Ingin Mulai Berkebun di Masa Pandemi? Coba Tanam 6 Bumbu Dapur Ini

Pandemi Covid-19 memang membuat aktifitas di luar rumah menjadi lebih terbatas selama setahun belakangan ini. Jika kamu ingin menikmati aktivitas yang berbeda selama di rumah, maka berkebun di pekarangan rumah bisa menjadi pilihan. Tidak harus membutuhkan lahan yang luas, kamu bisa saja membeli beberapa pot atau polybag sebagai media tanam. 

Jika kamu termasuk orang yang senang memasak, maka menanam sendiri beberapa bumbu dapur bisa menjadi pilihan. Bumbu dapur seperti ini bahkan bisa kamu bibitkan sendiri, sehingga kamu tidak perlu repot untuk membeli bibitnya. 

Pilih dan tanamlah bumbu dapur apa saja yang sering kamu gunakan. Selain memberikan kamu aktivitas positif, kamu juga akan menghemat uang belanja.

Berikut ini adalah beberapa pilihan bumbu dapur yang bisa kamu tanam dengan mudah di rumah:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Cabai

loader

Cabai menjadi salah satu bumbu dapur paling populer dan banyak digunakan untuk berbagai masakan. Meski setiap orang akan memiliki selera pedas yang berbeda, namun hampir setiap orang suka menggunakan cabai di dalam masakan mereka. 

Harga cabai juga kerap berubah-ubah, bahkan bisa saja menjadi begitu tinggi pada waktu-waktu tertentu. Daripada selalu membeli, tidak ada salahnya untuk mulai menanam beberapa batang cabai di pekarangan kamu.

Pilih jenis cabai yang sering kamu gunakan atau kamu juga bisa menanam beberapa jenis cabai yang berbeda sekaligus. Lakukan pembibitan dengan cara mengeluarkan biji-biji cabai segar yang sudah tua. 

Keringkan biji ini, lalu disemaikan pada polybag atau pot kecil. Dalam satu hingga dua pekan, tanaman cabai kamu sudah akan mulai tumbuh. 

Baca Juga: 7 Manfaat Berkebun Bagi Kesehatan

2. Lemon/ jeruk nipis/ jeruk limau

loader

Bumbu dapur yang satu ini juga terbilang sering digunakan, meskipun tidak dalam jumlah yang besar. kamu bisa saja membutuhkan sedikit perasan jeruk nipis atau jeruk limau untuk membuat masakan lebih lezat. 

Selain itu, lemon dan jeruk nipis juga kerap dikonsumsi dalam bentuk minuman segar. Daun jeruk juga sering digunakan untuk membuat masakan menjadi lebih harum dan sedap. 

Pilih jenis jeruk yang paling sering kamu gunakan ketika sedang mengolah makanan di dapur. Namun jika memiliki media tanam yang memadai, kamu bisa menanam ketiga jenis jeruk tersebut sekaligus. kamu akan leluasa menggunakannya untuk berbagai keperluan. Selain itu, saat berbuah nanti tanaman jeruk ini juga akan membuat pekarangan kamu lebih indah.

3. Bawang merah dan bawang merah

loader

Tak perlu membeli bawang lagi ketika memasak, sebab bumbu ini juga bisa kamu tanam dengan mudah. Cukup siapkan beberapa siung bawang merah dan bawang putih yang sudah tua dan mulai kering. 

Diamkan bawang ini pada wadah terbuka hingga tunasnya tumbuh. Jika sudah bertunas, tanamlah bibit bawang merah dan bawang putih tersebut pada pot yang berbeda, beberapa siung pada masing-masing pot.

Jangan lupa untuk menandai setiap pot, sebab bawang merah harus kamu siram setiap hari. Bawang putih hanya membutuhkan sedikit air saja, sehingga cukup kamu siram sekali dalam 3-5 hari saja. Siram dan rawat tanaman ini secara teratur, maka setelah 60 hari nanti kamu sudah bisa memanennya.

Baca Juga: Urban Farming Jadi Masa Depan Industri Pertanian

4. Daun bawang

loader

Selain bawang, kamu juga bisa menanam daun bawang dengan mudah di rumah. Ini salah satu bumbu dapur yang banyak digunakan dalam berbagai masakan. Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk menanam daun bawang, antara lain:

  • Ambil beberapa siung bawang merah atau bawang putih, lalu tanam pada pot atau polybag. Jangan lupa disiram secara teratur, sehingga daun bawang kamu ini bisa tumbuh dengan subur.
  • Potong ujung daun bawang yang ada bagian akarnya (umbi) sekitar 4-5 CM, lalu tempatkan pada gelas atau toples kaca berisi air. Biarkan hingga umbi tersebut bertunas dan menghasilkan daun yang baru. Jika sudah mencapai 15-20 CM, maka kamu sudah bisa memanennya.

5. Daun mint

loader

Jika kamu senang menggunakan daun mint untuk berbagai minuman, maka tanam saja bumbu yang satu ini di rumah. Cukup ambil beberapa tangkai daun mint segar yang cukup tua dan tempatkan di gelas berisi air, agar akarnya bisa tumbuh. 

ika sudah 2 pekan, tanaman ini akan memiliki akar yang sudah cukup panjang. kamu tinggal memindahkannya ke dalam pot atau polybag, lalu menempelkannya di area yang bisa menerima sinar matahari dengan baik.

6. Daun pandan

loader

Daun pandan juga menjadi salah satu bumbu dapur yang wajib kamu punya di rumah. Selain untuk berbagai makanan atau kue tradisional, sedikit potongan daun pandan juga bisa kamu gunakan untuk membuat nasi menjadi wangi. Tanaman ini juga sangat mudah tumbuh. 

Cukup ambil satu atau dua batang daun pandan yang utuh (memiliki akar), lalu tanam pada polybag atau pot kecil. Jangan lupa untuk menyiramnya secara teratur, agar daunnya bisa bertambah banyak. 

Tanam Bumbu dapur Kamu dengan Cara Tepat

Menanam bumbu dapur di pekarangan bisa memberi kamu aktifitas yang baru selama masa pandemi ini. Selain menyenangkan, kamu juga bisa menggunakan berbagai bumbu ini untuk keperluan di rumah. Pilih bumbu yang tepat dan tanam dengan cara yang juga tepat, agar tumbuh subur dan kamu bisa memanen bumbu berkualitas baik.

Baca Juga: Mau Sukses Ubah Hobi Tanaman Hias Jadi Duit? Perhatikan 7 Cara Manjur Ini