Discord: Pengertian, Keunggulan dan Cara Menggunakannya

Discord tentu bukan lagi sesuatu yang asing untuk para gamers, terutama mereka yang sudah malang melintang di dunia game itu sendiri. Platform yang satu ini biasanya digunakan para gamers untuk berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya. 

Pada dasarnya, discord bot begitu populer dan banyak digunakan dalam sejumlah game ternama, seperti: PUBG, Mobile Legend dan juga Among Us. Selain itu,  discord web juga seringkali digunakan oleh orang-orang non-gamers untuk sekedar mengobrol atau bersenang-senang dengan komunitas mereka.

Apa Itu Discord? 

loader

Jika ingin mencoba untuk download discord, maka ada baiknya untuk memahami dengan baik platform ini terlebih dahulu. Hal ini penting, mengingat discord music bot ini bukanlah platform yang familiar untuk semua orang. 

Discord adalah sebuah aplikasi yang bisa dipakai menjadi sarana komunikasi oleh para gamers. Sebagaimana aplikasi pada umumnya, discord juga dilengkapi dengan sejumlah fitur yang memungkinkan komunikasi berjalan dengan lebih baik dan maksimal. 

Secara lebih detail, discord adalah sebuah aplikasi komunikasi yang bisa memfasilitasi pada penggunanya untuk berkomunikasi lancar dengan berbagai aktivitas pendukung, seperti: saling berkirim percakapan, berkirim gambar, berkirim audio, berkirim video, termasuk tangkapan layar.

Di dalam prakteknya, discord bot menjadi sarana komunikasi yang cukup efektif bagi para gamers itu sendiri. Jadi wajar saja jika jumlah download discord juga terbilang sangat tinggi setiap bulannya, sebab ada banyak sekali gamers yang menyukai aplikasi yang satu ini. 

Discord web dilengkapi dengan sejumlah fitur unggulan, termasuk channel, layanan streaming, dan juga panggilan melalui video. Bukan hanya itu saja, pengguna aplikasi ini juga dimungkinkan untuk membuat lebih dari satu channel pada server tersebut. 

Secara garis besar, discord bot ini akan memiliki fungsi yang hampir serupa dengan Skype, sehingga aplikasi discord ini dapat dikatakan sebagai “Skype” untuk para gamers dan juga komunitasnya. 

Discord web  ini didesain secara khusus untuk membantu para gamers dalam berkomunikasi serta berkoordinasi lewat saluran pribadi yang berbeda dari aplikasi game yang mereka gunakan. Hal ini akan sangat membantu dan membuat komunikasi menjadi lebih lancar, tanpa membuat kinerja game tersebut terganggu sama sekali. 

Bukan hanya itu saja, discord dan discord music bot ini juga bisa terhubung dengan aplikasi streamer lainnya, seperti Twitch dan juga Youtube. Hal ini akan memungkinkan pengguna discord music bot bisa menyelaraskan aplikasi tersebut dengan akun mereka di platform lainnya. 

Beli paket data murah dan anti ribet, hanya di Cermati!

Beli Paket Data Termurah Sekarang!  

Kapan Discord dirilis ke Pasaran? 

Kepopuleran dan jumlah download discord yang terbilang tinggi kerap membuat penasaran sebagian orang terkait dengan waktu perilisan aplikasi ini kepasaran, mengingat discord bot kini sudah memiliki banyak sekali pengguna. 

Pada dasarnya, discord adalah aplikasi yang bisa diakses melalui smartphone dan juga melalui komputer atau yang kerap disebut sebagai discord web. Kedua akses ini akan memudahkan pengguna discord untuk lebih leluasa menggunakan beragam fitur aplikasi ini secara maksimal. 

Discord adalah aplikasi yang diciptakan oleh Jason Citron, seorang ahli pemrograman yang berasal dari Amerika serikat. Aplikasi ini dirilis secara resmi ke publik di bulan Mei 2015 lalu, dan langsung mendapatkan antusiasme yang tinggi dari para pecinta game itu sendiri. 

Pembuatan discord sendiri berawal dari keinginan Jason untuk menciptakan sebuah game.  Namun di dalam perjalanannya, game buatan pria ini ternyata tidak bisa diterima dengan baik oleh pasar, sehingga tidak banyak peminatnya. 

Kenyataan tersebut membuat Jason memiliki ide untuk menciptakan sebuah voice over internet protocol (VoIP) yang ramah pengguna dan bisa dimanfaatkan tanpa menimbulkan gangguan performa pada sistem yang dipakai untuk bermain game. 

Upaya Jason membuahkan hasil, sebab discord music bot bisa digunakan untuk membantu para gamer bisa saling berkomunikasi melalui beragam fitur yang disematkan di dalam discord. Hal ini membuat aktivitas bermain game semakin menyenangkan, terutama untuk permainan multiplayer.

Baca Juga:  Green House dan Berbagai Manfaatnya untuk Tanaman

Apa saja Keunggulan Discord? 

Tingginya jumlah pengguna dan banyaknya download discord tentu tidak terjadi secara kebetulan saja. Pada dasarnya, aplikasi yang satu ini memang memiliki sejumlah keunggulan dan fitur, sehingga mampu memenuhi kebutuhan komunikasi para gamers dengan baik. 

Berikut ini adalah beberapa keunggulan discord, jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis lainnya di pasaran: 

1. Bisa Digunakan Lintas Platform

Aplikasi discord music bot bisa dihubungkan dengan platform streamer lainnya, seperti Twitch dan juga Youtube. Hal ini akan memudahkan para gamers untuk terhubung dengan komunitasnya, termasuk ketika mereka ingin membagikan konten mereka melalui platform lainnya.

2. Keamanan Informasi yang Lebih Terjamin

Discord adalah aplikasi yang memakai server yang sudah dienkripsi, sehingga semua data penggunanya akan aman. Setiap informasi yang masuk ke dalam server ini akan dijamin keamanannya. Hal ini tentu menjadi pertimbangan penting saat akan menggunakan aplikasi populer yang satu ini untuk berkomunikasi. 

3. Voice Chat tidak akan Mengganggu Performa Game 

Aktivitas game online pada umumnya akan mengalami gangguan, jika aplikasi tersebut digunakan untuk berkomunikasi. Hal ini biasanya terjadi karena adanya interupsi pada aplikasi ketika terjadinya komunikasi. 

Namun hal berbeda akan terjadi ketika menggunakan discord bot, sebab aplikasi ini memiliki sistem yang terpisah dari game itu sendiri. Fitur voice chat yang terdapat dalam discord akan memungkinkan pengguna berkomunikasi tanpa menimbulkan gangguan pada sistem CPU, sehingga game tetap berjalan stabil. 

4. Mendukung Komunitas dalam Jumlah Besar 

Discord memiliki ruang yang besar untuk banyak komunitas sekaligus. Pengguna aplikasi ini bisa mencari komunitas game yang akan dimainkannya dengan cepat dan mudah. Selanjutnya, pengguna bisa dengan mudah bergabung ke dalam komunitas tersebut.

5. Memiliki Jutaan Pengguna

Jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis, jumlah download discord menjadi yang terbanyak. Hal ini sekaligus membuat aplikasi yang satu ini memiliki jumlah pengguna yang sangat banyak. Di tahun 2019 saja, pengguna discord sudah mencapai 56 juta. Jumlah ini terus meningkat, dan di tahun 2020 menjadi 100 juta pengguna. 

Baca Juga: 7 Cara Merawat Kulit Sehat Ala Wanita Korea

Bagaimana Cara Menggunakan Discord

loader

Aplikasi yang satu ini bisa digunakan pada smartphone maupun PC atau yang lazim disebut dengan discord web. Discord bisa digunakan dengan mudah, bahkan oleh para pemain game pemula sekalipun. 

Cara Membuat Server Discord

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk membuat server baru discord: 

  • Download discord melalui Google Play Store, App Store, atau situs resmi discord. 
  • Buka aplikasi, lalu klik “Register” untuk membuat akun baru.
  • Lengkapi semua data yang diminta untuk mengaktifkan akun. 
  • Klik “Login” untuk mengakses akun.
  • Klik simbol “+” untuk bergabung dengan server lainnya.
  • Pilih template server yang akan digunakan, misalnya: gaming, friend, community, atau yang lainnya. 
  • Jika pembuatan server sudah sukses, maka halaman utama discord akan menampilkan daftar teman serta channel yang tersedia. 
  • Pada tahap ini, pengguna sudah bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk berkomunikasi. 

Cara Merekam Percakapan di Discord

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk merekam percakapan di discord: 

  • Klik menu tiga garis horizontal yang terdapat pada sisi kiri atas. 
  • Klik menu “General” yang terdapat pada bagian bawah voice channel
  • Klik menu “Join Voice
  • klik ikon “+ untuk menambahkan teman,
  • Klik menu “x” jika ingin mengakhiri percakapan. 

Cara Mengirim Undangan untuk Bergabung

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengirimkan undangan untuk bergabung pada teman: 

  • Klik “Invite People”, hingga kotak pop-up kecil muncul pada layar. 
  • Klik “Copy” untuk menyalin tautan yang ada. 
  • Kirimkan undangan berupa tautan tersebut kepada teman yang ingin diajak bermain game.  

Discord Mempermudah Komunikasi Para Gamers

Discord merupakan aplikasi yang bisa dimanfaatkan para gamers untuk berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya. selain lebih mudah digunakan, aplikasi yang satu ini juga dianggap bisa membuat permainan game tetap berjalan dengan lancar. Manfaatkan berbagai fitur unggulan yang terdapat di dalam discord dengan maksimal, agar aktivitas bermain game bisa jadi lebih menyenangkan.

Baca Juga:  Ingin Hidup Sukses seperti Orang Korea Selatan? Ini Prinsipnya