Ini Dia Negara-negara yang Jadi Target Bisnis Jastip

loader

KOMPAS.com - Pernah terpikir untuk ikut berbisnis jastip alias jasa titip? Tak disangka, bisnis jasa titip beli ini kini sudah sangat menjamur dimana-mana. Apalagi dengan keberadaan media sosial yang semakin memudahkan bisnis ini untuk berkembang.

Tak hanya di dalam negeri, kini banyak pelaku bisnis jastip yang merambah ke luar negeri. Sebut saja seperti misalnya, Thailand, Singapura, Korea Selatan, negara-negara Eropa, hingga Amerika Serikat. Produk jastip yang diminati pun cukup beragam, mulai dari makanan, produk kosmetik hingga fashion.

Bisnis ini cocok buat Anda yang punya hobi belanja dan juga jalan-jalan. Sambil menyalurkan hobi, Anda pun juga bisa menghasilkan cuan. Tertarik untuk mulai mencoba bisnis jastip tapi masih belum paham negara-negara mana saja yang cocok dijadikan tujuan?

Dilansir dari Cermati.com, berikut ini beberapa negara yang cocok dijadikan target bisnis jasa titip, antara lain:

1. Thailand

Selain jadi tujuan wisata populer, Thailand juga sangat direkomendasikan untuk jadi target bisnis jastip yang cukup potensial. Hal ini karena Thailand sangat terkenal dengan beragam pilihan produk jastip menarik. Mulai dari produk fashion, tas, sepatu, hingga makanan khasnya yang unik.

Buka bisnis jastip khusus untuk negara Thailand bisa sangat berpeluang untuk menghasilkan banyak keuntungan. Apalagi, kurs Indonesia dan Thailand terbilang tak terlalu jauh. Sehingga, harganya pun masih masuk akal jika dibawa ke Indonesia.

Tak sampai disitu, untuk masuk ke Thailand Anda tak diharuskan memiliki Visa lebih dulu. Bahkan, di beberapa toko ada yang menerima pembayaran dengan Rupiah. Hal inilah yang jadi salah satu alasan memudahkan bisnis jasa titip ke negara Asia Tenggara satu ini.

2. Hong Kong

Rekomendasi negara yang bisa jadi target bisnis jastip potensial berikutnya adalah Hong Kong. Sebetulnya, Hong Kong masih menjadi bagian dari negara Tiongkok tapi memang punya sistem dan bendera sendiri.

Sama seperti Thailand, negara ini juga termasuk negara bebas Visa dan bisa dikunjungi turis dari mana saja termasuk Indonesia. Hal inilah yang membuatnya sangat cocok jadi tujuan bisnis jasa titip terutama untuk beberapa produk limited edition.

Terutama produk fashion dari brand ternama yang hanya rilis di Hong Kong. Selain itu, juga karena banyak retail yang sering mengadakan sale dan selera fashion-nya memiliki banyak peminat di Indonesia.

3. Singapura

Lanjut dengan negara yang cocok jadi target bisnis jastip yang tak kalah banyak peminatnya adalah Singapura. Banyak masyarakat Indonesia yang suka sekali jalan-jalan dan belanja di negara ini. Bahkan tak sedikit yang kemudian tertarik untuk menjalankan bisnis open jastip.

Selain karena letaknya yang terbilang dekat dengan wilayah Indonesia, ada banyak produk dengan berbagai merek ternama yang bisa didapatkan di Singapura. Mulai dari souvenir hingga luxury good, dari produk bayi hingga fashion dan obat-obatan bisa didapatkan dengan mudah.

Ditambah lagi, negara ini juga menerapkan bebas Visa untuk warga dari negara-negara ASEAN. Sehingga peluang bisnis jastip dengan tujuan Singapura terbilang punya peluang yang sangat menjanjikan.

Baca juga: 9 Tips Jitu Memulai Bisnis Jastip Korea dengan Sukses

4. Jepang

Negara berikutnya yang juga cukup potensial untuk jadi target bisnis jastip masih di kawasan Asia yakni Jepang. Negara yang populer dengan anime dan action figure ini memang memiliki daya tarik yang tersendiri.

Tak heran jika minat jasa titip ke negara "Matahari Terbit" ini terbilang cukup banyak. Terutama penggemar karakter unik dan ikonik seperti Doraemon, Hello Kitty, Pokemon, Rilakkuma, hingga berbagai jenis karakter anime lainnya.

Tak hanya itu, fashion ala Jepang juga terkenal cukup nyaman dan punya kualitas yang bagus. Apalagi soal harga yang bisa dibilang cukup terjangkau dibandingkan dengan brand dari Amerika atau Eropa.

Jika memang berniat untuk bisnis open jastip ke Jepang, pastikan untuk membuat rincian jenis produk. Hal ini untuk menghindari kesalahan produk yang akan dibeli nantinya.

5. Paris

Rekomendasi negara potensial untuk bisnis jastip berikutnya adalah Perancis, khususnya kota Paris. Kota ini sangat terkenal sebagai pusat fashion dunia.

Hampir semua luxury brand yang beredar di pasaran saat ini berasal dari Paris, jangan heran jika minat jastip ke kota ini sangatlah besar.

Bisa dipastikan, Anda akan dengan sangat mudah mendapatkan produk dari brand ternama disini. Mulai dari pakaian, tas, sepatu, hingga aksesoris limited edition dari brand kenamaan.

Jika ingin memulai bisnis jastip tujuan kota Paris, pastikan untuk mempelajari syarat dan ketentuan yang diberlakukan. Apalagi jika produk yang dibeli termasuk barang bermerek, karena setiap toko luxury brand punya peraturannya masing-masing. Contohnya seperti, calon pembeli harus masuk daftar tunggu, hanya pembeli terpilih yang bisa membeli di toko tersebut dan banyak lagi ketentuannya.

Daripada pulang dengan tangan kosong, tentu akan lebih baik mempelajari syarat dan ketentuannya lebih dulu.

6. Amerika Serikat

Satu lagi negara yang minat jastipnya cukup tinggi yakni Amerika Serikat. Inilah mengapa Amerika Serikat juga punya peluang yang cukup besar sebagai negara target jastip. Alasannya, karena ada banyak produk yang hanya bisa didapatkan di Amerika dan harganya pun jauh lebih terjangkau, seperti produk tas, sepatu, pakaian hingga makeup.

Jika ingin memulai bisnis jastip tujuan Amerika, pastikan untuk memahami regulasi yang berlaku. Hal ini karena peraturan di bagian bea cukai terbilang cukup ketat, terutama untuk beberapa produk atau barang. Sehingga perlu lebih cermat dalam mengatur produk yang bisa dibawa ke Indonesia secara aman tanpa kendala.

Karena sebagian besar produk open jastip dari Amerika merupakan produk-produk seperti tas, sepatu dan pakaian. Maka pastikan untuk menyiapkan koper dan bagasi yang bisa menampung semuanya. Pilih Negara Paling Potensial untuk Target Bisnis Jastip. Demikian tadi beberapa rekomendasi negara target bisnis jastip yang dirangkum dari berbagai sumber.