Keren! Ini 8 Perusahaan yang Didirikan Elon Musk

Elon Musk merupakan salah satu nama milioner tersohor di dunia. Bagaimana tidak, ayah dari tujuh orang anak ini memiliki pengaruh yang cukup besar di bidang teknologi. Bahkan dirinya tidak hanya menduduki jabatan tertinggi di suatu perusahaan, melainkan menjadi perintis dari usaha tersebut.

Penasaran sama perusahaan yang Elon Musk dirikan? Bukan hanya satu, tapi delapan perusahaan sekaligus. Berikut daftar perusahaannya.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Tesla, Inc

Tesla, Inc

Perusahaan yang sebelumnya bernama Tesla Motors, Inc ini didirikan pada tahun 2003 dan Elon Musk menjabat sebagai CEO-nya dari dulu hingga sekarang. Perusahaan ini memproduksi mobil listrik menggunakan batu baterai yang dapat diisi ulang saat energinya habis. 

Beberapa jenis mobil listrik yang Tesla, Inc produksi seperti Tesla model S, X, Y, dan 3 yang terdiri dari sedan dan SUV. Berkat dedikasi Elon, Tesla berhasil memproduksi hingga 5.000 mobil model Tesla 3 per minggu pada tahun 2018. Bahkan memperoleh beberapa penghargaan, seperti “Car of The Year” oleh Motor Trend Magazine pada tahun 2012 silam.

2. SpaceX

SpaceX

Salah satu perusahaan transportasi luar angkasa, SpaceX juga didirikan oleh Elon Musk pada tahun 2002 silam. Tujuan pendiriannya adalah untuk mengurangi biaya transportasi ke luar angkasa dan mengamati bilamana ada kemungkinan tinggal di Planet Mars. Adapun transportasi yang SpaceX produksi seperti roket dan pesawat luar angkasa Dragon.

Pada tahun 2020 silam, SpaceX baru saja merayakan peluncuran roket yang ke-100. Sekaligus menjadi sejarah baru karena satu roket orbital dapat digunakan kembali sebanyak enam kali. Dalam jangka panjang, Musk berencana untuk menggunakan SpaceX sebagai transportasi untuk mengangkut setidaknya 1 juta manusia ke Mars.

Baca Juga: Mau Cepat Sukses? Tiru Gaya Hidup Elon Musk Ini!

3. Paypal

Paypal

Sebelum Paypal, Elon Musk sudah lebih dulu mendirikan X.com pada tahun 1999. X,com sendiri merupakan bank yang mendukung transaksi secara online. Namun pada tahun 2000, Elon tertarik pada Confinity dan mengakuisisinya karena sistem pembayarannya dianggap lebih mudah.

Tepat pada Bulan Oktober 2000, kegiatan operasional X.com dihentikan dan Musk ingin lebih fokus untuk mengembangkan layanan Paypal. Sayangnya, perjalanan Paypal di tangan Musk tidak lama karena perusahaan ini akhirnya diakuisisi oleh eBay pada tahun 2002. 

4. Zip2

Zip2

Zip2 merupakan perusahaan pertama yang berhasil didirikan oleh Elon Musk, tepatnya pada tahun 1995. Tidak sendirian, Musk mendirikan sekaligus mengelola perusahaan bersama saudara kandungnya, KImbal Musk. Zip2 sendiri bergerak di bidang penyediaan dan pelisensian perangkat lunak kota online ke surat kabar.

Namun, perjalanan perusahaan ini di tangan Elon Musk dan saudaranya harus terhenti. Zip2 pada akhirnya dijual ke perusahaan perangkat lunak Compaq Computer Corporation pada tahun 1999 seharga US$ 307 juta dibayar tunai dan US% 34 juta dalam bentuk saham.

5. SolarCity

SolarCity

SolarCity bukanlah perusahaan yang didirikan dan dikuasai oleh Elon Musk, tapi oleh dua bersaudara Lyndon Rive dan Peter tahun 2006. Meski begitu, Musk merupakan pembuat konsep, ketua dewasa, sekaligus pemegang saham terbesar di SolarCity.

SolarCity kemudian bekerja sama dengan Tesla, Inc pada tahun 2012 sebagai perusahaan  yang mengembangkan dan menjual panel surya. Dan pada tahun 2016, SolarCity resmi diakuisisi oleh Tesla.Inc dan Elon Musk memegang kendali penuh atas perusahaan.

Baca Juga: Kata-kata Inspirasi dari Orang Terkaya Dunia

6. OpenAI

 OpenAI

Masih belum lama ini, tepatnya tahun 2015, Elon Musk bersama Sam Altman bekerja sama untuk mendirikan perusahaan kecerdasan buatan (AI) berbasis nirlaba, bernama open AI. Tujuannya untuk mengembangkan kecerdasan buatan yang dipercaya dapat menguntungkan manusia secara keseluruhan.

Yang menarik adari perusahaan ini adalah motivasi mendirikan perusahaan. Dimana pendiriannya didorong oleh ketakutan manusia terhadap kemunculan kecerdasan buatan (robot) yang dapat mengancam keberadaan manusia. 

7. Neuralink

Neuralink

Setahun kemudian, yaitu 2016, Elon Musk bersama teman-temannya mendirikan perusahaan startup bernama Neuralink. Dengan tujuan untuk mengintegrasikan antara kecerdasan buatan dan manusia. Caranya dengan menanamkan chip agar kinerja otak manusia tidak kalah hebatnya dibandingkan robot. 

Musk berharap agar proyek ambisiusnya yang satu ini dapat mengatasi masalah yang ada di dalam otak manusia. Dengan begini, akan tercipta simbiosis mutualisme antara manusia dan AI di masa depan.

8. The Boring Company

The Boring Company

Meskipun memiliki embel-embel boring, tapi perusahaan ini tidak ada hubungannya dengan rasa bosan, ya. Jadi The Boring Company sendiri adalah perusahaan jasa yang bergerak di bidang infrastruktur dan konstruksi terowongan di Amerika Serikat. 

Motif pendirian perusahaan adalah karena Musk pernah terjebak macet parah saat melakukan perjalanan. Pada tahun 2018 silam, The Boring Company resmi menjadi perusahaan independen, jadi tidak dibawahi oleh SpaceX lagi.

Elon Musk dan Buah Pemikirannya yang Luar Biasa

Elon Musk dikenal sebagai salah satu milioner yang cukup ambisius dalam menciptakan hal-hal baru. Delapan perusahaan di atas adalah buah dari sikap ambisiusnya. Dan mungkin akan ada perusahaan lain yang didirikannya di kemudian hari, ditunggu saja. 

Baca Juga: 6 Kebiasaan Orang Sukses Yang Harus Kamu Tiru