Fresh Graduate, Incar 3 Industri Ini Biar Masa Depan Terjamin

Mencari pekerjaan setelah lulus kuliah menjadi tantangan tersendiri bagi para fresh graduate karena banyaknya persaingan dengan pelamar kerja yang lain. Namun, fresh graduate perlu tahu bahwa dalam mencari pekerjaan jangan hanya sesuai minat dan bakat saja, tapi pertimbangkan juga perusahaan bergerak di industri apa.

Hal ini penting karena industri perusahaan yang bagus bisa eksis selama beberapa dekade di masa depan. Dengan begitu, bisa menunjang perjalanan karir kamu dalam jangka panjang. Nah, berikut ini ada beberapa industri perusahaan yang bisa kamu pertimbangkan saat ingin memilih kerja untuk jangka panjang yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Industri Digital 

industri digital
Industri Digital

Teknologi informasi yang berkembang pesat selama 10 tahun terakhir ini menjadikan industri digital sebagai pasar utama para pencari kerja. Kebutuhan manusia yang semakin beragam menjadikan industri digital menelurkan berbagai terobosan yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut. 

Berbagai jenis kebutuhan dan layanan yang dibutuhkan saat ini sudah bisa didapatkan dengan mudah lewat smartphone secara online dalam bentuk aplikasi. Sebut saja layanan jual beli barang (e-commerce & online marketplace), online transport, dan teknologi finansial (fintech)  yang merajai industri digital di Indonesia. 

Industri digital yang semakin berkembang ini juga membuka banyak peluang kerja yang besar untuk kamu yang berminat atau memiliki keahlian di bidang komputer atau digital. Keahlian di bidang industri digital ini tentu saja meliputi berbagai pekerjaan penting seperti programmer, software developer (Android/iOS), User Interface (UI) design & research, graphic designer & animator, digital marketing (SEM & SEO), dll. 

Kesempatan kerja yang luas ini juga diimbangi dengan masa depan industri digital yang terjamin selama beberapa tahun kedepan. Sehingga, cocok untuk mau yang ingin mencari pekerjaan untuk jangka panjang dengan gaji yang menjanjikan.

Baca Juga: Melamar Kerja Lewat Website Perusahaan atau Situs Pencari Kerja? Pahami ini Dulu, Yuk!

2. Industri Otomotif

otomotif
Industri otomotif

Siapa di antara kita yang tidak butuh kendaraan? Walaupun tidak perlu secara langsung, tidak bisa dipungkiri bahwa kebutuhan transportasi tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Hal inilah juga yang membuat perkembangan industri otomotif tidak bisa dibendung setiap tahun.

Industri otomotif ini meliputi berbagai macam aspek mulai dari perancangan, inovasi, produksi, pemasaran, serta jual beli kendaraan bermotor di seluruh dunia. Tenaga kerja di bidang otomotif pasti akan dibutuhkan dari waktu ke waktu tanpa terkecuali di Indonesia. Di tengah banyaknya serbuan perusahaan otomotif dari luar negeri seperti Jepang dan Eropa, rasanya lowongan pekerjaan juga semakin terbuka lebar. 

Beberapa pekerjaan yang bisa kamu pertimbangan antara lain adalah mekanik, operator mesin, teknisi, automotive estimator, technical support, automotive sales & marketing, automotive research, dll. Kebutuhan akan tenaga kerja di bidang industri otomotif akan selalu terbuka asalkan kamu memiliki kompetensi, kemampuan dan minat terhadap kendaraan.

Baca Juga: Kerja Online Jadi Alternatif Dapat Penghasilan Cepat dan Mudah, Begini Ulasannya!

3. Industri Kesehatan

medis
Industri kesehatan

Semakin bertambahnya umur manusia, maka akan semakin rentan terhadap risiko penyakit dan penurunan kualitas hidup. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa industri kesehatan menjadi ujung tombak di kalangan masyarakat sepanjang masa.

Apabila berbicara mengenai lowongan pekerjaan, tentu kita tidak bisa melupakan industri yang selalu melekat pada diri manusia yaitu industri kesehatan. Seiring bertambahnya waktu, kebutuhan akan tenaga medis yang kompeten dan beragam juga semakin diperlukan dalam kehidupan manusia. Walaupun tidak untuk semua kalangan, berkecimpung di industri kesehatan menjadi dambaan bagi banyak orang.

Selain memiliki gaji yang tergolong tinggi, beberapa pekerjaan seperti dokter, perawat, operator alat kesehatan, laboratorium analyst & research, serta peneliti menjadi sederet pekerjaan dengan kebutuhan tertinggi selama 1 dekade terakhir. 

Perkembangan zaman memunculkan berbagai penyakit dan kondisi medis baru yang perlu ditangani dengan cepat oleh tenaga medis yang kompeten. Industri kesehatan juga menjanjikan masa depan yang terjamin karena berhubungan erat dengan nyawa manusia dan penanggulangan risiko dalam jangka panjang. 

Sesuaikan Pekerjaan dengan Ekspektasi dan Tren 

Kamu juga perlu tahu tren pekerjaan di industri yang bisa menopang masa depan dan bisa diandalkan dalam jangka panjang. Ingat agar selalu mengembangkan skill dan pengetahuan sesuai dengan kebutuhan manusia di era digital dan ikuti terus perkembangannya. 

Apabila sudah melakukan hal-hal tersebut, tentunya kesempatan mendapatkan pekerjaan di industri yang cocok dan sesuai dengan ekspektasi diri akan semakin terbuka lebar.

Baca Juga: Cara Cepat Dapat Kerja bagi Fresh Graduate