Dapat Undangan Interview Kerja Online? Lakukan 8 Tips Ini Biar Wawancara Lancar!

Untuk kamu yang sedang mencari-cari pekerjaan baik di luar kota atau di luar negeri pasti sudah tau dong dengan yang namanya interview kerja online? Tentu saja, di era yang sudah serba canggih ini baik perusahaan ataupun orang yang melamar tidak perlu lagi susah-susah mendatangi kantor tersebut secara langsung untuk melakukan interview, mengingat jaraknya yang sangat jauh dan tentunya menguras ongkos.

Biasanya interview tidak langsung yang biasa dilakukan oleh perusahaan ada dua jenis yaitu interview via telepon dan online yang biasa dilakukan dengan video call. Sama-sama membutuhkan persiapan yang baik, bedanya interview secara online sedikit lebih rumit dan banyak persiapannya karena interview secara online dengan video call sama seperti layaknya interview secara langsung atau face-to-face dengan interviewer.

Dengan interview online video call, orang yang mewawancarai kamu akan tetap bisa melihat sikap dan perilaku ketika mewawancarai kamu layaknya mewawancarai kamu dalam satu ruangan. Untuk itu, jangan sampai menyepelekan interview online. Persiapkan diri kamu dengan baik ketika akan melakukan interview online dengan melakukan beberapa tips berikut ini:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Pastikan Koneksi Internet Lancar

loader

Hal yang paling utama yang harus dilakukan sebelum melakukan interview online tentunya adalah koneksi internet yang stabil. Gangguan pada koneksi internet bisa benar-benar menganggu kelancaran interview kerja online kamu loh.

Jika kamu ragu dengan kestabilan koneksi internet wifi rumah kamu, carilah tempat lain seperti coffe shop yang biasanya memiliki koneksi internet yang cepat dan stabil. Khususnya untuk coffe shop yang biasanya tidak terlalu banyak pengunjung tapi kamu tetap bisa berbicara dengan tenang selama interview.

2. Tetap Mengenakan Pakaian Formal Layaknya Interview Kerja Langsung

Untuk bisa menunjukkan keseriusan dan sikap profesional adalah dengan memperhatikan apa yang kamu kenakan. Jangan karena interview ini dilakukan secara online kamu bisa berpakaian terlalu santai, apalagi jika yang mewawancarai kamu berpakaian dengan formal. Jadi tetap kenakan pakaian formal layaknya akan melakukan interview kerja secara langsung.

3. Berpenampilan Rapih

loader

Penampilan bisa dikatakan sebagai cerminan diri. Jadi jangan mentang-mentang kamu hanya berhadapan via video saja kamu jadi tidak memperdulikan penampilan kamu seluruhnya. Selain itu, jangan mengira interviewer tidak bisa melihat dengan jelas seberapa rapih penampilan kamu walau hanya lewat video. Ingat penampilan kamu bisa mempengaruhi penilaian orang lain ke kamu.

4. Ketika Menjawab Pertanyaan Selalu Melihat Kamera

Jangan mengalihkan pandangan kamu dari kamera ketika menjawab pertanyaan interview. Selain sikap tersebut seakan menatap mata yang mewawancarai kamu. Selain itu dengan menggeser pandangan kamu dari layar monitor kamu bisa mengurangi rasa gugup kamu karena tidak melihat si pihak yang mewawancarai, jadi kamu bisa lebih fokus dan lancar dalam menjawab pertanyaan wawancara.

Baca Juga: Tips Menjawab 10 Pertanyaan Jebakan saat Interview Kerja

5. Siapkan Tempat yang Mendukung

loader

Tempat yang tidak terlalu ramai dengan suasana yang terkesan rapih merupakan tempat yang ideal untuk melakukan interview kerja online. Coffee shop atau perpustakaan merupakan tempat yang cocok untuk interview keja online.

Atau kamu bisa lakukan di kamar sendiri atau ruangan kerja di rumah mu jika memang ruangan tersebut mendukung. Seperti memiliki tembok yang bersih sebagai background. Jika dilakukan di kamar sendiri, hindari kamera bisa menangkap keadaan kamar kamu yang mungkin sedikit berantakan. Intinya jika ingin menggunakan ruangan yang ada dirumah jangan lupa rapihkan terlebih dahulu agar tetap enak terlihat.

6. Perhatikan Volume Suara dan Pencahayaan

Sebelum kamu melakukan perkenalan kamu bisa mencoba bertanya pada lawan bicara atau yang mewawancarai kamu apakah volume suara kamu sudah pas atau tidak. Selain itu tanyakan juga apakah pencahayaan ruangan kamu sudah cukup.

Karena dengan pencahayaan yang kurang dan volume suara yang tidak pas bisa mengganggu proses interview bahkan hasil interview kamu. Percuma kan kalau kamu sudah menjawab dengan bagus tapi tidak terdengar jelas dan percuma juga kan sudah berusaha berpenampilan rapi tapi tidak bisa dilihat dengan baik karena cahaya yang terlalu gelap!

7. Pupuk Rasa Percaya Diri

loader

Pakaian sudah bagus, makeup dan rambut juga sudah, selanjutnya saatnya untuk menumbuhkan rasa percaya diri agar kamu bisa tampil lebih maksimal lagi kala menghadiri interview kerja.

Sebab, sebagus apapun penampilan tapi kalau tidak disertai dengan rasa percaya diri, semuanya akan sia-sia. Rekruiter pun ragu untuk merekrutmu sebagai karyawan karena gagal menunjukkan potensi dirimu yang sebenarnya.

Anggaplah sesi wawancara seperti sesi tanya-jawab dengan teman-teman biasa, namun menggunakan tata bahasa yang baik dan benar sehingga bisa lebih rileks saat menjawab.

8. Kuasai Pertanyaan Umum Interview Kerja

Selain menghafal perkenalan, menghafal beberapa pertanyaan interview yang paling sering ditanyakan juga penting. Dengan mempersiapkan jawaban yang pas untuk pertanyaan-pertanyaan tersebut kamu bisa mengurangi rasa gugup kamu.

Contoh pertanyaan umum yang biasa dilontarkan dalam sebuah sesi interview kerja adalah hal terkait profil perusahaan, alasan melamar kerja, alasan berhenti dari pekerjaan sebelumnya, goal untuk diri sendiri 3 -5 tahun kedepan dan skill lainnya.

Baca Juga:  8 Pertanyaan Interview Kerja yang Perlu Diketahui dan Jawabannya

Tunjukkan Sisi Terbaikmu Kepada Perusahaan

Semua orang mempunyai sisi terbaik dalam dirinya. Tapi, tidak semua orang berhasil menunjukkannya kepada orang lain. Hal inilah yang sebaiknya harus dihindari saat interview kerja. Maka dari itu, latihlah dirimu dari sekarang untuk menjadi lebih berani sehingga apa yang ada dalam dirimu akan terpancar dengan sendirinya. Jadikan sesi interview sebagai kesempatan berharga yang tidak bisa diulang kembali agar kamu bisa menunjukkan yang terbaik. Good luck!

Baca Juga: Rahasia Penilaian Saat Wawancara Kerja Yang Wajib Diketahui