Hai Job Hunter, Ketahui Tren Karir Terbaru yang Bakal Booming di 2021

Berbagai sektor bisnis dan industri mengalami perubahan besar karena pandemi selama tahun 2020 bahkan sampai saat ini. Perubahan yang ada tidak hanya terjadi pada bagian produksi dan penjualan tapi juga sistem kerja pada karyawannya.

Pada dunia kerja sendiri pun perubahan banyak terjadi mulai dari cara bekerja sampai cara mencari kerja. Mengingat musim pandemi masih bertahan sampai tahun 2021, bahkan mungkin secara permanen.

Untuk kamu yang baru akan lulus atau sedang mencari kerja maka kamu wajib tahu dan mengenali tren-tren yang akan popular dan banyak di gunakan di dunia kerja sepanjang tahun 2021 agar kamu bisa menyiapkan strategi yang tepat baik dalam mencari kerja atau merencanakan dan mempersiapkan karir kamu kedepannya.

Berikut tren karir yang diprediksi akan masih dan tetap booming di tahun 2021:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Remote Work Masih Menjamur di Hampir Setiap Sektor Bisnis

loader

Dampak pandemi membuat perubahan pada sistem kerja yang lebih mengutamakan karyawan terhindar dari serangan virus dan mencegah mereka memperluas penularan telah diaplikasikan sepanjang tahun 2020 mengikuti beberapa protokol kesehatan seperti menjaga jarak di tempat kerja sampai bekerja dari rumah.

Dengan perubahan tersebut, terutama tren bekerja dari rumah membuat budaya remote work atau bekerja dari mana saja semakin banyak digunakan oleh banyak perusahaan seperti Twitter, Google dan Facebook.

Di Indonesia sendiri, budaya remote work yang masih sering diartikan sebagai bekerja dari rumah dipastikan tetap akan dijadikan sistem bekerja oleh banyak perusahaan untuk membantu pencegahan virus di tempat kerja dan peraturan pembatasan sosial / jaga jarak di banyak kota/daerah selama musim pandemi belum berakhir.

Dengan adaptasi baru ini, bisa saja budaya/tren remote work akan semakin menjamur juga di Indonesia mengingat banyaknya profesi yang cukup menggunakan internet saja sebagai media utama bekreja tanpa perlu datang ke kantor.

2. Sesi Interview Kerja yang Cukup Ketat dan Sulit

loader

Seiring semakin tingginya persyaratan melamar kerja saat ini diiringi juga semakin sulitnya sesi penyaringannya. Selain psikotes dan tes standar lainnya untuk pelamar kerja, sesi interview merupakan sesi yang paling penting dan riskan.

Dengan semakin ketatnya persyaratan dan persaingan dalam melamar pekerjaan, maka sesi wawancara kerja pun juga akan semakin dipersulit juga. Selain interview secara tatap muka, sesi interview secara online juga akan dijadikan sebagai kewajiban dari rangkaian proses penyaringan untuk karyawan baru.

Nah, karena hasil interview kerja bisa mempengaruhi keputusan seseorang diterima bekerja atau tidak cukup besar untuk itu para pelamar kerja harus bisa benar-benar mempersiapkan diri untuk sesi yang satu ini sebaik mungkin.

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Belum Usai, Simak 10 Tren Lingkungan Kerja Ideal Tahun 2021

3. Pekerjaan di Sektor Esensial Lebih Diminati

loader

Untuk yang baru akan memilih jurusan kuliah wajib baca dengan seksama poin yang satu ini.

Pandemi membuat banyak orang untuk lebih membidik sektor pekerjaan esensial seperti bidang kesehatan, pangan, dan pendidikan. Itu karena sektor-sektor tersebut dianggap tahan banting meskipun negara menghadapi krisis ekonomi dan pandemi.

Jadi bagi kalian yang sedang bingung memilih jurusan kuliah dengan bayangan jenis profesi yang memiliki jenjang karir yang lebih pasti, ketiga sektor tersebut bisa dipertimbangkan.

4. Lowongan Pekerjaan Freelance semakin Digemari

loader

Salah satu tren karir yang diprediksi akan paling bersinar di tahun 2021 adalah seputar dunia freelance baik itu persaingannya atau lowongan yang tersedia.

Banyak orang yang bekerja dari rumah atau remote work akan lebih memilih menghabiskan sisa waktu luang yang ada untuk menekuni pekerjaan sampingan sebagia Freelancer baik untuk menambah penghasilan atau transisi sebagai pekerjaan profesional utama/tetap.

Untuk yang tertarik dengan dunia Freelancer minat besar terhadap pekerjaan freelance tidak lah cukup. Kamu harus memiliki unique selling point yang membuatmu berbeda dan lebih istimewa dibandingkan Freelancer lainnya.

5. Banyaknya Orang yang Berganti Jalan Karir

loader

Pandemi membuat banyak perusahaan terpaksa harus melakukan PHK (pemutusan hubungan kerja) secara besar-besaran untuk mengurangi defisit. Dengan banyaknya korban PHK, akhirnya perpindahan profesi dan karir pun semakin tinggi pula.

Dengan tingginya persaingan dalam melamar pekerjaan kembali, banyak dari mereka yang terkena PHK lebih memilih untuk menekuni pekerjaan baru. Baik itu karena urusan perut atau akhirnya memiliki kesempatan untuk menggeluti minat yang sudah lama ingin ditekuni.

Saat ini, profesi yang sedang banyak dijadikan alternatif baru oleh banyak orang yang belum mendapatkan atau tidak ingin bekerja di perusahaan lagi adalah menjadi seorang pengusaha makanan atau jasa, Freelancer, Influencer, Content creator dan Vlogger.

Baca Juga: Ini Daftar Informasi yang Wajib Ada di Dalam kontrak kerja

6. Menggunakan Jasa Penulis CV atau Resume Profesional

loader

Pasar dunia kerja yang semakin ketat akan mendorong banyak orang untuk menyewa penulis CV atau resume profesional yang mampu menguraikan keterampilan, pengalaman, dan pencapaian mereka secara baik dan profesional agar kesempatan recruiter melirik CV atau resume mereka semakin besar.

Dengan lampiran CV atau resume yang baik, memang benar akan memperbesar kesempatan seseorang untuk diundang/diloloskan ke tahap seleksi selanjutnya seperti psikotes atau interview.

7. Permintaan Cover Letter yang Baik dan Menarik semaking Tinggi

loader

Cover letter yang ditulis dengan baik akan menjadi faktor penting untuk membedakan seseorang dari pesaingnya. Penulisan cover letter yang umum dan standar memiliki kemungkinan besar akan ditolak atau diabaikan oleh perusahaan.

Karena persaingan yang semakin tinggi, wajar saja para Recruiter akan lebih sensitif terhadap setiap hal yang menyangkut soal penyaringan calon karyawan baru, termasuk kualitas cover letter, resume, cv dan dokumen persyaratan lainnya.

Pelajari Tren-nya dan Persiapkan Jalan Karirmu dengan Matang

Jangan hanya dibaca saja tapi juga dipahami agar nantinya bisa kamu aplikasikan secara nyata. Apalagi untuk kamu yang sedang mencari kerja, setiap informasi penting terkait dunia kerja dan karir sangatlah wajib untuk kamu ketahui dan cerna secara baik.

Jangan lupa juga pastikan untuk mempersiapkan proses lamaran kerja dengan baik, perbaiki CV kamu dan update skill baru di resume lama. Untuk fresh graduate bisa mencari referensi template CV atau resume yang baik di internet. Pilih profesi yang sesuai dengan minat dan bakat kamu.

Pelajari perusahaan yang akan kamu lamar secara teliti, apakah perushaaan tersebut bisa memberikan kamu jenjang karir yang kamu inginkan atau benefitnya yang ditawarkan sudah cocok atau tidak.

Selamat berjuang yah para job hunter!

Baca Juga: Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Daftar Sertifikasi Profesi