10 Sekuritas Terbaik di Indonesia untuk Investasi Saham

Investasi saham di pasar modal harus melalui perantara perusahaan efek. Artinya cara jual beli saham tidak bisa langsung melalui Bursa Efek Indonesia.

Dari laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK), perusahaan efek adalah pihak yang telah memperoleh izin dari OJK untuk melakukan kegiatan usaha sebagai Perantara Pedagang Efek (Broker-Dealer), Penjamin Emisi Efek (Underwriter), dan Manajer Investasi (MI).

Jika investasi reksadana harus melalui Manajer Investasi, investasi saham lewat perusahaan sekuritas atau yang disebut juga dengan broker saham.

Baca Juga: Harga Saham BBRI Hari Ini - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI)

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Apa Itu Sekuritas?

loader
Sekuritas adalah...

Sekuritas adalah perusahaan yang telah mendapatkan izin dari OJK untuk dapat melakukan kegiatan usaha sebagai Perantara Pedagang Efek (Broker-Dealer), Penjamin Emisi Efek (Underwriter), atau kegiatan lain yang sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan pengawas pasar modal.

Kegiatan usaha lain perusahaan sekuritas, seperti menawarkan jasa Manajer Investasi untuk mengelola dana investasi reksadana dari para investor. Jadi, sebenarnya perusahaan sekuritas setali tiga uang asalkan ada lisensi dari OJK.

Di Indonesia, ada banyak sekali perusahaan sekuritas yang terdaftar resmi di OJK. Namun manakah perusahaan sekuritas terbaik?

10 Sekuritas Terbaik di Indonesia untuk Investasi Saham

loader
Sekuritas Terbaik Indonesia (Foto: Website BEI)

Cermati.com akan memberikan daftar sekuritas terbaik di Indonesia untuk investasi saham berdasarkan data BEI selama periode Januari-Agustus 2021.

1. Mirae Asset Sekuritas Indonesia (YP)

Mirae Asset Sekuritas mencatatkan total perdagangan saham senilai Rp 472,64 triliun dalam delapan bulan ini. Total volume transaksi saham mencapai 869,30 miliar saham.

Perusahaan sekuritas ini memiliki rata-rata MKBD (Modal Kerja Bersih Disesuaikan) senilai Rp 1,8 triliun. Untuk diketahui, MKBD dapat menjadi pertimbangan kamu dalam memilih sekuritas atau broker saham.

Kalau di bank, besar kecilnya modal inti disebut BUKU, tetapi jika di sekuritas dikenal dengan istilah MKBD. Sekuritas tertinggi memiliki MKBD minimal Rp 250 miliar.

·         Aplikasi trading saham online bernama HOTS dan Neo HOTS Mobile

·         Setoran awal = Minimal Rp 3 juta (Mahasiswa) dan Rp 10 juta (Umum)

·         Fee atau biaya transaksi beli = 0,15% (sudah termasuk pajak)

·         Biaya transaksi jual = 0,25% (sudah termasuk pajak)

·         Biaya pindah saham dari atau ke Mirae Asset Sekuritas = Rp 22 ribu per jenis saham sesuai ketentuan KSEI

·         Bebas biaya administrasi bulanan untuk akun investor di bank yang ditunjuk Mirae Sekuritas.

2. Mandiri Sekuritas (CC)

Mandiri Sekuritas berada di ranking kedua perusahaan sekuritas teraktif selama Januari-Agustus 2021. Dengan raihan total transaksi saham senilai Rp 307,71 triliun dan volume 462,54 miliar saham.

Posisi rata-rata MKBD Mandiri Sekuritas per September 2021 sebesar Rp 537,32 miliar atau naik dari periode yang sama tahun lalu.

·         Aplikasi trading saham online bernama MOST Mandiri Sekuritas

·         Biaya transaksi beli = 0,18%

·         Biaya transaksi jual = 0,28%

·         Setoran awal rekening efek = Min. Rp 10 juta (umum) dan Rp 5 juta (mahasiswa)

·         Ada fasilitas pinjaman dengan limit = 3 x net cash + 2 x nilai portofolio setelah haircut

Contoh fasilitas pinjaman:

Kamu punya dana di akun MOST Mandiri Sekuritas sebesar Rp 20 juta. Limit transaksi yang bisa diperoleh sebesar Rp 60 juta. Kamu bisa pakai limit itu sebesar Rp 10 juta untuk membeli saham senilai Rp 30 juta.

3. Indo Premier Sekuritas (PD)

Indo Premier Sekuritas mendulang transaksi saham dengan nilai total Rp 255,73 triliun dalam kurun waktu delapan bulan ini. Total volume perdagangan sahamnya mencapai 393,22 miliar saham.

Rata-rata MKBD Indo Premier Sekuritas terpantau senilai Rp 665,66 miliar per September 2021.

  • Aplikasi trading saham online bernama IPOT
  • Biaya transaksi beli = 0,19%
  • Biaya transaksi jual = 0,29%.
  • Modal buka rekening efek dan trading = Rp 100 ribu.

4. UBS Sekuritas Indonesia (AK)

Perusahaan sekuritas terbaik di Indonesia lainnya adalah UBS Sekuritas Indonesia. Menorehkan pencapaian transaksi saham total senilai Rp 223,90 triliun dengan volume 144,35 miliar saham. Rata-rata MKBD sekuritas terbaik ini sebesar Rp 544,70 miliar.

Baca Juga: Ciri-ciri Investasi Saham yang Bagus untuk Jangka Panjang

loader
Perusahaan sekuritas terbaik

5. CGS CIMB Sekuritas Indonesia (YU)

Total transaksi saham CGS CIMB Sekuritas Indonesia sepanjang Januari-Agustus 2021 senilai Rp 206,32 triliun. Sedangkan volume perdagangannya mencapai 166,04 miliar saham.

CGS CIMB Sekuritas Indonesia membukukan rata-rata MKBD per September 2021 sebesar Rp 501,38 miliar atau naik dibanding periode yang sama 2020.

  • Aplikasi trading saham online bernama CGS-CIMB iTrade
  • Tidak ada minimal deposit atau setoran awal saat buka rekening efek
  • Setoran awal trading online sebesar Rp 1 juta
  • Biaya transaksi beli = 0,18%
  • Biaya transaksi jual = 0,28%.

6. Maybank Kim Eng Sekuritas (ZP)

Maybank Kim Eng Sekuritas memiliki rata-rata MKBD sebesar Rp 641,38 miliar. Sementara pada periode delapan bulan ini, perusahaan sekuritas tersebut memperoleh transaksi saham dengan total Rp 144,84 triliun dan volume 102,99 miliar saham.

·         Aplikasi trading saham online bernama KE Trade Pro

·         Biaya transaksi beli = 0,17%

·         Biaya transaksi jual 0,27%

7. J.P. Morgan Sekuritas Indonesia (BK)

J.P. Morgan Sekuritas Indonesia mencapai total transaksi saham senilai Rp 143,93 triliun dengan volume sebanyak 86,81 miliar saham. Rata-rata MKBD J.P Morgan Sekuritas senilai Rp 972,09 miliar.

  • Aplikasi trading saham online, yakni J.P. Morgan Markets

Baca Juga: Investasi Saham Makin Cuan dengan 5 Strategi Memaksimalkan Portofolio Ini

loader
Sekuritas terbaik 2021

8. Credit Suisse Sekuritas Indonesia (CS)

Credit Suisse Sekuritas Indonesia sedikit di bawah J.P Morgan Sekuritas dalam capaian nilai transaksi saham. Credit Suisse Sekuritas Indonesia membukukan total nilai dan volume perdagangan saham di Januari-Agustus 2021, masing-masing sebesar Rp 143,68 triliun dan 71,19 miliar saham.

Perusahaan sekuritas tersebut juga mencatatkan MKBD tinggi dengan rata-rata sebesar Rp 1,3 triliun per September 2021.

9. Semesta Indovest Sekuritas (MG)

Total nilai transaksi saham Semesta Indovest Sekuritas senilai Rp 141,59 triliun di periode delapan bulan tahun ini. Total volumenya sebanyak 308,56 miliar saham. Rata-rata MKBD Semesta Indovest Sekuritas sebesar Rp 116,96 miliar.

  • Aplikasi trading saham online bernama Semesta Online

10. CLSA Sekuritas Indonesia (KZ)

Perusahaan sekuritas terbaik lainnya adalah CLSA Sekuritas Indonesia. Sepanjang delapan bulan 2021, realisasi total nilai transaksi sahamnya mencapai Rp 95,69 triliun dengan volume sebanyak 38,43 miliar saham. Rata-rata MKBD CLSA Sekuritas Indonesia senilai Rp 459 miliar per September ini.

Pilih yang Sesuai Kondisi Keuangan

Sebetulnya masih banyak perusahaan sekuritas yang juga masuk jajaran sekuritas atraktif di periode tersebut, seperti BCA Sekuritas, BNI Sekuritas, Panin Sekuritas, MNC Sekuritas, dan Sinarmas Sekuritas.

Kamu dapat mencari tahu kinerja dan rekam jejak melalui website masing-masing atau internet. Serta membandingkan satu sekuritas dengan yang lain. Pastikan memilih sekuritas yang punya kredibilitas bagus, setoran awal maupun biaya transaksinya sesuai dengan kondisi keuangan kamu.

Baca Juga: 7 Cara Investasi di Pasar Modal yang Bikin Kaya Raya