ternyata meteran listrik prabayar kerap mengalami masalah. Tiba-tiba listrik mati, layar LED meteran kosong tanpa angka, padahal pulsa listrik masih ada, dan cuma terjadi di rumah Anda saja. Enggak usah panik, periksa dulu karena ada beberapa hal yang dapat menyebabkan meteran listrik prabayar mati. Apa saja itu?

Baca Juga: Cara Pasang Baru PLN dan Biayanya

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Pemasangan jaringan instalasi listrik rumah jelek

loader
Jaringan Instalasi Listrik Rumah Jelek

Jaringan instalasi listrik rumah seharusnya dipasang oleh teknisi PLN atau ahlinya. Tentunya sesuai dengan kebutuhan. Namun pada praktiknya, banyak orang yang mengabaikan hal ini. Kemudian secara sembarangan memilih orang (tukang) untuk melakukan pemasangan instalasi listrik di rumah. Jaringan instalasi listrik yang terpasang berantakan sangat rentan terhadap berbagai masalah, termasuk korsleting dan kerusakan meteran secara total.

2. Beban listrik terlalu berat

loader
Beban Listrik Terlalu Berat

Meteran listrik di rumah memiliki beban tertentu yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Awalnya memang tidak ada masalah, tapi bisa menjadi masalah ketika perabotan elektronik baru terpasang. Artinya ada penambahan beban listrik yang harus ditanggung. Aman kalau alat-alat elektronik, seperti AC, mesin cuci, setrika, kulkas, digunakan secara bergantian. Akan tetapi, bisa kelebihan beban saat dipakai secara bersamaan. Tidak lagi sesuai dengan kapasitas, sehingga meteran listrik mati total.

3. Pakai kabel listrik yang tidak berkualitas

loader
Pakai Kabel Listrik Murahan

Membuat jaringan instalasi listrik di rumah butuh kabel listrik yang sesuai, berkualitas baik, dan memenuhi standar demi keamanan. Tapi begitu menggunakan kabel listrik murahan dan kualitas kurang bagus, akan sangat rentan pula menyebabkan meteran mati total. Termasuk juga korsleting listrik, sampai kebakaran.

Baca Juga: Cara Cek Tagihan Listrik PLN

4. Meteran listrik terlalu rentan

loader
Meteran Listrik Terlalu Sensitif

Jaringan instalasi listrik dan meteran memang saling terhubung. Begitu ada kerusakan di jaringan listrik, meteran ikut terganggu dan mengakibatkan mati total, bahkan rusak.

5. Terjadi korsleting

loader
Terjadi Korsleting

Korsleting atau hubungan pendek di sana sini paling sering memicu meteran listrik prabayar mati total secara mendadak. Korsleting terjadi karena penumpukan beban pada satu stop kontak, jaringan listrik kurang baik, dan lainnya. Jika tidak segera diatasi, korsleting sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kebakaran.

6. Tidak pernah cek jaringan listrik

loader
PLN via Website Resminya pln.co.id

Banyak pengguna yang lalai dari pengecekan instalasi listrik rumah secara berkala. Padahal, instalasi listrik bisa saja mengalami kerusakan akibat berbagai hal, seperti gangguan hama (tikus), kabel yang sudah tua, terkena rembesan air, dan masih banyak lainnya. Ujung-ujungnya kalau instalasi listrik rusak, meteran prabayar pun akan mati total.

Segera Hubungi Call Center PLN

Jika menemukan kendala meteran listrik prabayar mati total dan kesulitan memperbaikinya, hubungi saja call center PLN di nomor (kode area) 123 dari ponsel. Adukan masalah Anda mengenai meteran listrik mati, dan nantinya petugas akan mengarahkan untuk perbaikan atau datang langsung ke rumah Anda.

Meski ada petugas PLN yang selalu standby, pastikan Anda sebagai pelanggan juga merawat meteran listrik prabayar dengan baik. Melakukan pengecekan instalasi listrik secara berkala, sehingga tak ada lagi gangguan meteran listrik mati. Gunakan listrik dengan bijak.

Baca Juga: Trik Hemat Listrik Agar Bayar Tagihan Lebih Murah