Game Gacha: Sejarah, Mekanisme, Tips Bermain dan Pilihan Game Terbaiknya

Game gacha tentu sudah bukan sesuatu yang asing lagi, terutama bagi para penikmat game online. Bermain game kini menjadi kebutuhan banyak orang, jadi wajar saja jika banyak produsen yang mencoba menghadirkan game unik, salah satunya permainan gacha life.

Cara bermain gacha life memang terbilang unik dan bisa menarik perhatian para gamers. Penerapan sistem gacha bahkan memungkinkan sebuah game menjadi jauh lebih populer, meskipun sebelumnya game tersebut tidak memiliki jumlah pengguna yang cukup besar. 

Beli Voucher Streaming dengan Mudah Hanya di Cermati!

Beli Voucher Streaming di Sini!  

Sejarah Game Gacha 

loader

Seperti yang telah dijabarkan di atas, gacha bisa membuat sebuah game menjadi populer dan mendatangkan banyak uang bagi produsennya. Hal ini tentu bukan sebuah perkara yang mudah, mengingat di luar sana ada banyak sekali game online yang hadir dan memenuhi pasar setiap minggunya. 

Gacha sendiri atau gachapon merupakan istilah yang dipakai untuk menamai mesin permainan di Negeri Sakura. Mesin permainan ini menjadi sesuatu yang menarik, sebab menyediakan bermacam-macam produk mainan secara acak pada sebuah kapsul berukuran kecil, di mana kita tak bisa mengetahui item apa saja yang ada di dalamnya, termasuk yang akan kita dapatkan. 

Permainan gacha life seperti ini akan memberi daya tarik dan sensasi tersendiri, terutama ketika sedang membuka kapsul tersebut dan melihat item apa yang berhasil didapatkan dengan koin yang digunakan. Gacha memberikan kejutan dalam permainan yang menyenangkan, meskipun terlihat sederhana. 

Teknik gacha yang unik inilah yang banyak diterapkan dalam game-game Jepang, sehingga pada akhirnya para gamers bisa menikmati sejumlah game gacha android terbaik dengan cara yang seru. Gacha bisa mengeluarkan berbagai pilihan yang membuat game gacha terbaik menjadi lebih menarik, mulai dari karakter dan yang lainnya. 

Game gacha itu sendiri hadir untuk pertama kalinya di tahun 2010-an lalu dan langsung mendapatkan respon yang positif dari para pecinta game online. Perkembangan ini membuat banyak orang ingin belajar cara bermain gacha life, sehingga sejumlah game gacha terbaik muncul di pasaran. 

Kepopuleran permainan gacha life ini bahkan menjadi fenomena yang sangat diminati di hampir seluruh Negeri Sakura. Hal ini bahkan terus berlanjut dan menyebar ke berbagai negara lainnya, terutama negara-negara di Asia yang menyukai permainan gacha ini sejak awal. 

Teknik gacha yang diterapkan dalam permainan game gacha android terbaik merupakan sistem monetisasi, di mana para pemain bisa mengeluarkan uang mereka untuk membeli berbagai item game yang mereka inginkan. Sebaliknya, berbagai game gacha terbaik ini tentu akan mendatangkan uang bagi produsen game itu sendiri, sehingga mereka bisa mendapatkan keuntungan. 

Pembelian berbagai item dalam game gacha ini tentu dilakukan dengan sistem acak, sebagaimana yang dilakukan dalam mesin kapsul gacha manual yang sangat diminati banyak orang. Hal ini memberi kesenangan tersendiri, sehingga wajar saja jika banyak gamers yang ingin tahu cara bermain gacha life. 

Baca Juga: 15 Daftar Game Online Gratis dan Ringan di PC

Mekanisme Gacha dalam Game

Di dalam prakteknya, game gacha android terbaik dan game gacha terbaik lainnya akan menjadikan gacha ini sebagai salah satu fitur unggulannya. Permainan gacha life biasanya memberikan dorongan bagi para pemain untuk membelanjakan uang mereka demi mendapatkan berbagai item game yang mereka inginkan.

Keunikan game gacha itu sendiri terdapat pada mekanisme penentuan item yang dijual kepada para pemain, di mana sistem itu sendiri diacak dan pemain tidak akan bisa mengetahui item apa yang mereka beli dan dapatkan. Ada banyak game gacha yang populer di pasaran, salah satunya adalah Genshin Impact. 

Cara bermain gacha life terbilang mirip dengan sistem spinning wheel atau lucky draw, di mana pemain tidak memiliki kepastian untuk mendapatkan sebuah item yang mereka sepadan dengan uang yang mereka keluarkan. Peluang untuk mendapatkan item ini bahkan sangat kecil, yakni hanya 0,01% saja. 

Secara garis besar, game gacha android terbaik memiliki kemiripan dengan Collectible Card Game atau CCG, di mana pemain bisa menikmati efek langsung dari item yang didapatkannya. Hal ini kerap memicu pemain untuk membelanjakan banyak uang, demi sekedar melengkapi koleksi gacha mereka. 

Jika tidak memiliki kontrol yang baik, bukan tidak mungkin berbagai game gacha ini akan membuat pengeluaran membengkak. Ada banyak orang yang menghabiskan uang dalam jumlah besar untuk permainan gacha life, termasuk gamers yang masih dalam kategori anak-anak. 

Tips Mengontrol Anak dalam Bermain Game Gacha 

Pada dasarnya, cara bermain gacha life yang mudah memang menjadi daya tarik tersendiri, sebab siapa saja bisa mengakses permainan ini. Namun bagi orangtua, ini akan menjadi tantangan tersendiri, terutama jika anak mereka sudah mengenal dan terbiasa bermain game gacha android terbaik. 

Jika tidak dikontrol dengan baik, anak bisa saja selalu mengakses game gacha terbaik dan membelanjakan banyak uang untuk membeli berbagai item yang mereka inginkan. Kejadian seperti ini sudah cukup banyak, sehingga penting untuk mengawasi dan mengontrol anak dalam bermain game.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengontrol anak dalam bermain game gacha online: 

1. Tentukan Durasi untuk Bermain Game 

Langkah pertama yang penting dilakukan adalah menentukan batas waktu untuk bermain game ini. Misalnya, hanya 1-2 jam saja di akhir pekan. Pastikan anak mematuhi batasan yang telah ditetapkan tersebut, agar mereka disiplin dan mudah untuk diajarkan. 

2. Nonaktifkan Layanan Pembelian pada Game

Agar anak tidak membeli item apapun, maka pastikan untuk menonaktifkan layanan pembelian dalam game. Fitur ini biasanya bisa diatur dalam smartphone maupun konsol game itu sendiri. 

3. Luangkan Waktu untuk Bermain Bersama Anak

Biasakan untuk meluangkan waktu bermain bersama dengan anak. Hal ini akan memberi mereka aktivitas positif, sehingga tidak selalu fokus pada permainan game gacha online saja. 

Baca Juga: Rekomendasi Game Balap Mobil di Android yang Wajib Kamu Mainkan

10 Game Gacha Terbaik dan Wajib Dicoba 

Berikut ini adalah 10 game gacha terbaik yang bisa dimainkan dengan seru dan layak dicoba:  

Nama Game Keterangan
Genshin Impact

Mendapatkan penghargaan sebagai game terbaik di tahun 2020 lalu, Genshin Impact bahkan berhasil mendapatkan banyak penghargaan lainnya beberapa waktu lalu.

Game seru yang satu ini memiliki banyak karakter yang selalu menjadi incaran para gamers, terutama pecinta gacha. 

Ni no Kuni: Cross Worlds

Ini merupakan game mobile gacha yang sangat seru untuk dimainkan. Pemain bisa menemukan banyak karakter baru dalam permainan ini, termasuk berbagai tantangan mengejutkan.

Ada banyak pertarungan seru yang harus dihadapi untuk bisa menaikkan level dan memenangkan game ini. 

Exos Heroes

Jika ingin memainkan game dengan personalitas yang mumpuni, maka yang satu ini bisa jadi pilihan.

Di ulang tahunnya yang ke-2 baru-baru ini, Exos Heroes bahkan merilis sejumlah konten baru yang seru. Ada banyak pertandingan seru yang bisa dinikmati dan dimenangkan dalam permainan ini. 

Alchemy Stars: Aurora Blast

Game seru ini akan meminta pemain melawan sekelompok musuh berupa mesin kuno yang menguasai bumi.

Permainan akan semakin seru, sebab pemain bisa membentuk tim dan melakukan penyerangan untuk memenangkan permainan.

Selain itu, pemain juga bisa mengumpulkan avatar melalui proses gacha yang seru. 

Raid: Shadow Legends

Game gacha ini memungkinkan pemain memasuki dunia fantasi yang dipenuhi dengan orc serta viking. Pemain harus bertempur dengan para prajurit terlatih untuk memenangkan permainan.

Ini bukan hal yang mudah, sebab ada banyak peraturan dan beberapa bahkan sulit dipahami.

Another Eden

Permainan ini memunculkan karakter muda bernama Aldo, di mana dia harus melakukan perjalanan lintas zaman untuk melindungi manusia dari pembantaian besar-besaran.

Permain bisa mengikuti gacha untuk mendapatkan berbagai karakter serta aksesoris pendukung dalam permainan seru ini.

Pokemon Master EX

Game yang sangat populer ini tentu sudah tidak asing lagi dan selalu menjadi yang paling banyak diminati.

Ada banyak pertempuran yang harus dihadapi dalam permainan ini, sehingga akan menguntungkan jika bisa membangun tim yang solid terlebih dahulu.

Selain itu, pembelian item permainan dengan sistem gacha tentu akan membuat game ini semakin seru saja.

Arknights

Game gacha yang satu ini akan meminta pemain menjadi karakter utama yang bertugas untuk mengelola perusahaan farmasi di Pulau Rhodes.

Tugasnya utamanya adalah mengatasi penyakit dan berbagai kerusuhan yang ada di sana. Ini akan jadi permainan yang seru dan penuh tantangan mematikan. 

Date A Live: Spirit Pledge

Game dating yang menggunakan sistem gacha ini juga sangat seru dan wajib dicoba. Game ini terinspirasi dari novel visual romantis yang memiliki keunikan dan tantangan tersendiri.

Game ini juga akan memunculkan pertarungan Chibi yang akan membuat permainan ini semakin seru.

Oversoul

Ini termasuk salah satu game gacha terbaik yang wajib untuk dicoba. Visual dan karakter yang ditampilkan begitu menarik, sehingga tidak akan membosankan.

Ada banyak tantangan dan trik yang harus dihadapi untuk memenangkan permainan seru yang satu ini. 

Nikmati Game Gacha Terbaik dengan Mudah 

Gacha masih tetap menjadi salah satu permainan seru yang sangat banyak diminati hingga saat ini. Ada banyak game gacha seru yang bisa ditemukan, sebagian besar bahkan bisa diakses gratis. Pilih dan nikmati game gacha terbaik dengan lebih mudah dan menangkan semua tantangan seru di dalamnya untuk bersenang-senang. 

Baca Juga: 10 Pilihan Game Google Gratis dan Berbayar yang Paling Populer