Gaji Rp 3 Jutaan Mau Punya Kartu Kredit? Ini Tips Memilihnya

Memiliki kartu kredit, sudah terbayang enak dan mudahnya dalam bertransaksi keuangan. Praktis dibawa ke mana-mana, dan banyak manfaatnya.

Ingin banget punya kartu kredit. Biar tidak ribet bawa uang tunai. Kalau mau bayar tinggal gesek dari mesin EDC, selesai. Tagihan datang setiap bulan. Pakai sekarang, bayar belakangan.

Tetapi perlu diingat, kalau ingin membuat atau mengajukan kartu kredit sebaiknya sesuaikan dengan kondisi keuanganmu. Jangan sampai nantinya punya ‘kartu sakti,’ malah bikin tekor dan menjadi beban keuangan.

Oleh sebab itu, cermat sebelum membuat kartu kredit. Berikut tips memilih dan membuat kartu kredit yang sesuai dengan finansialmu, terutama yang bergaji Rp 3 jutaan:

Sesuaikan limit dengan gaji

Limit kartu kredit besar memang menggoda. Tetapi sebenarnya limit besar bak ‘setan’ yang akan menjerumuskanmu pada masalah besar jika menuruti hawa nafsu.

Umumnya, bank akan menawarkan limit kartu kredit dua sampai tiga kali lipat dari gajimu. Misal gaji Rp 3 juta, kamu bisa mendapat tawaran limit Rp 6 juta sampai Rp 9 juta.

Tetapi bukan berarti kamu harus mengambil semua limit yang ditawarkan pihak bank. Buat orang yang gelap mata, tanpa mikirin gaji atau penghasilan yang cuma Rp 3 juta, limit gede sudah disikat.

Namun jika ingin sesuai dengan kondisi finansial, maka ambil limit di bawah gaji atau minimal sama. Bijak dalam menggunakan kartu kredit di batas wajar. Selain itu, pastikan tagihannya tidak lebih besar dari gaji bulanan agar terhindar dari risiko gagal bayar.

Sesuaikan dengan gaya hidup

Kalau gaji hanya Rp 3 jutaan, gaya hidup tak usah ala sultan. Sederhana saja. Yang penting kebutuhan prioritas terpenuhi. Kartu kredit nantinya hanya untuk mempermudah pembayaran.

Belanja murah menggunakan fasilitas maupun penawaran menarik kerja sama bank penerbit dengan merchant. Dengan demikian, pilih kartu kredit yang sesuai gaya hidup sederhanamu.

Misalnya kamu senang mencari promo, diskon, cashback saat belanja kebutuhan pokok, berarti pilih kartu kredit yang menawarkan keuntungan tersebut. Jadi bisa tetap hemat pakai kartu kredit.

Pilih yang bunganya ringan dan biayanya rendah

Setiap orang pasti ingin memiliki kartu kredit dengan bunga ringan dan biaya rendah. Biaya ini seperti iuran tahunan, denda keterlambatan, biaya tarik tunai atau gesek tunai, dan lainnya.

Dengan gaji Rp 3 jutaan, pilih kartu kredit yang menawarkan tingkat bunga ringan dan biaya rendah. Kalau perlu bebas iuran tahunan seumur hidup.

Jangan lupa disiplin membayar tagihan kartu kredit agar terhindar dari pembayaran denda dan membuat utang kartu kredit membengkak.

Walaupun kamu mendapatkan kartu kredit dengan biaya denda termurah, kalau telat membayar tagihan, sama saja bohong. Denda itu akan masuk dalam tagihanmu dan wajib dibayar.

Perhatikan keuntungan dan biayanya untuk plesiran ke luar negeri

Meski gajimu Rp 3 jutaan, kamu juga berhak punya mimpi jalan-jalan ke luar negeri. Jadi, tak ada salahnya untuk memperhatikan keuntungan dan biayanya jika kartu kredit digunakan di negara lain.

Apa yang akan kamu dapatkan, dan berapa biayanya, misal saat melakukan transaksi pembayaran, kena biaya administrasi berapa. Siapa saja merchant yang bekerja sama dengan bank penerbit kartu kreditmu di masing-masing negara.

Jangan sampai kamu tidak mengetahuinya dan akhirnya membuat kamu terjebak. Informasi ini sangat penting buat kamu jika nantinya liburan ke luar negeri.

Baca Juga: Lebih Baik Bayar Tagihan Kartu Kredit Ketimbang Utang Lainnya, Mengapa?