Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Daftar Sertifikasi Profesi

Banyak cara dilakukan untuk bisa lebih mudah dalam mendapatkan pekerjaan, salah satunya dengan mengambil sertifikasi profesi. Dengan mengikuti sertifikasi memang sudah menjadi kebutuhan tersendiri bagi kamu yang ingin segera bekerja. Kamu bisa mengasah keahlianmu di bidang yang diinginkan, sehingga peluang kamu mendapatkan pekerjaan akan menjadi jauh lebih besar. 

Namun, sertifikasi ini tetap harus dilakukan dengan cara yang tepat, agar hasil yang kamu dapatkan memang benar-benar sesuai dengan harapan. Jangan sampai kamu mengambil sertifikasi di lembaga yang tidak kompeten, sebab hal ini tentu tidak akan memberikan manfaat maksimal di dalam perkembangan karirmu kedepannya. 

Agar mendapatkan sertifikasi yang tepat, simak beberapa poin penting berikut ini yang wajib kamu cermati dengan baik sebelum mengambil sertifikasi profesi.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Kredibilitas pihak penyelenggara 

kredibilitas
Kredibilitas penyelenggara

Tingginya minat untuk mengikuti sertifikasi merupakan salah satu alasan mengapa banyak lembaga penyelenggara yang mengadakan kegiatan ini. Pada dasarnya hal ini bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi kamu, di mana kamu bisa menemukan lebih banyak tempat untuk mengambil sertifikasi. 

Namun meski begitu, kamu tetap harus mempertimbangkan kredibilitas pihak penyelenggara sertifikasi itu sendiri. Jangan sampai kamu mendaftar dan mengikuti sertifikasi di tempat yang tidak memenuhi kualifikasi, hanya karena tidak cermat sejak awal.

Pastikan lembaga penyelenggara sertifikasi yang kamu pilih sudah terdaftar dan diakui oleh Badan Sertifikasi Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Hal ini untuk menjamin kualitas dan juga memastikan bahwa sertifikasi profesi yang kamu dapatkan memang sudah benar-benar diakui secara luas. Cari informasi akurat terkait daftar lembaga sertifikasi yang sudah diakui ini, sebelum kamu melakukan pendaftaran untuk kegiatan tersebut.

Baca Juga: Baru Lulus dan Belum Punya Pengalaman? Ini Triknya Biar Cepat Dapat Kerja

2. Pengisi materi yang ditunjuk penyelenggara

Pada dasarnya, lembaga sertifikasi sudah memiliki materi tertentu yang dibuat secara khusus sesuai dengan profesi masing-masing. Materi ini tentu sudah disesuaikan dengan standar setiap bidang tersebut. 

Namun selain materi di dalam sertifikasi, yang memberikan materi juga menjadi poin penting yang tak bisa kamu abaikan. Pengisi materi di dalam kegiatan ini tentulah harus yang sudah profesional dan benar-benar ahli di bidangnya, sehingga dapat memberikan asesmen dengan tepat.

Jika kamu sudah memilih lembaga penyelenggara sertifikasi yang tepat, maka hal ini bukan lagi masalah. Pastikan kamu mendaftar di lembaga yang telah memiliki kerja sama dengan sudah diakui oleh BNSP. 

Lembaga penyelenggara sertifikasi yang seperti ini biasanya hanya menyediakan pemateri yang telah memenuhi standar kualifikasi BNSP itu sendiri. Kamu akan mendapatkan materi dari orang yang ahli di bidang profesi kamu kamu geluti, sehingga keahlian yang kamu dapatkan juga akan lebih tepat.

3. Biaya mengikuti sertifikasi

biaya

Biaya sertifikasi juga menjadi salah satu pertimbangan penting sebelum mengikuti aktifitas yang satu ini. Pada umumnya pihak penyelenggara sudah menentukan besaran biaya ini sejak awal, sehingga kamu dapat mengetahuinya saat melakukan pendaftaran. Besaran biaya ini biasanya sudah mencakup semuanya, termasuk biaya pendaftaran sampai biaya tes pada akhir kegiatan sertifikasi tersebut nantinya.

Jangan lupa untuk melakukan perbandingan terlebih dahulu, di mana kamu melihat besaran biaya sertifikasi pada beberapa lembaga penyelenggara. Lihat rincian biaya apa saja yang harus kamu bayarkan, sehingga kamu memiliki gambaran besaran biaya rata-rata untuk kegiatan sertifikasi yang akan kamu ikuti. Jika mamungkinkan, pilihlah lembaga penyelenggara yang menyediakan sertifikasi dengan biaya paling hemat.

Baca Juga: Kariermu Bakal Cepat Melejit Jika Lakukan 8 Hal Ini di Tempat Kerja. Yuk Dicoba!

4. Jadwal kegiatan sertifikasi 

Jadwal sertifikasi merupakan salah satu poin penting lainnya yang harus kamu cermati sejak awal. Biasanya pihak penyelenggara sudah menyediakan jadwal ini lengkap sejak awal, sehingga kamu bisa melihatnya secara detail. Jangan sampai kamu sudah mendaftar dan melakukan pembayaran, namun tidak bisa mengikuti asesmen secara penuh, hanya karena jadwal yang tidak tepat sejak awal. 

Pastikan memilih jadwal yang tepat dan sesuai dengan waktu yang kamu miliki, agar semua kegiatan asesmen bisa kamu ikuti dengan baik. Hal ini penting, apalagi jika kamu termasuk orang yang memiliki rutinitas yang padat sepanjang minggu. 

Pilih dan ikuti sertifikasi profesi yang tepat

Mengambil sertifikasi profesi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan daya jual kamu kepada perusahaan. Sertifikasi ini akan membantu kamu lebih mudah dalam mendapatkan pekerjaan, terutama untuk kamu yang masih fresh graduate. Segera pilih dan ikuti sertifikasi profesi yang sesuai dengan keahlianmu, agar kamu bisa mendapatkan pengakuan dan peluang kerja yang lebih besar.

Baca Juga: Cara Cepat Dapat Kerja bagi Fresh Graduate