Rekomendasi Film Korea Terbaru yang Seru untuk Ditonton

Popularitas industri hiburan serta budaya Negeri Ginseng terus menyedot fans dari berbagai negara. Bahkan, demam Hallyu yang meliputi bahasa, musik K-Pop, makanan, kosmetik dan riasan (ulzzang makeup look), literatur, aesthetic, drama series dan film ini telah menjadi tren sejak tahun 90-an. 

Kini, fenomena tersebut terus menyebar ke Amerika Serikat, Eropa, dan tentunya Asia Tenggara. 

Baca Juga: Nonton Drama Korea Online Sepuasnya di 6 Aplikasi Ini, Dijamin Gratis!

Fenomena Hallyu di Indonesia

loader

Fenomena Hallyu di Indonesia

Booming Korean Wave membuat nasi goreng kimchi atau tumis daging bumbu bulgogi menjadi santapan lumrah sehari-hari. Bahkan Kota Bandung kini telah memproduksi soju halal berbahan dasar buah yang tak mengandung alkohol.

Itu baru soal kulinernya. Dalam hal tontonan, drama series dan perfilman Korea juga sangat menarik perhatian. 

Tak hanya dikemas dengan visual estetika yang indah atau fashion terkini misalnya. Alur cerita yang ditawarkan pun seringkali mengundang rasa penasaran. 

10 Film Korea Terbaru

loader

The Pirates: The Last Royal Treasure (Sumber: tirto.id)

Tak hanya serial drama yang kerap menjadi tontonan favorit. Dengan sejuta pesonanya, beragam film dari berbagai genre besutan Korea Selatan pun tak kalah memikat. 

Terutama di tahun ini, ada banyak film Korea terbaru yang rasanya sayang jika dilewatkan. Berikut review selengkapnya.

  1. The Pirates: The Last Royal Treasure

    Menampilkan aktris cantik Han Hyo Joo dan aktor Kang Ha Neul, film ini telah rilis sejak Januari 2022 lalu. Film box office nan laris manis ini juga merupakan sekuel dari pendahulunya, The Pirates yang rilis tahun 2014 lalu.

    Mengundang keseruan gelak tawa, film ini berkisah mengenai kawanan bandit dan bajak laut yang tengah mencari harta karun. Namun dalam prosesnya, berburu harta karun peninggalan Dinasti Goryeo itu diwarnai intrik, aksi nan menegangkan, serta tumbuhnya benih cinta.

  2. Special Delivery (Special Cargo)

    Film selanjutnya dibintangi oleh aktris cantik Park So Dam. Ia berperan sebagai Jang Eun Ha yang bekerja sebagai kurir pengantar paket khusus. Biasanya sang kurir tak pernah gagal sampai akhirnya ia harus mengirimkan paket yang ternyata berisi seorang anak.

    Rupanya, anak tersebut adalah kunci untuk mendapatkan cuan senilai puluhan juta Dollar. Tak ayal, konflik yang menegangkan pun jadi tak terelakkan. Jang Eun Ha pun harus kejar-kejaran dengan polisi yang ternyata merangkap sebagai bos mafia. 

  3. Serve the People

    Baru rilis pada Februari 2022 lalu, film bergenre Drama/ Sejarah ini berkisah tentang cinta segitiga yang diangkat dari sebuah novel. Tokoh bernama Mu Gwang yang diperankan oleh Yeon Woo Jin diceritakan malah terlibat affair dengan istri muda dari atasannya. 

    Serve the People disutradarai oleh Jang Cheol-soo dan menampilkan Kim Ji Chul, Yeon Woo Jin, Jo Sung Ha, serta Ji An.

  4. The Policeman’s Lineage

    Film The Policeman’s Lineage sudah rilis sejak Januari 2022 lalu. Sejumlah bintang yang hadir dalam film action ini adalah Choi Woo Shik dan Cho Jin Woong. 

    Diceritakan, Park Gang Yoon dan Choi Min Jae ialah dua orang polisi dengan karakter yang tak sama. Masalah mulai terjadi sewaktu Choi Min Jae pindah tugas untuk menyelidiki penyalahgunaan narkotika dan obat terlarang. Tak disangka, terkuaklah sebuah fakta yang menggoyahkan prinsipnya.

  5. Kingmaker

    Menampilkan bintang Lee Sun Kyun serta Sol Kyung Gu, film Kingmaker ini baru rilis pada bulan Januari 2022. Mengusung tema politik, Kingmaker bercerita tentang politikus bernama Kim Woon Bum yang ingin menjadi presiden. 

    Penuh perjuangan dalam mencapai cita-citanya itu, banyak kejadian tak terduga seperti terjadinya ledakan di tempat tinggal Kim Woon Bum. Film yang berlatar belakang tahun 1960-1970an ini menghadirkan taktik kampanye dalam kancah politik yang seringkali sarat akan kelicikan.

    Kingmaker sendiri terinspirasi dari sosok yang disegani dan dihormati orang banyak, Kim Dae Jung. Beliau adalah presiden kedelapan Korea Selatan sehingga tiket film pun laku keras di teater Negeri Ginseng.

  6. Hello Jadoo: The Secret of Jeju Island

    Rekomendasi film box office berikutnya ialah sebuah animasi bertajuk Hello Jadoo: The Secret of Jeju Island. Awalnya film garapan sutradara Son Seok-woo ini hanyalah komik yang terbit sejak tahun 1997. Namun belakangan Hello Jadoo diangkat menjadi serial animasi TV dan sukses besar di Korea Selatan.

    Dikisahkan, Jadoo yang usil berpetualang dan merasa tak suka kepada seorang gadis asal Pulau Jeju, Jeon Bok. Kekesalan Jadoo kian memuncak sewaktu Jeon Bok memonopoli Yoon Seok, sahabat Jadoo. 

    Jadoo pun marah. Dalam kemurkaannya itu, Jadoo tanpa sengaja malah menjatuhkan sebuah patung batu. Tak disangka, kejadian itu malah membangunkan sosok Bo Ri yang telah disegel melalui sebuah kutukan di masa lalu.

  7. The Roundup

    Merupakan film sekuel dari The Outlaws (2017), film besutan sutradara Kang Yoon Sung ini bertemakan Action/ Crime yang menegangkan. Son Suk Ku akan memainkan peran antagonis, sementara Han Woo Yul dan Ma Dong Seok berperan sebagai tokoh protagonisnya.

    Dikisahkan, seorang polisi tengah melakukan ekstradisi tersangka di negara asing. Namun kemudian ia menemukan sebuah kasus pembunuhan. 

    Polisi tersebut juga menemukan ada seorang pembunuh keji yang terus menjahati pelancong selama belakangan ini. Alhasil, tim kepolisian pun harus beraksi menangkap penjahat demi menegakkan keadilan.

  8. In Our Prime (Mathematician in Wonderland)

    Film drama ini resmi dirilis di bioskop pada 9 Maret 2022. Menyajikan cerita persahabatan dan cinta, In Our Prime berdurasi kurang lebih dua jam. 

    Kim Dong Hwi, Choi Min Shik, Park Hae-joon menjadi bintang utama dalam film ini. Film yang juga berjudul Mathematician in Wonderland ini diproduseri oleh Hwang Jae Soon yang berkolaborasi dengan sutradara Park Dong Hoon. 

    Film ini bercerita tentang seorang pelajar sekolah elit yang sering stress akibat tak mahir Matematika. Sehingga ia pun harus belajar mati-matian demi persaingan di sekolah dan persiapan untuk kuliah.

    Belakangan, ia pun mendapat info mengenai penjaga sekolah asal Korea Utara. Sosok tersebut ternyata tak hanya jago tapi jenius dalam Matematika. 

    Sang pelajar pun memutuskan mengambil les private dari pria tersebut. Interaksi keduanya membuat pelajaran Matematika jadi tak semenyeramkan itu. Terutama ketika belajar Matematika bisa dihubungkan dengan musik.

    Namun terungkaplah kenyataan mengenai sang penjaga sekolah jenius. Dulunya, ia adalah seorang pembelot.

  9. Love and Leashes

    Mengusung genre romantic comedy, Love and Leashes masuk ke jajaran film Korea terbaru dan menjadi rekomendasi terbaik. 

    Alur kisah bercerita mengenai dua insan bernama Jung Ji Hoo (Lee Jun Young) dan Jung Ji Woo (Seohyun SNSD) yang terlibat dalam percintaan tak biasa. Semua berawal dari paket keduanya yang tak sengaja malah tertukar. 

    Hingga mereka pun semakin dekat dan berkembang menjadi master and slave sesuai kesepakatan tertentu. Hubungan keduanya menjadi semakin runyam ketika mereka betul-betul jatuh cinta.

  10. Honest Candidate 2

    Rekomendasi film Korea 2022 yang terakhir merupakan lanjutan dari film Honest Candidate di tahun 2020 silam. Film bergenre Comedy ini mengisahkan seorang politisi wanita bernama Joo Sang Sook (diperankan Ra Mi Ran). 

    Diceritakan sebelumnya, Joo Sang Sook rela berbohong terkait kehidupan pribadinya demi terpilih menjadi majelis nasional. Ibu dari Joo Sang Sook yang mengetahui hal ini pun geram, hingga berdoa agar putrinya tak perlu berbohong lagi dalam berkiprah sebagai politisi.

    Alhasil di suatu pagi, Joo Sang Sook bangun dalam kondisi dirinya sudah tak bisa berbohong dan terus berkata jujur. Perkataan apa adanya itu terus menimbulkan problem, sehingga sejumlah kampanyenya terancam gagal.

    Sebelumnya, Honest Candidate menarik perhatian di ajang Blue Dragon Film Awards lantaran Ra Mi Ran meraih predikat Aktris Terbaik atas aktingnya. Selain Ra Mi Ran, film ini juga dimeriahkan oleh Kim Mu Yeol, Yoon Kyung Ho, Seo Hyun Woo, dan Park Jin Joo.

Baca Juga: Inilah Deretan Film Indonesia di Netflix Terbaru yang Seru dan Menarik

Cocok Dijadikan Teman Akhir Pekanmu

Demikianlah review singkat dari 10 film Korea 2022 terbaru. Jadi, manakah yang paling seru dan bikin penasaran untuk kamu tonton?

Baca Juga: Inilah Rekomendasi Film Indonesia Terbaru 2022 yang Wajib Kamu Tonton