Ini Cara Negosiasi Gaji buat Calon Karyawan Pemalu

Kemampuan yang dimiliki setiap orang memang beragam. Ada yang diberikan kelebihan berupa kemampuan komunikasi yang sangat baik, namun ada juga yang merasa kesulitan untuk menyampaikan pendapat. Bagi sebagian orang yang merasa memiliki kemampuan komunikasi yang kurang baik, hal itu tentu akan memengaruhi keahlian mereka ketika bernegosiasi.

Merasa kurang nyaman saat berkomunikasi paling banyak dialami bagi mereka yang mempunyai kepribadian introver. Bagi orang-orang dengan kepribadian introvert, mengemukakan pendapat pada khalayak umum seringkali membuat mereka merinding sendiri.

Bukan tak mungkin perasaan ini akan terjadi saat sudah memasuki di dunia kerja. Salah satu hal penting yang dipengaruhi oleh kemampuan komunikasi atau negosiasi yang baik adalah saat ingin mengajukan kenaikan gaji.

Karena sifatnya itu, menegosiasikan gaji merupakan suatu tantangan tersendiri bagi kaum introver. Agar negosiasi gaji bagi Anda yang pendiam berjalan lancar, coba lakukan cara berikut ini.

1. Persiapkan Semua Hal yang Ingin Disampaikan ke Atasan

Saat merasa berhak mendapatkan gaji yang lebih tinggi, Anda tentu perlu menyiapkan hal-hal apa saja yang menjadi dasar keingingan tersebut. Mengumpulkan data pencapaian kerja serta perkembangan kemampuan diri adalah hal wajib yang harus Anda siapkan sebelum menemui atasan.

Anda juga perlu mencari informasi terlebih dahulu mengenai berapa banyak gaji yang diinginkan. Pastikan bahwa nominal gaji tersebut tidak terlampau tinggi, dan sebisa mungkin sesuaikan kenaikan gaji yang Anda inginkan dengan dengan tingkat kualitas pada diri Anda.

Namun, saat kenaikan gaji yang diajukan terlalu kecil, Anda akan menjadi pihak yang dirugikan. Jadi, persiapkan terlebih dahulu semua hal yang dapat mendukung argumen Anda untuk dapat meningkatkan ‘harga jual’ diri Anda.

Saat Anda dapat menjelaskan hal tersebut dengan terperinci, sudah pasti atasan Anda akan dapat menghargai Anda sebagai karyawan yang patut dipertimbangkan untuk mendapat kenaikan gaji.