Investasi Emas: Pilih Emas Perhiasan atau Batangan

Sudah bukan rahasia lagi jika emas menjadi salah satu bentuk investasi yang paling populer dan banyak diminati oleh semua kalangan masyarakat. Harganya yang terbilang stabil dan juga cenderung mengalami peningkatan, menjadi salah satu alasan utama bagi banyak orang untuk berinvestasi dalam bentuk emas.

Emas seolah telah menjadi sebuah pesona tersendiri di dunia investasi, sehingga sepanjang tahun tidak pernah sepi dari peminat investasi. Jika kamu menjadi salah satu orang yang memiliki keinginan untuk berinvestasi dalam bentuk emas, maka kamu tentu memahami dengan baik bahwa investasi ini lazim dilakukan dalam bentuk emas perhiasan atau emas batangan.

Kedua jenis emas tersebut tentu memiliki kerakteristik serta keunggulan masing-masing, di mana kamu bisa memilih jenis emas mana yang paling tepat bagi investasi yang akan kamu lakukan. Pemilihan jenis emas ini tentu akan sangat mempengaruhi nilai investasi kamu di kemudian hari, karena itu sangat penting bagi kamu untuk mempertimbangkannya sejak awal, agar investasi yang akan kamu lakukan bisa berhasil dengan maksimal.

Mulai Berinvestasi Emas Sekarang!

Pertimbangkan Dulu Hal Ini!

Sebagian besar orang tentu menganggap bahwa investasi dalam bentuk emas batangan akan lebih tepat dan menguntungkan. Namun jika kamu begitu memperhatikan penampilan dan senang menggunakan perhiasan, maka bisa saja kamu akan jauh lebih tertarik untuk melakukan investasi emas dalam bentuk perhiasan emas. Hal ini akan sangat tergantung pada niat kamu dan juga kondisi keuangan yang kamu miliki.

Baik emas dalam bentuk perhiasan ataupun emas dalam bentuk batangan, keduanya akan memberikan nilai yang berbeda dalam investasi yang kamu lakukan. Pertimbangkan beberapa poin di bawah ini sebelum memilih salah satu di antara keduanya:

1. Tentukan Apa Tujuan Investasimu 

loader

Hal pertama yang patut untuk kamu pahami adalah mengenai tujuan kamu melakukan investasi emas itu sendiri, jangan sampai kamu salah memilih dan tidak mendapatkan keuntungan maksimal di masa yang akan datang.

Jika tujuan investasi kamu dalam jangka waktu yang cukup panjang, maka ada baiknya kamu melakukan investasi dalam bentuk emas batangan. Sebab emas dalam bentuk ini akan memiliki nilai jual yang lebih stabil jika dibandingkan dengan emas dalam bentuk perhiasan yang bisa saja mengikuti tren.

Ketahui bahwa kamu bisa saja mengeluarkan sejumlah biaya pembuatan yang mahal untuk sebuah perhiasan emas yang bentuknya terbilang rumit, namun ketika beberapa tahun kemudian perhiasan tersebut dijual, sejumlah biaya pembuatan yang kamu keluarkan itu tidak akan dihitung pada harga jualnya.

Baca Juga : Mengenal Tabungan Emas, Syarat, dan Manfaatnya

2. Ketahui Harga Emas Terkini di Pasaran

loader

Cermati juga harga emas yang berlaku di pasaran ketika kamu akan melakukan investasi dalam bentuk logam mulia ini. Jika harga sedang tidak stabil dan cenderung naik-turun selama beberapa pekan terakhir, maka sebaiknya kamu tunda dulu niat untuk melakukan investasi tersebut.

Jangan sampai kamu berinvestasi dalam bentuk emas ketika harganya sedang melonjak tinggi, hal ini akan berisiko menimbulkan kerugian di masa yang akan datang jika sewaktu-waktu kamu berniat untuk menjualnya kembali, terutama jika harganya merosot di pasaran. Cek harga emas hari ini di sini.

3. Pilih Tempat Beli Emas yang Aman

loader

Ini akan menjadi hal yang sangat penting untuk kamu pertimbangkan, terutama jika kamu berniat untuk membeli emas dalam bentuk logam mulia ataupun perhiasan. Jangan sampai kamu membeli emas palsu atau dengan kadar yang tidak sesuai harga yang kamu bayarkan, untuk itu pastikan kamu membeli emas di tempat / toko emas yang terpercaya saja.

Perbedaan Emas Batangan dan Emas Perhiasan yang Wajib Kamu Ketahui

Emas Batangan / Logam Mulia

Emas Perhiasan

Cenderung lebih dipilih sebagai instrumen investasi jangka panjang

Selain untuk investasi, emas perhiasan memiliki fungsi sebagai penambah nilai penampilan

Bisa di beli di Pegadaian, butik emas Antam dan toko emas tertentu. Apabila dijual kembali, harga emas barangan cenderung stabil atau malah naik

Bisa di beli di semua toko emas, apabila dijual kembali, ada biaya potongan ongkos perhiasan sebesar 10%-20% dari nilai emas itu sendiri

Memiliki kadar emas murni yang lebih tinggi daripada emas perhiasan

Kadar emas perhiasan beragam, mulai dari kadar 10 karat (41%) hingga 22 karat (90%)

Disertai sertifikat yang memuat ukuran, berat dan kadar emas

Disertai surat emas yang memuat model emas, berat dan kadar emas

Emas Batangan

Investasi dalam bentuk emas batangan tentu masih menjadi salah satu yang paling banyak dipilih hingga saat ini, hal ini tentu menjadi salah satu pertimbangan tersendiri juga bagi kamu untuk investasi yang akan kamu lakukan nanti. Emas batangan dianggap sebagai bentuk investasi yang ideal dilakukan dalam jangka panjang, sebab harga jual kembalinya terbilang tinggi dan juga stabil.

loader

Kemurnian emas batangan juga lebih terjamin karena setiap pembelian yang dilakukan akan disertai dengan sertifikat yang mencakup: nomor id, berat, ukuran serta tingkat kadarnya. Hal ini tentu menjadi pertimbangan tersendiri bagi kamu dalam memilih investasi ini, sebab sejumlah uang yang kamu keluarkan akan lebih terjamin dan kamu bisa berinvestasi dengan rasa aman.

Namun tidak semua orang memiliki akses yang mudah untuk berinvestasi dalam bentuk emas batangan ini terutama dengan harga emas yang semakin mahal setiap harinya.

Untuk membeli emas batangan atau logam mulia, kamu bisa membelinya melalui layanan penjualan emas batangan resmi seperti PT. Antam dan PT. Pegadaian.

Saat ini beli emas batangan / logam mulia juga bisa dilakukan secara online melalui butik Antam, Pegadaian maupun ecommerce. Namun kamu tetap harus hati-hati dan apabila ingin berinvestasi membeli emas secara online.

Baca Juga: Sebelum Investasi, Ketahui Dulu Penyebab Harga Emas Naik Turun

Emas Perhiasan

Hampir semua orang tentu menyukai perhiasan, terutama kaum wanita, dan hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang menyukai investasi emas dalam bentuk perhiasan.

Selain berinvestasi, emas dalam bentuk perhiasan bisa digunakan sebagai aksesoris yang akan menambah nilai penampilan seseorang. Emas memiliki nilai yang tinggi, sehingga tepat untuk dijadikan sebagai perhiasan dalam menunjang penampilan.

Emas dalam bentuk perhiasan juga akan jauh lebih mudah didapatkan, jika dibandingkan dengan emas dalam bentuk batangan. Ada banyak toko emas yang menjual emas dalam bentuk perhiasan, bukan hanya di kota besar saja, namun toko-toko tersebut bahkan bisa ditemukan dengan mudah di hampir seluruh wilayah kecamatan yang terbilang cukup jauh dari perkotaan sekalipun. 

loader

Investasi dalam bentuk perhiasan memang masih cukup banyak dilakukan hingga saat ini, meskipun hal tersebut bisa saja tidak memberikan keuntungan yang maksimal. Namun tetaplah selalu waspada sebab ada kemungkinan kamu untuk mendapatkan perhiasan emas palsu di pasaran.

Apalagi tidak semua orang memiliki keahlian dalam mengukur kadar emas yang mereka beli. Untuk itu akan sangat penting bagi kamu mempertimbangkan dengan baik tempat di mana kamu akan membeli perhiasan emas tersebut, selalu teliti kadar emas yang kamu beli, agar kamu tidak mengalami sejumlah kerugian atas investasi yang kamu lakukan.

Emas dalam bentuk perhiasan juga akan dikenakan sejumlah biaya pembuatan yang terbilang cukup besar. Tidak tanggung-tanggung, jumlah biaya pembuatan ini berkisar antara 10%-20% dari nilai emas itu sendiri. Bahkan, beberapa toko perhiasan ternama tak segan menerapkan sejumlah biaya pembuatan yang berkisar antara 30% pada perhiasan mereka.

Ingat ya, sejumlah biaya pembuatan yang dikenakan toko perhiasan tersebut tidak akan dihitung ketika kamu menjual kembali perhiasan emas yang kamu miliki. Artinya, toko perhiasan nanya akan membayarkan sejumlah uang yang sesuai dengan nilai jual perhiasan emas itu saja, di mana hal tersebut hanya dihitung berdasarkan berat serta kadar emas dan juga harga pasaran emas yang berlaku saat itu.

Pastinya, ketika di jual lagi, kamu akan kehilangan sejumlah uang yang telah kamu bayarkan sebagai biaya pembuatan perhiasan emas yang kamu beli tersebut.

Untuk mengatasi hal tersebut, selalu pertimbangkan memilih jenis perhiasan yang tidak terlalu rumit, sebab semakin rumit sebuah perhiasan, maka akan semakin tinggi biaya pembuatannya.

Jangan sampai kamu membayar sejumlah biaya pembuatan yang mahal, sementara beberapa bulan kemudian kamu menjual kembali perhiasan tersebut dengan harga yang tentunya jauh lebih rendah dari harga beli yang kamu keluarkan.

Baca Juga: Jangan Silau Harganya, Ini Cara Mendeteksi Emas KW Biar Gak Ketipu

Mulailah Investasi Emas

Hingga saat ini, investasi dalam bentuk emas masih menjadi salah satu bentuk investasi yang banyak dipilih oleh semua kalangan masyarakat. Baik investasi dalam bentuk emas batangan ataupun emas perhiasan, keduanya tentu akan memiliki keunggulan dan juga kekurangan tersendiri.

Jika kamu memiliki sejumlah dana yang cukup besar serta bertujuan untuk melakukan investasi jangka panjang, maka emas batangan layak untuk kamu jadikan pilihan. Apapun pilihan investasi emas yang akan kamu lakukan, akan sangat penting untuk mencermati tujuan utama dari investasi itu sendiri, sehingga manfaat investasi tersebut bisa maksimal di masa yang akan datang.

Baca Juga : 5 Cara Investasi Emas Batangan Antam untuk Pemula