Kerap Jadi Pengganti Pendidikan TK, Yuk Kenali Apa Itu Les Calistung dan Rekomendasi Tempatnya

Peran orang tua terhadap tumbuh kembang si kecil bagaimana pun juga tidak boleh sampai dilewatkan. Sebab, bagi anak, orang tua merupakan guru pertama yang menjadi faktor kunci terhadap perkembangan diri dan pengetahuannya kelak. Mulai dari belajar berinteraksi, berjalan, mengolah kata, sampai terkait etika dasar semuanya bergantung dari ajaran orang tua semenjak anak berusia balita.

Meski begitu, tidak semua orang mampu memenuhi kewajiban pembelajaran tersebut dengan maksimal. Apalagi jika tiba waktunya mengajarkan anak terkait ilmu formal, sebagai contoh baca, tulis, dan hitung atau yang biasa disingkat sebagai calistung. Untuk itu, tidak sedikit orang tua yang memilih untuk memberikan anak les calistung.

Namun, karena sama-sama dilakukan di usia menjelang memasuki jenjang sekolah dasar, tidak sedikit orang tua yang bingung lebih baik memberikan anaknya les calistung atau pendidikan pra sekolah seperti TK. Tentunya, di antara keduanya, selaku orang tua kamu perlu melakukan beragam pertimbangan.

Untuk itu, simak ulasan tentang les calistung, biaya les calistung, hingga beragam rekomendasi tempatnya berikut ini.

Baca juga: Latih Bakat dan Kemampuan Diri, Ini 10 Jenis Les untuk Anak yang Sebaiknya Ditawarkan

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Lebih Baik Les Calistung atau TK?

loader

Les Calistung

Dulu, setiap orang tua pasti akan memberikan pendidikan pra sekolah berupa Taman Kanak-Kanak atau TK sebelum buah hatinya memasuki jenjang sekolah dasar atau SD. Akan tetapi, beberapa tahun belakangan, muncul perdebatan lebih baik memberikan anak pendidikan di tingkat TK ataukah les calistung. Hal tersebut tentu perlu disikapi dengan bijak serta memperhatikan keunggulan dan kekurangan dari masing-masing metode pembelajaran pra sekolah.

Pada dasarnya, baik TK atau les calistung keduanya merupakan metode pembelajaran pra sekolah dan bisa dijadikan pilihan oleh para orang tua. Akan tetapi, calistung umumnya lebih berfokus pada aktivitas belajar ilmu formal, misalnya, baca, tulis, dan hitung.

Sedangkan untuk di TK, anak juga diajarkan sederet ilmu formal tersebut. Tapi, cara penyampaian yang dilakukan oleh guru atau pembimbing biasanya berbeda dan disesuaikan dengan pola pikir serta umur anak. Lantas, antara keduanya, mana yang lebih baik untuk dipilih?

Jika membahas terkait pendidikan secara menyeluruh, TK mungkin mempunyai kurikulum yang lebih lengkap dan kompleks. Tak hanya mengajarkan ilmu formal atau akademis, TK juga memberikan pembelajaran terkait nalar, kreativitas, sampai problem solving.

Karena itu, saat melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, anak yang melakukan pembelajaran di TK akan lebih siap untuk memahami ilmu akademis ataupun non akademis. Di samping itu, jumlah anak di TK umumnya lebih banyak ketimbang bimbel atau les calistung. Hal tersebut menjadikan anak memiliki kesempatan untuk mampu belajar berinteraksi antar sesama murid dengan karakter yang beragam.

Kendati demikian, pendidikan TK mempunyai metode pembelajaran yang sama untuk diterapkan pada setiap siswanya. Padahal, setiap anak memiliki karakternya tersendiri yang mungkin tak cocok mendapatkan metode belajar yang diajarkan tersebut. Dalam kondisi ini, tentu anak akan lebih sulit untuk bisa melakukan pembelajaran dengan maksimal.

Karena alasan tersebut, kini tidak sedikit orang tua cenderung memberikan anak les calistung. Dibandingkan dengan TK, ada sejumlah keunggulan les calistung, seperti waktu pembelajaran lebih singkat, biaya terjangkau, jumlah murid terbatas, serta lebih berfokus pada pembelajaran akademik.

Dengan jumlah siswa terbatas, pengajar mampu lebih leluasa melakukan metode pembelajaran sesuai dengan karakter masing-masing siswa. Akan tetapi, karena jumlah siswa yang sedikit tersebut pula muncul kekurangan di mana anak kurang bisa mengembangkan kemampuan bersosialnya secara optimal.

Tidak hanya itu, pengajaran yang berfokus pada bidang akademik juga kurang mengasah sisi kreativitas anak. Karena itu, orang tua perlu mempertimbangkan sederet hal di atas dengan menyesuaikan pribadi, karakter, serta kebutuhan buah hatinya.

Baca juga: Miliki Banyak Keunggulan, Ini Hitungan Biaya Les Privat yang Harus Disiapkan Orang Tua

Rekomendasi Tempat dan Kisaran Biaya Les Calistung

Jika setelah mempertimbangkan hal di atas, kamu masih tertarik untuk memberikan anak les calistung ketimbang TK, ada baiknya mencermati rekomendasi tempatnya serta kisaran biayanya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah 7 rekomendasi tempat dan kisaran harga les calistung.

  1. biMBA AIUEO

    loader

    biMBA AIUEO (Sumber: facebook.com)

    Rekomendasi les calistung yang pertama adalah biMBA AIUEO yang juga menawarkan bimbingan untuk minat belajar anak dengan tujuan membentuk karakter agar lebih gemar belajar sesuatu. Dengan begitu, fokus dari pembelajaran di bimbingan belajar atau bimbel ini tak hanya pada hasil, tapi juga proses.

    Terkait metode belajar yang dilakukan di bimbel ini tergolong menyenangkan serta mempunyai skema pembelajaran yang dirancang sebaik mungkin. Bimbel ini telah tersedia di sejumlah wilayah Indonesia, termasuk Aceh, Bali, Kalimantan, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan banyak lagi yang lainnya. Terkait biaya les calistung yang dibebankan sekitar 250 ribu untuk uang pendaftaran, dan biaya kursus bulanan sekitar 150 ribu sampai 350 tergantung dari unit cabang yang dipilih.

  2. Erra Edu

    loader

    Erra Edu (Sumber: erraedu.com)

    Selanjutnya ada Erra Edu yang merupakan lembaga edukasi non formal di Bekasi. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh bimbel ini ialah waktu belajarnya fleksibel dan bisa disesuaikan kebutuhan atau keinginan orang tua. Hal ini dikarenakan selain les calistung, Erra Edu juga menyediakan homeschooling dengan sarana serta prasarana berstandar tinggi.

    Tidak hanya itu, pengajar di bimbel ini juga sudah terlatih secara profesional. Dengan begitu, tingkat kepercayaan dari para orang tua terhadap Erra Edu tidak perlu diragukan lagi dan menjadi salah satu tempat les calistung favorit di Bekasi.

  3. Binta Baca

    loader

    Binta Baca (Sumber: facebook.com)

    Rekomendasi lainnya adalah Binta Baca yang menerima les calistung untuk anak usia 4 sampai 6 tahun. Karena di usia tersebut, biasanya anak lebih senang bermain, maka bimbel ini memanfaatkan metode belajar menyenangkan dan cerdas.

    Terkait harga les calistung di Binta Baca mencakup biaya pendaftaran sebesar 50 ribu, serta biaya kursus tiap bulan sekitar 150 ribu. Selain itu, ada pula biaya perlengkapan sebesar 150 ribu. Metode pembelajaran di bimbel ini adalah seminggu 2 kali selama kurang lebih 40 menit tiap pertemuan.

  4. Fun & Smart Education Center

    loader

    Fun & Smart Education Center (Sumber: fun-and-smart-education-center.blogspot.com)

    Tempat les calistung ini membuka kelas dengan harga 400 ribu tiap bulan. Walaupun tergolong mahal, tapi fasilitas yang diberikan terbilang lengkap dan mampu menjadi alasan orang tua menempatkan anaknya di sana. Bahkan, jika masih ragu, orang tua dapat menggunakan layanan trial yang bisa diajukan secara gratis agar lebih yakin untuk mendaftarkan anak belajar calistung di sana.

    Berlokasi di kawasan Kemayoran Jakarta, tempat les calistung ini berada di dekat Stasiun KA Kemayoran, lebih tepatnya di sebelah Golden Truly Mal. Aktivitas belajar yang dilakukan adalah 2 kali tiap minggu dengan durasi pembelajaran selama 1 jam per pertemuan.

  5. Anak Hebat

    loader

    Anak Hebat (Sumber: ahe.education)

    Jika kamu memilih tempat les calistung di Anak Hebat, ada keunggulan di segi jumlah siswa. Tiap guru di sana hanya mengampu 2 siswa saja per sesi pembelajaran. Dengan metode tersebut, sudah pasti proses edukasi anak bisa menjadi lebih optimal dan mampu dipantau dengan baik.

    Pihak pengajar juga dapat memberi pendekatan individual tergantung karakter anak. Jadi, metode pembelajaran yang diberikan juga berbeda-beda menyesuaikan kepribadian dari si kecil.

  6. Balistung

    loader

    Balistung (Sumber: balistung.com)

    Terletak di Denpasar Bali, Balistung mengajarkan les calistung selama delapan kali sebulan dengan setiap pertemuan memiliki durasi pembelajaran 90 menit. Dengan sistem edukasi tersebut, biaya les calistung di sini adalah 400 ribu per bulan, dan orang tua dapat mendaftarkan buah hatinya sejak umur 3 tahun. Pada proses pembelajarannya, Balistung memanfaatkan pendekatan psikologi agar pengajar mampu menyesuaikan karakter serta gaya belajar siswanya.

  7. Gafa

    loader

    Gafa (Sumber: facebook.com)

    Rekomendasi yang terakhir adalah Gafa yang memiliki keunikan berupa metode pembelajaran menggunakan alat peraga. Selain menggunakan buku, pembelajaran di bimbel ini juga menggunakan buku seri, gambar, dan lain sebagainya menyesuaikan kesukaan anak. Dengan harga les calistung sebesar 360 ribu tiap bulan, anak akan diajarkan mulai dari belajar huruf, kata, hingga proses membaca secara berurutan.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Les Renang Terbaik dan Manfaatnya untuk Anak

Biayanya Tidak Sedikit, Siapkan Dana Les Calistung dengan Investasi Sedini Mungkin

Itulah pembahasan tentang perbandingan memberikan anak pendidikan TK dengan les calistung, serta rekomendasi dan kisaran biayanya. Tergantung dari tempat les calistung yang dipilih, biaya yang harus disiapkan bisa sangat besar dan cukup berat untuk bisa ditanggung oleh keuangan. Karena itu, agar dapat dipersiapkan dengan semaksimal mungkin, kumpulkan biaya les calistung ini sedini mungkin dengan investasi jangka pendek yang mampu memberi potensi keuntungan stabil serta rendah risiko seperti reksa dana pasar uang atau deposito.

Baca juga: Bingung Cari Tempat Les Bahasa Inggris Kredibel? Ini Rekomendasi dan Kisaran Biayanya