Inilah Orang-Orang Terkaya di Dunia, Siapa Inspirasimu?

"Succes is a lousy teacher. It seduces smart people into thinking they can't lose." - Bill Gates

Sepenggal quote salah satu orang terkaya di dunia ini memiliki arti bahwa kesuksesan membuat para orang pintar berpikir bahwa mereka tidak bisa kalah demi meraih kesuksesan yang lebih besar lagi.

Setiap tahun, majalah ternama Forbes mengeluarkan siapa saja yang berhasil menempati posisi untuk daftar orang-orang terkaya di dunia. Daftar ini biasanya diisi oleh orang-orang yang sukses memberikan kontribusi besar pada dunia, baik dari sisi ekonomi, bisnis dan teknologi.

Untuk tahun 2020 ini, Forbes meliris daftar baru untuk orang-orang terkaya di dunia. Berdasarkan daftar ini, kamu bisa melihat ada beberapa tokoh yang masih betah berada di dalam daftar dan ada juga para miliader baru yang berhasil masuk dalam daftar ini.

Ini dia 20 orang terkaya di dunia versi Forbes tahun 2020:

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

 20 Carlos Slim Helu & family

Carlos Slim Helu
Carlos Helu Slim Family via justrichest.comJumlah

Kekayaan: US$58.4B = Rp822triliun

Sebagai rang terkaya Meksiko, Carlos Slim Helu dan keluarganya mengendalikan America Movil, perusahaan telekomunikasi seluler terbesar di Amerika Latin.

Dengan mitra telekomunikasi asing, Slim membeli saham Telmex, satu-satunya perusahaan telepon di Meksiko, pada tahun 1990. Telmex sekarang menjadi bagian dari America Movil.

Dia juga memiliki saham di perusahaan konstruksi, barang konsumen, pertambangan dan real estate Meksiko dan 17% dari The New York Times.

Menantu laki-lakinya Fernando Romero merancang Museum Soumaya di Mexico City, rumah bagi koleksi seni eklektik Slim yang luas.

19. MacKenzie Scott

MacKenzie Scott
MacKenzie Scott via distractify.com

Jumlah Kekayaan: US$59,1B = Rp836triliun

Sebagai bagian dari penyelesaian perceraian, Jeff mentransfer 25% saham Amazonnya ke MacKenzie, yang merupakan 4% dari perusahaan. Pada Mei 2019, tak lama setelah dia mengumumkan syarat perceraian di Twitter, dia menandatangani Giving Pledge.

MacKenzie dan Jeff bertemu pada tahun 1992 ketika mereka berdua bekerja di hedge fund D.E. Shaw. Mereka menikah tahun berikutnya dan pindah ke Seattle pada tahun 1994.

Scott, yang telah menerbitkan dua novel, adalah mahasiswa penulis Toni Morrison di Princeton dan bekerja sebagai asisten peneliti untuknya.

Pada akhir Juli 2020, dia mengumumkan bahwa dia telah memberikan hampir $ 1,7 miliar kepada 119 grup nirlaba, dan dia mengubah nama belakangnya dari Bezos menjadi Scott.

18. Zhong Shanshan

Zhong Shanshan
Zhong Shanshan via brandinginasiamagazine.com

Jumlah Kekayaan: US$61,7B = Rp865triliun

Zhong Shanshan memimpin Nongfu Spring, sebuah perusahaan air kemasan, yang mencatatkan sahamnya di Hong Kong pada September 2020.

Zhong yang lahir di Hangzhou putus sekolah dasar selama Revolusi Kebudayaan Cina yang kacau. Dia kemudian memiliki pekerjaan sebagai pekerja konstruksi, reporter surat kabar dan agen penjualan minuman sebelum memulai bisnisnya sendiri.

Zhong juga mengendalikan Apotek Biologi Beijing Wantai, yang go public di Bursa Efek Shanghai pada April 2020.

17. Jack Ma

Jack Ma
Jack Ma via cnn.com

Jumlah Kekayaan: US$63,3B = Rp893triliun

Seorang mantan guru bahasa Inggris, Jack Ma ikut mendirikan Alibaba Group, salah satu bisnis e-commerce terbesar di dunia.

Pada 3 November 2020, regulator menghentikan rencana IPO raksasa fintech Ant Group - di mana Ma adalah pemegang saham individu terbesar - di Hong Kong dan Shanghai.

Pada September 2019, Jack Ma mengundurkan diri sebagai executive chairman Alibaba dan digantikan oleh CEO Yong Zhang yang juga dikenal sebagai Daniel Zhang.

Investasi Ma di luar Alibaba termasuk saham di perusahaan media dan hiburan China, Huayi Brothers.

IPO Alibaba tahun 2014 di New York mencatat rekor sebagai penawaran saham publik terbesar di dunia, mengumpulkan $ 25 miliar.

16. Francoise Bettencourt Meyers & family

Francoise Bettencourt Meyers Francoise Bettencourt Meyers via bussinessinsider.com

Jumlah Kekayaan: US$69B = Rp978triliun

Francoise Bettencourt Meyers adalah wanita terkaya di dunia dan cucu pendiri L'Oreal.

Bettencourt Meyers dan keluarganya memiliki 33% saham L'Oreal, yang mencatatkan pertumbuhan penjualan terbaiknya dalam lebih dari satu dekade pada 2019.

Dia telah menjabat di dewan L'Oreal sejak 1997 dan menjadi ketua perusahaan induk keluarga.

Dia menjadi pewaris L'Oreal yang berkuasa di Prancis pada tahun 2017 ketika ibunya Liliane Bettencourt, yang saat itu menjadi wanita terkaya di dunia, meninggal pada usia 94 tahun.

Bettencourt Meyers menjabat sebagai presiden yayasan filantropi keluarganya, yang mendorong kemajuan Prancis dalam sains dan seni.

Togther, L'Oreal dan keluarga Bettencourt Meyers setuju untuk menyumbangkan $ 226 juta untuk memperbaiki katedral Notre Dame setelah kebakaran April 2019.

Baca Juga: Profil 10 Artis Jepang Terkaya dari Musik yang Bisa Bikin Kamu Kagum

15. S. Robson Walton

Robson Walton
Robson Walton via Wikimedia.org

Jumlah Kekayaan: US$69,7B = Rp988triliun

Samuel Robson Walton, atau yang sering disebut dengan Robson Walton, merupakan pengusaha Amerika dan anak tertua dari Sam Walton dan Helen Walton, pendiri Wal-Mart. Rob menjabat sebagai ketua perusahaan pengecer terbesar di dunia tersebut.

Robson Walton semakin melambungkan namanya setelah dia berhasil menyelamatkan Wal-Mart, Inc dari krisis global ekonomi dunia tahun 2008. Pada tahun 2015 Robson Walton mengundurkan diri dari jabatannya sebagai ketua perusahaan dengan menyerahkannya kepada menantu laki-lakinya, Greg Penner.

14. Jim Walton

Jim Walton Jim Walton via wallpapers-web.com

Jumlah Kekayaan: US$70B = Rp992triliun

Saudara kandung dari Alice Walton ini merupakan anak termuda dari pendiri Wal-Mart Sam Walton. Saat ini ia menjabat sebagai pimpinan di Bank Arvest. Setelah lebih dari 1 dekade mengabdi untuk melanjutkan kesuksesan usaha keluarga “Wal-Mart Store, Inc” Jim berhenti dan menyerahkan posisinya kepada anak laki-lakinya Steuart pada Juni 2016.

Dia dan para ahli waris Wal-Mart secara kolektif masih menjadi pemilik sah untuk lebih dari setengah saham pada Wal-Mart Store, Inc.

Saudara kandung dari Alice Walton ini merupakan anak termuda dari pendiri Wal-Mart Sam Walton. Saat ini ia menjabat sebagai pimpinan di Bank Arvest. Setelah lebih dari 1 dekade mengabdi untuk melanjutkan kesuksesan usaha keluarga “Wal-Mart Store, Inc” Jim berhenti dan menyerahkan posisinya kepada anak laki-lakinya Steuart pada Juni 2016.

Dia dan para ahli waris Wal-Mart secara kolektif masih menjadi pemilik sah untuk lebih dari setengah saham pada Wal-Mart Store, Inc.

13. Alice Walton

Alice Walton
Alice Walton bodyheightweight.com

Jumlah Kekayaan: US$70,3B = Rp996triliun

Alice Louise Walton merupakan merupakan ahli waris Wal-Mart Stores, Inc. Alice adalah putri dari pendiri Wal-Mart, yaitu Sam Walton dan Helen Walton. Selain itu, Alice juga adik dari almarhum John T. Walton, Jim Walton, dan S. Robson Walton yang juga merupakan pebisnis sukses lainnya. Sampai sekarang dia pun masih dijuluki sebagai salah satu wanita terkaya di dunia.

Fakta unik dari seorang Alice Walton, walaupun dia seorang ahli waris dan saudara kandung dari seorang pebisnis sukses, ia lebih memilih untuk bekerja di bidang seni. Alice pun telah memiliki museum seninya sendiri di kampung halaman keluarganya di Bentoville, Arkansas. Koleksi seni pribadinya sendiri dihargai ratusan juta Dollar.

12. Steve Ballmer

Steve Ballmer
Steve Ballmer via youtube.com

Jumlah Kekayaan: US72.8B = Rp1032triliun

Steve Ballmer adalah salah satu mantan CEO Microsoft, yang memimpin perusahaan dari tahun 2000 hingga 2014. Dia bergabung dengan Microsoft pada 1980 sebagai karyawan No. 30 setelah keluar dari program MBA Stanford. Ballmer telah ada bersama Microsoft pada saat-saat sulit - setelah crash dot.com pertama.

Pada tahun yang sama ia pensiun dari Microsoft, ia membeli NBA Los Angeles Clippers seharga $2 miliar. Dia telah meningkatkan program donasinya sejak 2014, menempatkan lebih dari $2 miliar dalam dana yang fokuskan mengangkat orang Amerika keluar dari kemiskinan.

11. Mukesh Ambani

Mukesh Ambani Mukesh Ambani via southchinamorningpost.com

Jumlah Kekayaan: US$75B = Rp1063triliun

Mukesh Ambani memimpin dan menjalankan Reliance Industries senilai $ 88 miliar (pendapatan), yang memiliki kepentingan di bidang petrokimia, minyak dan gas, telekomunikasi dan ritel.

Reliance didirikan oleh mendiang ayahnya Dhirubhai Ambani, seorang pedagang benang, pada tahun 1966 sebagai produsen tekstil kecil.

Setelah kematian ayahnya pada tahun 2002, Ambani dan adiknya Anil membagi kerajaan keluarga.

Pada tahun 2016, Reliance memicu perang harga di pasar telekomunikasi India yang sangat kompetitif dengan peluncuran layanan telepon 4G Jio.

Selama penguncian Covid-19, Ambani mengumpulkan lebih dari $ 20 miliar dengan menjual sepertiga Jio ke sejumlah investor, seperti Facebook dan Google.

Baca Juga: Ini Dia Daftar Beauty Vlogger Terkaya di Indonesia, Penghasilannya Fantastis!

10. Sergey Brin

Sergey Brin
Sergey Brin via cbsistatic.com

Jumlah Kekayaan: US$75.6B = Rp1072triliun

Sergey Brin merupakan rekan dari Larry Page (CEO Google). Penemuan dan hasil karyanya berupa mesin pencari internet, yakni Google pada tahun 1998, memang sangat bermanfaat bagi seluruh umat manusia di dunia.

Brin sebelumnya bekerja kepada Google, untuk divisi Google X Division untuk mengembangkan penemuan “kacamata google” yang sekarang masih dalam proses penyempurnaan. Untuk saat ini Brin menjabat sebagai presiden dari Alphabet Inc, yang merupakan induk perusahaan dari Google.

9. Amancio Ortega

Amancio Ortega Amancio Ortega via Elplural.com

Jumlah Kekayaan: US$76B = Rp1077triliun

Amancio Ortega adalah salah satu orang terkaya di Eropa, dan pengecer pakaian terkaya di dunia.

Seorang pelopor dalam mode cepat, ia mendirikan Inditex, yang terkenal dengan rantai mode Zara, dengan mantan istrinya Rosalia Mera (meninggal 2013) pada tahun 1975.

Dia memiliki sekitar 60% Inditex yang terdaftar di Madrid, yang memiliki 8 merek, termasuk Massimo Dutti dan Pull & Bear, dan 7.500 toko di seluruh dunia.

Ortega biasanya menghasilkan lebih dari $400 juta dalam bentuk dividen setahun.

Dia telah menginvestasikan dividennya terutama ke real estate di Madrid, Barcelona, ​​London, Chicago, Miami dan New York.

8. Larry Page

Larry Page
Larry Page

Jumlah Kekayaan: US$77.8B = Rp1103triliun 

CEO Google, Lawrence Edward Page atau yang lebih dikenal dengan sapaan Larry Page hanya turun satu tingkat dari posisinya kemarin (11) pada daftar orang-orang terkaya di dunia versi Forbes untuk tahun 2016.

Sebelumnya Larry Page memang bekerja sebagai salah satu pengembang di Google sebelum menggantikan CEO Google sebelumnya, Eric Schmit. Bersama rekannya Sergey Brin, Larry Page adalah penemu (cofounded) dari mesin pencari internet terkenal ini. Sebelumnya pada tahun 2001 dia adalah CEO Google, namun dipindah tugaskan menjadi Presiden untuk bagian produk sampai tahun 2011.

7. Larry Ellison

Larry Ellison
Larry Ellison

Jumlah Kekayaan: US$78,3B = Rp1110triliun

Konglomerat selanjutnya ialah Larry Ellison yang berasal dari Amerika Serikat. Ia dikenal sebagai pengusaha yang mendirikan perusahaan IT bernama Oracle.

Larry Ellison tidak lah terlahir sebagai orang kaya atau orang yang mengerti bisnis, dia mengawali karirnya sebagai karyawan di perusahaan Ampex yang bergerak dalam bidang teknologi.

Berbekal ilmu hasil bekerja di perusahaan Ampex, dia akhirnya memutuskan untuk membangun perusahaan dalam bidang yang sama yaitu Oracle.

Walaupun sudah tidak lagi menjabat sebagai CEO untuk Oracle pada tahun 2014, nama Larry Ellison masih tercatat sebagai ketua dewan dan ketua pelaksana dalam pengembangan teknologi di Oracle.

6. Warren Buffett

warren buffett Warren Buffett via wbdaily.com

Jumlah Kekayaan: US$88.3B = Rp1252triliun

Nama Warren Buffett sudah tidak asing lagi didengar apabila kita membahas mengenai investasi. Ia adalah seorang pengusaha yang memiliki kemampuan luar biasa dalam bidang investasi. Tak hanya itu saja, Buffett juga memiliki Berkshire Hathaway yang merupakan perusahaan konglomerasi.

Buffett memiliki sikap pekerja keras sejak kecil. Ketika umurnya masih 11 tahun, ia pernah menjadi loper koran karena ingin mencari uang sendiri hingga saat ini namanya diperhitungkan sebagai investor paling sukses sepanjang masa.

Dikenal juga sebagai seorang dermawan di mata dunia, dia dan Bill Gates meluncurkan “The Giving Pledge” sebuah program amal untuk meminta para miliarder menyumbangkan kekayaan mereka.

5. Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg
Mark Zuckerberg

Jumlah Kekayaan: US$101,7B = Rp1442triliun 

Hampir seluruh orang di dunia telah menggunakan Facebook. Hingga kini Facebook memang menjadi media sosial yang paling banyak digunakan. Wajar saja apabila Mark Zuckerberg sang pendiri menjadi salah satu orang terkaya di dunia, bahkan di saat usianya masih sangat muda.

Sejak tahun 2010 nama Mark Zuckerberg tidak pernah sekalipun mangkir dari daftar orang-orang terkaya di dunia oleh Forbes. Mark sendiri sudah menikah dengan Priscilla Chan pada tahun 2012 lalu dan sudah dikaruniai 2 anak perempuan.

4. Bill Gates

Bill Gates
Bill Gates

Jumlah Kekayaan: US$119.4B = Rp1693triliun

Peringkat pertama ditempati Pria asal Seattle, Amerika Serikat, Bill Gates selaku pendiri raksasa Microsoft. Walaupun bergelimangan harta Bill Gates juga banyak memberikan donasi dari pendapatannya. Bersama istrinya Melinda, ia memimpin Bill & Melinda Gates Foundation, yayasan amal swasta terbesar di dunia. Yayasan ini bekerja untuk menyelamatkan nyawa dan memperbaiki kesehatan global, dan bekerja sama dengan Rotary International untuk menghilangkan polio.

Gates telah menduduki daftar Forbes sebagai milyarder terkaya di dunia sebanyak 18 kali dari 23 tahun terakhir. Walaupun sudah tidak menjadi CEO, dia masih menjadi anggota dewan Microsoft, perusahaan perangkat lunak yang didirikannya bersama Paul Allen pada 1975. Pada akhir 2016, Gates mengumumkan peluncuran dana investasi terobosan senilai $1 miliar dengan sekitar 20 orang lainnya.

3. Elon Musk

Elon Musk Elon Musk via theverge.com

Jumlah Kekayaan: US$126,2B = Rp1789triliun

Elon Musk bekerja untuk merevolusi transportasi baik di Bumi, melalui pembuat mobil listrik Tesla - dan di luar angkasa, melalui produser roket SpaceX.

Dia memiliki 21% dari Tesla tetapi telah menjaminkan lebih dari setengah sahamnya sebagai jaminan pinjaman; Forbes telah mendiskontokan sahamnya untuk memperhitungkan pinjaman tersebut.

Dia mengundurkan diri sebagai ketua pada tahun 2018, setelah membuat "pernyataan palsu" yang diduga tentang rencana untuk mengambil pribadi Tesla, memicu penyelidikan SEC.

SpaceX, perusahaan roket Musk, kini bernilai hampir $ 36 miliar.

Dia dibesarkan di Afrika Selatan, kemudian berimigrasi ke Kanada pada usia 17. Dia mendarat di AS sebagai mahasiswa pindahan ke University of Pennsylvania.

2. Bernard Arnault & family

Jumlah Kekayaan: US$140,6B = Rp1993triliun 

Salah satu pencipta rasa terbaik dunia, Bernard Arnault mengawasi kerajaan dari 70 merek termasuk Louis Vuitton dan Sephora.

Pada November 2019, LVMH mencapai kesepakatan untuk membeli perhiasan Amerika Tiffany & Co seharga $ 16,2 miliar, yang diyakini sebagai akuisisi merek mewah terbesar yang pernah ada.

LVMH menghabiskan $ 3,2 miliar pada 2019 untuk grup perhotelan mewah, Belmond, yang memiliki atau mengelola 46 hotel, kereta api, dan kapal pesiar sungai.

Ayahnya mendapat sedikit keuntungan dari konstruksi; Arnault memulai usahanya dengan menyetor $ 15 juta dari bisnis itu untuk membeli Christian Dior pada tahun 1985.

Empat dari lima anak Arnault bekerja di sudut-sudut kekaisaran LVMH: Frédéric, Delphine, Antoine, dan Alexandre.

1. Jeff Bezos

Jeff Bezos Jeff Bezos via vox-cdn.com

Jumlah Kekayaan: US$182,4B = Rp2586triliun 

Anda pernah berbelanja di Amazon.com? Jika pernah berarti Anda telah menyumbangkan kekayaan bagi Jeff Bezos sang pendiri sekaligus pemilik Amazon.com. Dia memiliki hampir 12%  saham di Amazon, yang didirikannya di sebuah garasi di Seattle pada tahun 1994. Bezos datang ke Princeton dan bekerja di sebuah hedge fund sebelum berhenti untuk menjual buku secara online.

Hasratnya yang lain adalah perjalanan luar angkasa: perusahaannya yang lain dan bergerak dalam perhubungan dan penerbangan, Blue Origin, sedang mengembangkan roket yang dapat digunakan kembali untuk membawa penumpang.

Ciptakan Kesuksesan Anda Sendiri

20 orang kaya di atas tidak lah mendapatkan kesuksesan mereka secara mudah, diperlukan banyak kesabaran bahkan kegagalan untuk mencapai apa yang telah mereka miliki saat ini. Banyak juga dari mereka yang mengawali karir mereka benar-benar dari nol bahkan ada yang tidak memiliki sedikit pun ilmu bisnis. Tapi karena tidak mudah menyerah dan terus belajar, kerja keras mereka pun terbayarkan bahkan melambungkan nama mereka menjadi yang terkaya di dunia.

Anda pun bisa menjadi salah satu dari mereka. Walaupun harus dijangkau dengan waktu yang lama, tapi dengan kesabaran, skill dan pengalaman yang sudah ditanam dalam diri sendiri dalam menjalani profesi Anda selama ini. Anda pun juga memiliki kesempatan yang sama untuk bisa meraih kesuksesan yang sama besarnya.

Baca Juga: Fakta Unik Bambang Hartono, Atlet Asian Games Tertua dan Terkaya Indonesia