Ajaib Sekuritas: Cara Kerja, Cara Beli, Kelebihan, dan Kekurangannya

Dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan, tren berinvestasi pada instrumen reksa dana tengah mengalami kenaikan yang cukup signifikan, khususnya di kalangan generasi muda. Penyebab utama dari melambungnya tren tersebut adalah kemunculan layanan investasi reksa dana serta saham secara digital yang bisa dengan mudah dan praktis dilakukan melalui smartphone. 

Tentunya, dengan semakin masifnya pengguna dari perangkat tersebut dan wacana tentang pentingnya investasi di usia muda, aktivitas menanam modal secara digital akan terus meroket. Di samping itu, pilihan aplikasi investasi digital melalui smartphone yang hanya membutuhkan bantuan koneksi internet juga semakin beragam dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Salah satu contohnya adalah aplikasi investasi bertajuk Ajaib yang juga tergabung di dalamnya sebuah broker bernama Ajaib Sekuritas. Menjadi salah satu layanan investasi digital ternama di Indonesia dengan jumlah pengguna yang masif, Ajaib tentu layak dijadikan sarana untuk berinvestasi. Nah, agar kamu mampu mengetahui lebih lanjut tentang layanan aplikasi Ajaib beserta kinerja Ajaib Sekuritas, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Baca Juga: MNC Sekuritas, Salah Satu Perusahaan Sekuritas Ternama untuk Memulai Investasi Saham

Tentang Aplikasi Ajaib

loader

Ajaib

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Ajaib adalah sebuah aplikasi yang secara khusus dirancang untuk investasi digital, baik itu reksa dana, saham, dan lain sebagainya. Melalui aplikasi ini pula pengguna bisa mengakses berbagai informasi penting terkait dunia investasi agar memudahkan investor dalam menanam modal dan mendapatkan profit.

Aplikasi Ajaib diluncurkan oleh perusahaan bernama Ajaib Group. Ajaib Group ini sendiri menaungi 2 perusahaan lainnya, yaitu, Ajaib Reksa Dana dan Ajaib Sekuritas. Pada awalnya, aplikasi investasi digital ini hanya menawarkan layanan investasi reksa dana secara online saja. 

Namun, semenjak mengakuisisi Primasia Unggul Sekuritas dan mengubah namanya menjadi Ajaib Sekuritas, aplikasi Ajaib kini telah menyediakan pula layanan trading serta jual beli instrumen saham secara online. Jadi, pengguna pun bisa memiliki lebih banyak pilihan berinvestasi guna mengoptimalkan keuntungan.

Sebagai salah satu perusahaan sekuritas terbesar di Indonesia, Ajaib Sekuritas adalah perusahaan yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Hal ini membuat aktivitas keuangan, termasuk investasi dan menanam modal pada layanan tersebut dijamin aman karena telah terbukti legal dan kredibel. 

Tentang Ajaib Sekuritas

Sebelum diakuisisi oleh Ajaib Group pada tahun 2020, Ajaib Sekuritas adalah perusahaan perantara efek bernama Primasia Unggul Sekuritas. Perusahaan tersebut telah didirikan di tahun 1989 dan sudah mendapatkan izin menjadi perantara perdagangan dari efek pada BEI atau Bursa Efek Indonesia. 

Semenjak menjadi anak perusahaan dari Ajaib Group, Ajaib Sekuritas membuka layanan trading dan investasi saham pada aplikasi Ajaib di smartphone. Di samping itu, Ajaib Sekuritas juga menyediakan layanan untuk mengakses informasi dan data lengkap terkait emiten, termasuk mengenai peringkat performanya jika disandingkan dengan kompetitor pada industri yang sama. 

Tidak berhenti sampai di situ, layanan ini juga mampu menunjukkan analisis berdasarkan dari indikator teknikal, melihat sentimen dari pasar berdasarkan berita terbaru, dan memantau fluktuasi harga. Dengan begitu, investor di aplikasi ini bisa memahami tingkat risiko yang harus ditanggung sebelum memutuskan untuk berinvestasi.

Baca Juga: BNI Sekuritas: Cara Daftar, Cara Jual Beli Saham dan Biayanya

Cara Mendaftar Aplikasi Ajaib

  1. Unduh Aplikasi pada Smartphone

    Agar bisa berinvestasi secara online melalui Ajaib, kamu tentu harus memasang aplikasinya terlebih dahulu pada smartphone. Aplikasi tersebut bisa diunduh secara gratis melalui Playstore atau AppStore. Tentunya, hanya unduh aplikasi yang resmi dan melalui layanan App Market legal agar tak berisiko terjebak aplikasi bodong. 

  2. Lakukan Pendaftaran Akun

    Setelah aplikasi berhasil terpasang pada smartphone, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mendaftarkan diri dan membuka akun pada aplikasi Ajaib. Ada beberapa berkas dan data pribadi yang harus kamu siapkan agar bisa melakukan pendaftaran akun pada aplikasi tersebut.

    Beberapa di antaranya adalah KTP, nomor telepon yang aktif, alamat e-mail, serta nomor rekening. Masukkan kode referral jika memiliki. Seluruh langkah pendaftaran akun Ajaib ini bisa diselesaikan secara daring atau online. 

  3. Konfirmasi E-Mail

    Selesai melakukan pendaftaran, kamu masih harus melakukan verifikasi e-mail. E-mail berisikan konfirmasi pendaftaran ini biasanya akan langsung diterima sesaat setelah proses pendaftaran selesai dilakukan. Untuk itu, segera lakukan konfirmasi agar akun bisa langsung aktif.

    Kemudian, masuk kembali ke dalam aplikasi Ajaib dan pilih opsi “Buka Akun Saham” pada bagian pojok atas kiri halaman aplikasi. Pilih opsi “Reksa Dana” atau “Saham” sesuai jenis investasi yang ingin dilakukan dan ikuti langkah pendaftaran akun saham selanjutnya.

  4. Lengkapi Formulir Pendaftaran Online

    Pada pendaftaran online, kamu wajib mengisi semua kolom pertanyaan dan informasi kecuali yang bertanda “opsional”. Jika ada satu saja kolom saja yang tidak diisi, pendaftaran tersebut tidak akan bisa dilanjutkan. Tujuan dari pengisian formulir ini adalah untuk mengajukan Rekening Saham dan juga Rekening Dana Nasabah atau RDN pada aplikasi Ajaib. 

    Tanpa rekening saham serta RDN, transaksi saham pada aplikasi tersebut tentu tidak bisa dilakukan. Seluruh informasi dan data diri yang tersimpan pada formulir tersebut kemudian akan dicatat pada KSEI atau Kustodian Sentral Efek Indonesia dan berkaitan langsung dengan akun rekening saham pada Ajaib Sekuritas. 

    Sementara untuk RDN akan ditempatkan pada bank tersendiri secara terpisah. Alasannya agar dana bisa disimpan dalam rekening tersebut secara aman dan dipisahkan dengan dana yang akan digunakan untuk membeli saham.

    Beberapa data pribadi yang diperlukan untuk mengisi formulir pendaftaran tersebut adalah NIK, status pekerjaan, pendidikan terakhir, dan sebagainya. Tidak hanya itu, kamu juga akan dimintai profil risiko investasi, rate pendapatan per bulan, pengalaman investasi, sampai gaya investasi. 

  5. Tunggu Verifikasi Aktivasi

    Terakhir, kamu hanya perlu menunggu proses verifikasi hingga akun berhasil diaktivasi. Umumnya, proses tersebut hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 24 jam. Jika proses verifikasi berhasil, aktivitas investasi pada aplikasi Ajaib bisa langsung dilakukan. 

Kelebihan Aplikasi Ajaib

Melalui aplikasinya, Ajaib tidak hanya sekadar menjadi platform untuk berinvestasi saham saja, tapi juga reksa dana, trading, hingga layanan finansial lainnya. Selain itu, sebagai salah satu platform terbesar di Indonesia, Ajaib dianggap sebagai tempat terpercaya untuk berinvestasi. Tentunya, hal tersebut didukung pula oleh berbagai keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi tersebut, antara lain:

  1. Proses Pendaftaran Praktis dan Mudah

    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, proses pendaftaran akun di aplikasi Ajaib sangat mudah dan simpel. Dilakukan secara online dari awal hingga akhir, kamu bisa menjadi investor di aplikasi tersebut hanya dengan menyiapkan beberapa berkas tertentu. 

    Selain itu, proses verifikasi pun dilakukan secara online dengan ringkas, bahkan bisa selesai dalam hitungan jam saja. Jadi, keinginan untuk berinvestasi secara digital di layanan yang terpercaya pun tak harus terkendala karena proses pendaftarannya terbilang praktis dan bisa menjangkau hampir semua kalangan.

  2. Platform Informatif dan Cocok bagi Pemula

    Selain itu, layanan investasi digital ini juga dirancang secara informatif dan ramah pengguna. Bahkan, investor pemula pun bisa belajar banyak tentang dunia investasi melalui platform tersebut sehingga mampu mengoptimalkan keuntungan yang bisa didapatkan. 

  3. Pilihan Produk Beragam

    Ajaib juga menyediakan sederet produk investasi yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan investor. Banyaknya variasi instrumen investasi ini juga memudahkan pengguna untuk mendiversifikasi portofolio sehingga bisa mengoptimalkan keuntungan dan risiko investasi.

  4. Tak Ada Nominal Minimum Investasi

    Keunggulan lainnya adalah investasi di Ajaib bisa dimulai dengan modal yang sangat kecil, bahkan mulai dari 10 ribu saja. Jadi, tidak ada alasan harus menunda investasi karena terkendala dana atau pengeluaran tengah tidak stabil.

  5. Biaya Ajaib Sekuritas

    Tidak kalah menariknya, biaya Ajaib Sekuritas juga sangat terjangkau dan cenderung murah. Untuk transaksi harian di bawah 150 juta, fee yang dibebankan hanyalah 0,1 persen per transaksi. Sementara untuk nilai transaksi 150 juta sampai 1,5 miliar, biayanya adalah 0,09 persen per transaksi.

    Terakhir, untuk nilai transaksi di atas 1,5 miliar, biayanya adalah 0,08 persen per transaksi. Namun, biaya sekuritas Ajaib tersebut belum termasuk biaya levy (KPEI, KSEI, dan BEI) sebesar 0,0043 persen, PPN 10 persen, serta PPh transaksi jual sebesar 0,1 persen. 

Tak Bingung Lagi Investasi Digital dengan Aplikasi Ajaib

Dengan adanya platform seperti aplikasi Ajaib ini, tentu kamu tak lagi bingung mencari sarana berinvestasi secara digital. Dengan berbagai kelebihannya, investasi digital bisa menjadi solusi praktis bagi kamu yang ingin menanam modal dengan mudah dan praktis. Yang terpenting, tetap bekali diri dengan ilmu investasi yang cukup agar aktivitas tersebut bisa memberikan keuntungan yang optimal dan mampu mewujudkan tujuan finansial.

Baca Juga: 10 Sekuritas Terbaik di Indonesia untuk Investasi Saham