Ini Perbedaan Interview HRD dan User yang Harus Kamu Pahami

Interview merupakan salah satu tahapan penting di dalam melamar pekerjaan. Interview ini akan menjadi proses di mana perusahaan melihat karakter serta kemampuan kamu untuk bekerja bersama mereka. 

Selain itu, proses ini juga akan menjadi salah satu pertimbangan perusahaan dalam mengambil keputusan. Jika saat ini kamu sedang dalam proses mencari pekerjaan, maka pastikan kamu mempersiapkan diri untuk menghadapi interview ini dengan baik. 

Proses interview pada umumnya akan terjadi 2 kali, tepatnya di awal dan juga akhir proses perekrutan yang dilakukan oleh perusahaan. Kedua tahap interview ini tentu akan berbeda, sebab dilakukan oleh divisi yang juga berbeda. 

Di tahap awal kamu akan menghadapi interview HRD, sedangkan pada di tahap akhir adalah interview user. Pastikan kamu memahami perbedaan keduanya, sehingga kamu bisa mempersiapkan diri dengan baik sejak awal.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Interview HRD 

interview kerja dengan HRD

Interview HRD merupakan proses pertama yang akan kamu lalui sebagai tahap penyaringan awal untuk mendapatkan pekerjaan. Setelah kamu memasukkan lamaran, biasanya pihak perusahaan akan menjadwalkan interview dan melakukan pemanggilan. 

Pada tahap ini, kamu akan berhadapan dengan staf HRD dan menghadapi cukup banyak pertanyaan terkait lamaran yang diajukan. Namun beberapa perusahaan juga kerap mengadakan psikotes terlebih dahulu, sebelum akhirnya melakukan interview HRD ini.

Dalam interview HRD, pihak perusahaan akan mencoba untuk mengenal karakter dan juga kemampuan kerja yang kamu miliki. Tujuannya tentu jelas, yakni untuk menilai secara detail bagaimana kepribadian dan juga kemampuan untuk duduk pada posisi yang mereka tawarkan. 

Di dalam tahap ini, pihak HRD akan mengajukan pertanyaan seputar latar belakang dan juga kesesuaiannya dengan riwayat hidup yang dicantumkan di dalam CV kamu. 

Pihak pewawancara juga tentu akan menanyakan tentang aktivitas apa saja yang sedang kamu lakukan. Apakah sudah pernah bekerja, masih kuliah, atau mungkin baru saja lulus dan berniat mendapatkan pekerjaan pertamamu. 

Selain itu, kesanggupan untuk menangani pekerjaan juga akan ditanyakan. Berbagai pertanyaan ini akan memberikan gambaran bagi pihak HRD, apakah kamu sesuai dengan posisi tersebut dan lolos ke tahap berikutnya. 

Pastikan kamu memiliki persiapan yang matang untuk menghadapi wawancara HRD ini, meskipun pertanyaannya terbilang umum. Interview pertama ini juga akan sekaligus menjadi penentu, apakah akan lanjut ke proses berikutnya atau hanya berhenti sampai di tahap itu saja. 

Baca kembali CV secara detail dan pahami dengan baik tentang posisi yang dilamar. Selain itu, cari juga informasi akurat seputar perusahaan tersebut sebelum melakukan interview.

Baca Juga: Ini Contoh Soal dan Tips Menjawab Soal Psikotest Biar Lulus Tes Seleksi Kerja

Interview User

interview kerja dengan User

Jika sudah lolos melalui interview HRD, maka kamu akan menghadapi interview user ini. Di dalam interview user, kamu akan langsung berhadapan dengan calon atasanmu kelak ketika bekerja. 

Tahap ini akan memberikan gambaran bagi user, apakah kamu benar-benar sesuai untuk menduduki posisi yang mereka tawarkan. Selain itu, latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja juga tentu akan menjadi pertimbangan penting. 

Sebagai calon atasanmu, user tentu ingin mengenal dan melihat lebih jelas kemampuan kerja yang kamu miliki. Hal ini biasanya berkaitan dengan keahlian dasar, latar belakang pendidikan, termasuk pengalaman kerja yang selama ini sudah dimiliki di bidangmu. 

Kesesuaian semua hal tersebut terhadap posisi yang ditawarkan perusahaan juga akan menjadi poin penting lainnya dalam interview ini. Selain itu, user juga kerap menanyakan tentang pengalaman paling menantang yang pernah kamu tangani di dalam pekerjaan atau bidang yang digeluti. 

Apa saja upaya yang kamu lakukan dan hasil terbaik yang bisa kamu dapatkan dari hal tersebut. Semua ini tentu akan memberi user gambaran tentang karakter dan kemampuan kerja yang dimiliki, sehingga bisa menjadi pertimbangannya dalam mengambil keputusan. 

Jika interview HRD lebih banyak mengupas tentang latar belakang pendidikan dan juga karaktermu, maka interview user ini cenderung lebih detail lagi. User akan mencoba melihat kemampuan kerja serta pengalaman yang sudah dimiliki selama ini. Selain itu, kesiapan untuk bekerja dan mengemban tanggung jawab di dalam perusahaan juga akan menjadi perhatian penting bagi user. 

Jangan sia-siakan kesempatan ini untuk menunjukkan kualitas terbaikmu di depan user. Interview ini akan menjadi penentu diterima atau tidaknya kamu pada posisi tersebut, jadi persiapkan dirimu dengan sebaik mungkin. 

Siapkan mental terbaikmu untuk menghadapi interview ini, agar proses ini bisa berjalan dengan lancar dan membawa langkahmu masuk bergabung dengan perusahaan tersebut.

Baca Juga: Cara Menjawab Pertanyaan Pribadi yang Sering Ditanyakan ketika Wawancara Kerja

Pahami Perbedaannya dan Hadapi dengan Persiapan Terbaik

Interview HRD dan interview user memiliki perbedaan dan tujuan masing-masing. Namun kedua tahap ini sama pentingnya dalam proses perekrutan, sehingga perlu memahami keduanya dengan baik. Persiapkan dirimu dengan maksimal, agar bisa sukses dalam setiap interview tersebut dan langsung mendapatkan pekerjaan impianmu.

Baca Juga: Siapkan 4 Pertanyaan ini Saat Interview Kerja dengan CEO Starup