Indo Premier Sekuritas, Ini Profil, Pilihan Produk, Cara Investasi, dan Keuntungannya

Perusahaan sekuritas adalah perusahaan finansial yang mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK untuk menjalankan aktivitas usaha berupa perantara pedagang efek pada investor ke pasar modal. Selain itu, perusahaan sekuritas juga memiliki peran sebagai penjamin emisi efek atau underwriter, serta manajer investasi yang mampu memudahkan masyarakat dalam berinvestasi.

Di Indonesia sendiri, ada banyak perusahaan sekuritas yang aktif beroperasi secara legal dan terpercaya. Salah satu contohnya adalah Indo Premier Sekuritas, atau bisa juga disebut dengan IndoPremier. Sebagai salah satu perusahaan sekuritas ternama, Indo Premier Sekuritas dikenal sebagai pelopor produk ETF atau Exchange Trade Fund berbasis saham pada Indeks LQ45, dan mempunyai portal berita bernama IPOTNews.

Tentunya, perusahaan sekuritas ini telah banyak dipercaya dan dijadikan sebagai platform investasi oleh tak sedikit investor. Namun, bagi kamu investor pemula yang sedang mencari layanan sekuritas, ada baiknya untuk mencari tahu seluk beluknya terlebih dulu sebelum menjatuhkan pilihan. Nah, agar mengetahui lebih lanjut tentang apa itu Indo Premier Sekuritas, layanan, pilihan produk, hingga cara investasi, simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga: Mandiri Sekuritas - Cara Daftar, Fee Transaksi, dan Cara Jual Beli Saham

Apa Itu Indo Premier Sekuritas?

loader

IndoPremier

IndoPremier, bisa juga disebut Indo Premier Sekuritas adalah perusahaan sekuritas yang aktif beroperasi di Indonesia. Bahkan, pada bulan April 2019 lalu, perusahaan sekuritas dengan kode PD tersebut berhasil memperoleh frekuensi perdagangan dengan nilai lebih dari 14 triliun, yang mencakup volume melebihi 13 ribu lot saham. 

Didirikan pada tahun 1996, Indo Premier Sekuritas awalnya bernama Puridana Sekurindo. Dua founder dari perusahaan tersebut adalah Nixon J. Silfanus dan juga Ungkoro Darmosusilo. Barulah di tahun 2002, perusahaan ini mengganti namanya menjadi Indo Premier Securities, dan menggantinya kembali menjadi Indo Premier Sekuritas di tahun 2007.

Tidak hanya menggeluti industri sekuritas, perusahaan ini juga mempunyai anak usaha pada bidang manajer investasi yang diberi nama Indo Premier Investments Management. Salah satu hal yang membuat perusahaan ini banyak dikenal oleh masyarakat, khususnya di kalangan investor adalah kemampuannya meluncurkan beragam inovasi produk. Salah satu contohnya adalah di tahun 2007, Indo Premier Sekuritas dikenal sebagai perusahaan sekuritas pertama yang menyediakan layanan ETF atau Exchange Trade Fund berbasis saham pada Indeks LQ45 di Indonesia. 

Pada tahun yang sama pula perusahaan sekuritas ini meluncurkan IPOT atau Indo Premier Online Technology serta IPOTSTOCK yang menjadi langkah besar di dunia efek dan investasi di mana investor mampu mengaksesnya secara murah dan mudah. Melalui produk tersebut pula era otomatisasi layanan nasabah secara komprehensif oleh IndoPremier ini dimulai. 

Beragam Produk dan Layanan Investasi Indo Premier Sekuritas

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Indo Premier Sekuritas memiliki beragam produk dan layanan yang memudahkan investor untuk berinvestasi. Sebagai perusahaan sekuritas, IndoPremier tentu saja memiliki layanan utama berupa jual beli saham dan juga reksa dana yang dibawahi oleh puluhan manajer investasi profesional dengan kemampuan yang tak perlu diragukan lagi. 

Berikut adalah sederet produk dan layanan Indo Premier Sekuritas.

  • IPOTSTOCK

    Melalui layanan ini, kamu bisa jual beli atau transaksi saham di laptop atau komputer. Fitur menarik dari layanan ini adalah sistem trading otomatis serta kalkulator multiguna yang mampu memudahkan investor dalam berinvestasi. Melalui layanan kalkulator tersebut, investor bisa mengetahui total keuntungan ataupun kerugian yang bisa didapatkan pasca bertransaksi saham.

    Tidak hanya itu, layanan ini juga mampu menunjukkan fitur grafik maupun chart multiguna. Hanya saja, aplikasi ini baru tersedia pada sistem operasi Windows dan belum tersedia di MacBook.

  • IPOTULTIMA

    Layanan ini memiliki fungsi sebagai trading saham. Namun, berbeda dengan IPOTSTOCK, IPOTULTIMA bisa digunakan secara langsung melalui aplikasi browser dengan cara memasukkan username, kata sandi, dan PIN. Karena menggunakan aplikasi browser, layanan ini bisa diakses oleh pengguna smartphone atau MacBook. 

    Namun, layanan ini mempunyai beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah aplikasi tersebut terbilang berat dan memiliki waktu tunggu atau loading yang cukup lama. Selain itu, tidak ada fitur kalkulator multiguna selayaknya yang ditawarkan oleh IPOTSTOCK.

  • IPOTGO

    Ada pula IPOTGO yang tersedia pada perangkat smartphone untuk membeli saham maupun reksa dana. Dengan tampilan user friendly, layanan ini bisa dengan mudah dimengerti oleh investor pemula sekalipun. Layanan ini juga menyediakan beragam fitur menarik, seperti investasi berkala, Go Instant Switching, serta Go Robo untuk membuat aktivitas investasi lebih praktis dan simpel. 

  • IPOTFUND

    Bisa dibilang, IPOTFUND merupakan supermarket reksa dana yang disediakan oleh perusahaan sekuritas ini. IPOTFUND merupakan situs yang menyediakan 200 lebih produk reksa dana yang bisa dibeli oleh investor dengan mudah. Untuk menyelesaikan transaksinya, investor bisa menggunakan layanan IPOTGO atau langsung melalui situs IPOTFUND ini. 

    Fitur yang tersedia pada layanan ini adalah evaluator yang memberikan sistem ranking guna memberi penilaian kinerja dari seluruh produk reksa dana dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Dengan begitu, kamu bisa melihat produk mana yang memberi imbal hasil paling tinggi sesuai jangka waktu investasi, seperti 1 bulan, 3 bulan, hingga 5 tahun.

  • IPOTPAY

    Terakhir, IPOTPAY adalah layanan tabungan yang saldonya secara otomatis ditempatkan pada reksa dana pasar uang. Jadi, walaupun termasuk sebagai tabungan, tidak mengherankan jika bunga layanan ini bisa mencapai 7 persen per tahun.

Baca Juga: Ajaib Sekuritas: Cara Kerja, Cara Beli, Kelebihan, dan Kekurangannya

Cara Daftar Indo Premier Sekuritas

loader

Cara Daftar Indo Premier Sekuritas

Lalu, bagaimana caranya berinvestasi pada perusahaan sekuritas ini? Mudah saja, hal yang perlu dilakukan adalah mendaftar akun terlebih dulu. Berikut adalah cara daftar Indo Premier Sekuritas.

  1. Siapkan Dokumen Pendaftaran

    Sama halnya dengan layanan lainnya, ada beberapa dokumen yang perlu kamu siapkan sebagai syarat pendaftaran. Tidak sulit, berkas yang harus ditunjukkan adalah e-KTP, akun bank pribadi, serta NPWP. Jika semua dokumen tersebut telah disiapkan, proses pendaftaran bisa langsung dilakukan.

  2. Pasang Aplikasi IpotGo pada Smartphone

    Registrasi akun layanan Indo Premier Sekuritas bisa dilakukan via aplikasi IpotGo. Unduh dan pasang aplikasi tersebut pada smartphone secara gratis melalui Play Store atau App Store.

  3. Foto Selfie sambil Memegang KTP

    Langkah selanjutnya adalah melakukan swafoto dengan membawa KTP untuk menjadi bukti jika kamu benar-benar mendaftar layanan tersebut. Kemudian, buat tanda tangan virtual dan video sambil membaca kalimat yang ada di layar.

  4. Lengkapi Data dan Buat Username, Password, dan PIN

    Setelah itu, kamu perlu melengkapi beberapa data tambahan dan membuat username, kata sandi, serta PIN yang nantinya digunakan untuk melakukan login ke akun IndoPremier dan aplikasi. Walaupun tingkat keamanan dari aplikasi sudah terjamin, kamu tetap harus membuat username, password, juga PIN secara unik dan sulit ditebak guna meminimalkan risiko akun terbobol atau semacamnya.

  5. Menunggu Pengajuan Rekening Efek serta RDN Diproses

    Terakhir, pihak IndoPremier akan memberikan SID atau Single Identification, SRE atau Sub Rekening Efek, serta nomor RDN melalui email yang terdaftar.

Setelah memiliki akun, kamu hanya perlu melakukan setoran awal. Tenang saja, tidak ada patokan harus menyetor dengan nominal saldo berapa. Kamu bisa menentukan sendiri nominal saldo yang ingin disetorkan untuk kemudian digunakan membeli saham atau reksa dana. Yang terpenting, pastikan rekening telah berisi saldo yang cukup agar pembelian emiten bisa dilakukan tanpa kendala.

Fee Indo Premier Sekuritas

Terkait fee atau biaya transaksi, Indo Premier Sekuritas memasang tarif 0,19% untuk pembelian, dan 0,29% untuk penjualan. Walaupun fee tersebut relatif lebih tinggi ketimbang layanan sekuritas lainnya, namun, hal tersebut sebanding dengan beragam layanan dan kelebihan yang ditawarkan. 

Praktis dan Mudah Berinvestasi dengan Perusahaan Sekuritas Indo Premier Sekuritas

Banyak orang mengira jika investasi adalah aktivitas yang rumit dan tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Padahal, dengan adanya perusahaan sekuritas, aktivitas tersebut bisa dijalani dengan lebih gampang dan praktis, serta dimudahkan beragam fitur menarik. Nah, jika kamu masih bingung memilih perusahaan sekuritas mana yang layak untuk dipilih, Indo Premier Sekuritas ini tentu layak dipertimbangkan.

Baca Juga: 10 Sekuritas Terbaik di Indonesia untuk Investasi Saham