Sering Jadi Incaran, Berikut Daftar Jurusan Kuliah Terfavorit dan Prospek Kerjanya

Seiring dengan perkembangan dan kemajuan teknologi yang semakin canggih, berbagai profesi baru ikut bermunculan dari berbagai bidang. Sejumlah ladang uang seperti profesi desainer grafis, content writer, copywriter, hingga desainer UI/UX kini makin dibutuhkan dalam jumlah besar. 

Hal ini tentunya berkaitan erat dengan jurusan kuliah atau keilmuan yang dipilih dan dimiliki oleh seseorang. Tidak boleh asal pilih, bidang ilmu yang akan ditekuni pun perlu dipikirkan secara matang. 

Oleh karena itu, biar kamu tidak salah langkah, simak apa saja jurusan kuliah terfavorit yang menjanjikan masa depan cerah berikut ini.

Baca Juga: Tertarik Kuliah Jurusan Sistem Informasi? Ini Mata Kuliah yang Wajib Dipelajari

Jurusan-jurusan Kuliah yang Menjanjikan beserta Prospek Kerjanya

loader

Jurusan-jurusan Kuliah

  1. Kedokteran

    Ilmu Kedokteran akan selalu menduduki posisi penting dalam kelangsungan hidup. Jurusan ini memberikan pengajaran dan pengarahan seputar kesehatan, pengobatan, serta pencegahan penyakit.

    Selain membuka praktik sendiri dan bekerja di rumah sakit, kamu bisa bekerja di instansi pemerintah lainnya. Di antaranya ialah Basarnas, BPOM, BNN, hingga menjadi tenaga medis di Polri dan TNI.

  2. Keperawatan (Nursing)

    Masih di ranah kesehatan, jurusan Nursing atau Keperawatan juga layak dipertimbangkan. Bidang ini mempelajari tentang teknologi dan teori yang bermanfaat untuk merawat serta mengembalikan kesehatan lahir batin pasien berpenyakit/ penyandang disabilitas.

    Lulusan Keperawatan umumnya bisa bekerja sebagai tenaga pengelola berbagai pelayanan kesehatan. Kelak, kamu bisa bekerja di Dinas Kesehatan, poliklinik, puskesmas, dan rumah sakit.

  3. Farmasi

    Memasuki program studi yang satu ini, kamu akan berkutat dengan cara mengidentifikasi, memformulasi, meracik, membuat, menganalisis, mengombinasi, dan menstandarkan obat. 

    Selain menjadi apoteker atau asisten apoteker, kelak kamu juga bisa bekerja sebagai peneliti pengembangan obat-obatan, product development specialist, tim quality management di perusahaan kosmetik/ obat/ makanan, tenaga pengajar, hingga staf regulasi.

    Staf regulasi sendiri berhubungan dengan pengumpulan dokumen standar bahan utama kosmetik, pengurusan daftar BPOM serta Lembaga Pengkajian Pangan Obat-Obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI).

  4. Psikologi

    Ilmu Psikologi selalu menarik lantaran mempelajari fungsi mental serta perilaku manusia. Melalui keilmuan ini, kamu akan lebih mampu mengenal diri sendiri dan sesama, serta kesanggupan untuk mengelola kesehatan mental-emosional diri dan orang lain.

    Jurusan Ilmu Psikologi selalu diminati banyak orang lantaran luasnya lapangan pekerjaan yang tersedia bagi mereka. Bahkan, setiap perusahaan akan membutuhkan sumber daya manusia lulusan Psikologi untuk menjadi staf Human Resources Development (HRD) mereka. 

    Selain itu, kamu bisa menjadi asisten psikolog, administrator tes psikologi, konselor, psikolog, psikiater, trainer dalam sebuah program pelatihan, motivator, dan lainnya.

  5. Teknik Komputer

    Teknik Komputer dibutuhkan oleh pelaku usaha digital, desainer game, teknisi jaringan, pendidik, serta developer aplikasi dan perangkat lunak. Dengan peluang kerja yang sangat variatif, kamu tentunya akan banyak diarahkan untuk mempelajari jaringan komputer, analisis numerik, rekayasa software, digitalisasi, pemrograman sistem, AI (Artificial Intelligence/ Kecerdasan Buatan), desain serta analisis algoritma, dan masih banyak lagi.

  6. Teknik Informatika

    Teknik Informatika mengajarkan berbagai teknologi komputerisasi, termasuk analisis matematis pengembangan, pengujian, sistem operasi, evaluasi software, dan juga cara kerja komputer. 

    Biasanya, lulusan Teknik Informatika akan bekerja sebagai web developer. Mereka dikenal andal dalam JavaScript, HTML, XHTML, CSS, serta markup language dan bahasa pemrograman lainnya.

  7. Ekonomi Akuntansi

    Jurusan Akuntansi juga menjanjikan prospek cerah. Tak hanya bisa bekerja di berbagai perusahaan, kamu juga dapat membuka lapangan pekerjaan baru dengan merintis bisnis sendiri. Kuliah di jurusan ini, kamu akan belajar banyak mengenai analisis, mencatat, memeriksa, dan menyusun laporan keuangan dengan tepat dan akurat.

  8. Keguruan dan Pendidikan

    Tentunya setiap negara akan senantiasa membutuhkan tenaga pengajar dan pendidik dari waktu ke waktu. Itulah sebabnya jurusan Keguruan dan Pendidikan akan selalu diminati dan menjadi favorit.

    Sejumlah program studi S1 yang termasuk di dalamnya adalah Pendidikan Luar Biasa (PLB), Teknologi Pendidikan, Manajemen Pendidikan, Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Bimbingan dan Konseling, serta Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

  9. Hubungan Internasional

    Jurusan Hubungan Internasional mempelajari pola komunikasi politik dan diplomasi dan dalam skala global yang cakupannya luas. Dalam perkuliahan, kamu akan diajarkan hukum internasional, politik luar negeri, kerja sama internasional, dsb.

    Menjadi diplomat dapat membuatmu bekerja di kedutaan Indonesia beragam negara yang ada di luar negeri. Kamu juga bisa bekerja sebagai politikus, konsultan internasional, jurnalis, staf yang bekerja di instansi pemerintah atau nonpemerintah, hingga menjadi Government Relation Officer. 

  10. Sastra Inggris

    Kuliah di jurusan Sastra Inggris juga termasuk ke dalam deretan terpopuler di Indonesia. Pasalnya, skill bahasa internasional ini kerap dibutuhkan di berbagai perusahaan. Setelah lulus, ada banyak peluang yang bisa dijajal seperti menjadi manajer media sosial, editor artikel, penulis berbagai konten termasuk buku, penerjemah, jurnalis, dan tentunya guru.

    Baca Juga: 7 Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat Biar Tidak Salah Jurusan

  11. Administrasi Bisnis

    Ilmu di bidang Administrasi Bisnis diperlukan untuk meraih kesuksesan dalam berbisnis. Jurusan ini mengajarkan setiap hal terkait kegiatan operasional bisnis yang meliputi sumber daya manusia, pemasaran, produksi, pengelolaan keuangan, dan lainnya.

    Kelak, lulusan Administrasi Bisnis dapat bekerja sebagai staf administrasi umum, gudang, pengembangan bisnis, dalam dunia perpajakan, hingga pengelolaan personalia (Sumber Daya Manusia).

  12. Teknik Industri

    Tak kalah populer dengan yang lain, ilmu ini mempelajari tentang optimalisasi kegiatan produksi dan pengelolaan ekonomi perindustrian. Nantinya, lulusan Teknik Industri akan sanggup mengoptimalkan praktik sistem produksi pabrik, desain optimal manajemen perusahaan, hingga penanganan proposal strategi.

    Peluang kerjanya? Sangat luas. Mulai dari dunia perbankan, periklanan, pertambangan, otomotif, dan juga layanan kesehatan akan membutuhkan tenaga ahli dari Teknik Industri.

  13. Desain Komunikasi Visual

    Setelah meraih gelar Sarjana Desain, kamu bisa bekerja dengan menyampaikan pesan secara visual, seperti menjadi layouter, graphic designer, web designer, ilustrator, fotografer, videographer, animator, dan lainnya yang lekat dengan dunia periklanan. 

  14. Teknik Perminyakan

    Mempelajari hidrokarbon yakni sumber daya alam gas dan minyak bumi, kamu akan berkutat dengan ilmu lanjutan dari Geologi dan Teknik Pertambangan. Kuliah jurusan ini akan membuatmu menjadi insinyur kimia yang sanggup merancang produk dan pabrik, petroleum accountant (menentukan nilai produksi minyak), energy economist yang mengembangkan strategi keuangan perusahaan serta menganalisis bisnisnya.

  15. Teknik Arsitektur

    Teknik Arsitektur mempelajari keahlian rancang bangun dan lingkungan binaan. Bidang ini tidak sama dengan Teknik Sipil. 

    Meski keduanya mempelajari bagaimana membangun gedung, namun jurusan Arsitektur lebih fokus pada perancangan desain bangunan yang menarik. Sementara Teknik Sipil menitikberatkan pada pembelajaran serta cara pembuatan struktur bangunan yang tak hanya kokoh, tapi juga ekonomis. 

    Profesi arsitek juga terbagi ke berbagai bidang, seperti arsitek bidang industri, desain komersial, desain pertamanan, desain hunian, hingga green building.

  16. Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)

    Jurusan Planologi banyak diminati dan cukup prestisius. Pasalnya lulusan jurusan ini kerap dibutuhkan untuk merampungkan berbagai proyek pembangunan di negara-negara yang tengah berkembang. 

    Jika kamu berminat menekuni jurusan yang satu ini, kamu tak perlu pandai menggambar. Yang dibutuhkan ialah daya nalar atau analisis tinggi, kreativitas, serta imajinasi yang kuat untuk merencanakan rancangan pembangunan.

    Adapun Planologi mempelajari segala aspek yang terdapat di dalam masyarakat untuk merencanakan pembangunan. Berbeda dengan Teknik Arsitektur yang lebih menekankan kepada pembelajaran teknik perancangan bangunannya.

  17. Ilmu Komunikasi (Jurnalistik, Public Relations, dan Marketing Communication)

    Lulusan Ilmu Komunikasi Jurnalistik kerap ditemukan bekerja di dunia Broadcasting, Jurnalistik, dan Periklanan. Mereka bekerja sebagai copywriter, pembawa acara, penyiar, content writer, script writer, hingga produser televisi. Sedangkan, setiap perusahaan mulai dari media, agensi, hingga instansi pemerintah juga membutuhkan Public Relations dan tim Marketing sehingga lapangan pekerjaan yang tersedia pun cukup beragam.

  18. Teknik Biomedis

    Lulusan Teknik Biomedik akan berkarier sebagai peneliti dan pengajar yang berfokus dalam pengembangan industri alat medis serta teknologi kesehatan. Selain itu, mereka juga berkesempatan bekerja di laboratorium klinis, rumah sakit, industri kesehatan, dan juga instansi pemerintahan.

    Jurusan yang lekat dengan Elektro, Mesin, dan Informatika ini menggabungkan Ilmu Kedokteran dan juga Ilmu Keteknikan. Kamu akan mempelajari hal yang berkaitan dengan perancangan alat elektronik dan mekanik dalam bidang kesehatan.

  19. Teknik Mesin

    Jurusan Teknik Mesin mewajibkanmu cakap dalam matematika, kimia, dan fisika. Dalam perkuliahan, kamu pun akan berkutat pada beragam objek teknologi dan mesin, termasuk pelajaran mengenai pembuatan dan cara pengoperasian robot.

    Prospek karier yang menantimu terletak pada industri otomotif, seperti mekanik kendaraan hingga perencanaan produk otomotifnya. Dan ini meliputi kereta api, mobil, sepeda motor, dan masih banyak lagi.

  20. Teknik Elektro

    Tak pernah sepi peminat, menjajal Teknik Elektro akan membuatmu berpeluang menjadi unggul sebagai tenaga pengajar jurusan Listrik, ahli dalam instalasi listrik, Elektronika Industri, audio video, dan lainnya yang mencakup bidang telekomunikasi dan internet. 

Demikianlah ulasan seputar daftar jurusan kuliah yang menjanjikan. Kamu tertarik untuk tekuni yang mana?

Baca Juga: Mau Cepat Kaya? Ambil Kuliah Jurusan Ini