Kisah Sukses Shireen Sungkar, dari Gagal di Ajang Model Hingga Jadi Queen of Sinetron

Jika mendengar Shireen Sungkar, kebanyakan orang akan langsung teringat pada sinetron Cinta Fitri yang melambungkan namanya. Wanita berparas manis kelahiran Jakarta tanggal 28 Januari 1992 ini memang sudah cukup lama malang melintang di dunia seni peran.

Berdarah Arab-Minang, Shireen yang kini berusia 28 tahun ini juga merupakan putri kedua dari aktris Fanny Bauty dan aktor Mark Sungkar. Karirnya yang moncer di industri hiburan membuatnya meraih sejumlah penghargaan bergengsi.

Tak hanya sukses berkarir sebagai aktris, Shireen juga menggeluti dunia bisnis bersama sang suami. Ia juga berhasil lulus kuliah Strata-1 dengan prestasi yang memuaskan. Sosok Shireen yang menginspirasi membuat banyak penggemar semakin menaruh rasa kagum kepadanya.

Gagal di Pemilihan Gadis Sampul

View this post on Instagram

A post shared by Shireen Sungkar (@shireensungkar) on

Meski sukses besar sebagai aktris, namun bukan berarti Shireen tak pernah gagal dalam perjalanan karirnya. Di tahun 2006, Shireen yang sudah menyukai akting sejak kecil ini sempat mengikuti ajang Gadis Sampul. Namun sayangnya, saat itu ia hanya berhasil sebagai semifinalis saja.

Shireen kemudian menemukan keberuntungan ketika mengantar tantenya pergi casting di rumah produksi SinemArt. Tak disangka, ia pun ikut dilirik untuk menjadi artis. Sehingga bermainlah Shireen dalam sinetron perdananya, Bukan Diriku.

Bersama Ririn Dwi Ariyanti dan Baim Wong, Shireen beradu akting sebagai pendukung. Demikian juga dengan sinetron selanjutnya yang ia bintangi, yakni Wulan bersama Dhini Aminarti serta Putri Duyung dan Perempuan Teraniaya.

Pindah Production House Membawa Berkah

View this post on Instagram

A post shared by Shireen Sungkar (@shireensungkar) on

Shireen Sungkar kemudian pindah ke MD Entertainment. Kepindahan ini rupanya membawa berkah tersendiri baginya. Ia langsung dipercaya menjadi pemeran utama sebagai Fitri dalam Cinta Fitri 1 dan Cinta Fitri 2.

Sejak saat itu, karir Shireen kian bersinar hingga ikut merambah dunia tarik suara. Ia lantas membentuk grup duo vocal yang diberi nama The Sisters bersama Zaskia Sungkar, kakaknya. Di tahun 2008, mereka merilis debut album perdananya yang bertajuk The Journey of Love.

Berada di puncak karirnya, Shireen Sungkar kemudian mewujudkan rasa syukurnya atas kesuksesan Cinta Fitri. Ia lantas berangkat ibadah umroh. Keberangkatan tersebut juga sekaligus untuk merayakan Idul Fitri di Mekkah. Saat itu ia berangkat bersama kedua orang tuanya, Zaskia dan Yusuf yang merupakan adik kandungnya.

Baca Juga: 5 Artis ini Punya Konten Vlog yang Menginspirasi, Siapa saja Mereka?

Berjaya dalam Seni Peran

View this post on Instagram

A post shared by Shireen Sungkar (@shireensungkar) on

Tak hanya berakting di dunia sinetron, Shireen juga telah membintangi sejumlah film layar lebar. Di tahun 2009, ia membintangi Suka Ma Suka. Kemudian di tahun 2013, ia bermain dalam film Wanita Tetap Wanita dan Honeymoon. Memasuki 2016, ia kembali bermain dalam Ketika Mas Gagah Pergi the Movie.

Di layar televisi, Shireen sudah sering wara-wiri membintangi begitu banyak judul sinetron. Di tahun 2006, ia melakoni Bukan Diriku, Wulan (2006-2007), serta Bunga (2007) di bawah naungan SinemArt yang tayang di RCTI.

Kemudian di tahun 2007-2011, Shireen membintangi Cinta Fitri. Menyusul juga sinetron Annisa (2008), Ranum (2011) dan Dia Ayu (2012). Di tahun berikutnya, ia bermain dalam Ali James Bon serta Istri yang Dikhianati. Sementara itu, di tahun 2015, ia membintangi Di Bawah Lindungan Abah serta Cinta di Langit Taj Mahal 2.

Tak hanya merajai dunia sinetron, Shireen juga ikut bermain di sejumlah FTV seperti Legenda Lutung Kasarung, Cinta di Ujung Kartu Kredit (2011), Maaf yang Tertunda (2012), dan Ibu Dengarkan Laguku (2012). 

Selain itu, Shireen membintangi sejumlah acara televisi seperti Gaul Bareng Bule Trans TV, Spektakuler Trans TV, hingga Berita Islami Siang Trans TV.

Sejumlah iklan juga telah ia bintangi, seperti BKKBN, HP XP, Kintakun dan Indosat bersama Teuku Wisnu. Ia juga menjadi model iklan Tea Jus (Wings Food), Sabun Claudia (Tempo Scan), Emeron (Lion Japan), Fair & Lovely (Unilever), serta Kakao Talk. Ia juga membintangi iklan Sasha Vitamin Rambut dan Johnson Baby.

Memenangkan Penghargaan Bergengsi

View this post on Instagram

A post shared by Shireen Sungkar (@shireensungkar) on

Shireen tercatat telah memenangkan tiga kali berturut-turut Aktris Ngetop dari SCTV Awards 2008, 2009 dan 2010. Ia juga menyabet Aktris Terfavorit dari Panasonic Awards 2009 serta Most Favourite Female Celebrity dari Insert Awards di tahun yang sama.

Pada tahun 2010, Shireen kembali meraih Queen of Sinetron dari Tabloid Bintang, menjadi Best Couple bersama Teuku Wisnu di Insert Awards 2011, hingga memenangkan Pemeran Wanita Terpuji Serial Televisi dari Festival Film Bandung 2015.

Menikah dengan Teuku Wisnu

View this post on Instagram

A post shared by Shireen Sungkar (@shireensungkar) on

Di tahun 2013, bintang video klip Dik, Egokah Aku, Aku Sakit (2008) yang dibawakan oleh Wali Band ini mengakhiri masa lajangnya. Menikah dengan Teuku Wisnu pada 17 November 2013, mereka kini dikaruniai tiga orang anak.

Shireen dan Teuku Wisnu hidup berbahagia bersama ketiga anak mereka, yakni Teuku Adam Al Fatih, Cut Hawwa Medina Al Fatih dan Cut Shafiyyah Mecca Al Fatih. 

Baca Juga: Jarang Muncul di TV Tapi 5 Artis Muda Ini Sukses Berkat Bisnisnya. Siapa Inspirasimu?

Lulus S1 dan Raih IPK 3,2

View this post on Instagram

A post shared by Shireen Sungkar (@shireensungkar) on

Meski sempat cuti kuliah karena kelahiran kedua anaknya, namun Shireen akhirnya berhasil meraih gelar Sarjana dengan IPK 3,2. Perjuangan yang cukup alot telah dijalaninya sejak tahun 2010 lalu. Hingga di bulan September 2019, sidang skripsinya telah dilaksanakan. 

Ada pun wisudanya kemudian dilangsungkan pada tahun 2020 ini. Mendapat gelar sarjana S1 dalam bidang Hubungan Masyarakat dari Universitas Moestopo, Shireen yang mengaku belum ingin menjadi wanita karir tersebut membahas soal perkembangan toko online di Indonesia.

Punya Segudang Bisnis

View this post on Instagram

A post shared by Shireen Sungkar (@shireensungkar) on

Keinginan Shireen yang tak begitu tertarik untuk memasuki dunia kerja kantoran cukup beralasan. Pasalnya saat ini pun ia sudah disibukkan dengan sejumlah bisnis yang ditekuninya bersama sang suami.

Mulai dari bidang fashion hingga kuliner, Shireen menjajal bisnis clothing line yang menyasar pada pangsa pasar busana anak dan dewasa. Ia juga membuka Gerai Hawa hingga Gerai Alfatih Kids yang menyediakan berbagai busana ibadah dan sehari-hari hasil desainnya sendiri. 

Menariknya, ia juga menyebut bisnis ini sebagai ladang dakwah baginya. Ditambah lagi dengan bisnis busana syar'I yang Shireen tekuni bersama sang kakak, Zaskia Sungkar, yang sudah lebih dulu berbisnis di butik Zashi.

Selain itu, usaha kuenya yang bernama Bogor Raincake pun masih dijalani sampai sekarang. Bahkan, bisa dibilang Shireen merupakan salah satu dari aktris pelopor yang memulai bisnis kue kekinian di kalangan para artis. Shireen juga mengakui, ia banyak mendukung bisnis kue berlapis yang dirintis Teuku Wisnu, yakni Malang Strudel.

Walaupun bisnis kue terhitung naik turun dengan pendapatan yang tak terlalu tren seperti dulu, namun Shireen mengatakan usahanya itu tetap menjanjikan.

Sempat Kehabisan Uang Saat Bangun Rumah

Kini Shireen dan keluarga sudah lebih berfokus di dunia bisnis dan mengelola channel YouTube milik The Sungkars dengan konten yang menarik perhatian publik. Dalam salah satu video yang diunggah channel tersebut, Shireen sempat menuturkan perjuangannya membangun rumah idaman. 

Rumah Shireen dan Teuku Wisnu memang tampak mewah seperti gedung putih. Namun proses pembangunannya sangat lama, dengan biaya yang juga sangat besar. Sehingga Shireen pun mengakui, dirinya sempat bokek setelah rumah itu selesai dibangun.

Perjalanan membangun kesuksesan memang tak bisa dibilang instan. Namun percayalah bahwa cepat atau lambat, perjuangan itu pasti membuahkan hasil, seperti kisah perjalanan Shireen dalam menapaki kesuksesan.

Baca Juga: Zaskia Sungkar, Dari Hijrah Hingga Sukses Jadi Pengusaha