Cita-Cita Jadi Pramugari? Pahami Dulu Syarat dan Caranya Berikut Ini

Memiliki karir di dunia penerbangan itu susah-susah gampang, tapi berkarir di dunia penerbangan bisa dikatakan sebagai jalan karir elit. Berbagai persyaratan khusus dan proses yang cukup panjang membuat kesempatan bekerja di dunia penerbangan cukup sulit didapatkan.

Tapi keuntungan yang didapatkan dari bekerja di penerbangan pun juga sepadan dengan kesulitannya. Tidak hanya gaji besar, jenjang karir di dunia penerbangan pun jelas, tidak sulit mencapai achievment/goal yang bisa membuka kesempatan bekerja di perusahaan penerbangan yang lebih elit lagi dengan lebih mudah.

Dalam dunia penerbangan selain Pilot sebagai profesi populer ada Pramugari yang juga berperan sebagai wajah dari sebuah maskapai penerbangan. Yep, Pramugari atau Flight Attendant tidak hanya berperan sebagai pemberi layanan kepada penumpang tapi juga sebagai wajah dari perusahaan penerbangan itu sendiri. Untuk itu menyeleksi seorang Pramugari sama sulit dan repotnya dengan menyeleksi seorang Model pakaian.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Deskripsi Pekerjaan Seorang Pramugari

loader

Tugas inti dari seorang Pramugara/i adalah menjaga keselamatan para penumpang di pesawat dan melayani kebutuhan penumpangnya atau biasa disebut serving seperti menyediakan makanan, minuman, selimut, obat-obatan bahkan membantu penumpang untuk menurunkan atau memasukan koper atau tas kedalam bagasi pesawat.

Pramugara/i juga bertugas melakuan simulasi siap siaga kepada penumpang jika ada keadaan darurat lalu pekerjaan lain yang masuk juga kedalam serving seperti eminta penumpang memasang sabuk pengaman, duduk, menyeleksi barang yang harus dibawa di luggage bins atau meminta mereka mengikuti prosedur keamanan pesawat.

Baca Juga: 9 Pekerjaan Paling Menjanjikan di Tahun 2020. Segera Siapkan CV Terbaik Kamu!

Kualifikasi dan Persyaratan Menjadi seorang Pramugari

loader

Sebenarnya setiap Air Lines memiliki beberapa persyaratan khusus untuk merekrut Pramugari. Ada yang harus minimal menguasai 4 bahasa, memiliki pengalaman bekerja di bidang pelayanan pelanggan minimal 2 tahun atau tidak boleh memiliki tatto di badan. Tapi tetap saja secara umum semua penerbangan memiliki beberapa kualifikasi dan persyaratan yang 70% sama.

Berikut contoh kualifikasi dan persyaratan menjadi Pramugari di penerbangan Garuda Indonesia yang bisa dijadikan patokan:

Kualifikasi Pramugari Garuda Indonesia:

  • Warga negara indonesia (WNI)
  • Wanita
  • Bersedia menjadi siswa Flight Attendant Training (FAT) dengan biaya pendidikan swadaya.

Persyaratan Calon Siswa FAT

  • Berpenampilan menarik dan berkepribadian baik
  • Single
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Usia minimum 18 tahun dan maksimum 27 tahun saat pendaftaran
  • Tinggi badan minimum 158 cm dan maksimum 172 cm, dengan berat badan ideal dan postur tubuh proporsional
  • Pendidikan minimum SMA/SMK/Sederajat, diutamakan lulusan D3 ke atas
  • Tidak menggunakan kacamata (lensa kontak diperkenankan dengan ketentuan maksimal minus -3.00, silindris C -1.00)
  • Mampu berbahasa Inggris dengan baik (lisan maupun tulisan), diutamakan memiliki kemampuan bahasa asing lainnya.

Tahapan Seleksi Siswa Pramugari (Flight Attendant) Garuda Indonesia

  • Pengukuran tinggi/berat badan & Test Penampilan
  • Psikotest & Bahasa Inggris
  • Background Check & Wawancara Kompetensi
  • Pantuhir
  • Medical Examination (Medex).

Standar Gaji untuk Pramugari Indonesia

loader

Setiap perusahaan termasuk maskapai penerbangan pasti memiliki standar dan aturan khusus sendiri dalam memberikan gaji kepada para awak kabin pesawatnya. Nah, untuk seorang Pramugara/i Berdasarkan data gaji yang dikumpulkan Qerja.com, gaji Pramugari rata-rata di NAM Air Rp8 juta. Sementara gaji pramugari yang bekerja di PT Lion Mentari Airlines sekitar Rp8,4 juta.

Sementara untuk maskapai sekelas PT Garuda Indonesia (persero) Tbk bisa memberi gaji kepada Pramugarinya sekitar Rp14,8 juta, PT Sriwijaya Air memberikan gaji sebesar Rp19,5 juta dan Pramugari Cathay Pacific Airways Ltd. bisa mendapat penghasilan hingga Rp25,5 juta.

Baca Juga: Lakukan Ini untuk Kamu yang Ingin Punya Karir Baru di Tahun Baru

Profesi yang Penuh Persaingan dan Dedikasi Tinggi

Setiap pekerjaan pasti memiliki sistem persaingannya masing-masing. Khusus untuk Pramugari persaingan disini adalah persoalan jam terbang. Semakin tinggi jam terbang seorang Pramugari artinya semakin diakui pula kehebatannya baik dari segi skill dan pengalamannya.

Untuk itu, persaingan dalam pekerjaan ini adalah bagaimana caranya penilaian hasil review terhadap pelayanan yang diberikan kepada penumpang harus selalu masuk kedalam score sempurna agar berikutnya bisa dikatakan cukup atau sangat layak untuk direkomendasikan ke penerbangan berikutnya.

Selain itu, tantangan lain menjadi Pramugari adalah dedikasinya terhadap melayani penumpang tidak hanya dalam memenuhi kebutuhan seperti makan dan minum tapi seorang Pramugari juga harus bisa mengutamakan keselamatan dan kenyamanan penumpang di atas segalanya bahkan dirinya sendiri.

Untuk itu, seorang Pramugari harus memiliki mental yang kuat untuk menghadapi keadaan darurat saat penerbangan agar bisa memberikan simulasi pemakaian alat keselamatan kepada penumpang dengan tenang tanpa ada kesalahan sedikit pun.

Baca Juga: Akhir Tahun Masih Nganggur? Ini 6 Solusi Cepat Dapat Kerja