Daftar Film Animasi Terbaik Dunia yang Wajib Ditonton Bersama Keluarga

Nonton film memang dikenal sebagai salah satu hobi serta kegiatan yang dilakukan oleh kebanyakan orang saat memiliki waktu senggang. Entah sendiri maupun bersama orang terdekat, melihat film memang sangat seru, terlebih jika plot yang diceritakan dramatis dan tidak tertebak.

Salah satu genre film yang amat digemari saat ini adalah animasi. Film animasi banyak ditonton masyarakat masa kini karena cocok untuk dijadikan pengisi waktu luang bersama keluarga.

Pasalnya, film animasi dapat dinikmati oleh penonton dari segala usia, baik anak kecil yang baru sekolah maupun para orang tua yang telah berumur senja. Oleh karenanya, bisa dipastikan jika film animasi menjadi genre film yang paling banyak memiliki peminat.

Namun, tahukah kamu jika di antara ratusan, atau bahkan ribuan film animasi yang telah dirilis, terdapat 10 judul film yang dinobatkan sebagai film animasi terbaik sepanjang masa?

Selain mampu menggaet banyak penonton, film-film animasi unggulan tersebut juga sarat akan pesan moral yang apik. Daripada penasaran, simak 10 rekomendasi film animasi terbaik dunia berikut ini.

18 Rekomendasi Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa

Bicara tentang film animasi, tentu ingatan kita akan dibawa kepada Disney. Namun, perlu diketahui bahwa film animasi tidak hanya digarap oleh Walt Disney Pictures. Ada banyak pula studio lain yang meramaikan karya film animasi terbaik.

Meski sederet film animasi memang sangat cocok untuk anak-anak. Akan tetapi, orang dewasa tidak perlu merasa gengsi untuk menonton film tersebut. Beberapa judul film animasi mengangkat cerita tentang keluarga yang bisa dinikmati oleh lintas usia. Simak, beberapa judul film animasi terbaik berikut!

  1. The Incredibles 2

    loader

    Pada tahun 2004 silam, Pixar, sebuah perusahaan film animasi ternama dunia, meluncurkan The Incredibles yang mengusung tema keluarga pahlawan super. Dengan konsep cerita yang unik dan kualitas animasi yang terdepan pada masanya, tidak mengagetkan jika The Incredibles mampu menarik perhatian para pecinta film animasi.

    Bahkan, meski baru melanjutkan cerita sekuelnya 14 tahun setelah film pertamanya rilis, The Incredibles 2 mampu membuat bioskop seluruh dunia membludak. Alasannya tak lain karena ada banyak sekali penikmat film animasi yang telah lama menunggu kelanjutan cerita dari The Incredibles.

    Terbukti keuntungan yang berhasil didapatkan oleh Pixar dari sekuel film animasi tersebut mencapai hampir 200 juta USD. Melihat fakta tersebut, serta kualitas dari film The Incredibles, tak perlu diragukan lagi jika film animasi tersebut menjadi salah satu yang terbaik di dunia.

  2. Coco

    loader

    Coco adalah sebuah film animasi yang dirilis di tahun 2017 dengan tema kebersamaan keluarga. Mengisahkan tentang seorang anak yang terjebak di dunia arwah, ia berusaha untuk mengejar cita-citanya dengan menemui idolanya yang telah meninggal.

    Tak disangka jika saat berada di dimensi lain tersebut, terdapat rahasia keluarga yang mulai terkuak dan membuatnya berusaha mengutuhkan memori keluarganya yang sempat menghilang. Dengan plot yang sama sekali tidak tertebak, Coco dengan rapi membuat penonton penasaran dengan endingnya. Dengan suguhan lagu yang ikonik dan penuh makna, tak terbantahkan jika Coco masuk ke dalam daftar film animasi terbaik sepanjang masa.

  3. Despicable Me

    loader

    Memiliki ikon makhluk kecil berwarna kuning menggemaskan yang dikenal dengan sebutan minion, Despicable Me menjadi salah satu film animasi yang memiliki banyak penggemar. Film animasi besutan Universal Studios ini rilis pertama kali di tahun 2010 dan mengusung tema penjahat yang memiliki sisi lembut pada dirinya.

    Tak butuh waktu lama, penggemar film animasi Despicable Me langsung membludak dari seluruh dunia pasca rilis. Tingkah kocak para minion dalam membantu penjahat super melakukan aksinya pasti bisa mengocok perut siapa saja yang menontonnya. Dengan pesan moral yang kuat, Despicable Me tak hanya menyuguhkan kualitas film animasi yang mumpuni saja.

  4. How to Train Your Dragon 2

    loader

    Sumber: theplaylist.net

    Lanjut ke film animasi keluaran Dreamworks Animation, How to Train Your Dragon memiliki kualitas yang tidak kalah hebatnya dibanding film animasi sebelumnya. Dirilis di tahun 2010, film animasi yang menceritakan seorang pemuda yang bertemu naga ini, musuh bebuyutan dari klannya.

    Meski telah menjadi makhluk yang diburu oleh klan si pemuda, mereka berakhir menjadi sahabat yang tidak dapat dipisahkan. Klan tersebut pun akhirnya tidak lagi memburu naga yang hidup di alam liar dan bahkan memeliharanya hingga menjadi partner hidup.

    Kisah yang inspiratif dan penuh makna tersebut menjadikan How to Train Your Dragon masuk dalam rekomendasi film animasi terbaik dunia. Jika ingin mengetahui kelanjutan kisah dari film tersebut, kamu dapat menonton How to Train Your Dragon 2 yang rilis di tahun 2014 lalu.

  5. Wreck-It Ralph

    loader

    Sumber: goodnewsfromindonesia.id

    Wreck-It Ralph adalah sebuah film animasi keluaran Hollywood dengan konsep kekinian yakni video game. Menceritakan seorang karakter jahat video game yang berusaha untuk melawan sistem permainannya dan menjadi seorang pahlawan. Film animasi ini tentu sarat dengan pesan moral yang layak dicontoh oleh para remaja belia.

    Tak hanya itu, para generasi 80an serta 90an akan disuguhkan dengan berbagai karakter ikonik masa kecil, seperti, Sonic the Hedgehog dan juga Pacman. Dijamin selain mengisahkan sebuah plot yang apik, Wreck-It Ralph memiliki kualitas animasi juga pesan filosofis yang sesuai dengan keadaan masa kini.

  6. Finding Dory

    loader

    Siapa yang tidak pernah nonton film animasi dengan tokoh utama ikan badut dan dori ini. Ya, Finding Nemo adalah film animasi yang bisa dibilang memiliki banyak penggemar hingga saat ini. Meski dirilis di tahun 2003, kisah serta animasi film Finding Nemo masih akan mampu membuat penonton berdecak kagum.

    Mulai dari jalan cerita yang membuat perasaan penonton seakan naik turun bak rollercoaster, sampai pendalaman karakter yang tepat, Finding Nemo layak masuk sebagai film animasi terbaik dunia. Finding Nemo juga mendapatkan beragam penghargaan di ajang bergengsi seperti, Academy Awards dan juga Saturn Awards.

    Kelanjutan cerita film animasi itu pun berlanjut di tahun 2016 dengan judul serupa yaitu Finding Dory. Sekuel ini juga tidak kalah sempurnanya dengan plot serta pesan yang dapat disampaikan kepada setiap penontonnya. Hal ini menjadi bukti bahwa animo masyarakat untuk menonton film animasi epic ini masih tinggi.

  7. Up

    loader

    Sumber:i-codee.blogspot.com

    Bagi yang baru pertama kali menonton film animasi bertajuk Up ini pasti sukses dibuat menangis dengan jalan ceritanya yang mengharukan. Mengisahkan seorang pensiunan tua yang tinggal sendirian, penonton akan disuguhkan dengan perjuangan untuk mewujudkan mimpi masa muda yang belum tercapai.

    Dengan bantuan seorang anak kecil yang menggemaskan dan lucu, film animasi Up tentu mampu mengocok perut penontonnya sekaligus meneteskan air mata. Nah, jika kamu belum pernah menonton film ini, segera cari jadwal kosong dan rasakan mengapa Up layak disebut sebagai film animasi terbaik dunia.

  8. Inside Out

    loader

    Sumber: medium.com

    Pixar memang seakan tidak pernah kehabisan ide untuk menyuguhkan film animasi yang out of the box. Siapa yang sangka sebuah gagasan berupa ‘bagaimana jika perasaan memiliki perasaan?’ dapat menjadi sebuah konsep brilian untuk sebuah film animasi keluarga.

    Bercerita tentang kumpulan perasaan yang dimiliki oleh seorang remaja, Inside Out menggambarkan tentang bagaimana manusia bisa merasakan sesuatu. Perasaan memang dianggap sebagai suatu hal yang abstrak. Namun, dengan pengarahan yang tepat, film animasi ini mampu membuat penonton memahami konsep perasaan yang ada dalam hati seseorang.

    Meraih segudang penghargaan bergengsi dunia, tak mengherankan jika Inside Out wajib ditonton bagi mereka yang belum. Jadi, daripada bingung mencari rekomendasi film animasi yang layak ditonton, langsung saja putuskan untuk menyaksikan cerita gamblang nan menakjubkan Inside Out ini.

  9. Big Hero 6

    loader

    Sumber: disneyplus.com

    Sebuah robot super berbadan chubby, dengan kemampuan yang hebat dan baik hati, siapa saja pasti bisa langsung gandrung dengan film animasi bertajuk Big Hero 6 ini. Film animasi yang keluar pada tahun 2014 ini memiliki kisah seorang pemuda jenius yang kehilangan kakaknya karena sebuah kecelakaan.

    Namun, sebelum ditinggalkan, sang kakak telah menciptakan sebuah robot bernama Baymax guna melindungi si adik. Tak disangka jika diciptakannya robot canggih tersebut memiliki peran yang lebih besar, yakni melindungi dunia dari serangan teroris.

    Dibantu dengan kelima rekannya, sang tokoh utama dengan robotnya berusaha sekuat tenaga mengalahkan si antagonis dengan sekilas memunculkan flashback kenangannya bersama sang kakak. Sudah pasti penonton dari film animasi terbaik ini tidak akan merasa bosan meski telah menontonnya berulang kali.

  10. The Lion King

    loader

    Sumber: https://www.hotstar.com/

    Bagi yang lahir di tahun 90-an pasti akrab dengan sosok singa bernama Simba dalam film The Lion King. Ya, film animasi yang dirilis pada 1994 lalu ini menceritakan tentang kisah menyedihkan Simba sebagai singa muda yang disingkirkan dari kekuasaan pasca kehilangan ayahnya, Mufasa.

    Film besutan Disney tersebut menjadi film animasi terbaik sepanjang masa. Bahkan, film tersebut digarap kembali dengan teknologi animasi fotorealistik pada 2019. Film ini selalu berhasil mencuri atensi penonton karena kisahnya yang menarik.

  11. The Little Mermaid

    loader

    Sumber: https://reelrundown.com/

    Kini beralih ke film animasi terbaik tahun 80-an, yakni The Little Mermaid. Masih garapan Walt Disney, film ini menceritakan kisah putri duyung bernama Ariel yang ingin melihat kehidupan di daratan. Hingga akhirnya, ia berhasil mengubah ekornya menjadi kaki untuk bisa menjajaki daratan.

    Namun, ada hal jahat yang mengancam Ariel, yaitu jika dalam tiga hari pangeran tampan gagal menciumnya maka ia akan kehilangan segalanya. Meski sudah rilis sejak lama, film animasi terbaik ini masih digemari banyak penonton lintas generasi hingga kini.

  12. Ice Age

    loader

    Sumber: https://www.disney.id/

    Judul film animasi terbaik selanjutnya adalah Ice Age. Sesuai dengan judulnya, film ini bercerita tentang berbagai hewan mengalami masa dimana es bumi mencair. Hewan tersebut, di antaranya mammoth, macan gigi pedang, kungkang, dan lainnya. Mereka harus berjuang melawan bajak laut sambil mencari jalan baru agar bisa kembali pulang ke rumah.

    Film yang dirilis tahun 2002 tersebut banyak merebut perhatian penonton hingga akhirnya merilis 4 season. Setelah Ice Age pertama, dibuat film lanjutan berjudul Ice Age: The Meltdown tahun 2006, Ice Age: Dawn of the Dinosaurs tahun 2009, Ice Age: Collision Course tahun 2016, dan The Ice Age Adventures of Buck Wild tahun 2022 kemarin.

  13. Toy Story

    loader

    Sumber: https://jack-millers-webpage-of-disney.fandom.com/

    Film animasi Toy Story juga sudah tak asing di benak penonton. Film animasi terbaik ini pun sangat cocok untuk ditonton bersama anak. Film legendaris yang rilis pada tahun 1995 ini menceritakan tentang boneka koboi (Woody) milik anak laki-laki bernama Andy.

    Ketika Andy mendapatkan hadiah mainan action figure Buzz Lightyear, Woody merasa posisinya sebagai mainan favorit terancam. Cerita ini pun semakin seru dan menegangkan ketika keluarga Andy pindah ke rumah baru. Woody dan Buzz melarikan diri dari tetangga yang sering menyiksa mainan, Sid Phillips.

    Meski legendaris, Toy Story merupakan film animasi terbaik hingga dibuat 3 film lanjutan. Film Toy Story 2 dirilis tahun 1999, Toy Story 3 rilis pada tahun 2010, dan Toy Story 4 rilis pada 2019 lalu.

  14. Madagascar

    loader

    Sumber: https://fathead.com/

    Film tentang kehidupan binatang-binatang asal Afrika di dalam penangkaran taman satwa yang menempuh petualangan. Film yang rilis pada 2005 ini menceritakan karakter hewan yang lucu dan menarik untuk ditonton.

    Keseruan film tersebut berlanjut pada dua judul film berikutnya, yakni Madagascar: Escape 2 Afrika yang rilis pada 2008 dan Madagascar 3: Europe’s Most Wanted dirilis pada 2012. Selain dua sekuelnya ini, keseruan cerita binatang tersebut juga bisa kamu saksikan di film Penguins of Madagascar.

  15. Ratatouille

    loader

    Sumber: https://www.disney.id/

    Selanjutnya, judul film animasi terbaik yang populer adalah Ratatouille yang tayang pada 2007 lalu. Popularitas film ini didapatkan berkat ceritanya yang unik. Pasalnya, film ini menceritakan kisah seekor tikus (Remy) yang pandai memasak.

    Remy berambisi menjadi koki hebat dan cerdas. Namun, ketidakmungkinan itu menjadi mungkin ketika Remy bertemu dengan Linguini, yakni seorang koki muda yang tidak berbakat dalam memasak. Keduanya bekerjasama hingga menciptakan makanan dengan rasa lezat.

    Film ini bisa jadi rekomendasi tontonan untuk anak di rumah. Kamu bisa mengajak mereka menyaksikannya melalui berbagai aplikasi nonton.

  16. Frozen

    loader

    Sumber: https://www.disney.id/

    Film animasi Disney, Frozen, yang rilis pada 2013 juga tak kalah menarik. Film ini sempat viral di masanya berkat tokoh Anna yang periang serta Elsa yang memiliki kekuatan es sehingga bisa membekukan seluruh kerajaan dan desa.

    Awal kisah keduanya diceritakan saat Elsa dan Anna kecil, lalu berlanjut hingga dewasa. Keseruan pun dimulai saat Anna memulai petualangan mencari Elsa untuk menyudahi musim dingin yang diciptakan Elsa. Sama seperti film Disney lain, Frozen semakin dikenal berkat musikalisasi dari lagu Let it Go yang populer.

  17. Alvin and The Chipmunks

    loader

    Sumber: https://www.themoviedb.org/

    Libur akhir pekan di rumah juga bisa kamu isi dengan menonton film animasi Alvin and The Chipmunks. Film ini menceritakan tiga ekor tupai, yakni Alvin, Simon, dan Theodore yang sangat mencintai musik. Kecintaan mereka dengan musik semakin terlihat ketika bertemu dengan penulis lagu bernama David Seville.

    David tak menyangka dengan suara ketiga tupai tersebut yang sangat merdu. Akhirnya ia mengorbitkan Alvin dan teman-temannya sebagai penyanyi. Hingga datanglah konflik dari seorang eksekutif rekaman bernama Ian Hawke.

  18. Smurf: The Lost Village

    loader

    Sumber: https://www.themoviedb.org/

    Sony Pictures Entertainment juga merilis film animasi terbaik pada 2017 lalu. Film berjudul Smurf: The Lost Village itu menceritakan tentang Smurfette, Brainy, Clumsy, dan Hefty berlomba di hutan terlarang untuk mencegah penyihir jahat mengambil semua kemampuan smurf agar menjadi penyihir hebat.

    Namun, perjalanan mereka tidak semulus yang dikira. Ada berbagai aksi bahaya yang dilalui, hingga akhirnya mereka menemukan rahasia besar sejarah smurf. Film tersebut merupakan sekuel ketiga setelah film Smurf yang tayang pada 2011 dan Smurf 2 pada 2013.

Apakah Film Animasi Favoritmu Termasuk?

Setiap orang pasti memiliki preferensi yang berbeda-beda dalam memilih film animasi terbaik. Pasalnya, setiap film animasi unggulan dunia memiliki daya tarik dan konsep berbeda yang ingin disuguhkan. Nah, dari daftar film animasi terbaik di atas, berapakah yang menjadi favorit kamu?