Ditanya Tentang Motivasi saat Interview? Ini Cara Menjawabnya

Interview merupakan salah satu momen penting dalam proses kerja. Setiap orang akan memiliki kesan yang unik tentang sesi interview ini, tentunya termasuk Anda juga. Berbagai pertanyaan akan dilontarkan perekrut selama sesi interview, Anda mungkin sudah cukup familiar dengan sebagian besar pertanyaan tersebut. 

Tidak selalu rumit dan tak terduga, pada umumnya perekrut justru hanya menanyakan berbagai hal yang terkesan biasa saja. Namun meski begitu, Anda harus selalu siap dan mampu untuk menjawab seluruh pertanyaan interview Anda.

“Apa yang memotivasi Anda?” ini merupakan pernyataan yang hampir selalu muncul di dalam sesi interview. Meski terbilang umum, pertanyaan yang satu ini bisa saja menjebak Anda dalam interview. 

Jangan sampai Anda memberikan jawaban yang standar dan sangat umum, sebab hal ini akan terkesan sangat biasa dan tidak menarik bagi perekrut. Dalam pertanyaan yang satu ini, Anda harus bisa membuat perekrut terkesan dan yakin akan kesiapan Anda untuk bergabung dengan perusahaan mereka tersebut. 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Pahami Alasan di Balik Pertanyaan dengan Baik

pertanyaan interview

Di dalam sesi interview, perekrut akan memiliki alasan tersendiri di balik semua pertanyaan yang mereka ajukan kepada Anda. Hal yang sama juga berlaku, ketika perekrut menanyakan tentang motivasi Anda melamar pekerjaan tersebut. 

Melalui pertanyaan ini, perekrut ingin mengetahui dan memahami lebih dalam tentang berbagai hal yang Anda sukai di dalam keseharian Anda. Hal ini bisa berkaitan dengan hobi dan yang lainnya, tentunya yang masih berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar. 

Saat menjawab pertanyaan ini, pastikan Anda memberikan alasan yang tepat dan tidak mengada-ada. Anda bisa menceritakan tentang hal yang Anda sukai dan membuat Anda tertarik untuk melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. 

Misalnya: jika Anda melamar pekerjaan sebagai fotografer, maka ceritakanlah bagaimana Anda begitu menyukai semua hal tentang dunia fotografi itu sendiri. Anda juga bisa menceritakan apa saja yang sudah Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan Anda di bidang tersebut.

Sampaikan secara jelas apa yang Anda inginkan dari dunia fotografi yang sudah Anda tekuni. Anda harus menunjukkan minat yang besar pada pekerjaan yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Inilah alasan mengapa sangat penting untuk menjadikan passion Anda sebagai motivasi di dalam melamar pekerjaan. 

Hal ini juga tentu harus di latar belakangi dengan bidang yang berkaitan dengan pekerjaan yang sedang Anda lamar.

Baca Juga: Rahasia Penilaian Saat Wawancara Kerja Yang Wajib Diketahui 

Tips Cerdas untuk menjawab tentang motivasi Anda

interview kerja

Saat perekrut bertanya tentang “Apa yang memotivasi Anda?”, hindari jawaban yang menjebak dan justru membuat Anda kehilangan peluang diterima. Jawaban yang berlebihan akan terkesan dipaksakan, apalagi jika Anda tidak bisa meyakinkan perekrut dengan jawaban tersebut. 

Simak beberapa tips cerdas berikut ini, yang bisa Anda berikan saat ditanya tentang motivasi Anda melamar pekerjaan:

  • Pilih bidang yang sesuai dengan minat Anda 

Bekerja di bidang yang sesuai dengan minat Anda merupakan salah satu kunci sukses dalam karir. Hal ini juga bisa menjadi jalan mudah bagi Anda untuk meyakinkan perekrut saat mewawancarai Anda. Pilihlah sesuatu yang benar-benar Anda sukai dan sudah menjadi minat Anda sejak lama. 

Anda harus yakin bisa betah dan mampu mengerjakan bidang tersebut dengan nyaman, bahkan untuk waktu yang panjang. Hal ini akan membuat perekrut lebih yakin untuk memilih Anda.

  • Jelaskan alasan Anda menyukai bidang tersebut

Tidak hanya sekedar bertanya saja, perekrut juga biasanya akan menanyakan alasan di balik hobi/ minat Anda. Pastikan Anda bisa menjelaskan secara detail alasan Anda menyukai bidang yang Anda minati tersebut. Tidak harus jawaban yang luar biasa, sampaikan saja alasan apa adanya dan bagaimana Anda selama ini menikmati aktivitas tersebut. 

Misalnya: Anda menyukai aktivitas mengajar anak-anak jalanan, sebab Anda merasa lebih berguna dan tenang ketika dapat berbagi ilmu dengan anak-anak jalanan tersebut. 

  • Tunjukkan buktinya

Jangan hanya sekedar mengatakan Anda berminat saja, namun Anda juga perlu menunjukkan buktinya kepada perekrut. Apa saja yang sudah Anda lakukan untuk memaksimalkan minat Anda, termasuk apa saja yang sudah Anda capai dalam bidang yang Anda minati itu.

  • Hubungkan dengan pekerjaan yang Anda lamar

Saat Anda menceritakan tentang minat atau hobi Anda, pastikan hal tersebut masih berkaitan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Jika Anda melamar menjadi seorang fotografer, maka jadikan bidang yang satu ini sebagai alasan di balik motivasi Anda melamar pekerjaan tersebut. 

Anda perlu meyakinkan perekrut tentang kemampuan dan kesiapan Anda untuk menyelesaikan berbagai tugas yang kelak akan mereka berikan. 

Baca Juga:  7 Hal yang Sangat Pantang untuk Dikatakan Saat Wawancara Kerja

Siapkan Jawaban yang Paling Tepat dan Masuk Akal

Pertanyaan terkait motivasi Anda dalam melamar merupakan hal yang sangat umum dilontarkan perekrut dalam interview. Jangan sepelekan pertanyaan ini, sebab ini bisa menjadi salah satu penentu kesuksesan interview yang Anda lakukan. 

Pastikan Anda sudah menyiapkan jawaban yang tepat dan masuk akal, agar perekrut benar-benar yakin dan memilih Anda untuk bergabung dengan perusahaan mereka.

Baca Juga: 8 Pertanyaan Interview Kerja yang Perlu Diketahui dan Jawabannya