Di Balik Kesuksesan Selebriti Gilang Dirga, Ternyata Ini Profesi yang Dicita-citakannya

Sosok selebritas Gilang Dirga alias Gilang Dirgahari sudah dikenal publik sejak lama. Runner up ajang pencarian bakat D'Academy Celebrity yang ditayangkan Indosiar ini andal menghibur pemirsa televisi dengan candaannya. Selain itu, Gilang juga piawai menirukan karakter serta suara para artis lainnya.

Menjadi member paling muda dalam acara komedi Extravaganza di Trans TV, Gilang bisa dibilang pemain lama. Ia terhitung bergabung dalam acara sukses tersebut sejak Mei 2009. Tak hanya fasih sebagai komedian, pria kelahiran Jakarta, 17 Agustus 1989 ini juga berprofesi sebagai aktor, model, penyanyi, dan presenter.

Kini, suami dari Adiezty Fersa sudah berhasil menapaki karir dengan suksesnya. Tak hanya terkenal dan semakin kaya, ia bahkan berencana untuk meraih impiannya dan berakting di kancah perfilman Hollywood. Yuk simak kisahnya!

Terjun Sebagai Model

View this post on Instagram

A post shared by gilangdirga (@gilangdirga) on

Gilang memulai karir di dunia hiburan setelah menjuarai sebuah ajang model di tahun 2008. Saat itu, pemilihan peragawan bergengsi tersebut diselenggarakan oleh Ramli selaku desainer batik kenamaan Indonesia. Berwajah tampan dengan perawakan tinggi mencapai 183 cm, ia berhasil meraih juara kedua.

Tak cuma itu, Gilang pun berhasil menjadi peserta dengan busana daerah terbaik serta duta persahabatan. Setelah prestasinya ini, ia lantas memutuskan hijrah dari Bengkulu ke Jakarta demi meniti karirnya di industri entertainment Indonesia.

Baca Juga: Tak Sengaja Antar Teman Ikut Casting, Tak Disangka Rezky Aditya Malah Sukses Jadi Aktor

Berbakat Sebagai Aktor

View this post on Instagram

A post shared by gilangdirga (@gilangdirga) on

Gilang lantas mencoba peruntungannya dengan terjun ke seni peran. Beberapa judul FTV dan sinetron tercatat pernah dibintanginya, terutama yang digarap oleh Multivision Plus. Namun harus diakui, namanya kian melejit setelah momen program acara Extravaganza yang ditayangkan Trans TV.

Setelah angkatan Icut hingga Maya Septha, ia lalu menyusul di angkatan 2009. Dengan suara uniknya, Gilang sanggup menirukan berbagai karakter dari para artis kenamaan. 

Selain itu, Gilang pun menunjukkan kemampuannya berakting dalam salah satu video musik Anang Hermansyah. Dalam penggarapan video musik tersebut, Gilang pun berkesempatan untuk bekerja sama dengan sutradara terkenal, Alyandra Pandjipoera.

Belakangan, ia lantas memperlihatkan bakat bernyanyi, akting dan juga menarinya secara total dengan bermain di salah satu drama musikal pada bulan Maret 2010. Dalam pertunjukan ini, ia berperan sebagai Galih (drama musikal Gita Cinta).

Merajai Sejumlah Program Acara TV

Di sepanjang karirnya, Gilang telah menghibur pemirsa layar kaca dengan tampil maksimal di berbagai program acara televisi. Pada tahun 2014-2015, ia menyapa penonton lewat acara America's Funniest Home Videos Global TV. 

Kemudian disusul dengan penampilannya di Extravaganza, Digital Clip di tahun 2012, serta Saatnya Kita Joget (2014). Ia juga tampil dalam YKS (2013-2014) yang ditayangkan di Trans TV. Masih di tahun 2014, Gilang kemudian muncul dalam berbagai acara yang tayang di stasiun TV Rajawali Televisi serta Trans TV. 

Memasuki 2015, ia kembali hadir untuk acara Ada Ada Aja di Global TV hingga X Cool yang tayang di RCTI. Ia juga dikenal dengan penampilannya dalam Dangdut Mania Dadakan yang tayang di MNC TV, KDI di tahun 2015, acara Good Morning Indonesia, Seleb On News, hingga Mr. Sakirman untuk stasiun Global TV.

Selanjutnya, Gilang kembali menghibur penonton TV dalam acara Mario Teguh Super Show besutan MNC TV, serta Stand Up Comedy Academy dan Stand Up Comedy Club yang sama-sama tayang di Indosiar. Ia juga tampil dalam ASAL Asli Atau Palsu Trans 7 (2014 - 2016), D’ Academy, D’ Academy Celebrity di Indosiar, Inbox di SCTV, serta The Rooftop dan OVJ Sahur Lagi di Trans 7 pada tahun 2016.

Di tahun berikutnya, ia kembali menyapa pemirsa dengan kemunculannya dalam D’ Academy 4 serta D’ Academy Asia 3 yang tayang di Indosiar tahun 2017. Disusul lagi dengan Gilang Dirga Show dan Malam Puncak di hari ulang tahun stasiun televisi TVRI yang ke-56, serta Semarak Indosiar di tahun 2018. Adapun untuk tahun 2019, Golden Memories Asia menjadi acara yang menampilkannya.

Baca Juga: Kisah Sukses Shireen Sungkar, dari Gagal di Ajang Model Hingga Jadi Queen of Sinetron

Sukses di Dunia Tarik Suara

View this post on Instagram

A post shared by gilangdirga (@gilangdirga) on

Gilang telah meraih sejumlah pujian dan apresiasi atas penampilannya di Extravaganza. Dengan berbekal potensi dan bakat menyanyinya ini lantas terjun ke dunia musik. Dengan kemampuan bernyanyinya dan menirukan suara penyanyi lainnya ini membuat Trans TV menciptakan sebuah segmen khusus untuknya.

Dalam segmen khusus di Extravaganza tersebut, Gilang dapat memarodikan banyak penyanyi. Selain itu, ia pun dipercaya untuk beberapa kali membawakan acara Sinden Gosip sambil menyanyikan lagu-lagu daerah.

Dari sinilah Gilang mendapat ide untuk menekuni dunia tarik suara. Lebih serius, ia lantas merilis ulang single miliknya yang berjudul Kekasih.

Seperti diketahui, Gilang pernah merilis sejumlah single yang meramaikan belantika musik tanah air. Salah satunya seperti Kekasih, GoodBye feat. The Drama King, Cantik feat. SFC (Soulful Corp), dan juga Aku Kamu Indonesia feat. Anderta.

Bintangi Layar Lebar

View this post on Instagram

A post shared by gilangdirga (@gilangdirga) on

Tak berhenti di situ, pemuda berdarah Minang dan Baturaja ini juga pernah membintangi sejumlah film layar lebar Indonesia. Di tahun 2012, ia bermain dalam film Xia Aimei dan Rumah Kentang bersama Shandy Aulia dan Tasya.

Sedangkan di tahun 2013, Gilang beradu akting di film Samudra Hotel. Adapun pada tahun 2017 ia kembali membintangi Surau dan Silek. Sementara di tahun 2018, Gilang bermain dalam Liam dan Laila.

Gagal Masuk TNI

Di balik karirnya yang cemerlang sebagai entertainer, siapa sangka jika Gilang pun pernah mengalami kegagalan yang mengecewakan. Pasalnya, cita-citanya dulu bukanlah menjadi aktor. Ternyata ia berkeinginan menjadi seorang militer sejak masih duduk di bangku SMP.

Sejak remaja, Gilang sudah berusaha untuk melatih fisiknya dan membentuk pribadi agar dapat bergabung menjadi taruna. Ia mengaku tertarik menjadi TNI lantaran melihat kerabatnya yang merupakan taruna akademi militer.

Hingga tibalah waktunya ketika ia mencoba mengambil langkah nyata untuk mewujudkan impiannya. Ia pun lantas mendaftar sebagai taruna akmil, sambil terus belajar terkait berbagai hal yang berkenaan dengannya.

Namun rupanya jalan hidup malah berkata lain. Tes yang dijalaninya gagal, tak ayal ia pun merasa sedih dan kecewa. Pasalnya, Gilang Dirga telah rela mengorbankan kuliahnya demi untuk mengikuti tes tersebut. 

Meski sempat cukup lama kesulitan untuk menerima kenyataan, namun perlahan ia sanggup mengentaskan kesedihannya. Hidup terus berjalan dan Gilang tetap melangkah maju. Bahkan hingga kini, cita-citanya itu tak pernah mati dan kerap muncul di benaknya.

Kendati begitu, Gilang menghargai jalan hidupnya yang sekarang di dunia entertainment. Ia selalu ingat untuk mensyukuri berkah luar biasa lainnya yang telah menghampirinya. 

Jerih Payah Berbuah Melimpah

Diketahui, Gilang Dirga telah mencapai sukses besar dengan profesinya. Sering tampil di layar kaca membuatnya memiliki harta berlimpah. Berkat kerja keras dan jerih payahnya yang tak kunjung henti, ia pun sukses dalam membangun sebuah rumah yang luar biasa mewah.

Rumah mewah yang nyaman itu dipenuhi dengan sejumlah benda koleksinya. Menjadi penggemar anime, Gilang mempunyai koleksi tokoh aksi One Piece yang sangat banyak. Tak hanya itu saja, ia juga memiliki Ducati Monster 696 Full Paper yang harganya berkisar ratusan juta Rupiah.

Seperti kisah Gilang, tak apa jika Anda gagal di satu bidang yang disukai. Saat satu pintu tertutup, bisa jadi satu pintu lainnya akan terbuka untuk Anda. Jangan lelah untuk terus berusaha dan temukan pintu keberuntungan tersebut.

Baca Juga: Perjalanan Karir Didi Kempot yang Legendaris, Inilah Fakta-Fakta Di Balik Kesuksesannya