Ingin Tahu Seputar Emas Hitam? Yuk Simak Pengertian, Plus Minus, Sampai Harganya!

Ketika berbicara soal emas, banyak dari kamu pasti memahaminya sebagai logam mulia berwarna kuning yang kerap dijadikan sebagai sarana investasi atau pelindung kekayaan. Tapi, tahukah kamu jika ada jenis logam emas yang memiliki warna cenderung hitam dan tak kalah menarik untuk dibahas?

Ya, jenis emas tersebut seringkali dikenal dengan sebutan emas hitam. Sejatinya, emas hitam merupakan bentuk perhiasan yang dibuat dari bahan emas dan sudah dilapisi dengan sejumlah logam lainnya. Sehingga, bisa dipahami jika emas hitam merupakan produk perhiasan emas yang dibuat dengan mencampurkan jenis logam lain ke dalamnya.

Alhasil, warna emas yang awalnya cenderung kuning menjadi terlihat lebih gelap dan menghitam akibat campuran logam lain tersebut. Lantas, adakah perbedaan antara emas hitam ini dengan jenis logam emas biasa yang dikenal oleh masyarakat kebanyakan?

Nah, jika kamu ingin tahu jawabannya, simak penjelasan tentang emas hitam, kelebihan dan kekurangan, harga, hingga perbedaannya dengan logam hitam lain berikut ini. 

Mulai Berinvestasi Emas Sekarang!

Jadi, Apa Itu Produk Emas Hitam?

loader

Cincin Emas Hitam via semar.co.id

Barangkali, tidak sedikit dari kamu yang memahami istilah emas hitam ini sebagai sebutan untuk minyak bumi atau batu bara. Bukan hal yang mengherankan, emas hitam bagi sebagian orang memang menjadi perumpamaan yang berarti minyak bumi atau batu bara. Hal ini dikarenakan kedua komoditas tersebut mempunyai harga atau nilai jual yang juga tak kalah tinggi dengan logam mulia sehingga diibaratkan sebagai emas hitam.

Akan tetapi, secara harfiah, emas hitam atau black gold juga bisa mengacu pada istilah yang berarti produk emas dengan warna yang cenderung hitam. Seperti yang sempat dijelaskan sedikit sebelumnya, munculnya warna hitam pada produk emas hitam ini dikarenakan ada campuran dari logam lain sehingga membuat warna emas cenderung menjadi lebih gelap.

Berkat kemajuan teknologi, dulu emas identik dikenal hanya mempunyai warna kuning yang mengkilap. Warna tersebut menjadi ciri khas dari logam mulia ini dan dianggap memiliki nilai yang lebih tinggi dibanding beragam jenis logam atau batuan lainnya. 

Meski begitu, saat ini, emas bisa diolah dan dikembangkan menjadi beragam jenis maupun tampilan. Beberapa jenis emas yang mungkin sudah tidak asing dikenal oleh masyarakat umum adalah emas putih, emas biru, emas hijau, dan juga emas hitam. 

Untuk emas hitam sendiri, jenis produk perhiasan ini mempunyai keunikan berupa tampilan emas yang cenderung memiliki warna lebih gelap atau hitam. Hal tersebut yang sering kali menjadikan ragam logam mulia tersebut kerap dicari dan populer di kalangan pecinta perhiasan mewah. 

Pada dasarnya, produk emas hitam merupakan emas murni yang mempunyai warna asli kuning. Akan tetapi, perhiasan emas hitam memiliki campuran logam mulia lain sehingga membuat warnanya cenderung lebih gelap dan disebut sebagai emas hitam.

Pencampuran dari emas dengan jenis logam lain sebenarnya tak benar-benar disatukan. Melainkan, logam emas hanya dilapisi dengan logam lain dan membuat tampilan luarnya terlihat lebih hitam. Umumnya, jenis logam yang digunakan sebagai pelapis adalah ruthenium atau rhodium. 

Karena terdapat campuran logam mulia lain pada produknya, perawatan dari emas hitam perlu dilakukan dengan lebih hati-hati dan cara yang tepat. Pasalnya, jika dirawat dengan cara yang salah, bukan tidak mungkin warna emas hitam akan semakin memudar. 

Biasanya, cara untuk menjaga warna pada produk emas hitam agar tetap bagus dan mengkilap ialah dengan memakai sinar laser. Meski begitu, jika ingin lebih praktis, perawatan emas hitam bisa dilakukan cukup dengan membersihkannya dengan cairan sabun cuci piring maupun pasta gigi. Sebab, kandungan zat abrasi yang ringan di dalamnya mampu menurunkan tegangan dari permukaan air serta melepas kotoran yang ada pada perhiasan. 

Baca Juga: Punya Emas Antam Retro? Intip Pengertian, Karakteristik, dan Bedanya dengan Emas Certi Ini

Keunggulan Emas Hitam

Tentunya, ada sejumlah kelebihan atau keunggulan dari produk emas hitam yang membuatnya memiliki nilai di mata para pecintanya. Secara umum, karena warnanya yang cenderung gelap, emas hitam menjadi produk perhiasan yang populer dan banyak dicari oleh mereka yang tak menyukai gelang, kalung, atau cincin berwarna mencolok. 

Dengan tampilan yang tidak biasa dan melawan standar atau pakem yang ada, tak mengherankan jika permintaan atas produk perhiasan jenis emas hitam bisa dibilang terus meningkat seiring waktu. Bahkan, bukan tidak mungkin tren permintaan terhadap jenis perhiasan emas hitam ini akan terus merangkak naik, terutama bagi orang-orang yang ingin menjadikannya sebagai cincin tunangan maupun sekadar perhiasan untuk mempercantik diri. 

Di samping itu, kelebihan lainnya dari jenis logam mulia ini adalah meminimalkan risiko menjadi korban kejahatan. Alasannya karena warna dari emas hitam yang tak begitu mencolok membuat penggunanya lebih jarang menjadi incaran para oknum atau pelaku tindak kriminal seperti pencurian dan penjambretan. Sehingga, kamu bisa merasa lebih aman ketika menggunakan jenis perhiasan emas hitam ini di tempat publik atau acara tertentu. 

Kekurangan Emas Hitam

Akan tetapi, walaupun menawarkan berbagai keunggulan dan kelebihan, emas hitam sebagai perhiasan juga mempunyai beberapa kekurangan yang penting untuk kamu ketahui. Salah satunya adalah emas hitam memiliki harga yang cenderung lebih mahal di Indonesia jika dibandingkan dengan produk emas konvensional. 

Alasan harga emas hitam yang lebih mahal adalah belum ada teknologi khusus yang mampu memudahkan proses pembuatan jenis perhiasan emas ini di dalam negeri. Karena alasan tersebut, cara untuk bisa mendapatkan dan membeli emas hitam untuk sekarang di Indonesia adalah dengan melakukan pembelian dari luar negeri alias via impor. 

Tentu saja hal ini akan membengkakkan biaya pembeliannya karena harus pula menanggung biaya kirim atau transportasi ke luar negeri. Oleh karena itu, jika memang tertarik untuk membeli jenis perhiasan emas ini, siapkan pula berbagai beban biaya lain yang berisiko membuat pengeluaran membengkak. 

Tak hanya soal harga, kekurangan lain dari jenis emas ini adalah soal tampilan warnanya yang dapat berubah. Hal ini bisa terjadi karena perawatan emas hitam yang kurang tepat dan membuat warnanya memudar. Masalah ini akan lebih rentan terjadi jika kamu sering menggunakan jenis perhiasan tersebut untuk beragam jenis kegiatan dalam waktu yang lama. 

Beda Emas Hitam dengan Logam Hitam Lainnya

loader

Perbedaan Emas Hitam dengan Logam Hitam lainnya via Ali Express.com

Selain emas hitam, sebenarnya masih ada banyak jenis logam hitam lainnya yang juga kerap dijadikan sebagai perhiasan. Tentunya, dibandingkan dengan jenis logam hitam lainnya, emas hitam mempunyai sejumlah perbedaan.

Yang pertama adalah serat karbon hitam yang jika dibandingkan dengan emas hitam memiliki daya tahan yang lebih kuat, anti gores, serta lebih terjangkau. Kemudian, terdapat titanium hitam, di mana jenis logam hitam ini memiliki berat yang lebih ringan tapi daya tahannya tak kalah tinggi. Namun, proses pembuatan titanium hitam biasanya cenderung lebih sulit karena tidak mudah untuk mengubah ukurannya serta rentan muncul lecet seiring penggunaan. 

Selain itu, ada tungsten hitam, di mana logam hitam ini kerap dijadikan pilihan karena tak menyebabkan alergi dan tahan noda. Tapi, tungsten hitam terbilang lebih mudah pecah dan kurang cocok jika dijadikan perhiasan, terlebih untuk cincin kawin. Sehingga, emas hitam atau black gold ini lebih ideal dijadikan perhiasan cincin kawin atau tunangan. 

Baca Juga: Nabung Emas di Pegadaian, Cara dan Syaratnya

Kisaran Harga Emas Hitam Terbaru

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, karena masih belum terlalu populer di Indonesia dan teknologi untuk membuatnya belum ada, harga emas hitam di Indonesia terbilang lebih mahal. Tapi, berapa sebenarnya kisaran harga emas hitam ini di pasar Indonesia?

Jika melihat di toko emas, baik online atau offline, harga dari black gold ini cukup bervariasi. Tergantung dari ukuran, kualitas, serta jenisnya, perhiasan yang dibuat dari emas hitam mempunyai harga mulai dari 500 ribu sampai 10 juta. Semakin tinggi kualitas produknya, harga black gold atau emas hitam sudah pasti lebih mahal, termasuk terkait persentase kandungan emas di dalamnya. 

Unik dan Punya Banyak Keunggulan, Apa Kamu Tertarik Miliki Emas Hitam?

Sebenarnya, produk emas hitam tidak jauh berbeda dengan perhiasan lain, terutama terkait kadar emas yang ada di dalamnya. Hanya saja, karena dicampur dengan logam mulia lain, emas hitam mempunyai warna yang cenderung gelap dan membuatnya menarik. Nah, karena keunikan dan keunggulannya, apakah kamu ingin menjadi salah satu orang yang mempunyai jenis perhiasan emas ini?

Baca Juga: Jenis Investasi yang Cocok untuk Pelajar SMA