7 Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat Biar Tidak Salah Jurusan

Memilih jurusan merupakan suatu hal yang wajib dilakukan oleh mahasiswa yang ingin memasuki bangku kuliah. Perihal memilih jurusan ini pun sekilas sangat mudah dilakukan, apalagi dengan banyaknya jurusan yang ditawarkan oleh universitas.

Tapi pada kenyataannya, memilih jurusan kuliah sangatlah sulit. Banyaknya masukan dan tekanan dari orang-orang di sekitar justru sering membuatmu bingung, sehingga kamu tak tahu jurusan apa yang sebenarnya paling tepat untukmu.

Agar jurusan yang dipilih tidak menimbulkan sesal di kemudian hari, berikut 7 tips memilih jurusan kuliah yang bisa kamu terapkan. Yuk, disimak!

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Ketahui jurusan apa yang paling kamu minati

Jurusan Kuliah

Jurusan yang ada di bangku perkuliahan tidak sama seperti di SMA dulu. Program studi di kuliah memiliki cakupan yang lebih luas, dan tentunya lebih spesifik dengan perjalanan karier kamu di dunia kerja nanti. Di kuliah juga, kamu hanya diperkenankan untuk memilih satu jurusan saja. 

Untuk memudahkanmu dalam menentukan pilihan, sebaiknya ketahui bidang apa yang paling kamu minati. Sesuaikan dengan jati diri dan keahlian yang ada dalam dirimu, sehingga pemilihan jurusan pas. Kamu juga bisa lebih menikmati proses pembelajarannya nanti. 

2. Manfaatkan internet untuk mencari informasi tambahan

Kebanyakan universitas memang sudah menyediakan informasi mengenai jurusan yang menjadi pembelajaran di bangku kuliah. Akan tetapi, informasi yang disajikan hanya secara garis besar saja. Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan spesifik mengenai jurusan yang diminati, cobalah manfaatkan internet. 

Dari informasi yang tersaji di internet, setidaknya kamu mengetahui gambaran mengenai materi-materi yang akan dipelajari dalam jurusan tersebut. Bila materi itu dirasa kurang cocok, kamu bisa langsung beralih ke jurusan lain yang lebih tepat. Alhasil, tidak ada tuh yang namanya kepingin mengganti jurusan setelah beberapa tahun berkuliah.

Baca Juga: Tips Mudah Adaptasi di Universitas untuk Mahasiswa Baru

3. Cari jurusan yang memiliki prospek terbaik di masa depan

Jurusan Kuliah

Memilih satu di antara sekian banyak jurusan bukan hal yang mudah. Terkadang, kegiatan ini dapat menghabiskan waktu karena prosesnya  yang lumayan panjang. Pertama, kamu perlu membandingkan satu jurusan dengan jurusan lain. Kedua, kamu perlu menyesuaikannya dengan kemampuan dan minatmu sendiri. Dan ketiga, kamu harus siap menghadapi orang tua yang mungkin akan berbeda pendapat mengenai jurusan yang diambil.

Meski prosesnya panjang dan tidak mudah, usahakan untuk memilih satu jurusan terbaik. Jurusan yang memiliki prospek kerja yang bagus untuk mendongkrak perkembangan karier-mu di masa depan. Alhasil, kamu tak perlu berlama-lama menjadi pengangguran setelah tamat kuliah.

4. Ikuti kata hatimu saat memilih jurusan

Orang-orang di sekitarmu, terlebih orang tua, pasti akan ikut campur dalam proses pemilihan jurusan ini. Bahkan tak jarang orang tua memaksa agar kamu mengambil jurusan yang menjadi pilihan mereka dengan alasan agar keluarga memiliki penerus di kemudian hari. Meski niat orang tua baik, tapi kamu tak melulu harus mengikuti perkataan orang tua. 

Jangan karena ingin menyenangkan hati orang tua, kamu jadi tidak enjoy saat menjalani dunia perkuliahan nanti. Belajarlah untuk membuat keputusan sendiri mulai dari sekarang. Dengarkan dan ikuti apa kata hati agar kamu tidak salah dalam menentukan pilihan.

Baca Juga: Tertarik Kuliah Jurusan Sistem Informasi? Ini Mata Kuliah yang Wajib Dipelajari

5. Jauhkan kebiasaan ‘ikut-ikutan’

kuliah

Apakah kamu termasuk salah satu orang yang suka mengikut-ikuti teman? Jika ya, sebaiknya rubah kebiasaan ini sebelum terlambat. Apalagi bila motivasi dibalik ajang ikut-ikutan ini hanya karena gengsi semata. 

Ingatlah kalau jurusan yang kamu ambil di bangku kuliah adalah salah satu syarat administrasi saat melamar kerja. Apabila jurusan tidak sesuai kualifikasi, pastinya kamu akan gagal dalam tahap administrasi. Maka dari itu, miliki pendirian yang kuat agar kamu tidak mudah terombang-ambing pada ajakan atau pengaruh teman.

6. Pilih universitas yang memiliki akreditasi baik

Jurusan yang kamu minati mungkin tersedia di banyak universitas. Tapi tidak mungkin kan bila kamu mendaftarkan dirimu pada semua universitas tersebut? Kamu tentu harus memilih satu universitas yang terbaik dan paling sesuai, serta jangan lupa untuk memperhatikan akreditas dari universitas yang hendak dimasuki.

Sebab, akreditasi ini sangat berpengaruh di dunia kerja. Mahasiswa lulusan dari universitas dengan akreditasi terbaik biasanya akan lebih mudah diterima di perusahaan. Bahkan beberapa perusahaan menentukan standar akreditas dari universitas dari pelamar kerja, misalnya minimal akreditas B.

7. Yakinkan dirimu sebelum perkuliahan dimulai

kuliah

Hal terakhir yang tidak kalah penting adalah persiapan diri sebelum memasuki bangku perkuliahan. Pastikan kamu siap menjalani apapun yang akan terjadi pada jurusan pilihanmu. Jangan sampai setelah beberapa semester menjalani jurusan itu, kamu ingin keluar dan beralih ke jurusan lain. Hal ini sama saja buang-buang waktu, tenaga, dan pastinya uang.

Jangan membuat keputusan bila kamu merasa belum yakin. Lebih baik, tenangkan pikiranmu terlebih dahulu. Kemudian, sisihkan waktu untuk kembali bertanya kepada diri sendiri mengenai pemilihan jurusan ini guna menghindari terjadinya penyesalan.

Jangan Bingung, Segera Buat Keputusan!

Mudah-mudahan dengan tips memilih jurusan kuliah di atas, rasa bingung yang kamu alami bisa sedikit berkurang, ya! Kamu juga bisa membuat keputusan dengan segera sebelum masa pendaftaran habis.

Baca Juga:  7 Cara Cerdas Lulus Kuliah Tepat Waktu Bagi Mahasiswa