Ginkgo Biloba, Suplemen Herbal yang Bantu Tingkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat

Sebagai upaya untuk menjaga kesehatan tubuh, ada banyak hal yang sebenarnya bisa dilakukan. Selain dengan menjaga asupan nutrisi dan gizi yang seimbang secara alami, cara lain untuk memastikan tubuh tetap sehat adalah mengonsumsi suplemen kesehatan. Bukan tanpa alasan, suplemen kesehatan dipilih karena dianggap cukup efisien dan juga praktis menjaga kesehatan.

Di antara berbagai jenis suplemen yang bisa dipilih, suplemen herbal menjadi salah satu alternatif yang layak untuk dipertimbangkan. Karena dianggap lebih sehat dan minim risiko, suplemen herbal selalu bisa menjadi pilihan bagi mereka yang tak begitu menyukai obat-obatan berbahan kimia. Salah satu contoh suplemen herbal yang layak untuk dicoba adalah ginkgo biloba.

Sebagai produk herbal yang memiliki cukup banyak pengguna, ginkgo biloba kerap dipilih karena diyakini efektif dalam mengatasi gejala penyakit dementia maupun gangguan peredaran darah. Pada suplemen herbal ini terkandung zat flavonoid dan terpenoid yang berfungsi sebagai antioksidan dan andal dalam melawan radikal serta bermanfaat menjaga kesehatan otak.

Dalam praktiknya, ginkgo biloba ini nyatanya mampu dijadikan sebagai salah satu penunjang pengobatan berbagai macam penyakit. Agar tak keliru dan memastikan khasiat dari obat herbal ini, berikut beberapa penjelasan mengenai apa itu ginkgo biloba, manfaat, cara mengonsumsi, hingga efek sampingnya berikut ini.

Baca juga: Produk Herbal Untuk Redakan Nyeri Haid, Ini Manfaat, Cara Penggunaan, dan Efek Samping Kiranti

Deskripsi Obat Herbal Ginkgo Biloba

loader

Ginkgo Biloba

Jenis suplemen yang satu ini merupakan obat-obatan herbal yang sangat mudah ditemui di apotek atau toko obat. Bahan utama pembuatan ginkgo biloba adalah tanaman ginkgo yang tumbuh subur di Tiongkok, Korea, dan Jepang, serta memiliki bentuk menyerupai kipas berukuran kecil. 

Biasanya, daun tersebut akan diproses dan diambil ekstraknya untuk kemudian dijadikan suplemen. Para peneliti percaya bahwa daun ginkgo ini mampu melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Tak hanya itu, masyarakat Cina juga meyakini bahwa ekstrak daun ini mampu dijadikan sebagai obat untuk memelihara kesehatan otak serta mengatasi gangguan kesehatan seksual. 

Manfaat Mengonsumsi Ginkgo Biloba

Meskipun memiliki khasiat yang beragam, bukan berarti ginkgo biloba bisa dikonsumsi secara sembarangan. Sangat penting untuk mengetahui tujuan pengobatan sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen herbal ini. Berikut adalah sederet manfaat dan tujuan menggunakan suplemen ginkgo biloba, serta dosis pemakaiannya.

1. Untuk Menjaga Kesehatan Otak atau Mencegah Dementia

Dosis yang dianjurkan untuk manfaat ini adalah sebanyak 120-600 mg per harinya yang terbagi dalam dua kali waktu minum, yaitu pagi dan malam.

2. Untuk Mengatasi Vertigo

Dosis konsumsi ginkgo biloba yang dianjurkan untuk mengatasi vertigo adalah sebanyak 120-160 mg per harinya yang terbagi ke dalam dua sampai tiga kali jadwal minum.

3. Untuk Mengatasi Glaukoma dan Degenerasi Makula

Dosis yang dianjurkan adalah sebanyak 40 mg, bisa dikonsumsi selama sekitar 4 minggu dengan jadwal minum tiga kali sehari.

4. Untuk Mengatasi Sindrom Pramenstruasi 

Dosis yang dianjurkan untuk mengurangi gejala PMS pada wanita adalah dengan mengonsumsi ginkgo biloba sebanyak 80 mg sehari 2 kali. Waktu konsumsi dimulai sejak hari ke 16 menstruasi sampai hari ke 5 pada siklus menstruasi berikutnya. 

5. Untuk Mengatasi Klaudikasio Intermiten

Klaudikasio intermiten merupakan gangguan nyeri yang terjadi akibat peredaran darah yang kurang lancar pada bagian yang aktif bergerak, seperti kaki, paha, pinggul, maupun tangan. Anjuran penggunaan suplemen ginkgo biloba untuk mengatasi masalah kesehatan ini adalah sebanyak 120 hingga 240 mg yang terbagi menjadi 2 sampai 3 kali minum sehari.

6. Untuk Mengatasi Gangguan Seksual Akibat Konsumsi Obat Antidepresan

Dosis penggunaan suplemen herbal ini yang dianjurkan untuk mengatasi gangguan seksual akibat pemakaian obat antidepresan adalah sebanyak 60 sampai 240 mg dalam dua kali jadwal minum per hari.

Cara Tepat Mengonsumsi Ginkgo Biloba

loader

Minum Ginkgo Biloba

Ketika sudah mengetahui tujuan pengobatan menggunakan suplemen herbal yang satu ini,  kamu perlu memerhatikan pula cara tepat mengonsumsinya. Sebaiknya, lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsi ginkgo biloba. Tentunya, pastikan untuk mengonsumsi suplemen ini sesuai anjuran dokter dan jangan menambah maupun mengurangi dosis agar tak muncul efek samping yang membahayakan. 

Terkait cara mengonsumsinya sendiri, suplemen ini sangat disarankan untuk langsung ditelan. Jangan dihancurkan, dikunyah, maupun dilarutkan karena akan memengaruhi khasiat dan efektivitas dari obat. 

Selain itu, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi bersama makanan atau segera setelah makan. Jangan konsumsi suplemen ini dalam keadaan perut kosong karena bisa menimbulkan reaksi yang tidak nyaman dan membahayakan. 

Jika dikonsumsi lebih dari satu kali dalam sehari, usahakan untuk memberikan jeda yang cukup lama. Jangan mengonsumsi obat ini dengan jadwal minum yang berdekatan karena akan memberikan reaksi berlebihan atau overdosis. Jika melewatkan jadwal minum dan cenderung lebih dekat dengan jadwal minum yang selanjutnya, abaikan dan gunakan obat ini di jadwal minum selanjutnya saja. 

Perlu diingat bahwa efektivitas suplemen ini baru bisa dirasakan setelah mengonsumsinya selama 4 sampai 6 minggu secara rutin dan sesuai anjuran dokter. Namun, jika dalam kurun waktu tersebut terdapat gejala atau efek samping, segera hentikan pengobatan dan lakukan konsultasi pada dokter.

Tak lupa pula untuk menyimpan suplemen ini di tempat yang aman, jauh dari sinar matahari, serta dalam wadah yang kering dan tertutup rapat. Letakkan pula suplemen ini di tempat yang tak terjangkau anak-anak ataupun hewan peliharaan.  

Interaksi Ginkgo Biloba saat Digunakan Bersama Obat Lain

Sebagai suplemen herbal penunjang kesehatan, bukan berarti ginkgo biloba bisa bebas dikonsumsi oleh semua orang. Tetap ada aturan khusus yang perlu diperhatikan agar tak menimbulkan efek samping membahayakan. Apalagi jika dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan jenis lain, ginkgo biloba mampu memicu beberapa interaksi obat, antara lain:

  • Memicu terjadinya pendarahan ataupun memar jika dikonsumsi bersamaan dengan obat golongan ibuprofen atau obat anti koagulan.
  • Meningkatkan risiko koma jika dikonsumsi bersamaan dengan obat golongan trazodone.
  • Berisiko memicu kejang jika dikonsumsi bersama obat bius, antidepresan, antibiotik tertentu, dan stimulan.
  • Memicu semangat berlebih dan cenderung hiperaktif jika dikonsumsi bersamaan dengan obat golongan buspirone.
  • Meningkatkan tekanan darah atau hipertensi jika dikonsumsi bersamaan dengan obat golongan diuretik thiazide.
  • Efektivitas obat akan berkurang jika dikonsumsi bersamaan dengan obat anti diabetes, citalopram, lansoplazole, omeprazole, dan efavirenz.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengonsumsi Ginkgo Biloba

Sebelum mengonsumsi suplemen herbal ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, di antaranya:

  • Jangan mengonsumsi suplemen ini jika memiliki riwayat alergi dengan tanaman jenis  ginkgo, poison ivy, atau poison sumac.
  • Jangan mengonsumsi obat ini jika mengidap epilepsi, diabetes, gangguan pembekuan darah, kecuali atas izin dari dokter.
  • Pastikan untuk tidak menggunakan obat secara berlebihan atau tidak sesuai dosis yang dianjurkan.
  • Konsultasikan dengan dokter mengenai penggunaan suplemen ginkgo biloba bersamaan dengan konsumsi obat yang lain guna memastikan risiko interaksi antar obat.
  • Informasikan pada dokter jika sedang mengonsumsi ginkgo biloba, khususnya saat akan menjalani operasi atau tindakan medis tertentu. Biasanya, dokter akan menyarankan penghentian konsumsi sejak 1-2 minggu sebelum tindakan medis khusus dilakukan.
  • Konsultasikan dokter terlebih dahulu jika sedang hamil, menyusui, atau sedang merencanakan kehamilan.

Efek Samping Ginkgo Biloba

Seperti dengan obat-obatan atau suplemen pada umumnya, penggunaan ginkgo biloba sejatinya memang sangat bermanfaat dan jarang menimbulkan efek samping jika dikonsumsi sesuai anjuran dosis yang ditentukan. Namun, jika dikonsumsi dengan berlebihan, terdapat sederet risiko efek samping yang mungkin muncul, seperti:

  • Diare
  • Muntah atau mual
  • Kejang
  • Sakit kepala
  • Jantung berdebar
  • Lemas
  • Tak sadarkan diri atau pingsan

Jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter saat efek samping di atas muncul agar penanganan medis yang tepat bisa segera dilakukan. Lakukan hal serupa jika muncul gejala alergi obat pasca mengonsumsi obat ini.

Baca juga: Sering Dijadikan Obat Herbal, Simak 10 Khasiat Bawang Dayak Ini bagi Kesehatan 

Tetap Perhatikan Manfaat dan Risiko Mengonsumsi Ginkgo Biloba

Sebagian orang mungkin lebih memilih untuk mengonsumsi suplemen herbal untuk mengatasi masalah kesehatan yang dideritanya. Namun, pastikan untuk tetap bersikap bijak dan hati-hati saat akan mengonsumsi jenis obat herbal apa pun, termasuk ginkgo biloba dan tak mengabaikan anjuran serta dosis yang diberikan dokter. Barulah dengan begitu, manfaat dari obat herbal bisa didapatkan secara optimal tanpa menimbulkan efek samping yang membahayakan kesehatan.