12 Film Animasi Natal Terbaik, Cocok Banget Ditonton Bareng Keluarga Nih!

Perayaan Hari Natal biasanya banyak dimanfaatkan untuk berkumpul bersama dengan keluarga. Tak perlu selalu bepergian ke luar kota atau luar negeri, quality time dengan sanak saudara juga bisa dilakukan sembari menonton film bersama-sama. Film yang cocok ditonton saat itu adalah yang bertemakan natal dan tentunya bisa ditonton oleh semua usia, termasuk anak-anak.

Selain dapat memberikan hiburan, menonton film saat libur hari Natal juga bisa menghemat biaya atau dana karena tidak bepergian dan hanya berada di rumah. Maka dari itu, film natal dengan jenis animasi bisa menjadi salah satu rekomendasi kalian ketika ingin menghabiskan waktu bersama keluarga dengan menonton film.

Berikut adalah sejumlah rekomendasi film natal animasi yang bisa dinikmati bersama keluarga;

Baca Juga: 10 Film dengan Makna Kehidupan Mendalam, Beri Motivasi dan Inspirasi yang Menggugah Perasaan

Beli Voucher Streaming dengan Mudah Hanya di Cermati!

Beli Voucher Streaming di Sini!  

  1. How the Grinch Stole Christmas

    loader

    Animasi bergenre komedi dan fantasi yang tayang pada 2000 lalu ini bisa menjadi salah satu rekomendasi film natal yang bisa dinikmati bersama keluarga. Film ini diketahui disutradarai oleh Ron Howard, serta diadaptasi dari buku dengan judul yang sama karya  Theodor Dr Seuss.

    Film animasi natal ini mengisahkan tentang seorang makhluk hijau misantropis yang tinggal di sebuah gua di dekat Gunung Crumpit yang hidup dengan kesendiriannya. Ia hidup dengan membenci perayaan natal dan ingin merusak momen bahagia penduduk kota yang merayakannya, namun saat itu ia bertemu dengan seorang gadis kecil bernama Cindy Lou yang berhasil mengubah cara berpikir dan penilaiannya terhadap perayaan Natal.

  2. Polar Express

    loader

    Film natal ini bisa disebut menjadi salah satu film animasi terbaik dan juga popular pada saat peluncurannya, yakni pada 2004 lalu. Bagaimana tidak, film yang dirilis oleh Warner Bros ini berhasil meraup keuntungan sebanyak $314,1 juta, dan bahkan masuk ke dalam sejumlah nominasi film bergengsi, seperti Golden Globe, hingga Grammy Awards pada 2006.

    Film animasi ini sendiri mengisahkan mengenai seorang anak laki-laki yang tidak mempercayai adanya keberadaan sinterklas. Kendati demikian, ia tiba-tiba dijemput oleh kereta misterius yang ternyata akan berangkat menuju Kutub Utara untuk bertemu dengan Sinterklas.

  3. Arthur Christmas

    loader

    Film natal selanjutnya yang bisa menjadi rekomendasi ditonton bersama dengan keluarga adalah Arthur Christmas karena animasi ini bergenre komedi fantasi yang tentunya memiliki cerita yang menarik. Kartun tersebut diproduksi oleh Sony Pictures, dan tayang pada November 2011 lalu.

    Arthur Christmas bercerita tentang seorang pemuda bernama Arthur yang mengikuti petualangannya bersama dengan sang kakek untuk memberikan hadiah-hadiah Natal kepada anak-anak dalam satu malam. Namun, dalam perjalanannya, ia harus berusaha untuk menemukan dan mengantarkan hadiah natal milik salah seorang gadis.

  4. Klaus

    loader

    Satu lagi film natal animasi bergenre komedi yang bisa dinikmati bersama sanak saudara, ialah Klaus. Film yang ditayangkan oleh Netflix pada November 2019 ini mengisahkan seorang pemuda bernama Jesper yang dikirim ayahnya ke sebuah kota di Utara karena memiliki kinerja yang buruk sebagai tukang pos.

    Ketika berada di sebuah kota di Utara, Jesper bertemu dengan seorang tukang kayu bernama Klaus yang berada di sebuah rumah terpencil yang jauh dari kota. Klaus akhirnya membantu Jesper untuk membuatkan mainan dari kayu dan diberikan kepada anak-anak yang sebelumnya telah meminta melalui sebuah surat.

  5. Elliot the Littlest Reindeer

    loader

    Film animasi yang bertemakan Natal satu ini bisa menjadi tontonan bersama dengan keluarga, yakni berjudul Elliot the Littlest Reindeer yang digarap oleh sutradara Jennifer Westcott. Film natal ini menceritakan mengenai kehidupan rusa kecil yang bernama Elliot yang memiliki cita-cita menjadi salah satu rusa penarik kereta Sinterklas.

    Keinginannya untuk menjadi rusa penarik kereta Sinterklas terbuka ketika ada salah satu rusa bernama Blitzen yang memutuskan untuk pensiun, dan terdapat sebuah audisi untuk rusa yang akan menggantikan posisinya. Dengan adanya itu, Elliot pun menjadi semangat mengikuti audisinya.

  6. Saving Santa 

    loader

    Film natal bergenre komedi animasi ini juga bisa menjadi salah satu rekomendasi kalian bersama keluarga. Film berjudul Saving Santa ini dirilis pada November 2013 ini bercerita mengenai bagaimana proses penyelamat seorang Sinterklas yang diculik oleh sekelompok ibu dan anak, dan seorang pemuda yang menyelamatkannya.

  7. The Nightmare Before Christmas

    loader

    Salah satu film Natal dari zaman dahulu atau jadul namun tetap bisa dinikmati sebagai tontonan bersama dengan keluarga adalah The Nightmare Before Christmas. Film yang digarap oleh Disney pada 1993 silam ini menceritakan tentang seorang makhluk yang berasal dari Kota Halloween, yakni bernama Jack Skellington.

    Ia berhasil menemukan sebuah Kota Natal dan menculik seorang Sinterklas, dan mengubah malam Natal yang membahagiakan menjadi menyeramkan. Salah satu film animasi Natal terbaik ini digarap oleh sutradara Henry Selick.

  8. The Star

    loader

    Film Natal yang menceritakan kehidupan keledai kecil bernama Bo terobsesi untuk menjalani kehidupannya di luar kesibukannya di sebuah penggilingan desa. Tepat pada suatu hari, akhirnya ia memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya dan melanjutkan perjalanan hingga akhirnya bertemu sejumlah kawanannnya dan melihat adanya bintang yang bersinar terang.

    Film animasi Natal ini diproduksi oleh Sony Pictures dan disutradarai oleh Timothy Reckart pada November 2017. Cerita pada film diambil berdasarkan konsep asli kelahiran dari Yesus Kristus di kandang domba.

  9. Scooby Doo Haunted Holidays

    loader

    Kartun Scooby Doo memang tidak perlu diragukan lagi karena ceritanya yang selalu seru dan menyenangkan, apalagi terdapat season film yang bertemakan natal, yakni berjudul Scooby Doo Haunted Holidays. Film Natal ini digarap pada Oktober 2012 lalu dan tentunya berceritakan mengenai Scooby bersama teman-temannya.

    Saat itu, Scooby dan teman-temannya terjebak dalam sebuah toko mainan karena tengah berhadapan dengan sebuah manusia salju yang mengejar Scooby dan Shaggy. Namun ditengah perjuangannya melawan manusia salju itu, seorang Sinterklas muncul dan menolong mereka.

  10. Angela's Chrismas

    loader

    Angela's Chrismas merupakan salah satu film Natal dengan durasi yang cukup pendek, dengan demikian bisa menjadi rekomendasi tontonan bersama keluarga, terutama dengan anak-anak. Film ini sendiri dikeluarkan oleh Netflix sebagai tayangan spesial Natal pada Desember 2017 lalu.

    Film ini mengisahkan mengenai seorang anak kecil bernama Angela yang memiliki keinginan atau ide ketika melakukan perjalanan Malam Natal bersama dengan keluarganya guna menikmati natal yang luar biasa. Film animasi ini disutradarai oleh  Damien O’Connor.

  11. Trolls Holiday

    loader

    Animasi ini merupakan salah satu film spesial Natal yang cocok ditonton bersama keluarga dan anak-anak. Film dengan pengisi suara Anna Kendrick dan Justin Timberlake ini mengisahkan sekelompok Trolls memiliki waktu luang, dan akhirnya memilih untuk berlibur dengan mengunjungi Kota Bergen.

    Kendati demikian setibanya di sana, liburan mereka justru mendatangkan kesalahpahaman yang berujung konflik antara Ratu Troll, yakni Poppy yang bertengkar dengan Bridget dan mengancam persahabatan mereka. Namun, akhirnya mereka bisa saling mengerti serta bermaaf-maafan terkait masalah yang dialami saat berlibur itu.

  12. Rise of Guardian

    loader

    Salah satu film Natal terbaik, yakni Rise of The Guardian bisa menjadi tontonan bersama dengan keluarga. Film yang dirilis Paramount Pictures dan disutradarai  oleh Peter Ramsey ini menceritakan mengenai kebangkitan kembali penjaga dari serangan roh jahat yang ingin mengganggu kebahagiaan anak-anak di seluruh dunia.

    Selain memiliki jalan cerita yang menarik, film ini semakin menyita perhatian lantaran dibintangi oleh aktor-aktor papan atas, seperti diantaranya Chris Pine, Jude Law, Alec Baldwin, hingga Hugh Jackman. Produksi film Natal itu pun diketahui masuk dalam nominasi Film Fitur Animasi Terbaik yang digelar Golden Globe.

    Baca Juga: Rekomendasi Novel Wattpad yang Wajib Dibaca

Mana yang Jadi Favorit Kamu?

Film Natal terutama animasi memang cocok untuk ditonton untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Berbagai macam cerita dan pesan sangat mudah dicerna ketika ingin menontonnya dengan anak-anak pada perayaan Natal maupun libur akhir tahun.

Dari deretan film animasi yang bertemakan Natal yang telah disebutkan di atas, kamu bisa menikmati berbagai macam cerita, mulai dari perjuangan dan perjalanan hidup untuk mendapatkan kebahagiaan pada perayaan Natal. Jadi di antara film-film itu, mana yang menjadi favorit dan kesukaan kalian bersama keluarga, atau ada kah yang sudah kamu tonton lebih dari satu kali?

Baca Juga: 15 Rekomendasi Anime Studio Ghibli yang Wajib Ditonton