Ini Daftar Hobi yang Positif untuk Mendukung Karir Anda

Hobi merupakan kegiatan yang menyenangkan di mana seseorang memiliki minat dan antusiasme dalam menjalankannya. Ketika menjalani hobi, seringkali waktu menjadi tidak terasa karena kegiatan tersebut terasa menyenangkan.

Oleh karena itu, hobi sering dianggap hanya kegiatan bersenang-senang semata. Namun sebenarnya, hobi juga dapat digunakan untuk menunjang karir Anda. Apalagi jika memiliki beberapa teman atau mengikuti sebuah komunitas yang mendukung Anda dan hobi Anda.

Hal ini karena dengan melakukan hobi maka pikiran Anda lebih segar dan juga beberapa hobi tertentu mampu meningkatkan efektivitas dan produktivitas dalam bekerja. Berikut ini sejumlah hobi yang dapat mendukung pekerjaan:

1. Yoga

Banyak profesional yang meyakini bahwa yoga memberikan efek yang positif dalam bekerja, yaitu cara mereka dalam menghadapi tekanan. Selain itu, berlatih yoga juga diyakini mampu meningkatkan konsentrasi dan mengatasi stres. Tidak hanya itu, secara fisik yoga juga menguntungkan karena membuat badan lebih sehat dan juga penampilan yang lebih baik.

2. Bermain Musik

bermain musik

Bermain Musik via hipdiggs.com

 

Dalam bermain musik, dibutuhkan sikap mau belajar dan pantang menyerah. Pemain musik harus belajar dan berlatih berulang kali agar dapat memainkan musik dengan indah. Kedua sikap tersebut tentu sangat diperlukan untuk mencapai kesuksesan dalam karir. Musik juga dianggap dapat meningkatkan kreatifitas dan meningkatkan mood dalam bekerja.

3. Belajar Bahasa Asing

Hobi terhadap bahasa asing tidak hanya berguna untuk menonton drama atau menikmati lagu dari negara lain, tetapi juga berguna memahami budaya dan tradisi dari negara lain. Efek langsungnya adalah dapat mempunyai kesempatan lebih luas untuk bekerja di perusahaan asing karena menguasai bahasa yang diperlukan.

Apalagi di tengah tren ekonomi yang semakin tanpa batas dan banyak hubungan bisnis antar negara yang terjalin. Dalam bekerja bersama pekerja asing, Anda juga dapat lebih luwes karena memahami budaya mereka. Bahkan peluang untuk bekerja di luar negeri juga terbuka karena bahasa merupakan awal untuk memahami suatu negara.

Baca Juga : Mau Sukses Cari Uang dengan Jadi Youtuber? Baca Ini Dulu

4. Membaca

membaca

Membaca via entrepreneur.com

 

Membaca dapat menambah pengetahuan dan membuka pikiran terhadap berbagai hal-hal baru. Untuk menunjang karir, tidak perlu harus selalu membaca buku yang berkaitan dengan pekerjaan Anda. Anda bisa membaca hal lain, yang bisa menambah pengetahuan Anda.

Pilihlah topik-topik yang menarik dan bermanfaat, sehingga meskipun tidak berhubungan secara langsung dengan pekerjaan tetapi menambah pengetahuan dan memudahkan Anda untuk terlibat dalam berbagai pembicaraan dengan rekan kerja atau dengan relasi. Sehingga dapat meningkatkan hubungan dan kerjasama dalam pekerjaan.

5. Gadget

Seiring meningkatnya kecanggihan teknologi, cukup banyak orang yang memiliki hobi untuk mengamati atau mengutak-atik gadget atau perangkat elektronik lainnya. Tanpa disadari, hal ini sebenarnya cukup membantu dalam menunjang karir.

Misalnya Anda suka mengutak atik komputer, maka Anda lebih mudah untuk membuat penghitungan atau desain dengan software tertentu. Bila ada suatu masalah ringan di komputer Anda juga dapat mencoba memperbaiki sendiri tanpa harus menunggu teknisi sehingga otomatis menghemat waktu dan biaya.

6. Menulis

menulis

Menulis via netdna-cdn.com

 

Meskipun terkesan serius, tetapi menulis amat bermanfaat karena Anda dapat menuangkan pikiran, ide, dan isi hati dengan baik sehingga dapat menjadi sarana ekspresi diri. Dengan terbiasa menulis ide dan rencana, maka akan terbiasa menyusun rencana dengan lebih baik. Hal ini mendukung Anda dalam mengerjakan presentasi dan memberikan penjelasan pada rekan kerja sehingga dapat lebih sistematis. Selain itu, hobi menulis juga membuat pikiran tetap tajam.

Baca Juga : 7 Jenis Pekerjaan Freelance Terpopuler

7. Olahraga tim

Olahraga yang dilakukan sendiri tentu juga membawa manfaat bagi kesehatan fisik, namun olahraga tim membawa manfaat lebih karena dapat mengasah keterampilan dalam berkomunikasi dan menyusun strategi bersama. Dengan melakukan olahraga tim seperti sepak bola atau basket, bisa untuk melatih dan memupuk kepercayaan, solidaritas, kerjasama, serta komunikasi yang baik.

Melalui olahraga Anda juga dapat memupuk nilai-nilai sportifitas. Bukan hanya itu, karena olahraga tim melibatkan banyak orang, maka Anda juga dapat menambah dan menguatkan relasi yang mungkin juga dapat bermanfaat dalam hubungan bisnis ke depannya.

Berkembang dengan Kegiatan yang Positif

Semua hobi tentu membawa manfaat yang menyenangkan, namun dengan mempunyai hobi yang memiliki efek positif bagi karir, maka Anda akan merasakan manfaat yang berlipat dari hobi Anda tidak hanya mendapatkan penghasilan tambahan dari hobi, Anda juga bisa memberikan inspirasi kepada orang lain.

Baca Juga : 6 Cara Mengubah Hobi Menjadi Peluang Bisnis