Berisi Kumpulan Saham Berkualitas, Yuk Kenali Apa Itu Infobank15, Kriteria Umum, dan Daftar Sahamnya

Dengan banyaknya emiten atau saham perusahaan yang tersedia di pasar modal, hal tersebut sering kali membuat investor bingung dalam menentukan produk mana yang terbaik untuk dipilih. Jika diharuskan untuk melakukan analisis satu per satu, sudah pasti hal tersebut akan memakan banyak waktu dan tenaga, serta belum tentu mampu memberi hasil bagi investor.

Untungnya, BEI atau Bursa Efek Indonesia telah meluncurkan berbagai jenis indeks saham yang bisa dijadikan acuan oleh investor agar lebih mudah menentukan saham pilihannya. Setiap indeks saham pun memiliki kriteria pemilihan saham konstituen yang mampu disesuaikan dengan kebutuhan investor atau pemilik modal.

Berbicara soal indeks saham, apakah kamu pernah mendengar yang namanya Infobank15? Pada dasarnya, Infobank15 adalah indeks saham yang berisikan 15 saham konstituen dengan kriteria pemilihan berupa faktor fundamental perusahaan yang bagus dan likuiditas transaksi tinggi. Dengan kriteria tersebut investor bisa menjadikan indeks saham ini sebagai acuan dalam memilih emiten terbaik untuk menanam modal.

Namun, sebelum itu, kamu harus lebih dulu memahami selengkapnya tentang indeks saham ini, termasuk terkait kriteria umum, evaluasi rutin, dan juga sederet saham yang terdaftar di dalamnya. Tanpa panjang lebar lagi, simak penjelasan tentang apa itu indeks Infobank15, termasuk kriteria umum pemilihan saham, jadwal evaluasi rutin, serta daftar sahamnya  berikut ini. 

Baca Juga: Berisi Saham Pilihan, Kenali Apa Itu Indeks PEFINDO25 dan Daftar Sahamnya

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Sekilas tentang Infobank15

loader

Investasi Saham

Seperti yang telah dijelaskan sedikit sebelumnya, Infobank15 adalah sebuah indeks yang berisikan 15 saham konstituen yang memiliki kriteria pemilihan berupa faktor fundamental perusahaan baik serta likuiditas transaksinya tinggi. Lebih tepatnya, Infobank15 adalah suatu indeks yang terdiri atas 15 saham perusahaan perbankan dengan faktor fundamental bagus serta likuiditas perdagangan yang tinggi. Indeks ini adalah salah satu indeks saham resmi yang terdapat pada BEI atau Bursa Efek Indonesia. 

Indeks Infobank15 dirilis pada tanggal 7 November tahun 2012 dan dikelola oleh Info Artha Pratama, sebuah perusahaan media yang menerbitkan Majalah Infobank, yang bekerja sama dengan BEI. Tanggal dasar dari indeks ini adalah 3 Januari 2005 dengan nilai dasar 100. Sementara untuk metodologi yang digunakan adalah Market Capitalization Weighted. 

Seperti yang kita tahu, kinerja saham dari sektor perbankan seiring waktu kerap menunjukkan hasil yang terbilang apik. Hal ini membuat indeks Infobank15 bisa menjadi salah satu pilihan investor untuk menyaring saham perusahaan perbankan pada portofolio investasinya. 

Jika melihat dari kinerja saham perbankan pada tahun 2022, bisa dibilang performanya tengah meningkat. Hal ini terlihat dari pergerakan dari emiten yang mengisi indeks Infobank15, yang mana awalnya dibuka di angka 1.037 mengalami tren kenaikan dan mencapai nilai tertingginya pada bulan April di angka 1.242. 

Meski begitu, dalam kurun waktu tersebut pula, nilai indeks Infobank15 sempat mengalami beberapa kali penurunan selama tahun 2022. Di tahun tersebut saham perbankan digital kompak terkoreksi pasca nilainya melesat pada awal tahun. Namun, jika melihat sejarahnya yang panjang, indeks ini beberapa kali berhasil menunjukkan kinerja lebih unggul ketimbang IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan pada Bursa Efek Indonesia atau BEI. 

Kriteria Umum Infobank15

Sebagai indeks yang menilai kinerja harga saham dari 15 perusahaan perbankan terdepan dengan fundamental yang bagus, kapitalisasi pasar yang besar, dan likuiditas tinggi, ada beberapa kriteria umum yang menjadikan saham sebuah perusahaan perbankan bisa dimasukkan sebagai konstituen dari Infobank15. 

Untuk semesta atau universe dari indeks Infobank15 adalah daftar saham pada Bursa Efek Indonesia yang termasuk sebagai sub sektor perbankan. Saham perbankan yang dimasukkan sebagai semesta dari proses seleksi indeks ini adalah yang telah bertengger sebagai saham terdaftar selama paling tidak 6 bulan. 

Sementara untuk kriteria umum seleksi saham konstituen dari saham ini adalah sebagai berikut. 

  1. Fundamental

    Rating perbankan atau Bank Rating, dan Good Corporate Governance Rating yang diulas atau direview oleh Majalah Infobank. 

  2. Likuiditas

    Aktivitas perdagangan atau trading, yang mencakup nilai transaksi, intensitas atau frekuensi terjadinya transaksi, dan jumlah hari perdagangan saham pada pasar reguler. Selain itu, terkait aspek likuiditas, kriteria seleksi juga mencakup tingkat kapitalisasi pasar dari free float ratio. 

Evaluasi Rutin Pemeliharaan Infobank15

Untuk memastikan jika seluruh saham konstituen yang terdapat di dalamnya sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan, Infobank15 rutin melakukan evaluasi pemeliharaan setiap 6 bulan sekali atau 2 kali dalam setahun. Proses evaluasi rutin tersebut dilakukan setiap bulan Juni dan bulan Desember.

Untuk tanggal efektif dari evaluasi rutin indeks ini adalah hari pertama perdagangan di bulan setelah evaluasi dilakukan. Lebih tepatnya, tanggal efektif dari evaluasi rutin ini adalah pada bulan Januari dan bulan Juli. Sementara untuk pemberitahuannya dilakukan paling lambat 5 hari perdagangan menjelang tanggal efektif. 

Karena rutin dilakukan evaluasi, deretan saham yang terdaftar pada indeks Infobank15 akan selalu mengalami perubahan seiring waktu. Hal ini termasuk pula adanya saham konstituen yang masuk atau keluar dari indeks ini.

Sebagai contoh, jika ada saham konstituen yang tak lagi mampu memenuhi kriteria umum dari indeks ini, sudah pasti saham tersebut akan dikeluarkan dan tak lagi menjadi konstituen Infobank15. Pun sebaliknya, saat ada saham perbankan lain yang ternyata mampu memenuhi kriteria Infobank15 pasca dilakukan evaluasi rutin, saham tersebut akan dimasukkan pada indeks ini dan menjadi salah satu konstituennya. Oleh karena itu, ketika memilih untuk menjadikan indeks ini sebagai acuan dalam aktivitas investasimu, pastikan untuk rutin mengecek potensi perubahan dari daftar saham konstituen yang ada di dalamnya saat jadwal evaluasi rutin dilakukan.  

Baca Juga:  Indeks Sektoral Saham – Pengertian, Daftar dan Tips Memilih Emiten Terbaik pada Indeks Saham

Deretan Saham Terdaftar di Indeks Infobank15

Tergantung dari hasil evaluasi rutin yang dilakukan, indeks ini memiliki deretan saham terdaftar yang mungkin akan selalu berubah seiring waktu, baik evaluasi Minor dan evaluasi Mayor. Berikut daftarnya. 

  1. Evaluasi Minor

    Periode Efektif Konstituen: April – Juni 2023

    Periode Efektif Jumlah Saham Penghitungan Indeks: April – Juni 2023

    No.

    Nama Perusahaan

    Kode Saham

    1

    Bank Jago Tbk.

    ARTO

    2

    Bank Central Asia Tbk.

    BBCA

    3

    Allo Bank Indonesia Tbk.

    BBHI

    4

    Bank Negara Indonesia Tbk.

    BBNI

    5

    Bank Rakyat Indonesia Tbk.

    BBRI

    6

    Bank Tabungan Negara Tbk.

    BBTN

    7

    Bank Danamon Indonesia Tbk.

    BDMN

    8

    Bank BJB Tbk.

    BJBR

    9

    Bank Jatim Tbk.

    BJTM

    10

    Bank Mandiri Tbk.

    BMRI

    11

    Bank Bumi Arta Tbk.

    BNBA

    12

    Bank Syariah Indonesia Tbk.

    BRIS

    13

    Bank BTPN Syariah Tbk.

    BTPS

    14

    Bank Mega Tbk.

    MEGA

    15

    Panin Bank Tbk.

    PNBN

    Sumber: www.idx.co.id

  2. Evaluasi Mayor

    Periode Efektif Konstituen: Agustus – Desember 2023

    Periode Efektif Jumlah Saham Penghitungan Indeks: Agustus – September 2023

    No.

    Nama Perusahaan

    Kode Saham

    1

    Bank Raya Indonesia Tbk.

    AGRO

    2

    Bank Jago Tbk.

    ARTO

    3

    Bank Central Asia Tbk.

    BBCA

    4

    Allo Bank Indonesia Tbk.

    BBHI

    5

    Bank Negara Indonesia Tbk.

    BBNI

    6

    Bank Rakyat Indonesia Tbk.

    BBRI

    7

    Bank Tabungan Negara Tbk.

    BBTN

    8

    Bank Danamon Indonesia Tbk.

    BDMN

    9

    Bank BJB Tbk.

    BJBR

    10

    Bank Mandiri Tbk.

    BMRI

    11

    Bank CIMB Niaga Tbk.

    BNGA

    12

    Bank Syariah Indonesia Tbk.

    BRIS

    13

    Bank BTPN Syariah Tbk.

    BTPS

    14

    Bank Mega Tbk.

    MEGA

    15

    Panin Bank Tbk.

    PNBN

    Sumber: www.idx.co.id

    Mengacu dari pengumuman terkait penyesuaian waktu evaluasi berkala indeks Infobank15, terdapat pengunduran waktu penyampaian data Rating Bank di bulan Juni 2023. Berdasarkan dari pengumuman tersebut, bursa tak melakukan evaluasi pada indeks Infobank15, dan akan melakukan evaluasi jika telah tersedia informasi Rating Bank dari Info Artha Pratama. Sehingga, perhitungan indeks Infobank15 tanggal 27 Maret 2023 terkait evaluasi indeksnya dinyatakan masih berlaku hingga ditetapkannya hasil evaluasi berkala Infobank15 yang baru.

Lebih Mudah Pantau Saham Perbankan Terbaik dengan Infobank15

loader

Investasi Saham

Itulah penjelasan tentang apa itu indeks Infobank15, kriteria umum seleksi, jadwal evaluasi rutin, sampai deretan saham terdaftar di dalamnya. Sebagai indeks yang berisikan 15 saham perusahaan perbankan terbaik, kamu selaku investor bisa menjadikannya sebagai acuan dalam berinvestasi di saham perbankan. Sehingga, proses memantau dan menganalisis potensi perkembangan saham perbankan terbaik menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

Baca Juga: IDX BUMN20 - Pengertian dan Daftar Terbarunya